Penjelasan Ciri ciri Bunga Kamboja Terlengkap dan Syarat Tumbuhnya!

Ciri ciri Bunga kambojakamboja adalah salah satu tanaman yang masuk dalam marga Plumeria, dengan bentuk pohon berukuran kecil dan ditumbuhi daun tunggal berjarak namun sangat tebal. Umumnya daun kamboja memiliki tulang daun menyirip sejajar, dengan tulang tengah sebagai tumpuannya.

Untuk bentuk bunganya sendiri cukup unik, bunga kamboja memiliki bentuk bunga mirip dengan corong dan dibagian ujung terdapat 5 helai kelopak sebagai penghiasnya. Warna bunga kamboja cukup beragam, biasanya bunga kamboja memiliki warna putih, kuning, merah dan ungu tergantung dari varietasnya.

Dulu bunga kamboja lebih identik dengan religi atau bunga pemakaman, namun dengan perkembangan zaman banyak sekali orang yang menggunakan bunga kamboja sebagai tanaman hias baik dipekarangan rumah ataupun didalam ruangan.

Bunga kamboja memiliki beberapa jenis atau varietas yang dapat dilihat dari bentuk dan warna bunga, batang, daun, akar dan buahnya. Namun secara umum bunga ini memiliki ciri khas hampir sama, nah semua hal tersebut akan kami jelaskan dibawah ini. Langsung saja kita simak mengenai Ciri ciri Bunga Kamboja dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan buahnya secara garis besar.

Klasifikasi Bunga Kamboja

Pertama kami akan memberikan klasifikasi bunga kamboja dari Kingdom, Subkingdom, Super Divisi, Divisi, Kelas, Sub Kelas, Ordo, Famili, Genus dan Spesies berikut ini!

Kingdom Plantae
Subkingdom Tracheobionta
Super Divisi Spermatophyta
Divisi Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Sub Kelas Asteridae
Ordo Gentianales
Famili: Apocynaceae
Genus Plumeria
Spesies Plumeria acuminata

Ciri ciri Bunga Kamboja

Berikut ini akan kami jelaskan Ciri ciri Bunga Kamboja mulai dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan buahnya. Penasaran ? yuk langsung kita bahas aja dibawah ini!

Loading...

Ciri ciri Akar Bunga Kamboja

Secara umum bunga kamboja memiliki akar tunggang yang tumbuh menuju inti bumi mencapai kedalam 11/2 sampai 2 meter dengan tujuan mencari sumber air dan unsur hara.

Setiap akar tunggang pada bunga kamboja pasti terdapat akar primer atau utama yang tumbuh secara vertikal, setelah itu akar primer akan ditumbuhi cabang cabang akar atau akar sekunder yang tumbuh secara horizontal atau mendatar.

Ciri ciri Batang Bunga Kamboja

batang kamboja
Batang kamboja Via Ptnasa.net

Batang pada bunga kamboja memiliki bentuk bulat memanjang dengan ketinggian 2 sampai 6 meter dan diameter tergantung dari kesuburan tanaman kamboja itu sendiri. Setiap batang kamboja akan menghasilkan cabang cabang yang tumbuh di bagian atas dalam jumlah banyak.

Kulit batang kamboja memiliki warna hijau keputihan dibagian pangkal, sedangkan untuk bagian ujung dominan berwarna hijau muda. Didalam batangnya mengandung dua pembuluh yaitu xilem dan floem yang berperan penting dalam proses fotosintesis, lalu batangnya juga berfungsi sebagai penompang tanaman kamboja agar tetap berdiri kokoh.

Ciri ciri Daun Bunga Kamboja

daun kamboja
Daun Kamboja Via Bebeja.com

Umumya bunga kamboja memiliki jenis daun tunggal, artinya daun yang tumbuh pada satu tangkai hanya terdapat satu helai daun saja. fungsi dari tangkai daun adalah sebagai perekat antara pangkal daun dan ujung cabang batang.

Biasanya bunga kamboja memiliki daun berbentuk bulat memanjang, dengan bagian ujung runcing dan tumpul tergantung dari verietas bunga kamboja itu sendiri. Secara umum bunga kamboja disusun berdasarkan tulang daun menyirip sejajar, dengan tulang tengah sebagai tumpuannya.

Lalu dibagian tepi daun rata atau tidak bergerigi, dengan warna hijau tua mengkilat dibagian permukaan atas sedangkan untuk bagian permukaan bawah berwarna hijau muda kusam dan memiliki tekstur lembut dan halus apabilan diraba menggunakan tangan secara langsung.

Loading...

Daun memiliki banyak fungsi untuk tanaman kamboja, diantaranya sebagai tempat terjadinya fotosintesis atau pemasakan makanan, sebagai tempat pertukaran udara karena memiliki organ stomata dan sebagai tempat terjadinya penguapan air atau tranpirasi.

Ciri ciri Bunga Kamboja

bunga kamboja
Bunga Kamboja Via indoblognet.com

Umumnya bunga kamboja memiliki bentuk mirip terompet, dengan bagian ujung terdapat kelopak berjumlah 4 sampai 5 yang mirip dengan bentuk bintang. Bunga kamboja akan tumbuh dibagian ujung cabang atau ranting, dengan batuan tangkai bunga berukuran pendek.

Nah kita ketahui tangkai bunga memiliki fungsi sebagai tempat tumbuhnya bunga dan perekat antara pangkal bunga dengan bagian ujung cabang atau ranting. Untuk bagian dalamnya sendiri, terdapat kelamin betina atau organ putik berukuran pendek, tumpul dan melebar.

Ciri ciri Buah Kamboja

Umumnya buah kamboja memiliki bentuk oval, berwarna hijau untuk buah yang masih muda dan untuk buah yang sudah tua akan memiliki warna hitam. Biasanya untuk satu buah kamboja akan menghasilkan panjang mencapai 18 sampai 20 sentimeter dengan lebar satu sampai dua senti meter dengan bagian dalam berongga serta terdapat banyak biji.

Baca Juga :

Jenis jenis Bunga Kamboja

Selanjutnya kami akan berbagi informasi mengenai Jenis jenis Bunga Kamboja, yang mungkin dapat menambah pengetahuan anda mengenai tanaman kamboja. Langsung saja simak penjelasan berikut ini!

Adenium Obesum

Untuk jenis bunga kamboja satu ini lebih dikenal dnegan anama desert rose, berasal dari belahan dunia timur atau lebih tepatnya di benua afrikan serta negara Arabian. Umumnya bunga ini memiliki ketinggian mencapai 10 sampai 12 meter di negara asalnya, beda halnya di Indonesia yang hanya mampu tumbuh mencapai ketinggian satu sampai dua meter saja.

Adenium multiflorum

Jenis bunga kamboja selanjutnya adalah Adenium multiflorum, bunga kamboja ini dapat tumbuh dengan subur di daerah dingin dan kering. Bunga yang dihasilkan juga sangat indah, dibandingkan jenis bunga kamboja lainya, umumnya bunga kamboja ini menghasilkan warna putih dibagian pinggir dan merah dibagian tengahnya.

Adenium swazicum

Jenis bunga kamboja satu ini sangat mudah dibudidayakan, baik dengan cara vegetatif ataupun generatif. Nah, untuk kelemahannya sendiri terletak pada waktu pertumbuhanya yang terbilang sangat lama.

Umumnya memiliki daun berwarna hijau tua dan terdapat bulu bulu halus, lalu untuk bunganya sendiri dominan berwarna merah dan pink cerah. Jenis kamboja ini akan menggugurkan daunnya begitu masuk musim gugur, lalu setelah masum musim semi akan kembali ditumbuhi tunas tunas baru.

Adenium boehmianum

Bunga kamboja yang satu ini sering ditemui pada daerah bebatuan, dengan ciri khas terletak dari jumlah cabang cabang batangnya yang sangat banyak. Untuk panjang batangnya, tanaman bunga kamboja ini mampu tumbuh mencapai ketinggian lebih dari 10 meter.

Lalu untuk bunga sendiri memiliki warna perpaduan antara merah muda atau pink dan unggu. Kelemahan dari jenis bunga kamboja ini terletak pada waktu pertumbuhannya yang sangat lama dan bunganya tidak mampu bertahan lama, hanya mampu bertahan sekitar seminggu sampai dua minggu.

Syarat Tumbuh Bunga kamboja

Kami juga akan memberikan penjelasan mengenai Syarat Tumbuh Bunga kamboja, dari jenis iklim, jenis media tanam dan ketinggian lokasi.

Jenis Iklim

Umumnya bunga kamboja akan tumbuh dengan subur, apabila ditanam pada daerah yang mmiliki antara 15 sampai 45 derajat celcius, karena jika daerah yang anda pilih memiliki suhu lebih dari 45 derajat akan berakibat buruk pada pertumbuhan bunga kamboja seperti daun kamboja akan mudah mengering atau layu.

Lalu pastika juga daerah tersebut memiliki intensitas sinar matahari mencapai 6 sampai 9 jam perhari, guna memaksimalkan kebutuhan sinar matahari agar proses fotosintesis dapat dilakukan secara optimal.

Jenis Tanah

Dalam pemilihan jenis tanah, hal perlu anda perhatikan adalah tingkat kesuburan tanah dari segi ketersediaan air dan unsur hara yang dibutuhkan tanaman kamboja. Karena bunga ini dapat tumbuh diberbagai macam jenis tanah, intinya tanah tersebut harus subur. Selanjutnya adalah tingkat kadar keasaman tanah, sebaiknya tanah yang pilih memiliki kadar keasaman lebih dari 6,5 Ph.

Ketinggian Lokasi atau Lahan

Umumnya bunga kamboja dapat tumbuh dengan baik pada beberapa ketinggian, baik didaerah datara rendah ataupun datara tinggi. secara nominal, bunga ini cocok ditanam pada daerah dengan ketinggian antara 50 sampai 1000 meter diatas permukaan laut.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Bunga Kamboja dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan buahnya. Semoga sedikit pengetahuan kami dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih atas perhatiaannya!

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...