Pertanian

Jenis dan Ciri ciri Wortel Dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Umbi

Ciri ciri Wortel – Tanaman wortel adalah salah satu tanaman biennial yang menyimpan makanan atau karbohidrat pada umbinya. Umumnya, tanaman wortel mampu tumbuh mencapai ketinggian kurang lebih satu meter, tergantung dari kesuburan dan varietas wortel itu sendiri.

Di Indonesia terdapat tiga jenis wortel yaitu Wortel Imperator, Chantenay dan Mantes dengan ciri khas masing masing. Namun secara umum tanaman wortel memiliki ciri ciri hampir sama, nah berikut ini akan kami jelaskan Jenis dan Ciri ciri Wortel dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan umbinya,

Ciri ciri Wortel

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai Ciri ciri Wortel dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Umbi. Silahkan simak penjelasan berikut ini !

Ciri ciri Wortel Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Akar

Umumnya, tanaman wortel memiliki dua jenis akar yaitu akar tunggang dan akar serabut. Dari kedua jenis akar tersebut memiliki ciri khusus masing masing, untuk akar tunggang memiliki ciri khusus dari bentuk dan panjangnya yang lebih besar serta lebih panjang dari akar serabut, sedangkan akar serabut berukuran lebih kecil dan berjumlah banyak.

Baca Juga :

Setiap bertambahnya usia, akar tunggang pada tanaman wortel akan mengalami berubahan bentuk dan fungsi. Jika awalnya akar tunggang berfungsi mencari ketersediaan air, unsur hara dan penyokong tanaman wortel, lama kelamaan akar tunggang tersebut akar mengalami berubaha fisik atau menjadi umbi dengan fungsi menyimpan cadangan makanan dari daun.

Tanaman wortel menghasilkan akar tunggang dengan bentuk bulat memanjang, dengan bagian ujung runcing. Panjang akarnya mencapai 25 sampai 35 senti meter dan diameter mencapai 4 sampai 6 senti meter tergantung kesuburan dan varietas tanaman wortel itu sendiri.

Loading...

Ciri ciri Wortel Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Daun

Tanaman wortel memiliki jenis daun majemuk ganda, artinya terdapat 2 sampai tiga anak daun pada satu tangkai daun. Umumnya daun wortel disusun berdasarkan tulang menyirip, dengan bentuk daun lanset yang bagian ujungnya runcing berwarna hijau tua.

Pada setiap tangkai daun wortel memiliki tangkai kuat serta tebal dan mengandung air, dengan panjang mencapai 6 sampai 8 senti meter. Jika diraba menggunakan tangan secara langsung permukaan daun dan tangkai halus, beda halnya dengan daun wortel yang memiliki ciri fisik lemas dan tipis.

Umumnya daun tanaman wortel berfungsi sebagai tempat pemasakan makanan atau fotosintesi, sebagai alat pernafasan karena terdapat organ stomata dan tempat penguapan air atau transpirasi.

Ciri ciri Wortel Berdasarkan Bentuk dan fungsi Batang

Ciri khusus dari batang wortel adalah memiliki ukuran batang pendek, berbetuk bulat, tidak mengandung serat kayu namun memiliki tekstur keras serta kuat dan berdiameter antara 1 sampai 11/2 senti meter.

Untuk warna kulit batang wortel umumnya adalah hijau tua, dengan bagian permukaan halus. Lalu batang wortel tidak memiliki cabang,hanya saja ditumbuhi tangkai tangkai daun yang fungsi sebagai pelekat antara pangkal daun dengan batang wortel.

Selanjutnya adalah fungsi batang, pada tanaman wortel batang memiliki beberapa fungsi penting diantaranya sebagai penompang tanaman wortel agar mampu berdiri kokoh sehingga tidak mudah roboh dan memiliki peran penting dalam proses fotosintesis atau pemasakan makanan pada tanaman wortel karena mengandung dua pembuluh yaitu xilem dan floem.

Ciri ciri Wortel Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Bunga

Umumnya tanaman wortel menghasilkan bunga dengan bentuk mirip payung, dengan warna putih polos dan pink.

Setiap bunga pada tanaman wortel memiliki tangkai yang pendek namun sangat kuat, dengan fungsi sebagai pelekat antara bunga dan batang atau ketiak ketiak daun.

Semakin bertambahnya usia, bunga wortel akan mengalami pertumbuhan sehingga menghasilkan biji dengan permukaan sedikit berbulu berwarna putih.

Ciri ciri Wortel Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Umbi

Selanjutnya adalah bentuk dan fungsi umbi, secara umum umbi pada tanaman wortel memiliki bentuk bulat memanjang dan dibagian ujung umbi lancip. Biasanya untuk setiap umbi wortel akan menghasil diameter berkisar antara 25 sampai 35 senti meter.

Baca Juga :

Pada tanaman wortel umbi berasal dari pertumbuhan lanjutan akar tunggang yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan dan sebagai alat generatif atau kembang biak wortel. Terdapat beberapa jenis tanaman yang memiliki ciri sama dengan tanaman wortel yaitu Kentang dan Ubi atau singkong.

Jenis jenis Tanaman Wortel

Secara umum terdapat tiga jenis tanaman wortel dengan ciri khusus masing masing, yaitu wortel imperator, chantenay dan mantes. Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa jenis tanaman wortel tersebut, silahkan simak !

Wortel Imperator

Ciri khusus pada tanaman wortel imperator terletak pada bentuk umbi bulat memanjang dengan bagian ujung lancip, umumnya daging umbi tipis dengan kulit juga tipis berwarna orange.

Wortel Chantenay

Selanjutnya adalah jenis wortel chantenay dengan ciri khas bentuk badan bulat memanjang dengan bagian ujung lancip. Daging buahnya sangat tebal dengan kulit luar tipis, dengan panjang mencapai 12 senti meter.

Wortel Mantes

Terakhir adalah wortel mantes memiliki ciri khas bentuk batang bulat menajang dengan bagian ujung tumpul, jenis wortel ini dihasilkan dari perkawinan silang antara imperator dan chantenay. Umumnya wortel memiliki ukaran diameter hampir sama dari pangkal umbi sampai ujung umbi, berwarna orange gelap.

Loading...

Manfaat Tanaman Wortel

Tambahan, kami akan menjelaskan kandungan yang terdapat didalam wortel dan manfaat yang kita peroleh setelah mengkonsumsi wortel,

Vitamin dan mineral

Secara umum tanaman wortel mengandung vitamin A sehingga baik untuk menjaga jaringan didalam mata dan menjaga sistem kekebalan didalam tubuh.

lalu tanaman wortel juga mengandung vitamin B yang baik untuk melancarkan proses metabolisme lemak didalam tubuh. Selain itu wortel juga mengandung Kalium yang berfungsi dalam mengendalikan tekanan darah didalam tubuh.

Karbohidrat

Ternyata wortel mengandung karbohidrat yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak perlu merasa khawatir akan mengalami penaikan kadar gula karena terlalu sering mengkonsumsi wortel.

Serat

Berikutnya wortel juga mengandung beberapa jenis serat yaitu serat pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Kandungan serat pada wortel dipercaya mampu menghambat pencernaan gula pati, sehingga mampu menurunkan tekanan gula dan mampu menjaga saluran pencernaan.

Penyakit Kanker

Jika anda mengkonsumsi wortel secara rutin dipercaya mampu mencegah timbulnya beberapa jenis sel kanker, diantaranya kanker prostat, kanker usus, kanker perut dan kanker paru paru.

Merawat mata

Karena wortel mengandung vitamin A tinggi, sehingga mampu menjaga kesehatan syarat mata. Terdapat beberapa jenis penyakit yang dapat terjadi di mata yaitu glaukoma, katarak dan kelainan redraksi maka dari itu sering sering lah mengkonsumsi wortel karena dipercaya mampu mencegah semua jenis penyakit mata tersebut.

Menjaga kesehatan otak

Umumnya, umbi wortel dipercaya mampu meningkatkan kinerja syarat otak dan menambah daya ingat otak. Kami sangat menyarankan untuk mengkonsumsi wortel secara rutin agar kinerja otak anda tetap terjaga, terutama untuk anak anak.

Sekian informasi dari kami mengenai Jenis dan Ciri ciri Wortel dari akar, batang, daun, bunga dan umbinya. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

2 Replies to “Jenis dan Ciri ciri Wortel Dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Umbi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *