Ciri ciri Bunga Terlengkap Matahari, Jenis, Syarat Tumbuh dan Manfaatnya

Ciri ciri Bunga Matahari – Umumnya, Bunga matahari adalah salah satu tanaman musiman dari suku Kenikir yang cukup terkenal, karena mengandung beberapa vitamin dan asam lemak yang berfungsi dalam menjaga kesehatan dan kecantikan pada tubuh.

Biasanya bunga matahari sering dijadikan sebagai tanaman hias baik didalam ruangan ataupun dipekarangan rumah, karena memiliki daya tarik tersendiri dari bentuk bunga dan warnanya.

Untuk beberapa orang, sering juga menggunakan bunga matahari sebagai bahan kesehatan dan kecantikan dengan mengolah bunganya menjadi minyak ataupun mengkonsumsi bijinya langsung. Kita ketahui buah atau biji bunga matahari mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, C, D dan E yang berguna dalam merawat kecantikan wajah.

Secara umum bunga matahari memiliki beberapa jenis dengan ciri khas masing masing. Namun, khususnya bunga matahari memiliki ciri ciri hampir sama baik dari segi bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan bijinya.

Klasifikasi Bunga Matahari

Ciri ciri Bunga Matahari

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai Ciri ciri Bunga Matahari dari akar, batang, daun, bunga dan bijinya. Penasaran? Yuk langsung saja kita rangkum berikut ini!

Ciri ciri Akar Bunga Matahari

Bunga matahari memiliki jenis akar tunggang yang tumbuh secara vertikal dan horizontal, sehingga sangat kuat dalam penyokong tanaman ini agar tidak mudah roboh.

Umumnya, akar bunga matahari dapat tumbuh mencapai kedalam 4 sampai 5 meter secara vertikalt atau tegak dan menyebar kesamping mencapai 50 senti meter sampai 1 meter secara horizontal atau mendatar.

Akar pada bunga matahari memiliki diameter kecil dan halus, namun sangat kuat. Hal ini tidak terlepas dari cara akarnya tumbuh, yaitu  mengelompok dalam skala besar.

Secara umum akar bunga matahari memiliki peran sangat penting untuk keberlangsungan hidup tanaman ini, seperti alat pencari sumber air, unsur hara nitrogen dan penyokong bunga matahari agar tidak mudah roboh.

Loading...

Ciri ciri Batang Bunga Matahari

batang bunga matahari
Batang Bunga Matahari Via Radarhijau.com

Bunga matahari menghasilkan bentuk batang bulat memanjang dengan diameter beragam, tergantung dari varietas dan kesuburan tanaman ini sendiri. Umumnya, batang bunga matahari memiliki kulit luar berwarna hijau muda dan terdapat bulu bulu atau rambut kasar yang berfungsi sebagai salah satu alat pernafasan dan alat pelindungan dari serangan hewan seperti ulat bulu dan serangga lainnya.

Batang bunga matahari memili cabang cabang yang tumbuh dibagian tengah hingga ujung, namun sangat jarang ditemui cabang dari bunga matahari tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa batangnya dapat bercabang.

Cabang cabang tersebut berfungsi sebagai tempat melekatnya tangkai daun dan tangkai bunga nantinya. Lalu, batang bunga matahari memiliki tekstur keras, sehingga sangat kuat dalam menompang tanaman bunga matahari agar tidak mudah roboh.

Selain itu batang bunga matahari memiliki peran penting dalam proses fotosintesis karena mengandung dua pembuluh yaitu xilem dan floem, xilem berfungsi sebagai pengangkut bahan fotosintesis sedangkan floem berfungsi sebagai pengantar hasil fotosintesis.

Ciri ciri Daun Bunga Matahari

daun bunga matahari
Daun Bunga Matahari Via Pixabay.com

Bunga matahari menghasilkan jenis daun tunggal, artinya daun yang tumbuh pada satu tangkai hanya terdapat satu helai daun saja. Untuk bentuk daun sendiri, mirip dengan bentuk hati atau waru berwarna hijau tua dengan bagian ujung daun runcing serta tumpul tergantung kondisi daun itu sendiri ,

Sedangkan untuk bagian pinggir daun bergerigi mirip gergaji dan terdapat 3 tulang daun primer sebagai tumpuannya. Pada setiap tulang daun primernya, terdapat tambahan tulang menyirip yang disusun secara selang seling.

Umumnya daun pada bunga matahari memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai tempat fotosintesis, salah satu alat pernafasan bunga matahari karena terdapat organ stomata dan sebagai tempat terjadinya penguapan air atau transpirasi, guna mengurangi kandungan air yang berlebih didalam tanaman bunga matahari.

Ciri ciri Bunga Matahari

bunga matahari
Bunga Matahari Via Fredikurniawan.com

Bunga matahari memiliki bentuk bulat besar dan termaksud dalam jenis bunga majemuk, artinya bunga yang memiliki dua alat kelamin pada satu tangkai bunga yaitu benang sari sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betina.

Umumnya, bunga matahari memiliki 20 sampai 25 kelopak bunga yang tumbuh dibagian pinggir berwarna kuning dan keunguaan tergantung varietasnya dan terdapat banyak sekali bunga bunga bunga kecil, atau bakal biji yang berfungsi sebagai tempat tumbuhnya biji bunga matahari.

Hal yang unik dari bunga matahari adalah selalu mengakar mengarah hadap matahari, yang tumbuh pada setiap tangkai secara berselang seling. Tangkai bunga matahari berfungsi sebagai alat perekat antara pangkal bunga dan bagian ketiak daun atau batangnya.

Meskipun bunga matahari termaksud jenis bunga majemuk atau sempurna, namun dalam proses penyerbukannya masih membutuhkan bantuan hewan dan angin agar proses ini dapat berjalan secara maksimal sehingga bakal biji dapat terbentuk.

Ciri ciri Buah atau Biji Bunga Matahari

buah atau biji bunga matahari
Buah atau Biji Bunga Matahari Via Netralnews.com

Secara umum, bunga matahari akan menghasilkan buah atau biji pada bagian tengah bunganya atau sering kita sebut sebagai putik. Setiap buah bunga matahari memiliki bentuk oval dan pipih, dengan bagian ujung sedikit runcing.

Buah bunga matahari memiliki kulit kesar berwarna abu abu dengan tambahan garis garis hitam, kulit buah bunga matahari berfungsi sebagai tameng atau pelindung biji yang berada didalamnya.

Untuk bijinya sendiri, bunga matahari menghasilkan biji berbentuk hampir sama dengan kulit luar buah namun pada bagian ujungnya runcing dan berkeping dua. Fungsi dari biji bunga matahari tentu, sebagai alat kembang biak secara generatif.

Baca Juga :

Jenis jenis Bunga Matahari

Selanjutnya kami juga akan memberikan informasi mengenai Jenis jenis Bunga Matahari, Penasaran? Yuk langsung saja simak berikut ini!

Bunga Matahari Giant Sungold

Dilihat dari namanya saja kita sudah tahu, apa ciri khas dari jenis bunga matahari ini. Ya, benar ukuranya, secara umum jenis bunga matahari ini memiliki ukuran yang sangat besar dibanding bunga matahari lainnya. Biasanya untuk satu tanaman bunga matahari mampu tumbuh denga ketinggian 1 sampai 11/2 meter dengan diameter batang 15 sampai 20 senti meter.

Bunga Matahari Teddy Bear

Jenis bunga matahari satu ini memiliki banyak penggemar, hal ini karena bunga matahari Teddy Bear memiliki bunga yang berukuran besar dengan warna kelopak kuning cerah sehingga sangat cantik digunakan sebagai tanaman hias diruangan ataupun dipekarangan rumah.

Ciri khas dari bunga ini terletak pada diameter bunga mencapai 17 sampai 20 senti meter dan ketinggian 50 sampai 70 senti meter tergantung dari kesuburan bunga ini sendiri, karena dapat lebih tinggi apabila tumbuh subur.

Bunga Matahari Big Smile

Meskipun nama dari bunga ini adalah big, secara umum ukuran bunganya tidak begitu besar bahkan terbilang sangat kecil. Namun, pemberiaan nama big smile ditujukan pada kita yang akan seyum lebar atau besar setelah melihat indahnya bunga matahari jenis ini.

Bunga Matahari Earthwalker

Ciri khas dari bunga matahari ini terletak pada warna kelopaknya, yaitu orange kecoklatan, karena biasanya bunga matahari lebih dikenal karena warna kelopak kuning cerahnya beda halnya dengan jenis bunga matahari ini.

Bunga Matahari Fiesta Del Sol

Nah,untuk jenis bunga matahari satu ini sedikit berbeda karena warna kelopaknya yang dominan merah ke orangean ini menjadi daya tarik tersendiri. Biasanya jenis bunga matahari ini memiliki diameter mencapai 10 senti meter, bahkan lebih dengan ketinggian kurang lebih 80 senti meter.

Syarat Tumbuh Bunga Mawar

Berikut ini kami juga akan memberikan penjelasan mengenai Syarat Tumbuh Bunga Melati, dari Jenis Iklim, Jenis Media Tanam atau Tanah dan Ketinggian Lokasi atau kebun yang sesuai dengan karakteristik bunga melati itu sendiri. Langsung saja simak penjelasan dibawah ini!

Jenis Iklim

Bunga matahari dapat tumbuh dengan subur, apabila ditanam pada daerah yang memiliki curah hujan antara 112 sampai 119 mm per tahun, dengan volume hujan 6 sampai 9 hujan per bulannya. Lalu pastikan juga iklim yang dipilih adalah musim kering selama 2 sampai 3 bulan dan musim basah dengan volumer 5 sampai 6 bulan.

Selanjutnya adalah suhu udara atau temperatur, sebaiknya daerah yang dipilih memiliki temperatur dengan volumer 28 sampai 36 derajat celcius dan kelembaban udara mencapai 50 sampai 80 persen.

Jenis Tanah atau Media Tanam

Tanaman matahari akan tumbuh dengan subur apabila ditanam pada tanah podsolik merah kekuningan, latosol dan andosol, dengan kadar keasamana mencapai 5 sampai 7 pH.

Untuk menghasilkan kadar keasaman tanah yang ideal, kita dapat melakukan pengapuran terlebih dulu agar budidaya matahari yang akan dilakukan dapat maksimal, lalu pastikan juga kebun atau lahan memiliki drainase yang baik, guna mengantisipaasi musim hujan terlalu tinggi sehingga lahan atau kebun tidak tergenang air.

Ketinggian Lokasi Budidaya Bunga Matahari

Secara umum, bunga matahari akan tumbuh dengan subur apabilan ditanam pada daerah datara tinggi seperti penggunungan. Namun juga dapat ditanam pada daerah dataran rendah, dengan ketinggian minimal 1.500 meter diatas permukaan laut dan lebih.

Kandungan Bunga Matahari

Kandunga yang terdapat didalam biji bunga matahari meliputi protein, lemak, NFE, Pentosan, serat dan Abus dengan fungsi masing masing. Nah dibawah ini akan kami berikat tebal mengenai tingkat kandungan didalam biji bunga matahara, yaitu :

Manfaat Bunga Matahari

Kami juga akan memberikan penjelasan mengenai apa saja Manfaat Bunga Matahari untuk kesehatan tubuh kita, penasaran ? langsung saja kita kupas dibawah ini.

Mencegah Timbul Osteoporosis

Salah kandungan didalam biji bunga matahari adalah magensium, kita ketahui magnesium berfungsi sebagai penyeimbang kalsium dan kalium didalam tubuh.

Sehingga dengan mengkonsumsi buah atau biji matahari dipercaya mampu mengatasi masalah tulang keropos atau osteoporosis akibat asupan kalsium dan kalium yang kurang. Selain itu, mengkonsumsi kuaci atau buah bunga matahari dapat mengatasi berbagai penyakit lainnya yaitu sembelit, kram otot dan sakit kelapa kronis.

Mampu Menjaga Kesehatan Kulit

Berikutnya, biji bunga matahari atau sering kita sebut kuaci mengandung antioksidan dan vitamin E tinggi, nah dari kandugan tersebut saja kita sudah mengetahui apa fungsinya. Karena secara ilmu medis antioksidan dipercaya mampu mengantasi masalah kulit akibat radikal bebas dan vitamin E dipercaya mampu menjaga kelembaban dan kesehatan kulit.

Mampu Mengatasi Diabetes

Lalu, kandungan dari kuaci atau biji bunga matahari dipercaya mampu mengatur kadar gula atau glukosa yang tinggi didalam tubuh. Hal ini tidak terlepas dari kandungan serat tinggi dan rendah gula, sehingga anda tidak perlu merasa khawatir mengenai tingkat gula terlalu tinggi didalam tubuh.

Anti inflamasi

Kita ketahui masalah pada wajah atau jerawat sering diakibatkan oleh bakteri dan polusi udara yang kotor, nah maka dari itu dengan mengonsumsi biji bunga matahari atau kuaci dipercaya mampu mengatasi masalah kulit atau jerawat karena didalamnya mengandung berbagai macam vitamin ynang baik untuk wajah yaitu Vitamin E, A, D, C dan lemak Esensial.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Bunga Matahari dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan bijinya. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.