Pertanian

Ciri ciri Bunga Bangkai Dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Buah

bunga bangkai

Ciri ciri Bunga Bangkai – Umumnya bunga bangkai termaksud dalam jenis tanaman yang masuk dalam suku talas talasan dan menjadi salah satu bunga endemik pulau Sumatera. Tanaman ini menghasilkan jenis bunga majemuk atau sempurna artinya, jenis bunga yang memiliki dua jenis kelamin.

Untuk ukurannya sendiri, bunga bangkai memiliki ukuran yang sangat besar mampu tumbuh mencapai 1 sampai 2 meter tergantung dari varietas dan kesuburan bunga bangkai itu sendiri. Kemudian bunga bangkai memiliki jenis daun majemuk dengan bentuk oval memanjang, dengan bagian ujung dan pangkal lancip atau runcing.

Ciri khas pada bunga bangkai terletak pada tongkolnya yang tumbuh tumbuh tinggi berwarna merah hati, lalu bunga bangkai juga menghasilkan buah berbentuk bulat lonjong berwarna merah dan orange. Namun untuk menemui bunga bangkai berbuah sangat sulit, hal ini terletak pada proses penyerbukan yang dilakukan oleh lalat khusus tersebut sehingga akan sangat sulit.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis bunga bangkai dengan ciri khas masing masing, tetapi jika kita melihat secara garis besar Ciri ciri Bunga Bangkai semua varietas atau jenis hampir sama baik dari segi bentuk dan fungsi batang, daun, akar, umbi, bunga, buah dan bijinya.

Klasifikasi Bunga Bangkai

[supsystic-tables id=14]

Ciri ciri Bunga Bangkai

Kita ketahui masa pertumbuhan bunga bangkai mengalami dua fase, yaitu fase vegetatif atau aseksual dan fase generatih atau seksual. Pada bunga bangkai akan mengalami fase pertama yaitu vegetatif, kemudian setelah batang dan daun layu akan disusul dengan fase generatif. Dibawah ini akan kami jelaskan Ciri ciri Bunga Bangkai Berdasarkan fase pertumbuhanya.

Fase Vegetatif

Untuk ciri fase vegetatif meliputi batang, daun dan akarnya. Langsung saja simak rangkuman SawonBudidaya sebagai berikut :

Ciri ciri Akar Bunga Bangkai

Umumnya bunga bangkai termaksud tanaman talas talasan sehingga memiliki jenis akar semu rambat yang tumbuh didalam tanah. Akar ini berfungsi sebagai alat pencari sumber air dan unsur hara, kemudian sebelum batang dan daun sudah layu atau sering kita sebut sebagai fase vegetatif akar tersebut akan mengalami pertumbuhan menjadi umbi yang akan digunakan sebagai tempat pertumbuhan bunga bangkai nantinya. Simak Juga Ciri ciri Bunga Sepatu Dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji

Ciri ciri Batang Bunga Bangkai

batang bunga bangkai
Batang Bunga Bangkai Via Kompasiona.com

Bunga bangkai menghasilkan batang tunggal, artinya jenis batang yang tumbuh pada tanaman tanpa ditumbuhi cabang cabang. Secara umum batang bunga bangkai memiliki bentuk bulat memanjang, mirip dengan bibit pohon pepaya. Tetapi dibagian permukaan batang bunga bangkai halus, beda halnya dengan batang pohon pepaya yang terdapat bekas menempelnya  tangkai daun.

Untuk fungsi sendiri hampir sama dengan batang tanaman lain, yaitu sebagai penompang bunga bangkai agar tidak mudah roboh dalam kondisi apapun dan memiliki peran penting dalam proses fotosintesi, sebagai pengangkut bahan fotosintesis dan pengantar hasil fotosintesis. Baca Juga Penjelasan Ciri ciri Bunga Kamboja Terlengkap dan Syarat Tumbuhnya!

Ciri ciri Daun Bunga Bangkai

Bunga bangkai menghasilkan daun majemuk, artinya jenis daun yang tumbuh pada satu tangkai lebih dari satu helai. Umumnya daun bunga bangkai tumbuh pada tangkai berukuran panjang, terutama dibagian ujung tangkainya dan mirip dengan sistem pertumbuhan daun pohon pepaya. Lalu untuk bentuk daunya sendiri adalah oval memanjang dengan bagian ujung dan pangkal daun lancip atau runcing.

Daun ini disusun berdasarkan tulang daun menyirip, dengan tulang daun tengah sebagai tumpuanya. Jika diraba menggunakan tangan secara langsung, daun bunga bangkai memiliki tekstur harus dan berwarna hijau muda cerah.

Untuk fungsi daunya sebagai berikut, tempat terjadinya fotosintesis, tempat penguapan air atau transpirasi dengan tujuan mengurangi kadar air yang berlebih didalam tanaman dan alat pernafasan karena terdapat organ stoma yang berfungsi sebagai tempat pertukaran udara antara Co2 dan O2. Simak Juga Ciri ciri Bunga Anggrek dari Akar, Batang, Daun, Bunga Terlengkap!

Fase Generatif

Selanjutnya fase generatif meliput umbi dan bunga bangkai, diatas tadi kami sudah menjelaskan bahwa masa pertumbuhan bunga bangkai meliputi dua fase yaitu vegetatif dan generatif. Diatas tadi kami sudah menjelaskan ciri ciri bunga bangkai pada fase vegetati, kemudian SawonBudidaya akan membahas ciri fase generatif sebagai berikut!

Ciri ciri Umbi Bunga Bangkai

umbi bunga bangkai
Umbi Bunga Bangkai TribunNews.com

Umumnya umbi pada bunga bangkai memiliki bentuk bulat mirip dengan umbi bengkoang, dengan tekstur luar kasar dan terdapat bintil bintil yang berfungsi sebagai pengikat air dan unsur hara. Kemudian umbi bunga bangkai berwarna hitam, dengan diameter beragam tergantung dari varietas dan kesuburan bunga bangkai itu sendiri.

Jika dilihat dari fungsi, umbi bunga bangkai berfungsi sebagai tunas pertumbuhan bunga meliput, batang bunga, kelopak dan mahkota bunga. Selain itu umbi bunga bangkai juga memiliki peran penting dalam pencari sumber air dan unsur hara menggunakan bintil bintil yang berada hampir diseluruh bagian umbi dan sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan bunga bangkai. Simak Juga Ciri ciri Bunga Terlengkap Matahari, Jenis, Syarat Tumbuh dan Manfaatnya

Ciri ciri Bunga Bangkai

Bunga Bangkai
Bunga Bangkai Via TribunNews.com

Jenis bunga bangkai adalah majemuk, artinya jenis bunga yang memiliki dua jenis kelamin pada satu tangkai bunga yaitu benang sari sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betina. Meskipun bunga bangkai terlihat besar, ternyata bunga ini disusun beberapa bunga kecil dalam jumlah yang sangat banyak.

Ciri khas dari bunga bangkai terletak pada bagian tongkol yang tumbuh tinggi dengan warna batang hijau dan pangkal bunga berbentuk mirip mangkok. Dibagian pinggir bunga dan tongkol berwarna merah hati.

Untuk satu bunga bangkai mampu tumbuh mencapai satu meter bahkan lebih, lalu untuk membantu proses penyerbukannya sangat memerlukan bantuan dari Lalat Khusus. Bagi orang awam pasti sering mengatakan bahwa bunga bangkai dan bunga Raflesia Arnoldi merupakan spesies yang sama, padahal kedua bunga tersebut sangat berbeda jauh baik dari segi karakteristiknya, warna dan pola hidupnya. Baca Juga Penjelasan Ciri ciri Bunga Melati Terlengkap dan Syarat Tumbuhnya!

Ciri ciri Buah Bunga Bangkai

buah bunga bangkai
Buah Bunga Bangkai

Begitu bunga bangkai sudah cukup umur akan terjadi namanya pembentukan buah, biasanya proses ini akan memakan waktu kurang lebih 3 tahun. Namun hal ini sangat jarang terjadi, karena apa? tidak semua proses pembuahan pada bunga bangkai dapat terjadi hal ini disebabkan oleh lalat khusus tersebut yang tidak selalu ada.

Namun apabila lalat khusus tersebut ada, maka bunga bangkai yang sudah mekar dan telat melalui proses penyerbukan akan terjadi pembentukan buah. Buah ini berwarna merah orange yang tumbuh secara berkelompok, jika dilihat sekilas buah bunga bangkai mirip dengan buah pinang. Didalam buahnya terdapat biji yang sering digunakan sebagai bibit atau benih pertumbuhan pada fase vegetatif.

Syarat Tumbuh Bunga Bangkai

Berikutnya kami juga akan membahas Syarat Tumbuh Bunga Bangkai dari jenis iklim dan ketinggian lokasi atau lahan. Penasaran ? yuk langsung saja kita simak penjelasan ini!

Jenis Iklim

Sebenarnya bunga bangkai dapat tumbuh pada dua jenis iklim, yaitu iklim tropis dan subtropis. Lalu untuk pemilihan tingkat suhu curah hujan tidak memiliki nominal khusus, karena lebih dominan dipengaruhi oleh ketinggian daerah itu sendiri. Jika dilihat dari persebarannya kita dapat mengetahui beberapa negara yang sering ditanam atau ditumbuhi bunga bangkai, yaitu Afrika Barat, kepulauan pasifik dan Indonesia.

Loading...

Ketinggian Lokasi atau Lahan

Untuk pemilihan ketinggian lahan budidaya bunga bangkai cukup beragam, hal ini dipengaruhi oleh varietas atau jenis bunga bangkai itu sendiri. Contoh jenis bunga bangkai Titan Arum yang dapat tumbuh pada ketinggian 120 sampai 365 meter diatas permukaan laut, khususnya daerah Sumatera.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Bunga Bangkai dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, umbi, bunga, buah dan bijinya. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih atas perhatiaan anda semua! Baca juga Ciri ciri Bunga Mawar, Jenis, Syarat Tumbuh dan Manfaatnya

2 pemikiran pada “Ciri ciri Bunga Bangkai Dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Buah

Tinggalkan Balasan