Pohon cendana
Pertanian

Jenis dan Ciri ciri Pohon Cendana Berserta Manfaatnya

Ciri ciri Pohon Cendana – Pohon cendana termaksud tanaman yang tumbuh pada daerah beriklim tropis, seperti Indonesia dan India. Ciri khas dari Cendana terletak pada bau nya yang wangi dan tahan lama, terdapat dua jenis pohon cendana yaitu cendana putih dan cendana merah.

Umumnya cendana putih menghasilkan bau lebih wangi dari pada cendana merah, sehingga orang lebih mencari cendana putih. Dilihat dari asalnya, cendana putih berasal dari Nusa Tenggara Timur atau NTT sedangkan cendana merah berasal dari India.

Pohon cendana banyak memberi manfaat bagi kehidupan sehari hari kita, seperti buah cendana mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan buag air besar, dapat menurunkan tingka stress dan mampu menjaga kecantikan kulit.

Selain itu ada beberapa orang yang mengambil manfaat dari kayu cendana nya, biasanya kayu cendana menghasil aroma yang wangi, kuat dan sering digunakan sebagai obat alami.

Masa pertumbuhan cukup lama, untuk mengambil manfaat kayunya anda perlu menunggu selama 40 tahun baru bisa memperoleh khasiat dari kayunya. Secara umum pohon cendana mampu bertahan hidup sangat lama bahkan sampai beratus ratus tahun.

Ciri ciri Pohon Cendana

Berikut ini akan kami jelaskan Ciri ciri Pohon Cendana, dari bentuk dan fungsi batang, daun, bunga, akar, buah dan biji.

Loading...

Ciri ciri PohonCendana Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Batang

Pohon cendana memiliki bentuk batang bulat, dengan ukuran diameter batang beragam tergantung varietas cendananya sendiri. Namun secara umum pohon cendana menghasilkan panjang batang mencapai 11 sampai 15 meter dengan diameter 25 hingga 30 cm.

Batang cendana diselimuti kulit dengan warna berbeda tergantung jenis cendananya, biasanya untuk jenis cendana putih diselimuti kulit berwarna coklat ke abu abuan sedangkan untuk cendana merah diselimut kulit berwarna coklah kemerahan.

batang cendana
Ciri ciri Cendana Berdasarkan Batang Cendana Via Tanobat.com

Setiap batang pohon cendana akan ditumbuhi cabang serta ranting, umumnya cabang akan mulai tumbuh dipertengah batang dilanjut dengan pertumbuhan rating dan tangkai daun.

Jika diperhatikan dari bentuknya, kita dapat memastikan bahwa batang cendana mengandung serat kayu tinggi sehingga saat kuat. Maka dari itu salah satu fungsi batang cendana yaitu sebagai penompang tanaman cendana agar mampu berdiri kokoh.

Baca Juga :

Selain itu batang cendana juga memiliki peran penting dalam proses fotosintesis, karena terdapat kandungan xilem dan floem. Xilem sendiri berfungsi sebagai pengangkut bahan fotosintesis dari akar untuk dibawa ke daun, sedangkan floem berfungsi sebagai pengantar hasil fotosistesis untuk diantarkan keseluruh organ tanaman cendana.

Ciri ciri Pohon cendana Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Daun

daun cendana
Ciri ciri Cendana Berdasarkan Daun Cendana Via Youtube.com

Selanjutnya adalah bentuk daun pohon cendana, secara umum pohon cendana memiliki daun berbentuk oval memanjang dan bulat mirip dengan telur.

Pembentukan daun pohon cendana dipengaruhi oleh beberapa sebab diantaranya faktor lingkungan, baik kesuburan tanah, suhu atau kelembaban dan ketinggian lokasi.

Namun pengaruh terbesarnya adalah jenis atau vareitas pohon cendana itu sendiri. Lalu warna daun pohon cendana dominan hijau muda serta hijau tua yang disusun saling berhadapan satu sama lainya.

Jika perhatikan dari fungsinya, daun cendana memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya fotosintesis atau pemasakan makanan, sebagai alat pernafasan (Stomata) dan sebagai tempat penguapan air.

Ciri ciri Pohon Cendana Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Bunga

bunga cendana
Ciri ciri Cendana Berdasarkan Bunga Cendana Via Steemit.com

Pohon cendana memiliki bunga mirip dengan daun singkong dengan warna kuning pada bagian tengahnya dan warna putih pada bagian pinggirnya.

Namun ada juga bunga cendana berwarna merah dengan ukuran lebih kecil, hal ini dipengaruhi oleh jenis atau varietas pohon cendana itu sendiri.

Secara umum pohon cendana memiliki empat sampai lima kelopak bunga, dan termaksud dalam jenis bunga majemuk atau bunga sempurna.

Artinya terdapat dua jenis kelamain pada satu tangkai bunga, yaitu benang sari sebagai alat kelami jantang dan putik sebagai alat kelamin betina.

Untuk fungsinya sendiri hampir sama dengan jenis pohon lainnya, sebagai alat berkembang biak dengan cara menghasilkan buah dan biji.

Ciri ciri Pohon Cendana Berdasarkan Bentuk Buah dan Biji

buah cendana
Ciri ciri Cendana Berdasarkan Buah Cendana Via Hasbihtc.com

Lalu bentuk buahnya, biasanya pohon cendana menghasilkan buah dengan bentuk mirip telur, namun sedikit melonjong. Warana buahnya sendiri adalah hijau saat buah masih muda atau belum masak, lalu merah untuk buah yang sudah setengah masak atau tua dan ungu untuk buah  yang benar benar sudah masak.

Loading...

Untuk diameter buahnya sendiri adalah 2 sampai 3 sentimeter, dengan cara tumbuh menempel berkelompok sehingga sangat cantik jika dipandang. Terdapat banyak manfaat dari buah cendana untuk kehidupan sehari hari kita, diantaranya buah cendana mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan buag air besar, dapat menurunkan tingka stress dan mampu menjaga kecantikan kulit.

Ciri ciri Pohon Cendana Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Akar

Layaknya pohon lain, cedana juga memiliki ciri khusus pada akarnya. Secara umum cendana memiliki jenis akar tunggang yang menjadikan pohon bidara termaksud tanaman dikotil atau biji berkeping dua.

Untuk fungsinya sendiri, akar pohon cendana berfungsi sebagai penyokong tanaman agar berdiri kokoh dan mencari ketersediaan air serta unsur hara didalam tanah guna membantu proses fotosintesis.

Baca Juga :

Jenis jenis Pohon Cedana

Secara umum terdapat dua jenis pohon cendana di Indonesia, yaitu cendana putih dan cendana merah. Nah dibawah ini akan kami jelaskan kedua jenis Pohon Cedana, Silahkan Simak Berikut ini!

Cendana Putih

Jenis pohon cendana putih memiliki ciri khusus dari warna kulit batangnya, umumnya pohon cendana putih memiliki kulit batang berwarna coklat keputih putihan. Cendana putih sangat digemari dibanding cendana merah, hal ini karena cendana putih menghasilkan bau yang sangat harum. Cendana putih dominan tumbuh pada daerah NTT atau Nusa Tenggara Timur

Cendana Merah

Untuk jenis cendana merah memiliki ciri khusus dari warna batang yang coklat kemerahan beda halnya dengan cendana putih. Namun untuk tingkat populernya masih kalah dengan cendana putih, karena cendana merah tidak menghasilkan bau seharum cendana putih. Secara umum cendana merah berasal dari India dan Funan.

Baca Juga :

Syarat Tumbuh Pohon Cendana

Umumnya pohon cendana mampu tumbuh mencapai 9 sampai 10 meter dan umur hidup sangat lama, bahkan bisa sampai ratusan tahun.

Namun untuk menghasilkan pohon cendana yang sehat dan tumbuh secara optimal, memerlukan pengetahuan lebih mengenai budidaya pohon cendana.

Hal yang perlu anda ketahui sebelum memulai budidaya pohon cendana salah satunya adalah Syarat Tumbuh Pohon Cendana, baik iklim, ketinggian lokasi dan kadar keasaman tanah.

Iklim

Pohon cendana mampu tumbuh dengan kondisi iklim tropis, karena cendana termaksud pohon yang sangat toleren terhadap kondisi lingkungan. Untuk tidak suhu yang ideal budidaya pohon cendana mencapai 10 sampai 35 derajat celcius.

Lalu tingkat curah hujan ideal adalah 600 sampai 2000 mm pertahun, namun untuk tingkat curah hujan lebih rendah atau lebih tinggi pohon cendana tetap toleren tetapi tidak akan menghasikan sebaik tingkat curah hujan tersebut.

Tanah

Untuk jenis tanahnya, pohon cendana sangat menyukai jenis tanah humus dan vulkanis dengan tekstur gembur. Namun pohon cendana juga bisa tumbuh pada daerah yang memiliki jenis tanah lempung, tetapi tidak akan tumbuh sebaik ditanah humus dan vulkanis.

Selain itu tingkat kadar keasaman atau pH tanah juga termaksud faktor terpenting dalam budidaya cendana. Untuk memilih tanah yang akan digunakan sebagai media tanam cendana, sebaiknya anda memilih tanah dengan tingkat keasaman 7.

Namun jika tanah tidak memiliki tingkat kadar keasaman tersebu, anda perlu melakukan pengapuran terlebih dulu. Hal ini berguna agar tingkat keasaman atau pH tanah menjadi Stabil atau netral.

Ketinggian Lokasi

Selanjutnya adalah ketinggian lokasi, sebaiknya budidaya cendana dilakukan pada daerah yang memiliki ketinggian berkisar 12 ribu meter diatar permukaan laut.

Manfaat Pohon cedana

Secara umum pohon cendana menyimpan begitu banyak manfaat untuk kehidupan sehari hari kita, mulai dari obat herbal, bahan pembuatan mebel dan lain lain.

Obat Herbal

Pemanfaat pohon cendana sebagai obat herbal sudah tidak asing lagi, karena sudah banyak orang yang mengetahui tentang khasiat kayu dan buah pada pohon cendana.

Biasanya pembuatan obat herbal menggunakan pohon cendana, terutama pada bagian kulit dan minyaknya. Obat herbal dari pohon cendana dipercaya mampu mengobati penyakit sentri, gangguan pencernaan dan anti peradangan.

Bahan Pembuatan Mebel Berkualitas

Pemanfaat kayu cendana di dunia per mebelan sudah tidak asing lagi, hal ini tidak terlepas dari kualitas kayu cendana itu sendiri. Banyak sekali hasil mebel yang menggunakan bahan dari kayu cendana, diantaranya lemari, meja makan, kursi, pintu dan lain lainya.

Menurunkan Tingkat Stress

Ternyata bau wangi yang dihasilkan pohon cendana mampu menurunkan tingkat stress yang sedang kita alami, seperti mengalami masalah dikantor, banyak tugas dibangku perkuliahan, terlalu sibuk mengurus anak dirumah atau memikirkan biaya sekolah anak yang semakin mahal.

Nah dengan menghirup bau wangi dari pohon cendana, dipercaya mampu mengendalikan tingkat stress karena minyak cendana memiliki efek anti depressant.

Sekian informasi dari kami Mengenai Jenis dan Ciri ciri Pohon Cendana Berserta Manfaatnya, semoga sedikit pengetahuan kami dapat bermanfaat bagi anda semua terima kasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *