Pertanian

Ciri ciri Bunga Mawar, Jenis, Syarat Tumbuh dan Manfaatnya

Ciri ciri Bunga Mawar – Bunga mawar merupakan salah satu jenis tanaman yang masuk genus Rosa, yang sering ditemui pada beberapa daerah timur dengan udara sejuk. Sebenarnya bunga mawar termaksud dalam jenis tanaman liar atau semak dan terdapat duri duri tajam dibagian batangnyaa.

Duri duri tersebut berfungsi sebagai alat pelindungan tanaman mawar dari serangan musuh, baik itu hewan ataupun manusia seperti kita. Bunga memiliki jenis daun dan bunga majemuk, artinya jenis daun yang tumbuh pada satu tangkai lebih dari satu helai daun dan bunga majemuk adalah jenis bunga memiliki dua kelamin pada satu bunga.

Untuk spesies atau jenis mawar cukup banyak, terdapat 100 genus bunga mawar liar di dunia dengan ciri khas masing seperti warna bunga ataupun bentuk tanamannya. Namun secara umum, Ciri ciri Bunga Mawar hampir sama, dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya.

Dibawah ini akan kami jelaskan apa saja ciri tanaman mawar, jenis jenis mawar dan syarat tumbuhnya. Penasaran? Mari kita kupas semuanya berikut ini.

Klasifikasi Bunga Mawar

[supsystic-tables id=6]

Ciri ciri Bunga Mawar

Dibawah ini akan kami jelasakan Ciri ciri Bunga Mawar dari akar, Batan, Daun, Bunga, Buah dan bijinya. Penasaran? Langsung saja simak berikut ini!

Ciri ciri Akar Bunga Mawar

akar bunga mawar
Akar Bunga Mawar Via obatkeputihanladyfem.com

Umumnya bunga mawar memiliki jenis akar tunggang dan serabut, yang tumbuh secara vertikal dan horizontal. Akar tunggang tumbuh dibagian pangkal batang, setelah cukup kuat akar tunggang akan ditumbuhi cabang cabang yang disebut akar serabut.

Akar serabut tumbuh secara horizontal, artinya akar yang tumbuh diarea tanah yang dangkal atau kesamping guna mempermudah dalam mencari ketesediaan air, unsur hara dan memperkuat cengkraman didalam tanah.

Setiap akar pada tanaman pasti memiliki fungsi yang penting, sama halnya dengan akar bunga mawar baik itu akar tunggang ataupun akar serabut. Kedua akar tersebut berfungsi sebagai alat pencari sumber air, unsur hara dan penyokong bunga mawar agar tidak mudah roboh.

Ciri ciri Batang Bunga Mawar

batang bunga mawar
Batang Bunga Mawar Via Pixabay.com

Selanjutnya ciri ciri batang bunga mawar, secara umum bunga mawar memiliki batang berbentuk bulat memajang dan ditumbuhi beberapa cabang yang tidak teratur. Batang mengandung serat kayu cukup tinggi sehingga memiliki ciri kuat, kulit batang berwarna hijau tua dan kecoklatan tergantung umur dan kesuburan bunga mawar itu sendiri.

Lalu, disetiap batang mawar memiliki duri duri tajam yang berfungsi sebagai alat pelindung bunga mawar dari serangan hewan penganggu ataupun manusia. Untuk batangnya sendiri, batang bunga mawar memiliki peran penting dalam keberlangsungan hidup bunga.

Baca Juga :

Fungsi batangnya, sebagai penompang bunga mawar agar mampu berdiri kokoh dan memiliki peran penting dalam proses fotosintesis karena mengandung pembuluh xilem, floem dan kambium.

Xilem berfungsi sebagai pengangkut bahan fotosintesis berupa air dan unsur hara, floem berfungsi sebagai pengantar hasil fotosintesis dan kambium berfungsi sebagai pembentuk xilem dan floem didalam batang.

Ciri ciri Daun Bunga Mawar

daun bunga mawar
Daun Bunga Mawar Via Pixabay.com

Bunga mawar menghasilkan jenis daun majemuk, artinya jenis daun yang tumbuh disatu tangkai lebih dari satu helai daun bisa 4 sampai 6 helai atau 6 sampai 9 helai tergantung dari tanaman mawar itu sendir.

Bentuk daun bulat atau oval, dengan bagian pinggir bergerigi tajam dan bagian ujung lancip. Umumnya berwarna hijau tua dan disusun berdasarkan tulang daun menyirip, dengan tekstur halus dibagian permukaan daunnya.

Untuk fungsinya, daun bunga mawar memiliki fungsi hampir sama dengan tanaman lain yaitu sebagai alat pernfasan karena terdapat stomat, tempat fotosintesis dan tempat terjadinya penguapan air atau transpirasi.

Ciri ciri Bunga Mawar

bunga mawar
Bunga Mawar Via Bukalapak.com

Secara umumnya tanaman mawar menghasilkan jenis bunga majemuk atau sempurna, artinya jenis bunga yang memiliki dua kelamin pada satu tangkai bunga yaitu benang sari sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betina.Setiap bunga mawar terdiri dari 5 helat mahkota yang berada ditengah tengah bunga, namun secara keseluruhan terdapat 20 sampai 26 helar lapisan pada setiap bunga mawar.

Untuk warnanya sendiri beragam, terdapat beberapa warna bunga mawar dari merah, putih, kuning, ungu dan pink, hal ini dipengaruhi oleh varietas bunga mawar itu sendiri. Setelah bunga cukup umur dan mengalami penyerbukan, bunga tersebut akar menjadi buah, dengan satu putik menjadi satu buah tunggal.

Ciri ciri Buah Bunga Mawar

buah mawar
Buah Mawar Via lifestyle.okezone.com

Tanaman mawar menghasilkan buah berbentuk oval atau lonjong, mirip dengan bentuk buah pinang. Namun berwarna merah pekat, dengan kulit buah tipis dan daging buah tebal. Awalnya, buah bunga mawar memiliki ukuran sangat kecil dan berwarna hijau muda, setelah bertambahnya umur buah tersebut akan mengalami perubahan warna dan ukurannya.

Ciri ciri Biji Bunga Mawar

biji mawar
Biji Mawar Via Kembangtanam.com

Biji bunga mawar memiliki bentuk oval memanjang berwarna coklat kehitaman, dengan ukuran sangat kecil. Jika dilihat dari luar biji mawar tidak akan terlihat, karena biji ini berada didalam buah dan diselimuti kulit serta daging buahnya.

Umumnya tanaman mawar dapat dikembang biakan dalam dua cara yaitu vegetatif atau steak dan generatif atau biji. Maka dari itu salah satu fungsi dari biji mawar adalah alat kembang biak bunga mawar.

Jenis jenis Bunga Mawar

Selanjutnya kami akan memberikan tambahan mengenai Jenis jenis Bunga Mawar Penasaran ? langsung saja simak dibawah ini!

Loading...

Jenis Bunga Mawar Berdasarkan Warnanya

Secara umum terdapat beberapa jenis bunga mawar, nah untuk yang pertama ini kami akan memberikan jenis mawar berdasarkan warna bunganya, sebagai berikut :

  • Bunga Mawar Merah
  • Bunga Mawar Putih
  • Bunga Mawar Kuning
  • Bunga Mawar Pink
  • Bunga Mawar Orange
  • Bunga Mawar Biru
  • Bunga Mawar Hijau

Jenis Bunga Mawar Berdasarkan Wild Roses

  • Bunga Mawar Alba
  • Bunga Mawar Galica
  • Bunga Mawar Damask
  • Bunga Mawar Centifolia
  • Bunga Mawar Moss
  • Bunga Mawar China
  • Bunga Mawar The Portland Rose
  • Bunga Mawar Bourbon
  • Bunga Mawar Hybrid Perpetual
  • Bunga Mawar Tea
  • Bunga Mawar Bermuda Myterious Roses

Syarat Tumbuh Bunga Mawar

Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan budidaya bunga mawar, diantaranya Iklim, Jenis Tanah dan Ketinggian Lokasi. Silah simak!

Iklim

Dalam melakukan budidaya bunga mawar, hal penting yang perlu diperhatikan adalah tingkat curah hujan. Sebaiknya daerah yang anda pilih memiliki curah hujan mencapai 1500 sampai 3000 mm per tahun dan intensitas sinar matahari mencapai 5 sampai 6 jam per hari.

Loading...

Umumnya bunga mawar mampu tumbuh cukup baik diberbagai jenis iklim, diantaranya iklim dingin, subtropis dan tropis seperti di Indonesia ini. Dengan suhu mencapai 18 sampai 26 derajat celcius dan kelembaban mencapai 70 hingga 80 persen.

Jenis Tanah

Sebelum melakukan budidaya bunga mawar, pemilihan tanah merupakan bagian terpenting selanjutnya. Untuk jenis tanah yang baik digunakan untuk budidaya bunga mawar cukup beragam diantaranya tanah berpasir dengan kandungan hara 20 sampai 30 persen, tanah gembur yang mengandung bahan organik tinggi dan tanah latosol atau andosol. Intinya taha tersebut harus subur, kaya akan bahan organik dan memiliki drainase yang baik.

Lalu kadar keasaman tanah atau pH, sebaiknya tanah yang akan digunakan memiliki kadar keasaman antara 5,5 sampai 7,0 pH. untuk tanah yang memiliki kadar keasaman lebih atau kurang dari itu, sebaiknya lakukan pengapuran, dengan menggunakan kapur dolomit terlebih dulu agar kadar keasaman tanah lebih stabil.

Ketinggian Lahan atau Lokasi

Untuk pemilihan ketinggina lahan atau lokasi cukup mudah, karena pada umumnya bunga mawar dapat tumbuh dibeberapa ketinggian baik datara tinggi ataupun dataran rendah intinya harus memiliki suhu atau temperatur yang pas.

Daerah yang memiliki ketinggian 500 sampai 800 meter diatas permukaan laut, harus memiliki suhu minimal 16 sampai 18 derajat celcius dan temperatur maksimal antara 28 sampai 30 derajat celcius. Sedangkan untuk daerah yang memiliki ketinggian 1100, harus memiliki suhu minimal 14 sampai 16 derajat celcius dan suhu optimal 24 sampai 27 derajat celicus.

Lalu terakhir, daerah yang memiliki ketinggian 1400 meter diatas permukaaan laut harus memiliki temperatur minimal 13 hingga 15 derajat celicus dan temperatur optimal 19 sampai 22 derajat celcius.

Manfaat Bunga Mawar

Kita juga akan membahas apa saja manfaat dari bunga mawar, baik dari segi kesehatan dan kecantikan. Penasaran? Haha yuk kita bahas berikut ini!

Solusi Penurunan Berat Badan

Kenapa kami bilang bunga mawar sebagai solusi penurunan berat badan? Karena didalam kelopak bunga mawar mengandung senyawa yang mampu meningkatkan proses metabolisme didalam tubuh. Jika proses metabolisme didalam tubuh dalam berlangsung secara maksimal, bukan hanya racun dan kotoran saja yang terangkat loh! Karena secara tidak langsung tubuh akan bekerja secara maksimal dan tanpa kita sadari bisa menjadi solusi penurunan berat badan secara alami.

Solusi Stres dan Depresi

Nah kok bisa? Pasti pertanyaan yang akan anda keluar setelah membaca bunga mawar sebagai solusi stress dan depresi. Ya, aroma bunga sama seperti kandungan didalam coklat yang mampu memberi efek tenang, hal inis sudah dibuktikan oleh Department of Physiology and Pathology/LTF, University of Paraíba-Caixa, Brasil.

Maka dari itu kami sangat menyaran pada anda yang sedang merasa gelisa ataupun sedang stress karena kerjaan dikantor banyak dan tugas sekolah menumpuk. Tidak ada salahnya menggunakan bunga mawar sebagai solusinya, tips pengolahannya juga cukup mudah anda, anda hanya perlu menyiapkan air hangat dan wadah yang sudah di isi kelopak bunga mawar, lalu siram menggunakan air panas maka aroma yang diluarkan akan lebi optimal.

Solusi Penyakit Ambeien dan  atau Wasir

Diatas tadi kita sudah membahas bahwa kandungan senyawa didalam bunga mawar mampu meningkat proses metabolisme di tubuh, sehingga racun racun akan keluar secara optimal dan dapat mencegah terjadinya ambeien. Selain itu, ternyata bunga mwar juga mampu digunakan sebagai solusi penyakit wasir, sebenarnya sama saja dengan proses metabolisme itu.

Solusi Jerawat Di wajah

Manfaat bunga mawar selanjutnya adalah mampu menjadi solusi masalah jerawat di wajah, kenapa ? karena air mawar dipercaya mampu memberi kelembaban di wajah dan mengandung antibakteri sehingga mampu merendam timbulnya jerawat akibat kotoran yang menembel di wajah.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Bunga Mawar dari akar, batang, daun, bunga dan bijinya. Semoga sedikit pengetahuan kami dapat bermanfaat untuk ktia semua, terima kasih atas perhatiaan anda semua!

Satu pemikiran pada “Ciri ciri Bunga Mawar, Jenis, Syarat Tumbuh dan Manfaatnya

Tinggalkan Balasan