ikan cupang
Peternakan

Tips Perawatan dan Makanan Ikan Cupang Mengandung Gizi Tinggi

Makanan Ikan Cupang – Ikan Cupang adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Sumber WikiPedia

Pecinta ikan cupang terus mengalami peningkatan, hal ini tidak terlepas dari ciri khas ikan cupang. Namun kebanyakan pecinta ikan cupang, selalu salah dalam memberikan pakan  dan perawatan ikan cupang. Maka dari itu timbul idea kami untuk membuat sebuah artikel mengenai Tips Perawatan dan Makanan Ikan Cupang Mengandung Gizi Tinggi!

Makanan Ikan Cupang Berupa Pellet

Terdapat jenis pellet yang sangat cocok digunakan sebagai makanan ikan cupang yaitu pellet monster 1 untuk ikan cupang umur 20 sampai 30 hari, pellet monster 2 untuk ikan cupang berumur 30 sampai 60 hari dan pellet monster ikan cupang berumur 60 hari keatas.

Pellet Monster vis Tokopedia

keunggulan jenis pellet mosnter diantaranya :

  • Tidak mengotor air akuarium
  • Cocok untuk ikan cupang
  • Meningkatkan kualitas ikan cupang
  • Memiliki kandungan nutrisi lengkap.

Secara umum pellet monster didedaisn untuk jenis ikan predator seperti cupang,
komposisi pembeuatan pellet ini meliputi protein dari hewan laut , kalsium laut , spirulina , vitamin dan mineral.

Sehingga baik untuk menjaga kesehatan ikan cupang, mempercepat pertumbuhan ikan cupang dan mampu mempertajam warna ikan cupang.

Makanan Ikan Cupang Alternative

Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa jenis makanan ikan cupang mengandung gizi tinggi, guna mempercepat pertumbuhan dan menghasilkan warna kulit yang indah.

Loading...

Jentik Nyamuk

Jenis makanan ikan cupang pertama adalah jentik nyamuk, kebanyakan orang menganggap bahwa jentik nyamuk merupakan hama pembawa penyakit untuk kesehatan tubuh.

Namun bagi pemelihara ikan cupang, jentik nyamuk merupakan jenis pakan yang dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan ikan cupang karena mengandung protein tinggi.

Jentik nyamuk sangat cocok diberikan pada benih ikan cupang, karena dari ukuran fisiknya jentik nyamuk sangat ideal digunakan sebagai makanan ikan cupang.

Jentik Nyamuk
Jentik Nyamuk

Selain itu kandungan protein yang tinggi, mampu mempercepat pertumbuhan benih ikan cupang nantinya. Untuk memperoleh jentik nyamuk pun cukup mudah, anda dapat mencarinya disekitar rumah seperti bak mandi, ember, selokan, panci bekas, botol bekas dan sawah.

Intinya ditempat yang tergenang oleh air,besar kemungkinan terdapat jentik nyamuk. Karena memperoleh jentik nyamuk cukup mudah, menjadikan pakan jenis ini digemari para pemelihara ikan cupang dan tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya.

Disini kami akan memberikan tips memperoleh jentik nyamuk, anda bisa menyiapkan wadah yang akan digunakan sebagai tempat bertelurnya nyamuk.

Wadah tersebut diantaranya ember, baskom, kaleng cat bekas atau panci bekas. Isi wadah tersebut menggunakan air, namun jangan air yang bersih ya! Karena air bersih dominan digunakan nyamuk demam berdarah. Sebaiknya gunakan air sedikit keruh, lalu letakan wadah tersebut pada tempat gelap.

Setelah itu nyamuk secara otomatis akan bertelur didalam wadah tersebut. Pastikan pemanen jentik nyamuk dilakukan secara rutin, agar tidak ada jentik yang sempat berubah menjadi nyamuk.

Karena dalam pemberian pakan ikan cupang hanya menggunakan jentik nyamuk bukan nyamuk nya.

Hal ini bertujuan agar mampu menjaga kesehatan ikan cupang, karena pemberian pakan menggunakan jentik nyamuk yang sudah bentuk kepompong akan memberikan dapat buruk seperti perut cupang membuncit dan membuatnya sakit hingga mati.

Ciri ciri jentik nyamuk yang siap digunakan sebagai pakan ikan cupang adalah berdiri terbalik di permukaan air dan berbentuk larva.

Cacing Sutera

Ikan cupang membutuhkan asam amino agar dapat menghasilkan sel telur dan sperma bermutu, guna meningkatkan keberhasilan reproduksi ikan cupang dan mampu meningkatkan kualitas benih ikan mas cupang tentunya.

Salah satu makanan ikan cupang yang mampu meningkatkan mutu sel telur dan sperma adalah cacing sutera, kandungan asam amino didalam cacing sutera yang tinggi dapat meningkatkan keberhasilan reproduksi ikan Cupang.

cacing sutera
Makanan Ikan Cupang / Cacing Sutera

Jika asupan nutrisi asam amino atau protein rendah, dapat beresiko pada kesehatan ikan cupang seperti menghambat pertumbuhan tulang belakang ikan cupang akan mengalami deformasi dan tingkat reproduksi ikan koe rendah.

Selain itu, pemberian pakan menggunakan cacing sutera dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan ikan cupang. Sehingga ikan cupang akan memiliki bentuk tubuh sempuran dalam waktu singkat.

Loading...

Untuk memperoleh cacing sutera cukup mudah, anda dapat mencarinya didalam selokan kotor. Namun jika anda merasa jijik, silahkan untuk membelinya langsung dipeternak cacing sutera.

Harga jual cacing sutera cukup terjangkau, sehingga cocok digunakan bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya pakan lebih.

Hal yang perlu anda perhatikan sebelum memberikan cacing sutera sebagai makanan ikan cupang adalah kebersihan cacing sutera itu sendiri.

Sebaiknya lakukan pembersihan cacing sutera terlebih dahulu, dengan cara merendam cacing sutera dengan air bersih seharian.

Tujuan dilakukan kegiatan ini agar cacing sutera bersih dari penyakit ataupun virus yang beresiko menular pada ikan cupang kesayangan anda.

Cacing Darah

Jika diatas tadi kami sudah menjelaskan bahwa cacing sutera merupakan salah satu makanan ikan cupang terbaik, maka teman dari cacing sutera yaitu cacing darah juga tidak mau kalah.

Karena kandungan nutrisi tinggi didalam cacing darah, berfungsi dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ikan cupang berupa mineral, protein dan juga lemak.

Secara umum cacing darah berasal dari nyamuk chironomus sp yang bertelur, lalu membentuk cacing darah.

Untuk memperoleh jenis cacing ini cukup mudah, anda dapat membelinya langsung kepeternak cacing darah.

Cacing darah
Cacing Darah Via Bebeja.com

Biasanya cacing ini dijual dalam bentuk beku, namun terdapat beberapa penjual yang menjual cacing darah dalam bentuk kering.

Kutu Air atau Dapnia Magna

kutu air
Makanan Ikan cupang

Penggunaan kutu air sebagai makanan ikan cupang dipercaya mampu memberikan banyak nutrisi terutama pada benih cupang.

Bentuk umum kutu air bertubuh bulat, bergaris tengah antara 0,9 sampai 1,8 mm dengan berwarna kemerahan.

Nama lain dari kutu air adalah water flea, merupakan salah satu makanan kegemaran ikan cupang terutama benihnya.

Baca Juga :

Meskipun kandungan lemak didalam kutu air rendah, sehingga tidak mampu membantu pertumbuhan benih ikan cupang.

Namun dengan pemberian kutu air, dipercaya mampu menjaga dan memperkokoh tulang ikan cupang.

Lebih detailnya kutu air mengandung proteinnya bisa mencapai lebih dari 70% kadar bahan kering, Secara umum dapat dikatakan terdiri dari 95% air, 4% protein, 0,54% lemak, 0,67% karbohidrat, dan 0,15% abu.

Untuk memperoleh kutu air, anda dapat mencarinya di area persawahan. Namun jika anda berniat membelinya, kami sarankan tidak usah! Karena jarang sekali orang yang mau membudidayak kutu air.

Kutu air memiliki umur yang singkat dan sangat rentan terhadap perubahan suhu, sehingga sulit dibudidayakan. Kalau ada pun, pasti dijual dengan harga selangit.

Microworms

Microworms
Makanan Ikan Cupang / Microworms

Makanan ikan cupang lainnya adalah Microworms, secara umum pakan ini memiliki ukuran sangat minim hanya mencapai ½ sampai 2 mm saja.

Namun hal yang menarik perhatian ikan cupang mau memakannya adalah sifat Microworms yang gesit dan licah sehingga menarik perhatian ikan cupang.

Jika anda juga tertarik dengan Microworms, anda bisa membudidayakan pakan ini sendiri.

Cara cukup mudah, anda cukup membeli benih atau bibit Microworms. Lalu menyiapakan wadah berupa toples, letakan wadah tersebut ditempat yang memiliki suhu 26 derajat celcius.

Untuk pakan Microworms sendiri, anda bisa memberi roti bekas, nah anda bisa menggunakan Microworms sebagai pakan ikan cupang secara rutin.

Artemia

Selanjutnya makanan ikan cupang alternative adalah artemia, apa sih artemian itu?

Artemian merupakan jenis udang kecil yang sering dijadikan pakan ikan baik itu ikan cupang atau ikan koi.

Untuk menghasilkan ikan cupang berkualitas, sebaiknya anda menggunakan artemia sebagai salah satu pakan alternative.

artemia
Makanan Ikan Cupang / Artemia

Karena kandung protein didalam artemia sangat tinggi, sehingga baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan cupang kesayangan anda.

Secara umum artemian memiliki ukuran tubuh kecil, hanya berukuran 0,4 mm saja. Maka dari artemia cocok dijadikan pakan ikan cupang dewasa ataupun benih cupang.

Tips dari kami sebelum menjadikan artemia sebagai makanan ikan cupang, sebaiknya lakukan pembersihan artemian terlebih dahulu.

Karena artemia berasal dari laut, maka kandungan garam didalam artemia sangat tinggi.

Sehingga anda perlu melakukan perendaman menggunakan air tawar bersih selama seharian, guna menghilangkan kandungan garam didalam artemia.

Kuning Telur

Kuning telur
Makanan Ikan Cupang / Kuning Telur

Keunggulan dari makanan ikan cupang berupa kuning telur terletak pada kandungan gizi kompleks yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan benih ikan cupang nantinya.

Sedangkan kelemahannya adalah air akan cepat keruh, maka dari itu perlu dilakukan takaran yang tepat sebelum melakukan pemberian pakan ikan cupang agar dapat mengurangi tingkat keruh air.

Selain takaran yang tepat, kami juga menyarankan pada anda untuk memberikan pakan ikan cupang berupa kuning telur yang sudah dimasak atau direbus terlebih dulu.

Sebaiknya pemberian pakan ini tidak dilakukan secara rutin, agar air tidak mudah keruh dan mampu menjaga kesehatan ikan cupang tersebut.

Vinegar eels

Vinegar eels
Makanan Ikan Cupang / Vinegar eels

Secara umum Vinegar eels merupakan jenis belut yang sering hidup diatas air. Ciri khusus dari Vinegar eels terletak pada ukuran tubuhnya yang lebih kecil dari pada belut umumnya.

Jenis makanan ikan cupang satu ini memiliki kandungan gizi mirip dengan microworm, sehingga baik digunakan sebagai pakan alternative ikan cupang.

Anakan Ikan Guppy

Anakan Ikan Guppy

Makanan ikan cupang selanjutnya adalah Burayak Guppy atau anakan ikan guppy.

Jenis pakan ini, biasanya diberikan pada ikan cupang raksasa. Fungsi pemberian pakan ini dipercaya mampu mempercepat pertumbuhan ikan cupang.

Untuk memperoleh ikan ini cukup mudah, biasanya dijual dengan harga tejangkau. ikan guppy dapat ditemukan sawah, parit, dan lainnya.

Lalat

lalat
Makanan Ikan Cupang / Lalat

Lalat merupakan salah satu makanan ikan cupang terfavorit, hal ini tidak terlepas dari rasa daging lalat yang lezat dan mengandung gizi tinggi.

Untuk memperoleh lalat cukup mudah, anda bisa menemukan lalat di tempat sampah atau pasar terutama pada penjual ikan atau daging.

Sebaiknya pemberian lalat sebagai pakan ikan cupang tidak berlebihan, anda cukup memberi dua sampai tiga ekor lalat seharinya.

Cara Pemberian Makanan Ikan Cupang

Selanjutnya kami akan menjelaskan cara pemberian makanan ikan cupang, diatas tadi kami sudah menjelaskan beberapa jenis pakan cupang.

Nah dibawah ini akan kami beri contoh cara pemberian pakan cupang menggunakan lalat !

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah menjaga kondisi air akuarium agar tetap segar dan bersih. Sehingga ikan dapat terhindar dari serangan penyakit ataupun virus.

Tips memberikan ikan cupang, pastikan saat anda memberikan makan ikan cupang. Ikan tersebut melihat jatuhnya pakan tersebut, karena ikan ini lebih suka mengkonsumsi pakan yang jatuh didepan mulutnya.

Baca Juga :

Sebenarnya pemilihan pakan untuk ikan cupang sedikit susah, karena ikan ini sangat memilih milih jenis pakan yang akan di konsumsinya. Anda dapat menggunakan pellet ataupun pakan alternative lainnya.

Lalu perhatikan apakah ikan cupang memakan habis pakan yang anda berikan, kalau habis anda dapat menambahkan porsi pakan tersebut.

Namun jika tidak dihabiskan, itu pertanda bahwa ikan cupang tidak menyukai jenis pakan yang anda pilih. Sebaik ganti jenis pakan tersebut.

Untuk porsi ikan cupang yang masuk masa pemijahan atau kawin, dapat anda tambahankan karena di fase tersebut baik ikan cupang jantan dan betina memerlukan asupan energi lebih.

Lalu untuk ikan cupang anakan atau benih, anda dapat memberi pakan saat sudah berumur 5 sampai 8 hari saja. Saran dari kami, sebaiknya anda menggunakan kunign telur rebus sebagai pakan awal ikan cupang.


Tips Perawatan Ikan Cupang

Dibawah ini akan kami jelasakan beberapa perawatan yang diperlu anda lakukanan. Silah simak tips perawatan ikan cupang berikut ini!

Memilih Akuarium

Sebelum memilihara ikan cupang, sebaiknya anda menyiapkan wadah atau tempat seperti akuarium.

Untuk memilih jenis akuarium, kami memberi kebebasan mau bentuk akuarium seperti apapun.

Namun untuk ukuran akuarium, sebaiknya ada memilih akuarium kecil saja dengan diameter 20x15x15 cm.

Kenapa memilih akuarium dengan ukuran kecil? Tentu karena ukuran ikan cupang juga kecil, jadi lebih baik menggunakan akuarium kecil saja lebih menghemat biaya dan tempat.

Lalu anda juga perlu memperhatikan suhu tempat akuarium, sebaiknya tempat tersebut memiliki suhu netral tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Air Akuarium

Sebaiknya anda menggunakan air sumur, karena sifat dari air sumur hampir sama dengan sifat air di habitat ikan cupang seperti sawah dan rawa rawa.

Untuk fase pergantian air, sebaiknya anda menganti air akuarium 2 sampai 3 hari sekali. Jika pergantian air dilakukan terlalu sering, dapat berdampak pada mental ikan cupang.

Menjemur Ikan Cupang

Tujuan dilakukan penjemuran adalah agar ikan cupang lebih segar dan dapat menjaga kesehatan kulit luarnya.

Perawatan ini tidak perlu anda lakukan setiap hari, anda bisa melakukan penjemuran 1 sampai 2 minggu sekali.

Dan waktu terbaik untuk menjemur ikan cupang adalah jam 8 sampai 10 pagi. Sebaiknya penjemuran ikan cupang hanya dilakukan selama 10 sampai 15 menit saja.

Memberi Makan

Selanjutnya adalah pemberian pakan, untuk pemilihan jenis pakan sudah kami jelaskan diatas dari cacing sutera, cacing darah, lalat dan lain lainya.

Pemberian pakan pokok seperti pellet dapat dilakukan secara rutin, namun untuk pakan alternative sebaiknya diberikan sesekali saja.

Pemberian Daun Ketapang

Perawatan menggunakan daun ketapang, hanya diberikan pada ikan cupang yang sedang dalam kondisi gelisa seperti mondar mandir tidak jelas.

Anda dapat menggunakan daun ketapangan, dengan cara memasukan beberapa helai daun ketapang kedalam air akuarium lalu ditutup menggunakan plastik hitam.

Sekian informasi dari kami mengenai Tips Perawatan dan Makanan Ikan Cupang Mengandung Gizi Tinggi, semoga sedikit pengetahuan dari kami dapat bermanfaat untuk anda semua.

One Reply to “Tips Perawatan dan Makanan Ikan Cupang Mengandung Gizi Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *