Tips Pemeliharaan dan Makanan Ikan Arwana Agar Warna kulit Indah

Makanan Ikan Arwana

Makanan Ikan Arwana – Umumnya Arwana adalah salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar dan memiliki banyak fans dari latar belakang yang berbeda beda.

Untuk warga Tinghoa lebih dominan menyebut ikan arwana sebagai “Ikan Naga” yang merupakan simbol dari kekuatan alam khususunya angin topan.

Di Indoneisa sendiri pencinta ikan arwana sangat banyak, hal ini tidak terlepas dari keindahan warna kulit arwana dan bentuk fisiknya.

Harga jual ikan arwana cukup tinggi, biasanya ikan arwana yang memiliki warna kulit cerah dan indah akan dijual lebih mahal dibanding arwana biasa.

Namun untuk memperoleh ikan arwana dengan kulit cerah, indah dan bentuk fisik ideal diperlukan pemerhatiaan khusus baik dari segi pakan maupun perawatan.

Nah dibawah ini akan kami jelaskan mengenai Tips Pemeliharaan dan Makanan Ikan Arwana Agar Menghasilkan Warna kulit Indah. SIlahkan Simak berikut ini!!

Makanan Ikan Arwana

Untuk menghasilkan ikan arwana dengan warna indah dan masa pertumbuhan cepat, diperlukan perawatan serta pemberian pakan yang tepat.

Dibawah ini akan kami jelaskan jenis makanan ikan arwana yang mampu meningkatkan masa pertumbuhan dan mempercantik warna ikan arwana.

Jangkrik

Ikan arwana memerlukan asupan pakan yang mengandung nutrisi tinggi, guna meningkatkan masa pertumbuhan dan mampu menjaga kesehatan ikan arwana.

Ternyata jangkrik mengandung nutrisi tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan gizi ikan arwana.

jangkrik
Makanan Ikan Arwana / Jangkrik

Selain itu jangkrik termaksud dalam makanan ikan arwana yang jarang membawa penyakit, sehingga arwana lovers tak perlu merasa khawatir tentang kesehatan ikan ini nantinya.

Jangkrik juga mampu meningkatkan warna kulit ikan arwana, agar semakin indah dipandang. Kita ketahui warna kulit merupakan salah satu faktor pendorong harga jual tinggi di pasaran.

Penyebab jangkrik mampu meningkatkan kecerahan kulit arwana adalah kandungan beta caroten yang berfungsi dalam menjaga kesehatan warna kulit arwana dan mendorong warna arwana agar lebih menawan dan indah.

Namun sebelum anda menggunakan jangkrik sebagai makanan ikan arwana, pastikan dulu bahwa jangkrik merupakan hasil dari budidaya rumahan dan lakukan pembersihan jangkrik dibagian kerasnya sebelum diberikan ke ikan arwana.

Udang

udang
Makanan Ikan Arwana / Udang

Kandungan yang terdapat didalam udang hampi sama dengan jangkrik, yang merupakan makanan ikan arwana guna menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan warna kulit arwana semakin indah dipandang.

Dalam pemberian udang sebagai pakan arwana, dapat memberikan udang yang masih hidup ataupun udang mati. Untuk hasil yang lebih baik, bersihkan bagian udang yang memiliki tekstur keras seperti kulit dan sungut udang.

Pemberian pakan udang sebaiknya tidak dilakukan secara rutin, karena ikan arwana yang terlalu sering mengkonsumsi udang akan memiliki kelainan pada matanya.

Kelabang

kelabang
Makanan Ikan Arwana / Kelabang

Sama halnya dengan makanan ikan arwana diatas, kelabang juga termaksud pakan terbaik untuk ikan arwana lovers semua lohh! Hal ini tidak terlepas dari kandungan gizi kompleks didalam kelabang.

Dengan memberikan kelabang sebagai pakan arwana, dipercaya mampu meningkatkan masa pertumbuhan ikan arwana dan mendorong warna kulit arwana semakin indah.

Dimata arwana daging kelabang sangat lezat dan nikmat, maka dari itu pemberian pakan kelabang terlalu sering dapat beresiko pada nafsu makan arwana yang akan turun jika diberi pakan jenis lain.

Sebaiknya kelabang hanya digunakan sebagai pakan sampingan, jangan paka utama karena akan beresiko buruk untuk ikan arwana sendiri.

Katak

katak
Makanan Ikan Arwana / Katak

Jenis makanan ikan arwana selanjutnya adalah katak, kandung gizi dan lemak didalam katak cukup tinggi. Sehingga mampu mempercepat pertumbuhan ikan arwana nantinya.

Namun perlu anda ingat! Jangan gunakan katak sebagai pakan utama, melainkan sebagai pakan sampingan saja. karena apa? ikan arwana yang terlalu sering mengkonsumsi katak akan menghasilakn warna kulit yang pucat.

Sehingga dapat menurunkan keindah arwana nantinya, dan lebih parahnya dapat menurunkan harga jual dipasarannya.

Baca Juga :

Kecoa

Bagi kebanyakan orang mengganggap kecoa merupakan hama yang menjijikan, namun untuk pecinta arwana kecoa merupakan salah satu makanan ikan arwana yang mengandung vitamin serta protein tinggi.

kecoa
Makanan Ikan Arwana / Kecoa

Pemberian kecoa sebagai pakan arwana, dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan ikan arwana. Dalam pemberian pakan kecoa, sebaiknya anda melakukan pembersihan pada bagian kecoa yang memiliki tekstur keras seperti sayap dan sungut serta kepala.

Gunakan kecoa sebagai pakan sampingan, artinya jenis pakan yang melengkapi kandungan gizi dari pakan pokok sehingga arwana memperoleh gizi secara optimal.

Untuk memperoleh kecoa pun cukup mudah, anda bisa mencari ditempat sampah atau kamar mandi yang kotor.

Ikan Mas Anakan

anakan ikan mas
Via Jualo.com

Pemberian ikan mas anakan memiliki tujuan agar tingkat agresif atau sifat alami arwana tidak hilang, sehingga ikan arwana terbiasa untuk bergerak karena sifat alami ikan ini adalah predator.

Untuk pemberian akan ikan mas anakan, anda perlu memperhatikan bahwa pakan tersebut tidak menderita penyakit, karena pakan yang terinfeksi penyakit akan beresiko besar menular pada ikan arwana.

Cicak  dan Kadal

cicak
Makanan Ikan Arwana / Cicak

Salah satu makanan ikan arwana cukup berpengaruh pada proses pertumbuhan ikan arwana, namun tidak semua arwana menyukai daging cicak ataupun kadal.

Jadi anda perlu melakukan pelatihan khusus secara step by step, agar ikan arwana menyukai daging cicak ataupun kadal.

kadal
Makanan Ikan Arwana / Kadal

Sebaiknya pemberian pakan ini tidak dilakukan secara rutin, sama halnya dengan daging katak yang mampu merusak warna kulit arwana.

Selain itu pemberian pakan cicak atau kadal terlalu sering dapat menurunkan agresif alami arwana dan menurunkan nafsu makan.

Ikan Kecil

ikan kecil
Makanan Ikan Arwana

Sama halnya dengan ikan mas anakan, jenis ikan kecil lainnya juga baik digunakan sebagai makanan ikan arwana.

Hal ini bertujuan agar arwana memiliki sifat agresif dan menjaga sifat alaminya yaitu predator.

Selain itu kandungan gizi didalam ikan kecil cukup tinggi, sehingga baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan masa pertumbuhan arwana nantinya.

Makanan Ikan Arwana Berdasarkan Jenisnya

Selanjutnya kami akan memberikan penjelasan mengenai pemilihan makanan ikan arwana berdasarkan jenisnya. Guna meningkatkan kualitas ikan arwana dan meningkatkan masa pertumbuhan ikan arwana nantinya.

Makanan Ikan Arwana Silver

Ikan Arwana Silver
Ikan Arwana Silver

Makanan Ikan Arwana Silver 5 cm : Pada jenis ikan arwana silver, sebaiknya anda memilih pakan yang mengandung protein tinggi guna meningkatkan masa pertumbuhan ikan arwana silver.

Jenis makanan ikan arwana silver diantaranya cacing sutra, artemia, kutu air dan cacing darah.

Makanan Ikan Arwana Silver 10 cm : Selanjutnya untuk pemberian pakan ikan arwana silver dengan panjang 10 cm, sebaiknya anda memilih pakan yang mampu meningkatkan sifat alami atau agresif ikan arwana dan mampu meningkatkan warna keindahan kulit arwana.

Jenis makanan ikan arwana silver dengan panjang 10 cm diantaranya cacing sutra beku, cacing tanah, pelet kecil, dan jangkrik.

Makanan Ikan Arwana Silver Dewasa : Tips dari kami untuk jenis ikan arwana dewasa, anda dapat memilih jenis pakan yang mampu meningkatkan warna kulit agar lebih cerah dan mampu menjaga kesehatan ikan arwana nantinya.

Jenis makanan ikan arwana silver dewasa antara lain kodok, ulat, kelabang, ikan kecil, udang, pelet, kecoa, dan jangkrik.

Makanan Ikan Arwana Golden Red

Ikan Arwana Golden Red
Ikan Arwana Golden Red via Jualo.com

Makanan Ikan Arwana Golden Red 5 cm : Pada jenis ikan arwana golden red, sebaiknya anda memilih pakan yang mengandung protein tinggi guna meningkatkan masa pertumbuhan ikan golden red.

Jenis makanan ikan arwana golden red diantaranya cacing sutra, artemia, kutu air dan cacing darah.

Makanan Ikan Arwana Golden Red 10 cm : Selanjutnya untuk pemberian pakan ikan arwana Golden Red dengan panjang 10 cm, sebaiknya anda memilih pakan yang mampu meningkatkan sifat alami atau agresif ikan arwana dan mampu meningkatkan warna keindahan kulit arwana.

Jenis makanan ikan arwana Golden Red dengan panjang 10 cm diantaranya cacing sutra beku, cacing tanah, pelet kecil, dan jangkrik.

Makanan Ikan Arwana Golden Red Dewasa : Tips dari kami untuk jenis ikan arwana Golden Red dewasa, anda dapat memilih jenis pakan yang mampu meningkatkan warna kulit agar lebih cerah dan mampu menjaga kesehatan ikan arwana nantinya.

Jenis makanan ikan arwana Golden Red dewasa antara lain kodok, ulat, kelabang, ikan kecil, udang, pelet, kecoa, dan jangkrik.

Makanan Ikan Arwana Super Red

Ikan Arwana Super Red
Ikan Arwana Super Red

Makanan Ikan Arwana Super Red 5 cm : Pada jenis ikan arwana Super Red, sebaiknya anda memilih pakan yang mengandung protein tinggi guna meningkatkan masa pertumbuhan ikan golden red.

Jenis makanan ikan arwana Super Red diantaranya cacing sutra, artemia, kutu air dan cacing darah.

Makanan Ikan Arwana Super Red 10 cm : Selanjutnya untuk pemberian pakan ikan arwana Super Red dengan panjang 10 cm, sebaiknya anda memilih pakan yang mampu meningkatkan sifat alami atau agresif ikan arwana dan mampu meningkatkan warna keindahan kulit arwana.

Jenis makanan ikan arwana Super Red dengan panjang 10 cm diantaranya cacing sutra beku, cacing tanah, pelet kecil, dan jangkrik.

Makanan Ikan Arwana Super Red Dewasa : Tips dari kami untuk jenis ikan arwana Super Red dewasa, anda dapat memilih jenis pakan yang mampu meningkatkan warna kulit agar lebih cerah dan mampu menjaga kesehatan ikan arwana nantinya.

Jenis makanan ikan arwana Super Red dewasa antara lain kodok, ulat, kelabang, ikan kecil, udang, pelet, kecoa, dan jangkrik.

Baca Juga :

Cara Pemberian Makanan Ikan Arwana

Dalam pemberian pakan ikan arwana, terdapat beberapa yang perlu anda perhatikan salah satunya adalah ukuran tubuh arwana itu sendiri.

Karena apa? ikan arwana kecil dan besar tentu memiliki perbedaan kebutuhan kandungan gizi, baik untuk pertumbuhan ataupun meningkatkan warna kulitnya.

Sebaiknya dalam pemberian pakan, terutama pada ikan arwana yang masih memiliki ukuran 10 inci anda dapat melakukan pemberian pakan sebanyak 2 sampai 3 kali.

Hal ini bertujuan agar ikan memperoleh kandungan gizi secara optimal, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan fisik ikan arwana.

Jika arwana sudah memiliki ukuran tubuh mencapai 30 incih, jumlah porsi pakan sebaiknya dikurangi hanya 1 kali sehari.

Dan untuk ikan arwana dewasa anda tidak perlu melakukan pemberian pakan setiap hari, karena difase ini ikan arwana tidak memiliki nafsu makan tinggi seperti anakan ikan arwana.

Untuk mengatasi penuruna nafsu makan pada ikan arwana, anda dapat menggunakan makanan ikan arwana alternative seperti kecoa. Karena kecoa dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan ikan arwana.

Tips Pemeliharaan Ikan Arwana

Terakhir! Kami akan menjelasakn tips perawatan ikan arwana, guna menghasilakn ikan dengan kualitas terbaik serta warna kulit arwana yang indah.

Ukuran Akuarium

Akuarium merupakan salah satu tempat yang cocok untuk pemeliharaan ikan arwana, baik itu arwana kecil ataupun arwana dewasa.

Hal yang perlu anda perhatikan ketika menggunakan akuarium adalah ukurannya, karena untuk ukuran akuarium dipengaruhi oleh ukuran tubuh ikan arwana itu sendiri.

Sebaiknya gunakan akuarium dengan dengan panjang 3 kali dari panjang ikan dan lebar 11/2 dari lebar ikan.

Air Akuarium

Dalam pemilihan air, sebaiknya gunakan air yang bersih serta mengandung oksigen tinggi sehingga ikan dapat hidup dengan nyaman didalam akuarium.

Selanjutnya pastikan air tidak mengandung bakteri atau virus yang dapat membahayakan kesehatan ikan arwana dan yang terpenting jenis air yang digunakan adalah air tawar.

Hiasan dalam Akuarium

Dalam penggunaan hiasan didalam akuarium pastikan tidak terdapat bagian tajam dari hiasan tersebut.

Karena dapat melukai ikan arwana nantinya, saran dari kami anda sebaiknya menggunakan hiasan akuarium seperti rumah – rumahan, benteng, pohon hingga ikan buatan.

Memilih Anakan Ikan Arwana

Sebelum melakukan pembelian anakan ikan arwana, pastikan dulu bahwa anakan arwana dalam kondisi sehat dan memiliki sifat agresif.

Biasaya anakan ikan arwana yang dijual dipasaran memiliki ukuran 10 sampai 20 cm dengan harga berbeda beda, tergantung variets ikan arwana tersebut.

Memasukkan Ikan Arwana ke dalam Akuarium

Ketika anda baru saja membeli ikan arwana dipasar, sebelum memasukan ikan kedalam akuarium atau wadah lainnya. Anda perlu melakukan proses adaptasi air agar ikan arwana lebih terbiasa dengan kondisi air akuarium barunya.

Dengan cara memasukan air kedalam plastik atau wadah yang anda gunakan untuk membeli ikan arwana, hal ini bertujuan agar ikan arwana terbiasa dengan kondisi air barunya.

Tutup Akuarium

Dalam pemilihan tutup akuarium pastikan terdapat celah atau lubang yang berguna sebagai tempat pertukaran udara anda Co2 dan O2.

Kenapa penutup akuarium diperlukan? Arwana termaksud ikan yang agresif dan aktif sehingga berpotensi melompat keluar dari akuarim. Sehingga diperlukan penutup akuarium agar arwana tidak melompat keluar.

Penempatan Akuarium

Dalam pemilihan tempat akuarium, pastikan jarang dilalui orang apalagi ikan arwana baru karena dapat meningkatkan stress ikan dan beresiko pada kematian.

Sebaiknya pilih tempat yang sepi dan tenang, guna memberi ruang pada ikan arwana dalam beradaptasi dengan kondisi akuarium barunya.

Kebersihan Akuarium

Menjaga kebersihan air ataupun akuarium merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam memeliharan ikan arwana.

Sebaiknya lakukan pembersihan setiap hari untuk akuariumnya, sedangkan untuk pergantian airnya tidak perlu dilakukan setiap hari. Dilakukan hanya saat air sudah keruh dan berbau.

Namun untuk hasil yang lebih maksimal, anda dapat mengganti air secara rutin hal ini bertujuan agar air tidak terinfeksi oleh bakteri dan virus, sehingga dapat menular pada ikan arwana.

Sekian informasi dari kami mengenai Tips Pemeliharaan dan Makanan Ikan Arwana Agar Menghasilkan Warna kulit Indah , semoga sedikit penjelasan dari kami dapat membantu anda semua terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*