Pertanian

Jenis dan Ciri ciri Pohon Ketapang Berserta Manfaatnya

Ciri ciri Pohon Ketapang – Umumnya pohon ketapang adalah salah satu jenis tanaman yang mampu tumbuh dengan subur di Indonesia, yang memiliki iklim Tropis. Di Indonesia ketapang biasanya tumbuh pada daerah daerah sekitar pantai, pohon ketapang sendiri mampu tumbuh mencapai 5 sampai 10 meter saja.

Terdapat beberapa jenis pohon ketapang dengan ciri ciri khas masing masing, namun secara umum pohon ketapang memiliki ciri ciri hampir sama. Nah dibawah ini akan kami jelaskan Jenis dan Ciri ciri Pohon Ketapang Berserta Manfaatnya.

Ciri ciri Pohon Ketapang

Dibawah ini akan kami jelaskan apa saja Ciri ciri Pohon Ketapang, mulai dari daun, bunga, batang, akar, buah dan biji. Silahkan simak penjelasan berikut ini !

Ciri ciri Pohon Ketapang Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Daun

daun ketapang
Daun Ketapang Via PohonPengetahua.Wordpress.com

Secara umum pohon ketapang memiliki daun berbetuk oval memanjang dengan bagian ujung lancip, daun ini tersusun secara menyirip dengan tulang tengah paling kuat. Untuk ukuran daunnya sendiri, yaitu panjang kisaran 3.5-15 cm dan lebar daun kisaran 2.5-9 cm, namun terdapat ukuran daun lebih besar atau lebih kecil karena dipengaruhi kesuburan pohon ketapang itu sendiri.

Sama halnya dengan daun manggis, daun ketapang berwarna hijau muda. Hal ini tidak terlepas dari kandung klorofil didalam daun tersebut. Untuk memperhatikan fungsinya, daun ketapang memiliki peran penting dalam proses fotosintesis, lalu sebagai tempat pernafasan atau Stomata dan tempat penguapan air.

Ciri ciri Pohon Ketapangan Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Batang

Batang Ketapang Via xmia7smada.blogspot.com

Untuk bentuk batang pohon ketapang, umumnya memiliki bentuk bulat yang mampu tumbuh mencapai ketinggian 5 sampai 10 meter. Pada setiap bagian atas batang akan ditumbuhi cabang cabang pohon, lalu diteruskan dengan pertumbuhan rating yang berfungsi sebagai tempat tumbuhnya daun.

Loading...

Batang ketapang mengandung serat kayu tinggi, sehingga termaksud dalam jenis batang yang kuat. Karena itu lah batang ketapang memiliki fungsi sebagai penompang pohon ketapang agar tetap berdiri kokoh dalam kondisi apapun.

Lalu warna batang ketapang sendiri adalah coklat gelap, dengan bagian permukaan yang kasar apabila diraba menggunakan tangan secara langsung. Ternyata batang selain berfungsi sebagai penompang pohon ketapang, memiliki fungsi lain yaitu membantu proses fotosintesis didaun karena didalam batang terdapat dua pembuluh yaitu xilem dan floem.

Xilem berfungsi sebagai pengangkut air dan unsur hara dari akar untuk dibawa kedaun, sedangkang floem berfungsi sebagai pengantar hasil fotosintesis dari daun untuk diantarkan keseluruh organ tumbuhan ketapang.

Ciri ciri Pohon Ketapang Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Bunga

bunga ketapang
Bunga Ketapang Via Bukalapak.com

Selanjutnya adalah bentuk dan fungsi bunga pada pohon ketapang, umumnya pohon ketapang memiliki bunga mirip dengan bintang berwarna putih kekuningan. Bunga ketapangan tumbuh secara berkelompok, dalam satu kelompok bisa ditumbuhi 6 sampai 8 bunga.

Setiap satu bunga memiliki lima kelopak yang bagian ujungnya lancip, lalu pada setiap bunga akan memiliki 6 sampai 7 kepala sari dan ditengahnya terdapat kepala putik berwarna kuning.

Secara umum bunga ketapang termaksud dalam jenis bunga sempurna, artinya dalam satu tangkai bunga terdapat dua jenis kelamin yaitu benang sari sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin bentina. Untuk fungsi bunga ketapang sendiri, hampir sama halnya dengan jenis bunga lain yang berfungsi sebagai reproduksi pohon ketapang.

Baca Juga :

Ciri ciri Pohon Ketapang Berdasarkan Bentuk dan Fungi Akar

akar ketapang
Akar Ketapang Via PohonPengetahua.Wordpress.com

Pohon ketapang memiliki jenis akar tunggang, hal ini karena batangnya memiliki banyak cabang dan ranting. Lalu secara umum pohon ketapang termaksud dalam jenis tanaman dikotil atau biji berkeping dua.

Biasanya akar ketapang berbentuk bulat memanjang, pada bagian pangkal akar akan lebih besar dibandingkan bagian ujung akar. Hal disebabkan oleh pertumbuhan cabang cabang akar sehingga menjadikan bagian ujung akar lebih kecil, dari situ kita dapat menyimpulkan bahwa akar ini memiliki fungsi sebagai pencari ketersediaan air serta unsur hara didalam tanah.

Lalu selain itu akar ketapang juga berfungsi sebagai penyokong pohon ketapang agar tetap berdiri kokoh, karena akar tumbuh sangat dalam serta terdapat cabang cabang akar baru.

Ciri ciri PohonKetapang Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Buah dan Biji

buah ketapang
Buah Ketapang Via hidupuntuksehat.wordpress.com

Terakhir kita akan membahas mengenai bentuk buah dan biji ketapang, umumnya pohon ketapang menghasilkan buah berbentuk bulat mirip dengan polong berwarna  hitam pekat. Lalu untuk bijinya sendiri, pohon ketapang memiliki biji berwarna hijau yang menandakan buah masih mudah, ketika buah sudah tua biji tersebut akan berubah warna menjadi hitam.

Baca Juga :

Jenis jenis Pohon Ketapang

Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa jenis pohon ketapang yang mungkin akan berguna bagi anda nantinya.

  • Pohon Ketapang Kencana Lhokseumawe
  • Pohon Ketapang Kencana Sentani
  • Pohon Ketapang Kencana Binjai
  • Pohon Ketapang Kencana Serang
  • Pohon Ketapang Kencana Jakarta Timur
  • Pohon Ketapang Kencana Salatiga
  • Pohon Ketapang Kencana Tanjung Pinang
  • Pohon Ketapang Kencana Parepare
  • Pohon Ketapang Kencana Nganjuk
  • Pohon Ketapang Kencana Mojokerto

Sumber Stewartflowers

Manfaat Pohon Ketapang

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Salah satu manfaat pohon ketapang terutama daunnya adalah mengurangi tekanan darah tinggi, dengan cara membuat ekstrak daun ketapang hingga menjadi minuman.

Menghilangkan Sariawan

Selanjutnya adalah mampu menghilangkan sariawan karena daun ketapang memiliki Sifat anti infeksi yang terkandung di dalam daun ketapang dapat membantu menyembuhkan sariawan dalam mulut yang sangat mengganggu.

Mampu menjaga kesehatan Kulit

Selain itu daun ketapang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit, daun ketapang dipercaya mampu mengobati masalah pada kulit anda loh! Seperti gatal, kadas, dan juga kurap.

Loading...

Sekian informasi dari kami mengenai Jenis dan Ciri ciri Pohon Ketapang Berserta Manfaatnya, semoga sedikit pengetahuan dari kami dapat bermanfaat untuk kita semua terima kasih!

One Reply to “Jenis dan Ciri ciri Pohon Ketapang Berserta Manfaatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *