Ciri ciri Pohon Pinang – Umumnya, pohon pinang merupakan jenis tanaman yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis pohon pinang dengan ciri khas masing masing, namun secara umum pohon pinang memiliki ciri ciri hampir sama. Nah dibawah ini akan kami jelaskan mengenai Jenis dan Ciri ciri Pohon Pisang Berserta Syarat Tumbuhnya. Silahkan Simak Penjelasan berikut ini !

Baca Juga Pinang : Pengertian, Klasifikasi, Morfologi, Budidaya, Hama dan Penyakit

Ciri ciri Pohon Pinang

Berikut ini adalah Ciri ciri Pohon Pinang berdasarkan Bentuk dan Fungsi Akar, Batang, Daun, Bunga Dan Buahnya.

Ciri ciri Pohon Pinang Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Akar

akar pinang
Akar Pinang Via Youtube.com

Umumnya pohon miliki akar serabut terdiri dari dua bagian, yaitu akar serabut primer yang tumbuh secara vertikal/tegak dan horizontal/datar dengan panjang akar mencapai delapan meter sampai sepuluh meter.

Sedangkan akar sekunder merupakan pertumbuhan lanjutan dari akar primer yang tumbuh kepermukaan tanah dan kedalam tanah, lalu akan ditumbuhin akar tersier.

Fungsi dari akar serabut adalah mencari ketersedian air dan unsur hara yang adalah didalam tanah serta dipermukaan tanah. Selain itu akar serabut juga berperan penting dalam menompang pohon pinang agar mampu berdiri dengan kokoh dalam kondisi apapun.

Loading...

Ciri ciri Pohon Pinang Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Batang

ciri ciri pohon pinang
Pohon Pinang Via Bibitpinang 1.blogspot.com

Pohon pinang termaksud dalam tanaman monokotil sehingga batangnya tidak, pusat pertumbuhan batang kelapa terletak pada pucuk yang ditutupi oleh tajuk daun.

Pada batang pohon kelapa memiliki pangkal pelepah daun yang melekat kokoh dan sulit terlepas meskipun daun layu atau mati.

Secara umum batang pohon kelapa berperan penting dalam proses fotosintesi, sebagai tempat melekatnya pelepah daun dan sebagai penompang pohon kelapa.

Baca Juga manfaat Buah Pinang Muda dan Tua Untuk Pria serta Wanita

Ciri ciri Pohon Pinang Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Daun

ciri ciri pohon pinang
Daun Pinang Via Tokopedia.com

Umumnya, pohon pinang memiliki bentuk daun memanjang dengan bagian ujung lancip mirip dengan daun kelapa,pada bagian pelepah daun terdapat dua baris duri tajam dengan tekstur keras.

Daun pohon pinang tersusun berbaris sampai ujung pelepah daun, pada setiap helai daun terdapat tulang tengah yang keras.

Ciri ciri Pohon Pinang Berdasar Bentuk dan Fungsi Bunga

bunga pinang
Bunga Pinang Via Flickr.com

Pohon pinang menghasilkan jenis bunga majemuk atau sempurna, artinya bunga yang memiliki dua jenis kelamin pada satu tangkai.

Umumnya tongkol bunga pinang berbentuk memanjang yang tumbuh dibagian bawah daun, dengan panjang 75 cm dan mudah rontok.

Putik atau alat kelamin betina berada diposisi pangkal bunga, sedangkan alat kelami jantan atau benang sari berada dibagian ujung bunga.

Fungsi bunga pada pohon pinang hampir sama dengan fungsi bunga pada tanaman lainnya, yaitu sebagai alat reproduksi atau kembang biak.

Ciri ciri Pohon Pinang Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Buah

buah pinang
Buah Pinang Via Hellosehat.com

Selanjutnya adalah bentuk buah, umumnya pohon pinang menghasilkan buah dengan bentuk mirip telur dengan warna hijau disaat buah masih mudah dan merah keorangean jika buah sudah tua.

Panjang buah pinang sendiri mencapai 3,5 sampai 7 senti meter, tergantung dari kesuburan dan varietas pohon pinang itu sendiri. Bagian luar dan kulit buah mengandung serabut, mirip dengan buah kelapa.

Baca Juga:

Jenis jenis Pohon Pinang

Selanjutnya akan kami jelaskan beberapa jenis pohon pinang, dari pinang merah, pinang hutan, pinang irian dan pinang biru.

Pinang Merah

Pertama adalah pinang merah, jenis pinang ini berasal dari Semenanjung Malaka, Pulau Sumatera, dan Pulau Kalimantan. Ciri khusus dari pinang merah adalah bentuk batang langsing, jenis daun majemuk yang memiliki tulang daun menyirip dengan warna dominan hijau.

Pinang Hutan

Jenis pinang hutan berasal dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, ciri khusus dari pinang hutan terletak pada bentuk batang langsing dengan tinggi mencapai 2 sampai 6 meter.

Pinang Irian

Dari namanya saja kita bisa menarik kesimpulan, bahwa jenis pinang ini berasal dari kepulauan Irian Jaya. Pinang mampu tumbuh dengan ketinggian mencapai empat sampai lima meter, dan untuk sekaran pinang ini sudah menyebar hampir diseluruh daerah Indonesia.

Pinang Biru

Ciri khusus dari pinang biru terletak pada ukuran batang yang mampu tumbuh mencapai ketinggian lima sampai enam meter, dengan bentuk daun bersirip mirip udang berwarna coklat kemerahan.

Baca Juga Harga Pinang Ditahun 2019 Indonesia Terbaru Hari Ini

Syarat Tumbuh Pohon Pinang

Tanah

Untuk menghasilkan pinang berkualitas dan panen maksimal, anda perlu memperhatikan jenis tanah yang akan digunakan sebagai media tanam pohon pinang. Sebaiknya tanah yang anda pilih termaksud jenis tanah lempung merah dan alluvial.

Lalu tingkat keasaman atau pH tanah, sebaiknya tanah yang pilih memiliki pH mencapai 4 sampai 8, guna meningkatkan hasil produktif buah pinang nantinya.

Iklim

Curah hujan yang cocok untuk budidaya pinang mencapai 750 sampai 4500 mm per tahun, dengan iklim tropis dan subtropis yang agak basah, dengan bulan basah sekitar 3 – 4 bulan per tahun serta bulan kering sekitar 4 -8 bulan per tahun.

Lalu tingkat kelembaban mencapai 50 – 90% dengan suhu berkisar antara 20 sampai 35 derajat celcius dan terkena sinar matahari sehari enam sampai 8 jam.

Ketinggian Lokasi

Selanjutnya ketinggian lokasi, sebaiknya budidaya pinang yang akan anda lakukan memiliki lahan dengan ketinggian 0 sampai 1000 meter diatas permukaan laut.

Sekian informasi dari kami mengenai Jenis dan Ciri ciri Pohon Pinang Beserta Syarat Tumbuhnya, semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua terima kasih!