Ciri ciri Pohon Durian
Pertanian

Jenis dan Ciri ciri Pohon Durian Berserta Manfaatnya

Ciri ciri Pohon Durian – Pohon durian termaksud dalam jenis tanaman tropis yang tumbuh secara merata diseluruh daerah Asian Tenggara. Untuk beberapa kalangan tertentu sangat menyukai durian karena rasa dan aroma khasnya, namun untuk beberapa kalangan tertentu juga tidak menyukai buah durian karena aroma serta rasanya.

Selain itu pohon durian mampu tumbuh sangat tinggi, hingga mencapai ketinggian 20 meter bahkan lebih, tergantung varietas pohon durian itu sendiri. Di Indonesia sendiri terdapat begitu banyak jenis buah durian dengan ciri khas masing masing, namun secara umum pohon durian memiliki ciri ciri yang hampir sama.

Nah dibawah ini akan kami jelaskan Jenis dan Ciri ciri Pohon Durian Berserta Manfaatnya, silahkan simak penjelasan kami berikut ini !

Ciri ciri Pohon Durian

Berikut ini akan kami jelaskan Ciri ciri Pohon Durian, mulai dari bentuk dan fungsi batang, akar, daun bunga dan buahnya. Silahkan simak penjelasan dibawah ini !

Ciri ciri Pohon Durian Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Batang

batang durian
Batang Durian

Pohon durian memiliki bentuk batang bulat, dengan ukuran diameter beragam tergantung variteas durian itu sendiri. Untuk panjang batang durian mencapai 10 sampai 15 meter, bahkan ada juga pohon durian dengan panjang batang 20 meter. Setiap batang akan ditumbuhi cabang cabang pohon, lalu cabang tersebut akan tumbuh rating dengan panjang berkisar antara 30 sampai 40 sentimeter.

Bagian kulit batang durian memiliki warna coklat kehitaman dan kasar apabila diraba menggunakan tangan secara langsung. Umumnya batang durian mengandung serat kayu tinggi, sehingga sangat kokoh dan kuat.

Loading...
Baca Juga :

Dari serat kayu tinggi tersebut menjadikan batang pohon durian berfungsi sebagai penompang pohon durian agar tetap berdiri kokoh dalam kondisi buruk sekalipun. Selain itu batang durian juga memiliki peran atau fungsi penting dalam proses fotosintesis,

Karena didalam batang durian mengandung dua pembuluh yaitu xylem dan folem, xylem berfungsi sebagai pengangkut air dan unsur hara yang diperoleh dari akar untuk dibawa ke daun sebagai bahan fotosintesis. Sedangkan floem berfungsi sebagai pengantar hasil fotosintesis, dari daun untuk diantarkan seluruh organ pohon durian.

Ciri ciri Pohon Durian Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Daun

daun durian
Daun Durian

Umumnya daun pohon durian memiliki bentuk oval memanjang dengan bagian ujung lancip, lalu daun durian memiliki dua warna yaitu bagian permukaan atas daun berwarna hijau sedangkan bagian permukaan bawah daun berwarna kuning keemasan.

Ukuran daun durian memiliki panjang mencapai 12 sampai 16 sentimeter, dengan lebar 3 sampai 4,2 sentimeter. Untuk ukuran panjang tangkai durian berkisar 1 sampai 11/2 sentimeter.

Pohon durian menghasil daun pada satu ranting mencapai 21 sampai 30 helai daun, daun durian sendiri jika diraba bagian permukaan bawah daun akan lebih halus dibanding bagian permukaan atas daun.

Fungsi daun pada pohon durian hampir sama dengan fungsi daun pohon lainnya, yaitu sebagai tempat terjadinya fotosintesis, sebagai alat pernafasan dan tempat penguapan air.

Ciri ciri Pohon Durian Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Akar

akar durian
Akar Durian

Umumnya pohon durian memiliki jenis akar tunggang yang tumbuh menuju inti bumi guna mencari ketersediaan air serta unsur hara didalam tanah. Beberapa jenis durian, akarnya akan tumbuh dengan kedalam 6 meter bahkan lebih, apabila durian sudah berumur tua.

Setiap akar durian akan tumbuh beberapa cabang hal ini bertujuan agar mempermudah pohon durian dalam mencari ketersediaan air serta unsur hara didalam tanah.

Baca Juga :

Selain itu cabang pada akar durian juga berguna agar pohon durian mampu berdiri kokoh, karena salah satu fungsi akar adalah sebagai penyokong pohon durian agar tetap berdiri kokoh.

Tanda bahwa akar durian sudah mengalami pertumbuhan cabang dapat anda lihat dari pangkal akar yang sudah keluar dipermukaan tanah.

Ciri ciri Pohon Durian Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Bunga

bunga durian
Bunga Durian

Pohon durian akan ditumbuhi bunga setelah cukup umur, biasanya bunga akan tumbuh didaerah pangkal cabang tua. Panjang tangkai bunga mencapai 20 sampai 30 sentimeter, dengan jumlah bunga beragam ada yang berjumlah 10 bahkan lebih.

Sebelum bunga durian mekar, bentuk bunganya mirip dengan telur berwarna kuning keemasan. Lalu setelah cukup umur akan mekar, dengan jumlah kelopak mencapai 4 sampai 5 helai kelopak.

Bunga pada durian memiliki bentuk mirip dengan sundip dengan warna putih kekuningan, pohon durian memiliki bunga sempurna atau majemuk. Artinya pada satu tangkai bunga memiliki dua jenis kelamin yaitu benang sari sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betina.

Ciri ciri Pohon Durian Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Buah

Buah durian
Buah Durian

Pohon durian menghasilkan buah dengan bentuk bulat dan terdapat duri tajam disetiap bagian luar kulit buahnya. Bagian dari pohon durian yang paling sering dimanfaatkan atau dikonsumsi adalah buahnya, durian memiliki buah dengan aroma yang sangat menyengat dan rasa daging buahnya yang nikmat.

Untuk tekstur daging buahnya sendiri beragam, ada yang memiliki tekstur lembut dan kasar. Hal ini dipengaruhi oleh varietas serta tingkat kematangan buah durian itu sendiri.

Loading...
Baca Juga :

Jenis jenis Pohon Durian

Selanjutnya kami akan menjelaskan Jenis jenis Pohon Durian dengan keunggulan masing masingnya. Silahkan simak penjelasan kami berikut ini !

Durian Mimang

Jenis durian yang pertama adalah durian mimang, dari tempat asal yaitu Banjarnegara, Jawa Tengah ciri khas dari durian ini terletak pada kulit luarnya yang kempes.

Ketebalan daging buah durian mimang mencapai 2 sampai 3 sentimeter dengan perpanduan rasa manis serta legit, ternyata durian mimang pernah meraih juara durian terenak se Asia Tenggara Loh ! Penasaran dengan rasanya ? silahkan langsung dibeli aja !

Durian Candimulyo

Selanjutnya adalah durian candimulyo, jenis durian ini berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Ciri khas durain ini terletak dari ukuran buahnya yang dominan lebih besar dibandingkan jenis durian pada umumnya.

Umumnya, rasa buah durian candimulyo dipadu dengan rasa manis dan pahit namun dengan rasa pahit lebih dominan.

Durian Matahari

Berikutnya adalah durian matahari yang berasal dari Cimanggi, Bogor, Jawa Barat. Ciri khas dari durian ini terletak pada bentuk buah yang oval memanjang dengan warna kecoklatan.

Untuk daging buahnya sendiri, kering, berlemak, manis dengan tekstur halus dan aromanya cukup tajam.

Durian Montong

Lalu durian montong, pasti banyak dari anda sudah mengetahui jenis durian yang satu ini. Iya benar durian ini memang cukup populer dibanding jenis durian lain, hal tidak terlepas dari rasa buah durian montong yang nikmat.

Untuk memperoleh durian montong anda harus mengeluarkan uang sedikit dalam, karena harga dari jenis durian ini cukup mahal.

Durian motong merupakan jenis durian berasal dari kalimantan dengan ciri khas daging buah yang tebal, memiliki rasa manis, berbentuk oval memanjang dan berat satu buahnya mencapai 13 kilogram.

kandungan Gizi dan Manfaat Buah Durian

Umumnya, untuk setiap biji buah durian dengan berat 100 gram mengandung 67 gram air, 28,3 gram karbohidrat, 2,5 gram lemak, 2,5 gram protein, 1,4 gram serat, dan memiliki nilai energi sebesar 520 kg.

Ditambah lagi bahwa durian juga mengandung berbagai macam vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan kulit, memperlancar saluran pencernaan, mengontrol tingkat gula didalam darah dan mampu mengatasi depresi. Hal ini karena buah durian mengandung vitamin b1, vitamin b2, vitamin c, serta kalsium dan fosfor.

Sekian informasi dari kami mengenai Jenis dan Ciri ciri Pohon Durian, semoga penjelasan singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

One Reply to “Jenis dan Ciri ciri Pohon Durian Berserta Manfaatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *