Pertanian

Ciri ciri Bunga Anggrek dari Akar, Batang, Daun, Bunga Terlengkap!

Ciri ciri Bunga Anggrek – Anggrek adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropika kering, dengan jenis terbanyak dibandingkan tanaman berbunga lainnya. Namun secara umum, bunga anggrek juga tumbuh di daerah dengan iklim tropika basah sampai daerah sirkumpolar. Untuk bentuk bunga anggrek cukup beragam, mulai yang berbentuk mirip kupu sampai mirip dengan bintang tergantung dari jenis atau varietas bunga anggrek itu sendiri.

Hal yang unik dari tanaman ini terletak pada daunnya, karena apa? jika dilihat lebih dekat kita akan mengetahui bahwa daun anggrek tidak memiliki tangkai, nah kita ketahui tangkai daun berfungsi sebagai perekat antara pangkal daun dengan batang atau umbi semu. Namun tanpa adanya tangkai tersebut, daun pada tanaman anggrek tetap dapat melekat dengan kuat pada batang atau umbi semu, padahal bentuk daunya terbilang besar dibanding panjang batang.

Selain itu ada hal unik dari bentuk bunganya, karena disetiap jenis atau varietas tanaman anggrek memiliki bentuk dan warna bunga yang berbeda beda. Oleh karena itu bunga anggrek termaksud dalam tanaman berbunga dengan varieas terbanyak. Tetapi jika dilihat secara garis besar, tanaman anggrek memiliki ciri khas hampir sama dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun dan buah/bijinya. Berikut penjelasan Ciri ciri Bunga Anggrek.

Klasifikasi Bunga Anggrek

  • Divisi : Spermatophyta
  • Subdivisi : Angiospermae
  • Kelas : Monocotyledoneae
  • Ordo : Orchidales
  • Faniiii : Orchidaceae
  • Subfamiii : Epidendroideae
  • Suku : Epidendreae
  • Subsuku : Dendrobiinae
  • Genus : Dendrobium
  • Spesies : D. macrophyllum, D. canaliculatum, D. lineale, D. bifalce, D. Secundum.

Ciri ciri Bunga Anggrek

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai Ciri ciri Bunga Anggrek dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan bijiya. Penasaran ? yuk langsung saja simak rangkuman kami berikut ini!

Akar Anggrek

ciri ciri bunga anggrek
Via Jualanggrek.com

Tanaman anggrek memiliki akar berbentuk silindris dan berdaging, lunak, mudah patah, bagian ujung runcing licin dan sedikit lengket. Dikondisi tanah kering akar anggrek akan mengalami perubahan warna menjadi putih keperak-perakan pada bagian luarnya dan hanya pada bagian ujung akar saja yang berwarna hijau atau tampak agak keunguan. Ketika akar sudah tua biasanya akan mengalami perubahan warna menjadi coklat dan kering, kemudian akan digantikan oleh akar yang baru.

Secara umum akar tanaman anggrek memiliki banyak fungsi diantaranya sebagai alat mengambil, menyerap, dan mengantarkan zat hara ke seluruh bagian tanaman. Selain itu, akar anggrek juga berfungsi untuk menempelkan dirinya pada tempat atau media tumbuh.

Untuk melihat apakah anggrek sehat atau tidak, kita dapat memperhatikan dari akarnya. Biasanya anggrek memiliki akar udara yang dilapisi velamen yang berongga dan berfungsi untuk menyerap air dan udara.

Batang Anggrek

ciri ciri bunga anggrek
Batang Anggrek Via mangyono.com

Tanaman anggrek memiliki batang yang tebal atau lebih dikenal dengan istilah  pseudobulb (pseudo=semu, bulb=batang yang menggembung). Batang ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan air dan makanan untuk bertahan saat keadaan kering. Secara umum batang anggrek terbagi menjadi 2 tipe, yaitu :

1. Monopodial

Untuk tipe pertama adalah monopodil, tipe batang ini memiliki satu titik tumbuh. Artinya batang utama tidak mengalami pertumbuhan cabang, dengan kata lain batang utama akan terus tumbuh. Umumnya batang monopodil ini memiliki bentuk ramping dan tidak berumbi.

Meskipun batang tipe ini tidak mengalami pertumbuhan cabang, ketika anggrek akan berbungan tangkai bungan akan keluar di antara dua ketiak daun. Budidaya anggrek tipe ini dapat dilakukan dengan cara stek batang dan biji. Famili dari bunga anggrek tipe ini antara lain genus Aerides, Arachnis, Phalaenopsis, Renanthera, Aranthera , Vanda dan lain-lain.

2.Simpodial

Selanjutnya adalah tipe simpodial, tipe ini memiliki batang utama yang tersusun oleh ruas-ruas tahunan. Penjelasan batang diatas tadi merupakan jenis anggrek ini yang memiliki batang semu.

Setiap ruas batang anggrek diawali dengan pertumbuhan daun sisik, kemudian akan tumbuh bunga. Untuk tipe monopodial pertumbuhan batang utam tidak terbatas, beda halnya untuk tipe ini yang memiliki batang utama dengan pertumbuhan terbatas.

Ciri khas dari anggrek simpodial bukan hanya terletak pada batang yang terbentuk dari susunan ruas saja, kita bisa melihat bahwa anggrek simpodial ini memiliki penghubung antara tunas satu dan tunas lainnya( Rhizome).

Budidaya anggrek tipe ini dapat dilakukan dengan cara split, pemisahan keiki, stek batang dan biji. Terdapat beberapa kelompok dari anggrek simpodial ini diantaranya genus Cattleya, Coelogyne, Dendrobium, Grammatophyllum, Oncidium dan lain-lain.

Untuk fungsi umumnya, batang bunga anggrek memiliki fungsi hampir sama dengan batang tanaman lain yaitu sebagai tempat pertumbuhan daun, sebagai penompang tanaman anggrek agar tidak mudah roboh dan membantu proses fotosintesis karena mengandung dua pembuluh.

Ciri Daun Anggrek

daun anggrek
Daun Anggrek Via anggrek-ist.blogspot.com

Pada umumnya daun tanaman anggrek berdaging berwarna hijau tua. Dibagian permukaan daun dilapisi kutikula atau lapisan lilin yang berfungsi sebagai pelindung dari serangan hama dan penyakit. Daun anggek tersusun secara berjajar berselingan, dengan tulang daun sejajar, untuk bentuk daunnya sendiri beragam tergantung spesies anggreknya. Namun umumnya berbentuk memanjang dan membulat. Daun anggrek terbagi menjadi 2 tipe, yaitu :

  • Kelompok evergreen ( tipe daun tetap segar / hijau ), yaitu anggrek yang helaian-helaian daun nya tidak gugur serentak.
  • Kelompok decidous ( tipe gugur ) , yaitu semua helaian-helaian daun gugur dan tanaman mengalami masa istirahat, kemudian diganti tempatnya dengan munculnya bunga.

Daun dan batang anggrek sama sama mengandung klorofil tinggi, oleh karena itu dalam proses penyerapan sinar matahari dapat dilakukan lebih efisien meskipun didalam kondisi kekurangan cahaya sekalipun. Kandungan klorofil dibatang anggrek tidak mudah hilang atau terdegradasi walaupun daun-daunnya telah gugur, oleh sebab itu anggrek juga memiliki julukan evergreen.

Anggrek memiliki daun yang berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis atau pemasakan makanan, tempat penguapan air atau transpirasi dan alat pernafasan karena terdapat organ stomat yang fungsi sebagai tempat pertukaran antara Co2 dan O2.

Bunga Anggrek

bunga anggrek
Bunga Anggrek Via Dewezz.com

Bentuk bunga anggrek beragam, dari bunga yang berbentuk mirip bintang, kupu dan ekor dari burung merak. Untuk warnanya sendiri, bunga anggrek memiliki warna putih, ungu, pink, putih keungguan, putih dengan bintik pink dibagian tengahnya dan kuning tergantung dari jenis atau varietas bunga anggrek itu sendiri.

Tanaman anggrek menjadi salah satu tanaman hias yang memiliki keragaman warna dan bentuk bunga . Meskipun demikian, bunga anggrek tetap memiliki struktur yang sama dan khas. Bunga anggrek terdiri dari :

  • Kelopak (sepal)
  • Mahkota (petal)
  • Lidah (Labelum)
  • Bakal buah, dibentuk oleh penyatuan putik dan benangsari

Pada bagian sepal atau kelopak bunga anggrek terdiri dari tiga helai dan si sela-sela sepal terdapat dua helai petal. Sedangkan labelum atau lidah bunga merupakan modifikasi dari petal.

Umumnya bunga pada tanaman anggrek memiliki beberapa fungsi diantara, sebagai tempat pembentukan biji dibagian ovarium dan sebagai pemikat serangga agar membantu proses penyerbukan. Bunga anggrek terdiri dari Kelopak (sepal), Mahkota (petal), lidah (Labelum), Bakal buah, dibentuk oleh penyatuan putik dan benangsari

Buah atau Biji Anggrek

buah anggrek
Buah Anggrek Via kiyanti2008.wordpress.com

Secara umum buah anggrek memiliki bentuk yang berbeda beda tergantung jenisnya, buah anggrek memiliki enam rusuk (Lentera). Tiga rusak pertama merupakan rusuk sejati sedangkan tiga lainnya hanya digunakan sebagai tempat melekatnya dua tepi daun buah yang berlainan. Proses pembentukan buah di tempat tersebut terdapat  ratusan ribu bahkan jutaan biji anggrek yang sangat lembut dalam ukuran yang sangat kecil.

Loading...

Kemudian biji anggrek, umumnya biji anggrek memiliki endosperm yang berfungsi sebagai tempat cadangan makanan, maka dari itu untuk melakukan pertumbuhan kecambah anggrek sangat memerlukan nutrisi yang tinggi. Pada proses pertumbuhan kecambah alami sangat sulit terjadi, paling tidak biji memerlukan batuan dari (jamur) yang disebut mikoriza yang bersimbiosis dengan biji-biji anggrek tersebut.

Baca Juga :

Ciri ciri Bunga Terlengkap Matahari, Jenis, Syarat Tumbuh dan Manfaatnya

Loading...

Penjelasan Ciri ciri Bunga Melati Terlengkap dan Syarat Tumbuhnya!

Ciri ciri Bunga Mawar, Jenis, Syarat Tumbuh dan Manfaatnya

Jenis jenis Anggrek

Selanjutnya kami juga akan memberikan informasi tambahan mengenai Jenis jenis Bunga Anggrek, Penasaran apa saja jenis jenis bunga anggrek? Langsung saja simak berikut ini!

  • Jenis Bunga Anggrek Hitam
  • Anggrek Jenis Cattleya
  • Anggrek Tebu
  • Tanaman Hias Anggrek Jenis Oncidium
  • Anggrek Selop
  • Jenis Anggrek Bulan
  • Anggrek Monyet
  • Anggrek Bibir Berbulu
  • Jenis Anggrek Ki Aksara
  • Tanaman Hias Anggrek Violet
  • Bunga Anggrek Serat
  • Papua Paphiopedilum
  • Anggrek Jamrud
  • Jenis Anggrek Jingga
  • Anggrek Sendok
  • Bunga Anggrek Hartinah
  • Jenis Bunga Anggrek Bulan Bintang

Sumber deweezz

Syarat Tumbuh Bunga Anggrek

Berikutnya kami juga akan memberikan penjelasan mengenai Syarat Tumbuh Bunga Anggrek dari jenis iklim, jenis media tanam dan ketinggian lokasi atau lahan yang tepat.

Jenis Iklim

Tanaman anggrek sangat cocok dibudidayakan pada daerah yang memiliki curah hujan mencapai 12,7 derajat celcius, karena daerah yang bersuhu lebih rendah dari itu akan berpengaruh buruk pada pertumbuhan tanaman anggrek nantinya.

Lalu pilih juga daerah yang memiliki tingkat kelembaban 65 sampai 70 persen, dengan kelembaban segitu dapat mempercepat pertumbuhan bunga anggrek dan menurunkan timbulnya bakteri atau virus yang akan merusak kesuburan bunga anggrek.

Jenis Tanah

Umumnya tanaman anggrek dapat tumbuh diberbagai jenis tanah, intinya tanah tersebut harus subur atau untuk lebih mudahnya pilih tanah jenis aluvial yang mengandung unsur hara organik tinggi, dengan tingkat keasaman mencapai 5,2 Ph jika lebih atau kurang sebaiknya lakukan pengapuran terlebih dulu, agar Ph tanah lebih netral atau stabil.

Ketinggian Lokasi atau Lahan

Sebenarnya dalam pemilihan ketinggian lokasi atau lahan akan sangat berkaitan erat dengan suhu atau temperatur daerah tersebut. Contoh, untuk daerah yang memiliki temperatur 26 sampai 30 derajat celcius akan lebih baik ditanam pada daerah yang memiliki ketinggian 0 sampai 650 meter diatas permukaan.

Karakteristik morfologi Anggrek

Mencari karakteristik pada suatu tanaman tidaklah mudah, karena tanaman berbeda dengan manusia atau hewan. Jika manusia atau hewan kita bisa mencari tahu karakteristik mereka dari sifat msing masing, lalu bagaimana dengan tanaman? Seperti anggrek misalnya.

Dari jurnal yang saya baca untuk mengetahui karakteri tanaman anggrek kita dapat memperhatikan dari morfologi daun dan bunganya. Tujuan dilakukan karakteristik suatau tanaman adalah agar kita mengetahui kekerabatan antar genotipe suatu tanaman, seperti anggrek. Pengamatan yang dilakukan pada tanaman anggrek antara lain:

1. Keragaan umum tanaman

  • Penampang melintang daun

1. Teret / pesil

2. Bilaterarly compressed (zigomorf/tipe simetri ditekan)

3. Conduplicate (tidak rangkap)

  • Tipe tonjolan/kalus pada bibir

1. Lamellate/dilengkapi dengan lempengan

2. Complex/komplek

3. Simple/sederhana

2. Daun

  • Bentuk daun

1. Subulate/berbentuk jarum

2. Linear/berbentuk pita/lurus

3. Oblong/lonjong

4.. Eliptic/jorong/bujur telur

5. Spathulate/berbentuk sendok

6. Lanceolate/berbentuk lanset/mata lembing

7. Oblanceolate/ kebalikan lanset

8. Ovate/bulat telur

9. Obovate/bulat telur sungsang

10. Trullate/berbentuk sekop

11. Cordate/berbentuk jantung

12. Triangular/segitiga

  • Bentuk ujung daun

1. Acute/lancip/menajam ke ujung

2. Acuminate/meruncing dengan sisi-sisi yang tajam

3. Apiculate/berujung runcing

4. Mucronate/berujung suntih dangkal bertulang runcing

5. Obtuse/tumpul

6. Truncate/bentuk pepat/memotong

7. Retuse/romping/tumpul bertakik sedikit

8. Emarginated/terkoyak, ujung membelah

9. Tridentate/bergigi tiga

10. Praemorse/bergerigi

11. Setose/berbentuk

Sumber Referensi : Pangestu, Fajar. 2014. Karakteristisadi Morfologi Anggrek Phalaenopsis Hibrid. Bogor

Demikian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Bunga Anggrek, klasifikasi, jenis atau varietas, syarat tumbuh dan karakteristik morfologi. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih!

2 pemikiran pada “Ciri ciri Bunga Anggrek dari Akar, Batang, Daun, Bunga Terlengkap!

Tinggalkan Balasan