Penjelasan Ciri ciri Kacang Hijau, Jenis Kacang Hijau dan Manfaatnya!

Ciri ciri Kacang Hijau – Umumnya, kacang hijau merupakan tanaman asli dari benua India karena perkembangan teknolgi dan zaman, kini kacang hijau sudah tersebar merata didaratan Asia terutama Indonesia.

Tanaman kacang hijau adalah salah satu jenis tumbuhan yang masuk dalam  Leguminosae, artinya jenis tanaman dikotil atau biji berkeping dua. Tetapi minat pembudidaya kacang hijau masih sangat rendah, hal ini disebabkan oleh penghasilan yang diperoleh dari menaman kacang hijau masih terbilang sangat rendah.

Padahal jika dilihat dari proses budidayanya, kacang hijau memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis tanaman kacang kacangan lainnya seperti lebih tahan dari serangan hama, kekeringan, waktu panen lebih cepat dan proses penanaman serta perawatannya lebih mudah. Namun masih sangat minim minat bagi petani Indonesia untuk membudidayakan kacang hijau ini, padahal harga jual relatif tinggi dan banyak konsumen.

Kacang hijau memiliki dua jenis yaitu Kacang hijau golden gram dan green gram, dengan ciri khas masing masing. Namun secara umum, kacang memiliki ciri hampir sama. Nah dibawah ini akan kami jelaskan Ciri ciri Kacang Hijau, Jenis Kacang Hijau, Syarat Tumbuh Kacang Hijau dan Manfaat Kacang Hijau.

Klasifikasi Kacang Hijau

Ciri ciri Kacang Panjang

Dibawah ini akan kami jelaskan Ciri ciri Kacang Hijau berdasarkan bentuk dan fungsi akar, batang, daun, buah, buah dan bijinya. Silahkan simak penjelasan kami berikut ini!

Ciri ciri Akar Kacang Hijau

Umumnya tanaman kacang panjang memiliki akar tunggang yang tumbuh secara vertikal dan horizontal, lalu terdapat cabang cabang akar kecil seperti bulu atau rambut halus yang berguna untuk mempermudah pencarian air dan unsur hara di tanah dan terdapat bintil bulat yang berfungsi sebagai pengikat unsur hara didalam tanah.

Sama halnya dengan Suku Legume lainnya, kacang hijau juga melakukan sistem simbiosis metualisme atau lebih sederhananya saling menguntungkan. Biasanya kacang hijau akan melakukan simbiosis mutualismes dengan Rhizobium Sp, keuntungan yang diperoleh kacang hijau adalah tambahan unsur hara dari bakteri ini, sedangkan untuk Rhizobium Sp memperoleh tempat tinggal dari kacang hijau.

Baca Juga :

Jadi dapat kita simpulkan bahwa akar pada tanaman kacang hijau memiliki peran penting dalam proses pertumbuhan kacang hijau, diantaranya sebagai alat pencari ketersediaan air unsur hara dan sebagai penyokong tanaman kacang hijau agar tidak mudah roboh, karena sistem pertumbuhan akarnya dilakukan secara vertikal dan horizontal sehingga mampu memperkuat cengkraman akar didalam tanah.

Loading...

Ciri ciri Batang Kacang Hijau

Kacang hijau termaksud jenis tanaman yang masuk dalam keluarga perdu atau tanaman yang memiliki tinggi dibawah 6 meter. Bentuk batangnya bulat memanjang, dengan kulit luar berwarna hijau muda hingga kecoklatan dan terdapat bulu bulu atau rambut halus berwarna putih.

Biasanya batang kacang hijau hanya memiliki panjang berkisar antara 35 sampai 100 senti meter, tergantung kesuburan tanaman itu sendiri. Batangnya tidak mengandung serat kayu, namun cukup kokoh meskipun ditumbuhi beberapa cabang dibagian tengah hingga ujung batang.

Umumnya batang kacang hijau memiliki beberapa fungsi penting diantaranya, sebagai penompang tanamanan kacang hijau agar tidak mudah roboh dan berperan penting dalam proses fotosintesis karena mengandung pembuluh xilem serta floem.

Baca Juga :

Pembuluh xilem berada didalam batang dengan fungsi pengangkut bahan fotosintesis berupa air dan unsur hara untuk dibawa ke daun, sedangkan pembuluh floem berdasar diluar dengan fungsi pengantar hasil fotosintesis untuk diantarkan keseluruh organ tanaman kacang hijau.

Ciri ciri Daun Kacang Hijau

daun kacang hijau
Daun Kacang Hijau Via Mitalom.com

Kacang hijau menghasilkan jenis daun majemuk atau daun yang tumbuh pada satu tangkai lebih dari satu helai daun, biasanya mencapai 3 sampai 4 helai daun.

Daun kacang hijau memiliki bentuk oval mirip dengan telur, dengan bagian pangkal dan ujung daun tumpul. Tulang daun tersusun secara menyirip selang seling, berwarna hijau tua dengan bagian permukaan halus.

Lalu untuk fungsinya sendiri, daun kacang hijau memiliki fungsi hampir sama dengan daun tanaman lain yaitu sebagai tempat fotosintesis, alat pernafansan karena adanya stomata dan sebagai tempat penguapan air atau transpirasi.

Ciri ciri Bunga Kacang Hijau

bunga kacang hijau
Bunga Kacang Hijau Via Pixabay.com

Kacang hijau menghasilkan jenis bunga majemuk atau sempurna, artinya jenis bunga yang memiliki alat kelamin jantan dan betina pada satu tangkai. Untuk bentuknya sendiri, kacang hijau menghasilkan bentuk bunga mirip dengan kupu dengan warna beragam. Ada bunga yang berwarna putih, orange, kuning, biru dan putih keungguan tergantung varietas kacang hijau itu sendiri.

Ciri ciri Buah Kacang Hijau

buah kacang hijau
Buah Kacang Hijau Via Satuharapan.com

Kacang hijau menghasilkan jenis buah polong yang terdiri dari satu daun buah, dalam satu ruangan terdapat  enam sampai enam belas biji yang diberi pembatas antar bijinya. Ketika buah tersebut sudah cukup umur, akan mengalami pengelupasan dengan sendirinya dan umumnya berbentuk memanjang, dengan panjang 5 sampai 15 senti meter.

Ciri ciri Biji Kacang Hijau

biji kacang hijau
Biji Kacang Hijau Via Tanobat.com

Secara umum, biji kacang hijau dihasilkan dari buah polong yang sudah cukup umur atau tua, biasanya untuk satu buah polong mampu menghasilkan biji sebanyak enam sampai enam belas. Biji kacang hijau memiliki tekstur keras, dengan bentuk bulat berwarna hijau tua. Setiap butir bijinya, mampu menghasilkan berat antara ½ sampai 0,8 gram, dengan harga Rp. 19.000 per kilogramnya.

Jenis jenis Kacang Hijau

Selanjutnya kami akan membahas jenis jenis kacang hijau, dari kacang hijau golden gram dan kacang hijau green gram. Silahkan simak penjelasan berikut ini!

Kacang Hijau Golden Gram

Secara umum Kacang Hijau Golden Gram, memiliki ciri khas dari kulit bijinya berwarna kuning keemasn dengan nama ilmiah phaselus aureus.

Kacang Hijau Green Gram

Sedangkan untuk jenis kacang hijau Green Gram memiliki ciri fisik, warna kulit hijau polos dan mengkilat dengan nama ilmiahnya phaseolus radiatus.

Syarat Tumbuh Kacang Hijau

Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa syarat tumbuh tanaman kacang hijau, dari iklim, jenis tanah dan ketinggian lokasi.

Iklim

Untuk membudidayakan kacang hijau, pemilihan iklim merupakan salah satu hal terpenting yang perlu anda perhatikan. Nah untuk iklimnya sendiri meliputi beberapa hal, seperti curah hujan, kelembaban, suhu atau temperatur dan musim yang susai.

Pertama curah hujan, budidaya kacang hijau sebaiknya dilakukan pada daerah yang memiliki curah hujan rendah berkisar antara 50 sampai 200 mm per tahun, dengan suhu atau temperatur mencapai 25 hingga 27 derajat celcius.

Lalu musim yang sesuai untuk budidaya kacang hijau adalah kemarau, karena apa? budidaya kacang hijau yang dilakukan pada musim hujan akan memperlambat masa pertumbuhan vegetatif dan mengakibatkan tanaman kacang hijau mudah mati atau rubuh akibat terkena air hujan secara terus menerus.

Jenis Tanah

Sebenarnya kacang hijau mampu tumbuh pada beberapa jenis tanah, yang terpenting memiliki drainase baik. Tetapi, jika anda ingin meningkatkan hasil budidaya kacang hijau, sebaiknya pilih jenis tanah lempung dan mengandung unsur hara tinggi.

Lalu pH atau kadar keasaman tanah, gunakan tanah lempung dengan drainase baik dan memiliki kadar keasaman kurang dari 5,8. Kenapa tidak boleh lebih? Karena pemilihan tanah dengan kadar keasaman terlalu tinggi dapat menghambat pertumbuhan kacang hijau yang diakibatkan oleh minimnya unsur hara didalam tanah.

Intinya pilih tanah yang mengandung fosfor, kalium, magnesium dan belereng karena semua kandungan tersebut sangat berguna pada proses fotosintesis nantinya.

Ketinggian Lokasi

Nah, selanjutnya adalah pemilihan ketinggian lokasi, sebaiknya budidaya kacang hijau ditanam pada daerah rendah hingga datara tinggin mencapai 500 meter diatas permukaan laut.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa daerah yang sering digunakan sebagai lokasi budidaya kacang hijau, diantaranya Pasuruan, Probolinggo, Bondowoso, Mojosari, Jombang, Pekalongan, Banyumas, Jepara, Cirebon, Subang, dan Banten. Selain di jawa, tanaman ini juga ditanam di Madura, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku.

Manfaat Tanaman Kacang Hijau

Terakhir, kami juga akan memberikan sedikit informasi mengenai kandungan yang terdapat didalam kacang hijau dan khasiatnya.

Kandungan didalam kacang hijau

Khasiat kacang hijau

Dari kandungan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa kacang hijau mampu memberik banyak manfaat bagi tubuh kita, seperti mengobati penyakit beri beri, radang ginjal, keracunan alkohol, pestisida, timah hitam, mengatasi gatal karena biang keringat, muntaber, menguatkan fungsi limpa dan lambung.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Kacang Hijau dari akar, batang, daun, bunga,buah dan biji. Semoga tambahan mengenai jenis, syarat tumbuh dan manfaat kacang hijau dapat berguna untuk kita semua, terima kasih atas perhatian anda semua!