Pertanian

Jenis dan Ciri ciri Kangkung Dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Buah

tanaman kangkung

Ciri ciri kangkung – Umumnya, tamanan kangkung termaksud jenis tumbuhan sayuran yang sering dimanfaatkan bagian daun serta batang sebagai bahan masakan. Di Indonesia sendiri, ada dua jenis kangkung yang cukup popular yaitu kangkung darat dengan bentuk daun oval memanjang dan kangkung air dengan bentuk daun mirip waru berwarna hijau tua.

Tanaman kangkung sangat cocok ditanaman hampir diseluruh daerah Indonesia baik pada daerah basah dan kering, sehingga menjadikan kangkung sebagai salah satu tanaman yang mudah dibudidayakan. Untuk memperhatikan Ciri ciri Kangkung, anda dapat melihat dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya. Nah, dibawah ini akan kami jelaskan ciri khusus dari tanaman kangkung.

Ciri ciri Kangkung

Berikut ini SawonBudidaya akan berbagi informasi mengenai Ciri ciri Kangkung dari akar, batang, daun, bunga, buah serta bijinya. Silahkan simak dibawah ini !

Ciri ciri Kangkung Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Akar

Umumnya, tanaman kankung memiliki akar  tunggang yang tumbuh secara vertical dan horizontal. Untuk akar tunggang vertical adalah akar yang tumbuh didalam tanah secara tegak, guna mencari sumber air dan unsure hara, sedangkan untuk akar tunggang horizontal adalah akar yang tumbuh kesamping atau menyebar disekitar area tanaman kangkung, guna mencari sumber air, unsure hara dan memperkuat cengkraman didalam tanah sehingga mampu menyokong tanaman kangkung agar tidak mudah roboh.

Baca Juga :

Akar tunggang vertical akan tumbuh mencapai kedalam 65 sampai 100 senti meter, sedangkan akar tunggang vertical mampu tumbuh menyebar sampai 140 senti meter. Namun terdapat beberapa jenis akar kangkung yang memiliki panjang kurang atau lebih dari itu, kenapa ? karena pertumbuhan akar sangat dipengaruhi oleh kesuburan tanaman kangkung itu sendiri.

Ciri ciri Kangkung Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Batang

Bentuk batang kangkung hampir sama dengan bentuk batang tanaman bayam, yaitu bulat memanjang dengan bagian dalam batang berongga serta mengandung banyak air. Umumnya, batang kangkung memiliki warna hijau muda dan hijau tua, dengan bagian permukaan yang halus.

Setiap batang kangkung terdapat dua pembuluh yaitu xylem dan floem yang memiliki peran penting dalam proses pemasakan makanan atau fotosintesis, karena apa ? xylem berfungsi sebagai pengangkut bahan fotosintesis berupa air dan unsur hara, sedangkan floem berfungsi sebagai pengantar hasil fotosintesis untuk diantarkan keseluruh organ tanaman kangkung.

Ciri ciri Kangkung Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Daun

Secara umum, daun pada tanaman kangkung memiliki bentuk beragam dari bentuk oval dan mirip dengan gambar waru atau love hati berwarna hijau muda. Daun ini memiliki tulang yang tersusun menyirip dengan bagian tengah sebagai tumpuannya dan memiliki tekstur lemas.

Setiap helai daun kangkung memiliki tangkai yang tumbuh pada buku buku batang, fungsi tangkai daun pada tanaman kangkung adalah sebagai perekat antara pangkal daun dengan buku batang.

Lalu untuk fungsi daunnya sendiri hampir sama dengan fungsi daun pada umumnya, yaitu sebagai tempat fotosintesis, alat pernafasan tanaman dan sebagai tempat penguapan air atau transpirasi.

Ciri ciri Kangkung Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Bunga

Tanaman kangkung memiliki bunga dengan bentuk pangkal mirip terompet atau bulat memanjang dan bagian permukaan atau ujung bunga mirip dengan piring yaitu bulat. Dengan warna putih dibaging pinggirnya, sedangkan bagian tengah daun berwarna ungu.

Secara umum bunga pada tanaman kangkung berfungsi sebagai penarik perhatiaan serangga, guna membantu proses penyerbukan dan terbentuknya buah serta biji yang akan digunakan untuk kembang biak secara generatif.

Ciri ciri Kangkung Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Buah

Tanaman kangkung akan menghasilkan buah berbentuk bulat mirip dengan bentuk telur, dengan jumlah 2 sampai 3 biji pada satu buahnya. Jika dilihat secara kasat mata buah dan biji kangkung seperti melekat, dengan warna kulit hitam pada buah yang sudah tua dan warna hijau pada buah yang masih muda. Umumnya, buah kangkung memiliki diameter mencapai 9 sampai 10 milimeter dan termaksud jenis buah yang tidak mampu bertahan lama.

Baca Juga :

Ciri ciri kangkung Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Biji

Biasanya kangkung akan menghasilkan biji dengan bentuk bulat tegak, berwarna coklat kehitaman dan termaksud dalam tanaman dikotil atau biji berkeping dua. Secara umum biji pada tanaman kangkung berfungsi sebagai alat perkembang biak secara generatif.

Jenis jenis Tanaman Kangkung

Secara umum kita mengenal dua jenis kangkung yaitu kangkung darat dan kangkung air, dibawah ini akan kami jelaskan dua jenis kangkung tersebut.

Kangkung Darat

Untuk ciri kangkung darat, hampir sama dengan yang sudah kami jelaskan diatas yaitu memiliki bentuk daun bulat memanjang, memiliki akar tunggang yang berfungsi sebagai alat pencarian ketersediaan air dan unsur hara, memiliki batang berwarna hijau berongga dan memiliki bentuk buah bulat mirip dengan telur.

Kangkung Air

Ciri khas dari kangkung air terletak pada bentuk daun bulat memanjang dengan bagian ujung tumpul mirip dengan waru atau love berwarna hijau tua. Dengan fungsi sebagai tempat fotosintesis dan tempat penguapan air.

Manfaat Tanaman kangkung

Terakhir, kami akan menjelaskan manfaat tanaman kangkung untuk kesehatan tubuh kita. Silahkan simak penjelasan berikut ini !

Mengurangi Kolesterol

Manfaat pertama dari tanaman kangkung adalah mampu mengurangi kadar kolesterol didalam tubuh karena mengandung antioksidan flavonoid.

Pengobatan Penyakit Kuning dan Masalah Hati

Selanjut, kangkung dipercaya mampu menjaga kesehatan hati dan mengobati penyakit kuning karena salah satu kandungan didalam kangkung mampu mengatasi radikal bebas.

Berguna mengobati Anemia

Salah satu kandungan didalam kangkung adalah kaya zat besi, sehingga mampu mengobati penyakit anemia yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah.

Pengobatan gangguan pencernaan dan sembelit

Kangkung mengandung serat yang tinggi, sehingga baik untuk menjaga dan melancarkan saluran pencernaan yang diakibatkan, karena kurangnya kadungan serat yang diasup oleh tubuh.

Anti Diabetes

Secara umum, mengkonsumsi kangkung dengan rutin dipercaya mampu mengatur kadar gula didalam tubuh, sehingga dapat mengatasi masalah diabetes yang diakibatkan oleh kadar glukosa terlalu tinggi didalam tubuh.

Loading...

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Kangkung berdasarkan bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga, buah dan bijinya. Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih!

2 pemikiran pada “Jenis dan Ciri ciri Kangkung Dari Akar, Batang, Daun, Bunga dan Buah

Tinggalkan Balasan