Pertanian

Penjelasan Ciri ciri Bunga Melati Terlengkap dan Syarat Tumbuhnya!

Ciri ciri Bunga Melati – Bunga melati adalah salah satu jenis tanaman hias yang tumbuh pada daerah beriklim tropis dan subtropis. Melati tergolongan tanamana semak, dengan ciri batang berdiameter kecil dan ditumbuhi cabang cabang serta memiliki jenis daun majemuk.

Umumnya melati termaksud tanaman perdu, artinya jenis tanaman yang memiliki ketinggian dibawah enam meter. Jenis akarnya adalah tunggang, tumbuh secara vertikal dan horizontal yang berfungsi dalam mencari sumber air dan unsur hara.

Bunga melati termaksud jenis tanaman dikotil atau biji berkeping dua, hal ini diperkuat dari akar tunggang dan bentuk batang bercabang cabang yang dimiliki bunga melati. Secara umum tanaman yang masuk dalam keluarga dikotil adalah akar tunggang, batang bercabang dan memiliki biji berkeping dua.

Untuk jenis bunga melati cukup beragam dengan ciri khas masing masing, namun secara umum bunga melati memiliki ciri hampir sama dari segi bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan bijinya. Dibawah ini akan kami jelaskan semua Ciri ciri Bunga Melati tersebut, silahkan simak penjelasan berikut ini!

Klasifikasi Bunga Melati

[supsystic-tables id=7]

Ciri ciri Bunga Melati

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai Ciri ciri Bunga Melati dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga,buah dan bijinya. Berikut kami rangkum!

Ciri ciri Akar Bunga Melati

Bunga melati memiliki jenis akar tunggang yang tumbuh secara vertikal dan horizontal, akar vertikal adalah akar primer yang tumbuh ke arah inti bumi  dengan posisi tegak, sedangkan akar horizontal adalah cabang cabang akar primer yang tumbuh kesamping atau menyebar di area dangkal tanah dengan posisi datar.

Baca Juga Ciri ciri Bunga Mawar, Jenis, Syarat Tumbuh dan Manfaatnya

Umumnya akar tunggang tumbuh dibagian pangkal batang, setelah itu akar akan mengalami pertumbuhan cabang cabang yang disebut  akar horizontal. Cabang cabang akar tersebut berfungsi untuk mempermudah dalam mencari sumber air dan unsur hara.

Ciri ciri Batang Bunga Melati

batang melati
Batang Melati Via hujantengahhari.wordpress.com

Tanaman melati memiliki bentuk batang bulat memanjang berdiameter kecil, mengandung serat kayu cukup tinggi sehingga sangat kuat. Setiap batangnya diselimuti kulit berwarna coklat keabu abuan pada bagian pangkal, sedangkan kulit bagian ujung berwarna hijau tua.

Umumnya batang melati hanya mampu tumbuh dengan ketinggian antara 4 sampai 5 senti meter, karena tanaman ini termaksud dalam golongan semak sehingga tidak memiliki ukuran batang yang tinggi.  Lalu disetiap permukaan batang diselimut bulu bulu halus, guna mencari gas karbodioksida dan alat pelindung dari serangan hewan seperti ulat bulu.

Baca Juga Penjelasan Ciri ciri Bawang Merah, Jenis dan Syarat Tumbuhnya

Secara khusus batang pada tanaman melati memiliki beberapa fungsi penting, diantaranya sebagai penompang tanaman melati agar tidak mudah roboh dan berperan penting dalam proses fotosintesis karena mengandung pembuluh xilem dan floem.

Xilem berfungsi sebagai pengangkut bahan fotosintesis dari akar untuk dibawa kedaun, sedangkan floem berfungsi sebagai pengantar hasil fotosintesis dari daun untuk diantarkan keseluruh organ tanaman melati.

Ciri ciri Daun Bunga Melati

daun melati
Daun Melati Via Infoalami.com

Tanaman melati menghasilkan jenis daun majemuk, artinya daun yang tumbuh pada satu tangkai lebih dari satu helai daun. Umumnya daun melati memiliki bentuk bulat dan oval, dengan bagian ujung daun runcing dan bagian pangkal daun tumpul.

Jika dilihat lebih dekat, bagian pinggir daun tidak rata atau bergerigi, bagian permukaannya bergelombang apabila diraba menggunakan tangan secara langsung dan memiliki warna hijau tua.

Simak Juga Penjelasan Ciri ciri Tomat dan Jenis Tanaman Tomat Terlengkap!

Untuk fungsinya sendiri, daun melati memiliki fungsi hampir sama dengan tanaman lain yaitu sebagai tempat fotosintesis, alat pernafaan atau stomata yang berfungsi sebagai tempat pertukaran udara antara Co2 dan O2 dan tempat terjadinya penguapan air atau transpirasi.

Ciri ciri Bunga Melati

bunga melati
Bunga Melati Via TipsSeputarWanita.com

Secara umum, bunga melati memiliki ukuran kecil dengan warna kelopak beragam tergantung varietas tanaman ini sendiri. Pada setiap bunga melati, memiliki 4 sampai 8 kelopak bunga dan terdapat daun pelindung di induk tangkai berjumlah 7, mirip dengan bentuk benang yang tumbuh di area ujung tangkai.

Melati menghasilkan jenis bunga majemuk atau sempurna, artinya bunga yang memiliki dua kelamin yaitu benang sari sebagai kelami jantan dan putih sebagai kelamin betina pada satu tangkai induk bunga. Tangkai bunga melati tumbuh dibagian ketiak daun, dengan fungsi sebagai perekat antara pangkal bunga dan ketiak daun.

Meskipun bunga melati termaksud dalam jenis bunga sempurna, ternyata bunga melati tidak dapat menghasilkan buah. Hal ini dikarenakan benang sari dan putik atau alat kelamin tidak reproduksi sehingga tidak mampu menghasilkan buah.

Ciri ciri Biji Bunga Mawar

biji melati
Biji Melati Via id.aliexpress.com

Bunga melati menghasilkan biji berbentuk bulat atau lonjong, dengan bagian luar keras berwarna coklat pada biji muda dan hitam pada biji yang sudah tua. Umumnya biji melati dihasilkan dari dalam bunga, dengan fungsi sebagai alat kembang biak atau generatif.

Jenis jenis Bunga Melati

Selanjutnya kami akan menambah pengetahuan mengenai jenis jenis bunga melati, yang mungkin akan berguna untuk kita semua. Penasaran apa saja jenis bunga melati? Yuk langsung kita simak dibawah ini!

Loading...

Jasminum elongatum (Bergius)

Ciri khas dari melati ini terletak pada bentuk daun oval yang disusun berdasarkan tulang daun berselang seling, berwarna hijau tua. Jenis melati ini mampu tumbuh dengan ketinggia tujuh meter. Umumnya jenis mawar ini berasal dari China, Myanmar, Vietnam, Malaysia dan Indonesia.

Jasminum Mensyi

Jenis melati ini berasal dari China bagian selatan atau lebih tepatnya, Guizhou, Sichuan dan Yunan. Namun terdapat beberapa pendapat yang mengatakan bahwa melati ini berasal dari Amerika Serikat, didaerah Florida, Gergia, Alabama dan Texas.

Ciri khas dari bunga melati ini, terletak pada warna kelopak bunganya yaitu kuning dengan aroma yang sangat wangi. Umumnya melati ini hanya mampu tumbuh dengan ketinggian tiga meter saja.

Loading...

Jasminum Multiflorum

Ciri khas dari bunga melati ini terletak pada warna kelopaknya yang putih polos, di Negara bagian barat sering menyebut melati ini dengan julukan bunga salju karena memliki warna kelopak putih dan indah.

Jika dilihat dari asalnya bunga ini, berasal dari Bhutan, Nepal, India, Laos dan Vietnam. Hal yang menjadi daya tarik dari jenis melati ini adalah warna kelopaknya yang indah dan aroma wanginya.

Jasminum Officinale

Jenis melati ini berasal dari Negara Kaukasus, Iran, Pakistan, Afganistan, Nepal dan India. Hal yang menjadi daya tarik dari jenis melati ini adalah aroma wangi yang dikeluarkan saat terkena sinar matahari atau musim panas tiba.

Syarat Tumbuh Bunga Mawar

Berikut ini kami juga akan memberikan penjelasan mengenai Syarat Tumbuh Bunga Melati, dari Jenis Iklim, Jenis Media Tanam atau Tanah dan Ketinggian Lokasi atau kebun yang sesuai dengan karakteristik bunga melati itu sendiri. Langsung saja simak penjelasan dibawah ini!

Jenis Iklim

Bunga melati dapat tumbuh dengan subur, apabila ditanam pada daerah yang memiliki curah hujan antara 112 sampai 119 mm per tahun, dengan volume hujan 6 sampai 9 hujan per bulannya. Lalu pastikan juga iklim yang dipilih adalah musim kering selama 2 sampai 3 bulan dan musim basah dengan volumer 5 sampai 6 bulan.

Selanjutnya adalah suhu udara atau temperatur, sebaiknya daerah yang dipilih memiliki temperatur dengan volumer 28 sampai 36 derajat celcius dan kelembaban udara mencapai 50 sampai 80 persen.

Jenis Tanah atau Media Tanam

Tanaman melati akan tumbuh dengan subur apabila ditanam pada tanah podsolik merah kekuningan, latosol dan andosol, dengan kadar keasamana mencapai 5 sampai 7 pH. Untuk menghasilkan kadar keasaman tanah yang ideal, kita dapat melakukan pengapuran terlebih dulu agar budidaya melati yang akan dilakukan dapat maksimal, lalu pastikan juga kebun atau lahan memiliki drainase yang baik, guna mengantisipaasi musim hujan terlalu tinggi sehingga lahan atau kebun tidak tergenang air.

Ketinggian Lokasi atau Lahan

Sebenarnya tanaman melati dapat tumbuh dengan baik, didataran tinggi dan dataran rendah dengan ketinggian mencapai 10 sampai 1.600 meter diatas permukaan laut. Namun, untuk menghasilkan bunga melati berkualitas tinggi lebih baik memilih daerah dengan ketinggian 600 meter diatas permukaan laut.

Manfaat Bunga Melati

Terakhir kami akan memberikan sedikit manfaat dari bunga melati, dari segi kecantikan seperti pencegahan penuaan diri, menghilatkan bau badan dan mengatasi masalah jerawat.

Solusi Masalah Penuaan Dini

Kenapa bisa begitu? Salah satu kandungan bunga melati adalah zat anti oksidan, sehingga dengan menggunakan melati secara rutin dipercaya mampu mengatasi masalah penuaan dini yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Selain itu bunga mawar dipercaya mampu memberikan ketenangan, sehingga kondisi stress dan depresi dapat dicegah. Lalu resiko kerusakan kulit akibat pikiran kacau atau stres dapat di atasi.

Solusi Bau Badan

Percaya atau tidak, dengan menggunakan bunga melati secara rutin mampu menghilangkan baun badan yang tidak enak atau asam. Cara penggunaanya juga cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan 20 sampai 30 kuntum bunga melati, lalu masukan kedalam wadah seperti ceret atau gelas berukuran besar mandi yang sudah di isi air masak. Setelah itu tutup wadah tesebut menggunakan plastik selama semalam, besoknya anda tinggal meminumnya. Lakukan proses ini secara rutin agar dapat berhasil.

Solusi Dari Masalah Jerawat

Kita ketahui salah satu kandungan dari bunga melati adalah zat anti oksidan, bukan hanya mampu mengatasi penuaan dini saja loh! Ternyata dengan menggunakan melati pada wajah dipercaya bisa mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh kotoran diwajah atau bakteri.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan tambahan seperti belerang dan jeruk nipis. Setelah itu campur ketiga bahan tersebut dengan cara ditumbuk, lalu oleskan kewajah dan diamkan beberapa menit. Lakukan proses ini secara rutin, untuk menghasilkan wajah cerah secara optimal.

Solusi Dari Rambut Rontok

Khasiat selanjutnya dari bunga melati adalah mampu mengatasi masalah kerontokan pada rambut, percaya atau tidak dengan menggunakan bunga melati rambut rontok yang anda alami akan denga mudah diatasi.

Cara juga cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan bahan tambahan berupa minyak wijen, minyak kemiri, daun pandan wangi, minyak kelapa, bunga mawar dan tentunya bunga melati.

Masukan semua bahan tersebut dalam satu wadah, lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu dinginkan dan gunakan dirambut seperti menggunakan shampoo dengan cara dipijat pijat. Lakukan secara rutin untuk menghasilkan rambut lebat dan indah optimal.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Bunga Melati, dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan bijinya. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih atas perhatiaan anda!

Satu pemikiran pada “Penjelasan Ciri ciri Bunga Melati Terlengkap dan Syarat Tumbuhnya!

Tinggalkan Balasan