Ciri ciri Bunga Anggrek dari Akar, Batang, Daun, Bunga Terlengkap!

Ciri ciri Bunga Anggrek

Ciri ciri Bunga Anggrek – Anggrek adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropika, dengan jenis terbanyak dibandingkan tanaman berbunga lainnya. Namun secara umum, bunga anggrek juga tumbuh di daerah dengan iklim tropika basah sampai daerah sirkumpolar. Untuk bentuk bunga anggrek cukup beragam, mulai yang berbentuk mirip kupu sampai mirip dengan bintang tergantung dari jenis atau varietas bunga anggrek itu sendiri.

Hal yang unik dari tanaman ini terletak pada daunnya, karena apa? jika dilihat lebih dekat kita akan mengetahui bahwa daun anggrek tidak memiliki tangkai, nah kita ketahui tangkai daun berfungsi sebagai perekat antara pangkal daun dengan batang atau umbi semu. Namun tanpa adanya tangkai tersebut, daun pada tanaman anggrek tetap dapat melekat dengan kuat pada batang atau umbi semu, padahal bentuk daunya terbilang besar dibanding panjang batang.

Selain itu ada hal unik dari bentuk bunganya, karena disetiap jenis atau varietas tanaman anggrek memiliki bentuk dan warna bunga yang berbeda beda. Oleh karena itu bunga anggrek termaksud dalam tanaman berbunga dengan varieas terbanyak. Tetapi jika dilihat secara garis besar, tanaman anggrek memiliki ciri khas hampir sama dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun dan buah/bijinya.

Klasifikasi Bunga Anggrek

Ciri ciri Bunga Anggrek

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai Ciri ciri Bunga Anggrek dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan bijiya. Penasaran ? yuk langsung saja simak rangkuman kami berikut ini!

Ciri ciri Akar Bunga Anggrek

akar anggrek
Akar Anggrek Via Jualanggrek.com

Bunga anggrek memiliki jenis akar serabut yang tumbuh secara vertikal dan horizontal, akar vertikal merupakan akar primer atau utama yang tumbuh dengan posisi tegak mengarah inti bumi sedangkan akar horizontal merupakan cabang cabang dari akar primer yang tumbuh menyebar atau mendatar di area dangkal tanah.

Akar bunga anggrek memiliki bentuk silinder, bagian dalam mengandung daging dan bertekstur lunak serta mudah patah. Jika dilihat lebih dekat, bagian ujung akar anggrek lancip yang fungsi untuk mempermudah menumbus tanah, mencari sumber air dan unsur hara.

Pada akar anggrek bagian pangkal akan memiliki warna coklat kering dan bagian ujung berwarna hijau. Biasanya akar ini akan patah atau mati setelah tua atau mengering, sehingga diganti dengan akar baru yang lebih fresh.

Umumnya kedua bagian akar tersebut memiliki peran yang penting dalam menunjang keberlangsungan hidup bunga anggrek nantinya. Apa saja fungsi akar pada bunga anggrek? Akar berfungsi sebagai salah satu alat pernafasan, sebagai penyokong tanaman anggrek agar tidak mudah roboh dan alat mencari sumber air serta kandungan organik didalam tanah.

Ciri ciri Batang Bunga Anggrek

batang anggrek
Batang Anggrek Via mangyono.com

Umumnya batang bunga anggrek memiliki bentuk beragam, mulai dari batang yang ramping dan gemuk tergantung dari kondisi tanaman itu sendiri dan varietasnya. Untuk anggrek yang masih muda akan memiliki batang berwarna hijau, sedangkan untuk anggrek sudah tua akan memiliki warna coklat bahkan kering.

Salah satu cara kembang biakan anggrek hampir sama dengan tanaman bambu dan pisang, yaitu dengan cara bertunas atau menumbuhkan batang baru yang akan digunakan sebagai bakal tanaman anggrek baru.

Untuk fungsinya sendiri, batang bunga anggrek memiliki fungsi hampir sama dengan batang tanaman lain yaitu sebagai tempat pertumbuhan daun, sebagai penompang tanaman anggrek agar tidak mudah roboh dan membantu proses fotosintesis karena mengandung dua pembuluh.

Ciri ciri Daun Bunga Anggrek

daun anggrek
Daun Anggrek Via anggrek-ist.blogspot.com

Bunga anggrek menghasilkan dua bentuk daun, yaitu daun berbentuk memanjang dengan bagian ujung runcing dan daun berbentuk oval dengan bagian ujung tumpul yang dipengaruhi oleh varieas tanaman anggrek itu sendiri.

Umumnya daun anggrek memiliki ketebalan beragam, ada daun yang tebal, tipis dan rata. Setiap daun memiliki kulit berwarna hijau tua mengkilat dengan tekstur keras, kaku dan lunak, untuk bagian permukaan daun halus apabila diraba menggunakan tangan secara langsung.

Daun anggrek tidak memiliki tangkai, padahal kita ketahui tangkai daun berfungsi sebagai perekat antara pangkal daun dengan batang, namun buktinya daun pada tanaman anggrek tidak memiliki tangkai.

Lalu bagaimana daun anggrek dapat melekat pada batang atau umbi semu? Sistem pertumbuhan daun pada anggrek hampir sama dengan pohon kelapa, yang mengunakan pelepah daunnya sebagai perekat antara pangkal daun dan batang atau umbi semu.

Nah untuk fungsi daunnya, bunga anggrek memiliki daun yang berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis atau pemasakan makanan, tempat penguapan air atau transpirasi dan alat pernafasan karena terdapat organ stomat yang fungsi sebagai tempat pertukaran antara Co2 dan O2.

Ciri ciri Bunga Anggrek

bunga anggrek
Bunga Anggrek Via Dewezz.com

Bentuk bunga anggrek beragam, dari bunga yang berbentuk mirip bintang, kupu dan ekor dari burung merak. Untuk warnanya sendiri, bunga anggrek memiliki warna putih, ungu, pink, putih keungguan, putih dengan bintik pink dibagian tengahnya dan kuning tergantung dari jenis atau varietas bunga anggrek itu sendiri.

Umumnya bunga pada tanaman anggrek memiliki beberapa fungsi diantara, sebagai tempat pembentukan biji dibagian ovarium dan sebagai pemikat serangga agar membantu proses penyerbukan.

Ciri ciri Buah atau Biji Bunga Anggrek

buah anggrek
Buah Anggrek Via kiyanti2008.wordpress.com

Secara umum bunga anggrek akan menghasilkan buah setelah proses penyerbukan yang dibantu oleh serangga dan angin berjalan lancar, buah tersebut akan tumbuh dibagian ovarium pada bunga anggrek atau dibagian pangkal tengah bunga. Buah tersebut memiliki bentuk mirip dengan kapsul obat, dengan bagian ujung runcing dan bagian pinggi bergaris mirip buah gambas.

Baca Juga :

Jenis jenis Anggrek

Selanjutnya kami juga akan memberikan informasi tambahan mengenai Jenis jenis Bunga Anggrek, Penasaran apa saja jenis jenis bunga anggrek? Langsung saja simak berikut ini!

  • Jenis Bunga Anggrek Hitam
  • Anggrek Jenis Cattleya
  • Anggrek Tebu
  • Tanaman Hias Anggrek Jenis Oncidium
  • Anggrek Selop
  • Jenis Anggrek Bulan
  • Anggrek Monyet
  • Anggrek Bibir Berbulu
  • Jenis Anggrek Ki Aksara
  • Tanaman Hias Anggrek Violet
  • Bunga Anggrek Serat
  • Papua Paphiopedilum
  • Anggrek Jamrud
  • Jenis Anggrek Jingga
  • Anggrek Sendok
  • Bunga Anggrek Hartinah
  • Jenis Bunga Anggrek Bulan Bintang

Sumber deweezz

Syarat Tumbuh Bunga Anggrek

Berikutnya kami juga akan memberikan penjelasan mengenai Syarat Tumbuh Bunga Anggrek dari jenis iklim, jenis media tanam dan ketinggian lokasi atau lahan yang tepat.

Jenis Iklim

Tanaman anggrek sangat cocok dibudidayakan pada daerah yang memiliki curah hujan mencapai 12,7 derajat celcius, karena daerah yang bersuhu lebih rendah dari itu akan berpengaruh buruk pada pertumbuhan tanaman anggrek nantinya.

Lalu pilih juga daerah yang memiliki tingkat kelembaban 65 sampai 70 persen, dengan kelembaban segitu dapat mempercepat pertumbuhan bunga anggrek dan menurunkan timbulnya bakteri atau virus yang akan merusak kesuburan bunga anggrek.

Jenis Tanah

Umumnya tanaman anggrek dapat tumbuh diberbagai jenis tanah, intinya tanah tersebut harus subur atau untuk lebih mudahnya pilih tanah jenis aluvial yang mengandung unsur hara organik tinggi, dengan tingkat keasaman mencapai 5,2 Ph jika lebih atau kurang sebaiknya lakukan pengapuran terlebih dulu, agar Ph tanah lebih netral atau stabil.

Ketinggian Lokasi atau Lahan

Sebenarnya dalam pemilihan ketinggian lokasi atau lahan akan sangat berkaitan erat dengan suhu atau temperatur daerah tersebut. Contoh, untuk daerah yang memiliki temperatur 26 sampai 30 derajat celcius akan lebih baik ditanam pada daerah yang memiliki ketinggian 0 sampai 650 meter diatas permukaan.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Bunga Anggrek dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih!

1 Trackback / Pingback

  1. Ciri ciri Bunga Bugenvil dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Klasifikasi!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*