pohon bidara
Pertanian Pohon

Jenis dan Ciri Pohon Bidara Berdasarkan Akar, Batang, daun dan Buah!

Ciri Pohon Bidara – Pohon bidara merupakan jenis tanaman yang menghasilkan buah dengan ukuran batang 40 cm saja dan mampu hidup pada daerah kering.

Umumnya bidara hanya memiliki ukuran pohon berkisar antara 10 sampai 15 meter saja, sehingga masuk dalam kategori tanaman perdu.

Biasanya pohon bidara memiliki  cabang-cabang menyebar dan acap menjuntai, dengan ranting-ranting tumbuh simpang siur dan berambut pendek daunnya, dan selalu menggugurkan  daunnya.

Ciri Pohon Bidara

Dibawah ini akan kami jelaskan Ciri Pohon Bidara, mulai dari bentuk dan fungsi batang, daun, bunga, buah dan akarnya. Silahkan simak penjelasan kami berikut ini!

Batang

Pohon bidara memiliki batang yang mengandung serat kayu tinggi, sehingga sangat kokoh. Dibagain permukaan batang ditumbuhi duri tajam dengan panjang 5 sampai 7 mm saja.

Secara umum pohon bidara hanya memiliki panjang batang mencapai 40 cm, serta cabang cabang yang ditumbuhi ranting. Batang pohon bidara memiliki warna beragama, ada batang yang berwarna coklat muda dan coklat kehitaman.

Loading...

Dilihat secara fisiknya, batang pohon bidara berfungsi sebagai penompang tanaman bidara agar berdiri kokoh dan memiliki peran penting dalam proses fotosintesis.

Akar

Layaknya pohon lain, bidara juga memiliki ciri khusus pada akarnya. Secara umum bidara memiliki jenis akar tunggang yang menjadikan pohon bidara termaksud tanaman dikotil atau biji berkeping dua.

Untuk fungsinya sendiri, akar pohon bidara berfungsi sebagai penyokong tanaman agar berdiri kokoh dan mencari ketersediaan air serta unsur hara didalam tanah guna membantu proses fotosintesis.

Daun

daun bidara
Ciri Pohon Bidara berdasarkan Daunnya

Umumnya dari bidara merupakan jenis daun tunggal yang tumbuh secara berselang seling. Dilihat dari bentuk fisiknya, daun pohon bidara mirip dengan telur namun sedikit memanjang.

Bagian tepi daun rata dan terdapat gerigi gerigi kecil, selain itu daun bidara memiliki bulu halus berwarna putih pada bagian dasar daun. Tersusun berdasarkan tiga tulang daun utama yang membujur sejajar dan memiliki tangkai daun pendek hanya 8 sampai 15 milimeter saja.

Baca Juga : Ciri ciri Pohon Mangga, Jenis Mangga, Manfaat Tanaman Mangga

Untuk fungsi daunya sendiri, tidak jauh berbeda dengan tanaman lainnya yaitu sebagai tempat terjadinya fotosintesis, sebagai alat penafasan dan tempat penguapan air.

Bunga

Selanjutnya, kita dapat memperhatikan ciri pohon bidara berdasarkan bentuk dan fungsi bunganya. Umum bunga bidara memiliki bentuk menyerupai payung namun menjari layaknya daun singkong.

bunga bidara
Ciri Pohon Bidara Berdasarkan Bunganya

Biasanya bunga bidara memiliki 5 sampai 6 jari pada satu bunga, untuk warnanya sendiri beragam ada bunga bidara yang berwarna putih keungu unguan dan ada yang berwarna putih polos.

Secara umum bunga bidara, berfungsi sebagai alat reproduksi pohon bidara. Karena terdapat putik dan benang sari, putih berfungsi sebagai alat kelamin betina sedangkan benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan.

Buah

Buah bidara
Ciri Pohon Bidara Berdasarkan Buahnya

Umumnya buah bidara memiliki bentuk mirip dengan telur, dengan ukuran mencapai 6×4 sentimeter. Untuk kulit luarnya sendiri beragam, ada buah bidara yang memiliki kulit luar halus dan ada berkulit luar kasar.

Dagingnya buah bidara berwarna putih, dengan kandung sari buah yang agak masam serta manis. Biasanya satu buah bidara menghasilkan 1 sampai 2 butir biji yang dilindungi oleh tempurung.

Baca Juga : Ciri ciri Pohon Kelapa, Syarat Tumbuh dan Jenis jenis Pohon Kelapa

Jenis jenis Pohon Bidara

Selanjutnya kami juga akan menjelaskan Jenis jenis Pohon Bidara, yang mungkin akan berguna bagi anda semua.

Bidara Upas

Ciri khusus bidara upas terletak pada buahnya yang mampu membelah hingga 3 sampai 6 milimeter. Dengan bentuk daun menyerupai telur melebar yang dibagian pangkalnya mirip dengan gambar hati.

Untuk bentuk buahnya sendiri, mirip dengan umbi kentang. Biasanya buah bidara tumbuh secara berkelompok, satu kelompoknya terdiri dari 6 sampai 7 buah bidara dengan berat mencapai 5 kilogram.

Secara umum buah bidara memiliki warna kulit coklat, dan terdapat getah putih namun akan berubah menjadi coklat apabila sudah kering.

Loading...

Bidara Laut

Umumnya bidara laut tumbuh didaerah pantai atau pinggir pinggir laut, ciri khas dari buah bidara laut terletak pada rasa buahnya yang asam. Untuk warna buah bidara laut adalah kuning cerah, dengan batang ditumbuhi duri tajam dan lebih besar dari duri bidara pada umumnya.

Bidara Cina

Umunya bidara cina adalah jenis tumbuhan dengan ukuran pohon kecil yang hanya mencapai 5 sampai 10 meter saja dan ditumbuhi duri duri tajam pada cabang pohonya.

Bagian tepi daun rata dan terdapat gerigi gerigi kecil, selain itu daun bidara memiliki bulu halus berwarna putih pada bagian dasar daun. Tersusun berdasarkan tiga tulang daun utama yang membujur sejajar dan memiliki tangkai daun pendek hanya 8 sampai 15 milimeter saja.

Baca Juga : Jenis dan Ciri ciri Pohon Bambu beserta syarat tumbuhnya

Syarat Tumbuh Pohon Bidara

Tanah

Umumnya pohon bidara berkembang biak menggunakan biji, namun juga bisa menggunakan sistem steak atau cangkok. Sebaiknya pohon bidara dibudidayakan pada daerah yang memiliki kadar keasaman atau pH mencapai 7,8 dengan drainase yang baik.

Iklim

Pohon bidara dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki iklim panas dan kering, bidara merupkan salah satu tanaman yang tahan terhadap kondisi kering sama halnya dengan tumbuhan kaktus.

Sekian informasi dari kami mengenai Jenis dan Ciri Pohon Bidara, semoga sedikit info ini dapat membantu anda semua.

2 Replies to “Jenis dan Ciri Pohon Bidara Berdasarkan Akar, Batang, daun dan Buah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *