BungaPertanian

Ciri ciri Bunga Sepatu Dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji

bunga sepatu

Ciri ciri Bunga Sepatu – Bunga sepatu masuk dalam suku Malvaceace yang berasal dari Asia Timur dan sering digunakan sebagai tanaman hias dan bahan semir. Umumnya bunga sepatu dapat tumbuh dengan baik diberbagai jenis iklim, mulai dari iklim tropis dan sub tropis.

Bunga sepatu memiliki bentuk mirip corong atau terompet berukuran besar, dengan warna putih, merah muda, putih bercorak merah tua dan merah cerah tergantung dari jenis atau variteas bunga sepatu itu sendiri.

Secara umum bunga sepatu memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita, diantaranya sebagai tanaman hias, bahan pembuatan semir sepatu untuk negara India dan sering juga digunakan sebagai bunga persembahan dan di negara Tiongkok bunga sepatu sering digunakan sebagai bahan pewarna makanan alami.

Namun tahukah anda terdapat banyak sekali jenis bunga sepatu dengan ciri khas masing masing, tetapi jika dilihat secara garis besar Ciri ciri Bunga Sepatu hampir sama baikdari segi bentuk dan fungsi akar,batang, daun, bunga, buah dan bijinya.

Klasifikasi Bunga Sepatu

Kingdom Plantae
Kelas Magnoliopsida
Divisi Magnoliophyta
Devision Spermatophyta
Sub Division Angiospermae
Famili Malvaceae
Ordo Malvales
Genus Hibiscus
Spesies Hibiscus rosa sinensis L

Ciri ciri Bunga Sepatu

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai Ciri ciri Bunga Sepatu dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya. Penasaran? Yuk langsung saja simak rangkuman kami berikut ini!

Ciri ciri Akar Bunga Sepatu

Secara umum bunga sepatu memiliki jenis akar tunggang yang tumbuh vertikal dan horizontal, untuk akar yang tumbuh secara vertikal merupakan akar primer atau utama dalam posisi tegak menuju inti bumi dengan bagian ujung runcing.

Sedangkan untuk akar horizontal merupakan akar sekuder yang tumbuh secara mendatar atau lebih sering kita sebut sebagai cabang akar.Fungsi dari akar tunggang bunga sepatu hampir sama dengan jenis bunga lainnya, yaitu sebagai alat pencari sumber air, unsur hara dan penyokong bunga sepatu agar tidak mudah roboh. Baca juga Ciri ciri Bunga Mawar, Jenis, Syarat Tumbuh dan Manfaatnya

Ciri ciri Batang Bunga Sepatu

Kemudian untuk bentuk dan fungsi batang, umumnya bunga sepatu menghasilkan batang dengan bentuk bulat memanjang berdiameter kurang lebih 9 senti meter tergantung dari umur dan kesuburan tanaman sepatu itu sendiri.

Lalu, setiap batang bunga sepatu ditumbuhi beberapa cabang cabang, hal ini dikarena bunga sepatu termaksud dalam jenis tanaman dikotil maka dari itu memiliki batang bercabang.

Fungsi batang pada bunga sepatu antara lain, sebagai penompang tanaman sepatu agar mampu berdiri kokoh sehingga tidak mudah roboh dan berperan penting dalam proses fotosintesis karena mengandung pembuluh xilem dan floem. Baca juga Penjelasan Ciri ciri Bunga Melati Terlengkap dan Syarat Tumbuhnya!

Ciri ciri Daun Bunga Sepatu

daun bunga sepatu
Daun Bunga Sepatu Via Bukalapak.com

Bunga sepatu menghasilkan jenis daun tunggal, artinya daun yang tumbuh pada satu tangkai hanya terdapat satu helai daun saja. Lalu bentuk daunnya adalah oval dan bulat dengan bagian ujung lancip.

Sedangkan bagian pangkal daun tumpul serta bagian pinggir bergerigi mirip gergaji. Untuk satu helai daun memiliki ukuran panjang mencapai 10 sampai 16 senti meter dengan lebar 5 sampai 11 senti meter berwarna hijau tua dan muda.

Umumnya daun bunga sepatu memiliki beberapa fungsi yang penting untuk tanaman ini, diantaranya sebagai tempat fotosintesis, sebagai alat pernafasan karena terdapat organ stoma dan tempat terjadinya penguapan air atau transpirasi dengan tujuan mengurangi kadar air yang berlebih.

Ciri ciri Bunga Sepatu

bunga sepatu
Bunga Sepatu Via Dekoruma.com

Tanaman sepatu menghasilkan bunga tunggal yang tumbuh dibagian ranting atau ketiak daun dengan bentuk mirip terompet atau corong. Lalu disetiap bunganya memiliki 15 sampai 20 mahkota dan jumlah kelopak bunganya mencapai 5 helai.

Bunga sepatu memiliki warna merah muda dan merah cerah dan termaksud dalam jenis bunga majemuk atau sempurna artinya jenis bunga yang memiliki dua jenis kelamin yaitu benang sari sebagai kelamin jantan dan putik sebagai kelamin betina. Baca juga Ciri ciri Bunga Terlengkap Matahari, Jenis, Syarat Tumbuh dan Manfaatnya

Ciri ciri Buah dan Biji Bunga Sepatu

Umumnya buah sepatu dihasilkan dari bunganya yang tumbuh dibagian ovarium, berukuran kecil dengan bentuk lonjong dan berdiameter kurang lebih 4 milimeter. Untuk buah sepatu yang masih muda memiliki warna putih, sedangkan untuk buah yang sudah tua memiliki warna coklat tua.

Pada setiap buahnya memiliki tangkai yang berfungsi sebagai perekat antara pangkal buah dan ketiak daun. Lalu untuk bentuk bijinya adalah pipih, dengan warna putih untuk biji yang masih muda sedangkan untuk biji yang sudah tua atau kering akan memiliki warna hitam. Baca Juga Ciri ciri Bunga Anggrek dari Akar, Batang, Daun, Bunga Terlengkap!

Syarat Tumbuh Bunga Sepatu

Selanjutnya kami juga akan menjelaskan Syarat Tumbuh Bunga Sepatu dari jenis iklim, jenis tanah dan ketinggian lokasi atau lahan. Langsung saja simak!

Jenis Iklim

Secara umum bunga sepatu dapat tumbuh dengan baik diberbagai jenis iklim, dari iklim tropis dan iklim subtropis dengan suhu mencapai 22 sampai 24 derajat celcius dan tingkat kelembaban antara 50 sampai 90 persen. Lalu pastikan juga intensitas sinar matahari cukup, karena kita ketahui tanaman sepatu sangat membutuhkan sinar matahari yang merupakan bahan dari fotosintesis.

Jenis Tanah

Lalu untuk jenis tanahnya, bunga sepatu dapat tumbuh secara optimal pada jenis tanah liat berpasir, gembut dan kaya akan bahan organik. Selain itu tingkat keasaman yang tepat mencapai 6,0 sampai 6,5 Ph.

Ketinggian Lokasi atau Lahan

Selanjutnya adalah ketinggian lokasi atau lahan, secara umum bunga sepatu dapat tumbuh pada dataran rendah dan dataran tinggi dengan ketinggian maksimal mencapai 1.300 meter diatas permukaan laut.

Kandungan Kimia Bunga Sepatu

Pada bagian daun, bunga dan akar bunga sepatu mengandung senyawa flavonoida. Selain itu, daunnya juga megandung saponin dan polifenol, untuk bunganya sendir mengandung polifenol dan akarnya mengandung tannin dan saponin. Bunga sepatu mengandung senyawa kimia kompleks yaitu tannin, saponin, alkaloid, steroid dan flavonoid.

Jenis jenis Bunga Sepatu

Terakhir kami juga akan menjelaskan Jenis jenis Bunga Sepatu sebagai berikut ini!

Loading...

Hibiscus Rosa – Sinensis Albus

karateristik khas dari bunga sepatu ini terletak pada warnanya, yaitu putih polos dan bersih dengan ukuran bunga sedang dan memiliki mahkota tunggal.

Hibiscus Rosa-Sinensis Cv.Natal

Jenis bunga sepatu ini berasal dari Afrika Selatan, dengan ciri khas terletak pada warna bunganya yang berwarna dasar putih dipadu dengan warna merah tua.

Hibiscus Rosa-Sinensis Plenus (Double Rose of China)

Jenis bunga sepatu selanjutnya memiliki krateristik khas pada jumlah mahkota gandanya mirip dengan bunga mawar. Untuk warna bunga di padu merah muda dengan diameter mencapai 10 sampai 15 senti meter.

Loading...

Hibiscus Schizopelatus

Jenis bunga sepatu terakhir memiliki ciri khas terletak pada tangkainya yang panjang sehingga bunga tampak menggantung mirip dengan lentera.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Bunga Sepatu dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya. Semoga sedikit pengetahuan kami dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih! Baca Juga Penjelasan Ciri ciri Bunga Kamboja Terlengkap dan Syarat Tumbuhnya!

2 pemikiran pada “Ciri ciri Bunga Sepatu Dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Biji

Tinggalkan Balasan