Ciri ciri Bunga Bugenvil dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Klasifikasi!

bunga bugenvil
Ciri ciri Bunga Bugenvil

Ciri ciri Bunga Bugenvil – Bunga bugenvil adalah tanaman dengan ukuran batang kecil dengan posisi tegak dan bercabang cabang serta terdapat beberapa duri tajam. Selain itu bunga bugenvil memiliki daya tarik tersendiri yang menjadinya sebagai salah satu tanaman hias terpopuler, karena memiliki ragam warna bunga yang cerah tergantung varietas atau jenisnya yang tumbuh berkelompok atau rimbun.

Tanaman ini memiliki banyak sekali varietas dengan ciri khas masing masing, namun secara umum bunga bugenvil tetap memiliki ciri khas hampir sama baik dari segi bentuk dan fungsi akar, batang, daun dan bunganya. Nah, dibawah ini akan kami jelaskan mengenai Ciri ciri Bunga Bugenvil, penasaran? Langsung saja kita simak!

Klasifikasi Ilmiah Bunga Bugenvil

Ciri ciri Bunga Bugenvil

Berikut akan kami jelaskan mengenai Ciri ciri Bunga Bugenvil dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun dan bunga. Langsung saja simak dibawah ini!

Ciri ciri Akar Bunga Bugenvil

Secara umum bunga bugenvil memiliki jenis akar tunggang yang tumbuh secara vertikal dan horizontal, akar vertikal adalah akar primer yang tumbuh dengan posisi tegak lurus mengarah inti bumi sedangkan akar horizontal adalah akar sekuder atau cabang yang tumbuh dengan posisi mendatar/kesamping dengan kedalaman 80 senti meter.

Akar tunggang pada bunga bugenvil berfungsi dalam mencari ketersediaan dan unsur hara yang akan digunakan sebagai bahan fotosintesis, selain itu akar tunggang bunga bugenvil juga berfungsi sebagai penyokong agar tanaman dapat berdiri dengan kokoh.

Baca juga :

Ciri ciri Batang Bugenvil

batang bugenvil berbentuk bulat memanjang dengan kulit luar coklat dan berduri, lalu batangnya mengandung serat kayu cukup tinggi sehingga kuat dalam menompang tanaman ini agar tidak mudah roboh.

Selain itu batang tanaman ini memiliki kulit berwarna coklat muda dan bertekstur kasar apabila diraba menggunakan tangan secara langsung. Kemudian batang bunga bugenvil mampu mencapai kisaran 4 sampai 15 meter.

batang bunga bugenvil berfungsi sebagai penompang tanaman ini agar mampu berdiri kokoh dan memiliki pembuluh yang berperan penting dalam proses fotosintesis. Apa itu ? xilem dan floem, xilem berfungsi sebagai pengangkut bahan fotosinstesis dari akar sedang floem berfungsi sebagai pengantar hasil fotosintesis.

Ciri ciri Daun Bunga Bugenvil

Secara umum bunga bugenvil menghasilkan jenis daun tunggal, artinya jenis daun yang tumbuh pada satu tangkai hanya terdapa satu helai daun saja. kemudian daunnya berbentuk bulat atau oval, dengan bagian ujung daun runcing dan pangkal tumpul.

Pada setiap daun bugenvil disusun berdasarkan tulang daun menyirip berselang seling, daun berwarna hijau tua dengan tekstur halus pada bagian permukaannya serta memiliki panjang mencapai 4 sampai 10 senti meter  dan lebar berkisar antara 2 sampai 6 senti meter.

Daun ini berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis atau pemasakan makanana, sebagai alat pernafasan karena terdapat organ stomata dan sebagai tempat terjadi penguapan air atau tranpirasi dengan tujuan mengurangi kadar air yang berlebih didalam tanaman.

Baca juga :

Ciri ciri Bunga Bugenvil

bunga bugenvil
Sumber Bibitbunga.com

Bugenvil menghasilkan jenis bunga majemuk, artinya bunga yang memiliki dua alat kelamin pada satu tangkai bunga yaitu benang sari dan putik. Bunga bugenvil mirip dengan bentuk payung terbalik, dengan ragam warna dari ungu, merah, putih, kuning dan pink tergantung dari varietas atau jenisnya.

Pada setiap bunga bugenvil memiliki 3 sampai 4 helai kelopak dan terdapat satu helai daun pelindung disampingnya. Kemudian setiap bunganya memiliki tangkai berwarna hijau dengan ukuran pendek, bahkan lebih pendek dari panjang putik bunganya.

Jenis jenis Bunga Bugenvil

Sumber dekoruma

Demikian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Bunga Bugenvil dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun dan bunga. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih atas perhatiaannya!

Baca Juga :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*