Ciri ciri Bunga Tulip dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Biji Terlengkap

Ciri ciri Bunga Tulip – Bunga tulip adalah tanaman yang berasal dari Asia tengah, Pegunungan Pamir dan Pegunungan Hindu Kush serta Stepa secara liar. Bunga ini masuk dalam keluar liliaceace dan masuk nama genus 100 spesies.

Bunga tulip memiliki daya tarik tersendiri untuk para penggemarnya, salah satunya daya tarik dari bunga tulip terletak pada ragam warna yang dimiliki bunga tulip sehingga sangat indah dijadikan tanaman hias baik dipekarangan rumah maupun ruangan.

Maka dari itu kami ingin berbagi pengetahuan mengenai Ciri ciri Bunga tulip dari bentuk dan fungsi akar atau umbi, batang, daun, bunga dan biji yang mungkin akan berguna untuk anda semua. Langsung saja kita perhatikan penjelasan dibawah ini!

Klasifikasi Ilmiah Bunga Tulip

  • KINGDOM  : Plantae (Tumbuhan)
  • SUB KINGDOM : Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh)
  • SUPER DIVISI : Spermatophyta (Tumbuhan Berbiji)
  • DIVISI : Magnoliophyta (Tumbuhan Berbunga)
  • KELAS : Liliopsida (Tumbuhan Monokotil)
  • SUB KELAS : Lilidae
  • ORDO : Liliales
  • FAMILI : Liliceae
  • GENUS : Tulip L.

Ciri ciri Bunga Tulip

Berikut akan kami jelaskan Ciri ciri Bunga Tulip dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun dan bunga. Yuk langsung saja simak rangkuman SawonBudidaya dibawah ini!

Akar atau Umbi Bunga Tulip

akar bunga tulip
Via cara-tanam.blogspot.com

Kenapa bunga tulip memiliki umbi dan bukan rimpang? Secara umum umbi berukuran lebih gemuk dibanding rimpang, maka dari itu bunga tulip memiliki umbi dan bukan rimpang. Coba kita perhatikan, bentuk umbi bunga tulip bulat dan dibagian atas permukaan terdapat mata tunas yang akan membentuk daun skala kecil.

Kemudian dibawah umbi terrsebut terdapat akar tunggang yang tumbuh secara vertikal, guna mempermudah dalam pencarian sumber air dan unsur hara yang akan digunakan sebagai bahan fotosintesis. Selain itu umbi pada bunga tulip berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makana dari hasil fotosintesis dan sebagai alat kembang biak bunga tulip. Baca juga Ciri ciri Bunga Bugenvil dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Klasifikasi!

Loading...

Batang Bunga Tulip

Bunga tulip menghasilkan batang berbentuk bulat dan segi tiga yang memiliki ruas ruas mirip dengan batang bambu. Batang ini tumbuh pada umbi bunga tulip bersamaan dengan tumbuhnya daun, sehingga tidak tampak jelas karena tertutup oleh daun panjang serta sempit bunga tulip.

Umumnya batang bunga tulip memiliki diameter kecil dan panjang mencapai 10 sampai 70 senti meter  yang akan digunakan sebagai tempat pertumbuhan bunganya. Jika dilihat dari fungsinya, batang bunga tulup memiliki fungsi hampir sama dengan jenis bunga lainnya yaitu memiliki peran penting dalam proses fotosintesis. Baca juga Ciri ciri Bunga Teratai Dari Akar, Batang, Daun Dan Bunga Terlengkap!

Daun Bunga Tulip

Bunga tulip menghasilkan daun berbentuk lonjong memanjang dengan bagian ujung runcing dan pangkal tumpul. Daun ini berwarna hijau dengan nuansa biru serta mengandung lilin, pada setiap bunga tulipmemiliki 4 sampai 6 helai daun yang menyelimut hampir seluruh area tanaman, kecuali bunganya yang tumbuh dibagian tengah dan paling atas.

Secara umum daun pada bunga tulip memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis, sebagai tempat penguapan atau tranpirasi guna mengurangi kadar air yang berlebih dan sebagai alat pernasafan bunga tulip karena terdapat organ stomata yang kita ketahui sebagai tempat pertukaran udara antara Co2 dan O2. Baca Juga Ciri ciri Bunga Bangkai Dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Buah

Ciri ciri Bunga Tulip

bunga tulip
Via bungapalsu.online

Jika dilihat sekilas bunga tulip memiliki bentuk oval mirip dengan telur dan termaksud jenis bunga tunggal, artinya jenis bunga yang tumbuh pada satu tanaman hanya terdapat satu buah bunga saja.

Untuk warna yang dihasilkan cukup beragam tergantung Keadaan bunga itu sendiri, namun umumnya bunga tulip hasil persilangan akan menghasilkan bunga berwarna satu atau tunggal yaitu merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu.

Pada setiap tanaman dan salah satunya tulip tentu terdapat fungsi dari bunga, secara umum bunga pada tanaman tulip berfungsi sebagai penarik perhatian serangga dalam membantu proses penyerbukan sehingga dapat mengahasil bibit atau benih baru. Pembentukan biji atau bibit yang akan digunakan sebagai kembang biak bunga tulip akan terbentuk didalam bunga yaitu Ovarium. Baca Juga Ciri ciri Bunga Sepatu Dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji

Loading...

Ciri ciri Biji Bunga Tulip

Secara umum bunga tulip yang telah mengalami penyerbukan oleh bantuan serangga seperti lebah akan menghasilkan biji pada bagian ovarium. Biji yang dihasilkan memiliki bentuk bulat pipih dan terdapat pembungkus mirip dengan kapsul kering. Untuk fungsinya sendiri, biji pada bunga tulip berfungsi sebagai alat kembang biak tanaman ini agar menghasilkan generasi baru bunga tulip.

Sekian informasi dari kami mengenaiFitur Bunga Tulip dari bentuk dan fungsi akar atau umbi, batang, daun, bunga dan biji. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih atas perhatiaannya.

Baca Juga :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...