Ciri ciri Bunga Teratai Dari Akar, Batang, Daun Dan Bunga Terlengkap!

bunga teratai
Ciri ciri Bunga Teratai

Ciri ciri Bunga Teratai – Bunga teratai termaksud dalam tanaman air dari suku Nymphaeaceae atau bahas kerennya water-lily atau waterlily. Habibat asli dari bunga teratai adalah permukaan air tenang, dengan daun berbentuk bulat dan lebar, bunga teratai sangat sering ditemukan pada dasar kolam, sunga dan rawa.

Secara umum bunga teratai memiliki diameter antara 5 sampai 10 senti meter, tergantung dari varietas dan kesuburan tanaman ini sendiri. Bunga teratai memiliki banyak spesies dengan ciri khusus masing masing, tetapi jika dilahat sekilas bunga teratai memiliki bentuk dan fungsi akar, batang, daun dan bunga yang hampir sama.

Klasifikasi Bunga Teratai

Ciri ciri Bunga Teratai

Berikut akan kami jelaskan mengenai Ciri ciri Bunga Teratai dari akar, batang, daun dan bunga. Penasaran? Yuk langsung saja simak rangkuman kami dibawah ini!

Ciri ciri Akar Bunga Teratai

akar bunga teratai
Akar Bunga Teratai Via amrayfathi24.blogspot.com

Umumnya bunga teratai memiliki bentuk akar bulat memanjang berwarna putih kekuningan, mirip dengan bentuk ubi rambat. Ubi rambat memiliki umbi yang tidak berongga, sedangkan umbi teratai memiliki rongga, pada setiap umbinya memiliki 8 sampai 12 rongga.

Meskipun bunga teratai tumbuh di area permukaan air, tetap saja akar bunga teratai tumbuh didasar air atau didalam tanah dengan fungsi memperkuat cengkraman bunga teratai agar tidak mudah hanyut dan roboh.

Selain itu, akar atau umbi bunga teratai memiliki fungsi sebagai alat pencari unsur hara dan tempat penyimpanan cadangan makanan. Lalu untuk sistem kembang biak  akar bunga teratai sangat buruk, karena akar atau umbinya tidak memiliki tudung akar atau lebih sering kita sebut bulu akar.

Ciri ciri Batang Bunga Teratai

Bunga teratai memiliki batang berbentuk bulat memanjang serta berongga, dengan warna kulit batang hijau. Umumnya batang teratai tumbuh dibawah permukaan air, karena batangnya berongga sehingga lebih mudah mengapung.

Salah satu fungsi batang bunga teratai adalah penompang daun agar mudah mengapung diatas permukaan air. Selain itu, batang bunga teratai juga berfungsi dalam mengantarkan unsur hara yang akan digunakan sebagai bahan fotosintesis.

Lalu apa fungsi lain dari batang teratai? Batang bunga teratai berfungsi sebagai penyimpan cadangan oksigen, sebagai pengantar oksigen dari daun untuk diantarkan ke akar atau umbi dan sebagai penompang bunga agar mampu berdiri kokoh diatas permukaan air.

Simak Juga :

Ciri ciri Daun Bunga Teratai

daun bunga teratai
Daun Bunga Teratai Via Pixabay.com

Bunga teratai menghasilkan daun berbentuk bulat lebar serta tipis berwarna hijau tua dengan bagian pinggir bergerigi dan disusun berdasarkan tulang daun kecil, layaknya tanaman air lainnya.

Daun teratai tipis bertujuan agar meningkatkan proses penyerapan sinar matahari sebagai bahan fotosintesis, mempercepat proses penguapan air atau transpirasi dan mempercepat proses pemasakan makanan atau fotosintesis.

Secara umum daun bunga teratai tumbuh di bagian batang yang berongga, sehingga dapat dengan mudah mengapung diatas permukaan air. Selain itu daun bunga terati memiliki lapisan yang dapat berfungsi sebagai pembersih dari kotoran.

Ciri ciri Bunga Teratai

bunga teratai
Bunga Teratai Via floristlampung.com

Secara umum bunga teratai tumbuh pada tangkai yang merupakan hasil rimpangan tanaman, dengan posisi tegak. Fungsi dari tangkai tersebut adalah sebagai penyeimbang pada bunga teratai agar mampu berdiri kokoh dan sebagai perekat antar pangkal bunga dan rimpang batang.

Bunga teratai memiliki warna mencolok yang indah dan terdapat banyak sekali kelopak bunganya, umumnya bunga teratai memiliki warna beragam tergantung dari varietas atau jenisnya. Terdapat beberapa warna bunga teratai diantaranya putih, merah, kuning dan ungu.

Jenis Bunga Teratai

Berikut beberapa jenis bunga teratai dengan maknanya, semoga dapat bermanfaat nantinya. Langsung saja simak!

Teratai Putih

Umumnya bunga teratai putih memiliki makna sebagai lambangbodhi (sansekerta untuk pencerahan). Menggambarkan jiwa seseorang dengan pikiran dan jiwa yang bersih dan penyempurnaan spiritual.

Setiap bunga teratai terdapat kurang lebih 8 helai kelopak bunga, dengan maksud sebagai delapa jalan hukum baik.

Teratai Biru

Selanjutnya adalah teratai biru, sering digunakan sebagai lambang semangat kontrol atas salah satu indera material.  Umumnya bunga teratai biru berkaitas erat dengan Manjusri, dan juga merupakan salah satu atribut dari Prajnaparamita, perwujudan dari kesempurnaan kebijaksanaan.

Teratai Merah

Lalu teratai merah, lebih sering digunakan sebagai simbol cinta, kasih sayang, kreatifitas, nafsu dan emosi atau lambang dari suasan hati seseorang. Selain teratai merah, terdapa teratai merah mudah yang merupakan teratai tertinggi dan berkaitasn erat dengan dewa tertinggi.

Simak Juga :

Tips Perawatan Bunga Teratai

Selanjutnya kami juga akan berbagi informasi mengenai tips perawatan bunga teratai, dengan tujuan meningkatkan hasil budidaya bunga teratai anda nantinya. Langsung saja simak tambahan dari kami berikut ini!

Sebenarnya dalam perawatan bunga teratai cukup mudah, namun kebanyak orang menggap hal ini sepele sehingga banyak yang melewatkannya. Padahal perawatan akan berpengaruh besar terhadap keberhasilan budidaya bunga teratai.

Anda hanya perlu memperhatikan pemberian pupuk secara rutin agar bunga teratai memperoleh asupan nutrisi secara maksimal, lakukan pemberian pupuk cair secara periodik atau berkala yaitu setiap 2 bulan atau 3 bulan sekali.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Bunga Teratai dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun dan bunganya. Semoga sedikit pengetahuan kami dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih! Simak juga Ciri ciri Bunga Mawar, Jenis, Syarat Tumbuh dan Manfaatnya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*