Penjelasan Ciri ciri Tomat dan Jenis Tanaman Tomat Terlengkap!

Ciri ciri Tomat – Secara umum, buah tomat bukanlah tanaman asli dari Indonesia melainkan dari Amerika Tengah, Selatan atau lebih tepatnya di daerah Meksiko hingga Peru. Tomat adalah salah satu tanaman yang masuk dalam keluarga perdu atau jenis tanaman yang memiliki tinggi dibawah 6 meter, karena umumnya tomat hanya mampu tumbuh mencapai ketinggian kurang lebih 3 meter saja.

Namun kini tanaman tomat sudah tersebar hampir di seluruh dunia, khususnya Indonesia, banyak sekali olahan masakan atau minuman yang menggunakan tomat sebagai bahan dasarnya seperti jus tomat susu dan salad tomat. Hal ini tidak terlepas dari kandungan vitamin didalam buahnya, salah satu vitamin yang terkandung didalam tomat adalah vitamin C yang dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tahukah anda ternyata terdapat beberapa jenis tanaman tomat, seperti Tomat Cherry dan Tomat Plum dengan ciri khas masing masing, namun secara umum tanaman tomat memiliki ciri khas hampir sama baik dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya.

Nah, berikut ini SawonBudidaya rangkum mengenai Ciri ciri Tomat secara detail baik baik dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya. Monggo disimak penjelasan dibawah ini !

Klasifikasi Tanaman Tomat

Ciri ciri Tomat

Dibawah ini akan kami jelaskan Ciri ciri Tomat dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan buahnya. Silahkan simak berikut ini !

Ciri ciri Tomat Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Akar

Tanaman tomat memiliki dua jenis akar, yaitu Akar tunggang yang tumbuh secara vertikal dan akar serabut yang tumbuh secara horizontal.

Untuk akar tunggang vertikal adalah jenis akar yang tumbuh pada posisi tegak atau berdiri menuju kedalam tanah, sedangkan akar serabut horizontal adalah jenis akar yang tumbuh secara mendarat atau menyebar di area permukaan tanah.

Baca Juga Jenis dan Ciri ciri Kangkung Dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Buah

Umumnya, kedua akar tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penyokong tanaman tomat agar tetap berdiri kokoh dalam kondisi apapun dan alat pencari ketersediaan air serta unsur hara didalam tanah.

Loading...

Ciri ciri Tomat Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Batang

Umumnya tanaman tomat menghasilkan batang berbentuk segi empat memanjang, bagian dalam batang tidak mengadung serat kayu sehingga memiliki tekstur lunak tetapi cukup kuat. Karena batang tomat cukup kuat, sehingga menjadikan batangnya sebagai tumpuan agar tanaman tomat tidak mudah roboh.

Setiap batang tomat akan memiliki cabang cabang yang tumbuh dalam jumlah tak tertentu, tergantung kesuburan dan varietas tomat itu sendiri. Untuk menghasilkan cabang tomat yang banyak, hindari pemangkasan batang agar tanaman tomat mengalami pertumbuan secara merata.

Untuk fungsi batangnya sendiri hampir sama dengan tanaman lain, yaitu sebagai penyokong dan memiliki peran penting dalam proses fotosintesis karena mengandung pembuluh xilem dan floem. Xilem berfungsi sebagai pengangkut bahan fotosintesis, sedangkan floem berfungsi sebagai pengantar hasil fotosintesis.

Ciri ciri Tomat Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Daun

Tanaman tomat menghasilkan jenis daun majemuk, artinya jenis daun yang tumbuh pada satu tangkai  lebih dari satu helai daun yang tersusun secara selang seling dan tangkainya daun tomat  berfungsi sebagai perekat antara batang tomat dan pangkal daun. Pada setiap cabang tomat akan ditumbuhi daun berjumlah ganjil, karena daun tomat termaksud jenis daun majemuk ganjil.

Baca Juga Jenis dan Ciri ciri Wortel Dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Umbi

Untuk bentuk daun tomat adalah oval berwarna hijau, mirip daun sukun berukuran kecilnya, dengan panjang mencapai  14 sampai 27 senti meter dan lebar 10 sampai 23 senti meter. Jika diperhatikan lebih dekat, daun tomat bagian permukaan atas akan lebih mengkilat dibanding bagian permukaan bawah yang selimuti bulu bulu halus berwarna putih.

Daun pada tomat memiliki beberapa fungsi yang penting, diantaranya sebagai tempat fotosintesis, sebagai salah satu alat penafasan tanaman tomat karena terdapat stomata dan tempat terjadinya penguapan air atau transpirasi.

Ciri ciri Tomat Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Bunga

bunga tomat
Bunga Tomat Via Pixabay.com

Tanaman tomat menghasilkan jenis bunga majemuk atau bunga yang memiliki dua kelamin pada satu tangkai yang benang sari dan putik.  Dengan bentuk mirip cawan, terdapat putik ditengah tengah bunga yang terletak dibagain pangkal atau bawah yang merupakan bakal buah tomat nantinya, sedangkan untuk benang sari atau kelamin jantannya terletak di ujung bunga.

Pada setiap bunga tomat memiliki lima helai kelopak atau petals, berwarna kuning dan ungu tergantung varietas tanaman tomat itu sendiri. Dibagian pangkal sampai ujung bunga terdapat beberapa organ yaitu ovary, ovules, petals, stamen, stigma dan style. Sedangkan untuk bagian tangkai terdapat beberapa organ yaitu peduncle dan sepal.

Baca Juga :

Umumnya, bunga tomat memiliki diameter antara 1,5 sampai 2 sentimeter saja dengan warna kuning dan ungu. Dengan tangkai berwarna hijau muda dan sepal berjumlah 4 sampai 5 helai, untuk fungsi bunga sendiri adalah sebagai perekat antara pangkal bunga dengan batang tanaman tomat.

Ciri ciri Tomat Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Buah

buah tomat
Buah Tomat Via Arbamedia.com

Ketika bunga tomat mengalami penyerbukan dan cukup umur, akan terjadi berubah dari bunga menjadi buah. Nah, umumnya tomat menghasilkan jenis buah buni atau buah berkulit tipis dengan daging buah tebal.

Untuk bentuk buahnya sendiri beragam tergantung varietas dan kesuburan tanaman tomat itu sendiri, namun secara umum buah tomat memiliki bentuk bulat dan oval, dengan warna kulit hijau pada buah tomat muda dan merah cerah pada buah tomat tua atau sudah masak.

Beberapa buah tomat yang dihasilkan memiliki berat berbeda beda, namun biasanya untuk satu buah tomat akan memiliki besar paling kecil mencapai 8 gram dan paling berat mencapai 180 gram.

Setiap buah tomat akan menghasilkan biji dalam jumlah banyak, ciri fisik bijinya yaitu lunak, berbulu dan  licin dengan warna putih kekuningan yang terdapat ditengah tengah buah secara berkelompok. Daging buah tomat memiliki tekstur empuk dengan warna merah dan hijau dan mengandung air tinggi yang diselimut oleh kulit buah tipis, mengkilat dan licin.

Jenis jenis Tanaman Tomat

Selanjutnya kami akan menambahkan sedikit informasi mengenai Jenis jenis Tanaman Tomat yang mungkin akan berguna untuk anda semua. Silahkan simak penjelasan berikut ini !

Tomat cherry

Dilihat dari namanya saja, kita bisa mengetahu ciri khas dari buah tomat ini. Ya benar, ciri khas dari buah tomat ini terletak pada bentuk buahnya mirip dengan buah cherry.

Selain bentuknya yang mirip buah cherry,terdapa ciri lain dari buah tomat jenis ini yaitu warna kulit merah mengkilat dan halus jika disentuh menggunakan tangga langsung. Lalu daging buahnya tebal dengan tekstur lunak dan biji terletak ditengah daging buah berwarna putih kekungan dalam jumlah banyak.

Umumnya buah tomat ini sering digunakan sebagai bahan campuran masakan oseng oseng dan tumis, namun beberapa orang juga sering menggunakan tomat cherry sebagai bahan salad yang dicampur dengan beberapa jenis buah dan sayuran lainnya.

Tomat plum

Secara umum buah tomat  plum memiliki bentuk fisik hampir sama dengan tomat Cherry, hanya saja buah tomat plum lebih lonjong atau oval. Untuk rasa buahnya sendiri, buah plum memiliki rasa buah cenderung asam dibandingkan buah tomat cherry. Lalu untuk ketebalan kulit buahnya, tanaman tomat plus memiliki kulit buah tebal dan sering diolah menjadi bahan tambahan masakan sambel.

Tomat hijau

Selanjutnya adalah buah tomat hijau, dari nama saja pasti anda sudah bisa menabak ciri khas dari buah tomat ini. Ya, buah tomat ini memiliki kulit berwarna hijau baik pada buah yang muda ataupun buah yang sudah masak. Dari segi rasanya, buah tomat hijau memiliki rasa cenderung sangat asam dan kulit luar lebih keras dibadingkan jenis tomat pada umumnya.

Tomat Beef

Ciri khas dari tomat ini terletak pada ukuran buahnya yang jauh lebih besar dibandingkan tomat lainnya. Lalu, jika umumnya kulit luar buah tomat halus beda halnya dengan jenis tomat ini yang memiliki kulit luar sedikit kasar mirip buah sukun namun lebih kecil.

Sekian informasi dari kami mengenai Jenis tanaman tomat dan Ciri ciri Tomat dari Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah dan Bijinya. Semoga sedikit pengetahuan kami dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih atas perhatian anda!