Makanan Ikan Koi Beserta Penjelasan Cara Meningkatkan Kualitas Warna!

Makanan Ikan Koi – Koi merupakan ikan yang berasal dari negara Jepang, ikan ini merupakan simbol cinta dan persahabatan.

Di jepang ikan koi biasanya disebut sebagai ikan karper atau ikan cinta, dengan makna bersulam emas atau perak.

Ikan koi memiliki daya tarik dari warna tubuhnya yang unik, biasanya dalam satu ikan terdapat 3 sampai 4 corak warna.

Di Indonesia koi sering digunakan sebagai ikan hias didalam kolam ataupun aquarium. Hal ini tidak terlepas dari keindahan corak warna pada ikan koi yang menjadikan daya tarik tersendiri.

Namun untuk menghasilkan ikan koi dengan corak warna indah diperlukan banyak perjuangan, baik dari segi perawatan dan pemberian makanan yang tepat.

Nah dibawah ini akan kami jelaskan mengenai apa saja Makanan Ikan Koi guna meningkatkan pertumbuhan dan memperindah corak warna pada ikan koi.

Makanan Ikan Mas Koi

Dalam menunjang keberhasilan budidaya ikan mas koi, tentu terdapat beberapa hal perlu anda perhatikan dan salah satunya adalah Makanan Ikan Koi yang dapat merangsang pertumbuhan ikan mas koi secara optimal.

Makanan Ikan Koi Pokok

Secara umum pakan pokok dari ikan koi adalah pellet, hal ini tidak terlepas dari kandungan kompleks didalam pellet.

Pellet Apung
Makanan Ikan Koi / Pellet Apung

Komposisi pembuatan pellet meliputi tepung, bungkil kedelai, bungkil kelapa, mineral, dedak atau bekatul, minyak dan berbagai macam tambahan vitamin.

Loading...

Terdapat dua jenis pellet yaitu pellet apung dan tenggelam, dari dua jenis pellet tersebut terdapat perbedaan nutrisi.

Pellet Tenggelam
Makanan Ikan Koi / Pellet Tenggelam

Pellet apung memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi dibandingkan pellet tenggelam, sehingga banyak peternak atau pemelihara koi lebih memilih pellet apung dibandingkan pellet tenggelam.

Baca Juga :

Makanan Ikan Koi Buatan Pabrik

Di atas tadi kami sudah menjelaskan bahwa pellet merupakan makanan pokok dari ikan koi, nah dibawah ini akan jelaskan merk dari pellet buatan pabrik berkualitas baik.

Pellet Merk Hokky

Pellet Merk Hokky
Pellet Merk Hokky

Makanan ikan koi buatan pabrik Merk Hokky memiliki tujuan khusus untuk meningkatkan kecerahan sisik atau warna ikan koi. Pellet ini merupakan jenis terapung, dijual dengan harga terjangkau.

Pellet Saki Hikari

Pembuatan pellet saki hikari mampu merangsang pertumbuhan ikan semakin cepat, untuk masalah kualitas dan mutunya tidak perlu diragukan lagi.

Pellet Saki Hikari
Pellet Saki Hikari

Selain untuk merangsang pertumbuhan ikan koi semakin cepat, ternyata jenis pellet ini juga mampu meningkatkan kecerah warna koi agar semakin menawan dan indah dipandang.

Pellet Merk Food Hiro

Sama halnya dengan pellet diatas, pellet merk food hiro memiliki manfaat untuk merangsang pertumbuhan ikan semakit cepat.

Pellet Merk Food Hiro
Pellet Merk Food Hiro

Untuk harga jualnya pun cukup murah, sehingga banyak peternak atau pemeliahara ikan koe lebih memilih jenis pellet ini dibandingkan pellet lainnya.

Makanan Ikan Koi Alternative

Pemilihan makanan alternative ini bertujuan untuk meminimalisir pengeluaran biaya pakan yang diakibatkan mahalnya harga pellet.

Dilihat dari segi kandugannya pellet alternative memiliki tingkat kandungan seimbang dengan pellet atau pakan pokok koi.

Nah dibawah ini akan kami jelaskan apa saja makanan ikan koi alternative, sehingga anda tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya pakan yang mahal.

Cacing Sutera

cacing sutera
Makanan Ikan Koi / Cacing Sutera

Ikan mas koi membutuhkan asam amino agar dapat menghasilkan sel telur dan sperma bermutu, guna meningkatkan keberhasilan reproduksi ikan koi dan mampu meningkatkan kualitas benih ikan mas koi tentunya.

Salah satu makanan ikan koi yang mampu meningkatkan mutu sel telur dan sperma adalah cacing sutera, kandungan asam amino didalam cacing sutera yang tinggi dapat meningkatkan keberhasilan reproduksi ikan koi.

Jika asupan nutrisi asam amino atau protein rendah, dapat beresiko pada kesehatan ikan koi seperti menghambat pertumbuhan ikan koi, tulang belakang ikan mas koi akan mengalami deformasi dan tingkat reproduksi ikan koe rendah.

Kedelai

Kita ketahui kedelai mengandung protein tinggi yang mampu meningkatkan proses penyimpanan trigliserida dan fosfolipid pada ikan koi.

Trigliserida adalah jenis lemak yang ditemukan dalam darah dan diproses melalui hati, setelah itu trigliserida akan diserap oleh usus untuk disalurkan keseluruh jaringan tubuh ikan mas koi.

kedelai
Makan Ikan Koi / Kedelai

Sedangkan fosfolipid adalah senyawa lipid bagian dari membran sel mas koi, disusun bersama protein dan glikolipid berupa asam lemak.

Jika mas koi kekurangan asam lemak akan beresiko pada kesehatan sisik, jantung dan hatinya. Maka dari itu kedelai merupakan salah satu makanan ikan koi terbaik guna menunjang kesehatan sisik, jantung dan hati.

Roti

Makanan ikan koi selanjutnya adalah roti, secara umum roti mengandung karbohidrat tinggi sehingga mampu membentuk energi didalam ikan mas koi.

Agar ikan mas koi mengalami metabolisme secara optimal pemberian pakan roti merupakan salah satu solusi terbaik, dengan pemilihan roti yang terbaik.

roti tawar
Makanan Ikan Koi / Roti Tawar

Dalam pemilihan roti sebaiknya, pilih roti yang berbahan dasar dari tepung terigu, ragi, garam gula, lemak dan susu bubuk .

Selain pemilihan roti yang tepat anda juga perlu memperhatikan takaran pemberian pakan ikan mas koi, karena apa? pemberian pakan roti pada ikan mas koi secara berlebihan akan menurunkan kinerja hati dalam menyimpan glikogen.

Bekicot

Pemberian makanan ikan mas koi menggunakan bekicot memiliki keunggulan dari kandungan gizinya, ikan mas koi yang diberikan pakan menggunakan bekicot mampu tumbuh lebih cepat dibandingkan ikan mas koi yang tidak diberi pakan bekicot.

Makanan Ikan Koi / Bekicot

Hal ini tidak terlepas dari kandungan gizi lengkap pada bekicot, selain itu dari segi harganya bekicot dapat diperoleh dengan harga yang murah bahkan gratis.

Ganggang Hijau

Untuk meningkatkan warna pada sisik ikan mas koi, diperlukan pakan yang mengandung krotein tinggi.

Ganggang Hijau
Makanan Ikan Koi / Ganggang Hijau

Salah satu makanan ikan mas koi yang mampu meningkat dan menjaga warna sisik koi adalah gangang.

Hal ini tidak terlepas dari kandungan krotein yang tinggi pada gangang hijau, namun anda harus tetap memperhatikan takaran pemberian pakan menggunakan ganggang.

Karena pemberian pakan menggunakan ganggang secara berlebihan akar merusak warna sisik koi.

Baca Juga :

Jeruk

Makanan ikan koi selanjutnya adalah jeruk, kandungan vitamin yang tinggi pada buah jeruk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin pada ikan mas koi.

jeruk untuk ikan koi
Makanan Ikan Koi / Jeruk

Namun ada hal yang perlu anda perhatikan sebelum memberikan jeruk sebagai pakan ikan koi, yaitu melakukan pemberian pakan secara step by step guna memberi ruang agar ikan mas koi terbiasa dengan pakan barunya.

Udang

Secara umum udang merupakan pakan alami dari ikan mas koi, manfaat dari pemberian udang sebagai pakan koi adalah mampu meningkatkan pigmen warna sisik ikan mas koi.

udang untuk pakan ikan koi
Makanan Ikan Koi / Udang

Jika ikan mas koi mengalami kekurangan pigmen warna akan beresiko mengalami perubahan warna atau lebih parahnya menderita penyakit albino.

Salmon

Makanan ikan koi selanjutnya adalah salmon, sama halnya dengan gangang hijau salmon juga mengandung karoten tinggi guna menjaga warna sisik agar tetap cerah dan cantik.

salmon
Makanan Ikan Koi / Salmon

Selain mengandung karoten tinggi, salmo juga mengandung nutrisi yang baik untuk menunjang pertumbuhan ikan koi secara optimal.

Selada Air

Ikan koi sangat menyukai selada air, hal ini karena selada air merupakan pakan alami dari ikan mas koi.

selada air
Makanan Ikan Koi / Selada Air

Selada air mengandung nutrisi dan serat tinggi, guna menunjang pertumbuhan serta menjaga kesehatan saluran pencernaan ikan mas koi. Didalam pemberian selada, sebaik dilakukan seminggu sekali

Baca Juga :

Kuning Telur

Keunggulan dari makanan ikan koi berupa kuning telur terletak pada kandungan gizi kompleks yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan benih ikan koi.

kuning telur
Makanan Ikan Koi / Kuning Telur

Sedangkan kelemahannya adalah air kolam akan cepat keruh, maka dari itu perlu dilakukan takaran yang tepat sebelum melakukan pemberian pakan ikan koi agar dapat mengurangi tingkat keruh air kolam.

Selain takaran yang tepat, kami juga menyarankan pada anda untuk memberikan pakan ikan koi berupa kuning telur yang sudah dimasak atau direbus terlebih dulu.

Cacing Darah

Jika diatas tadi kami sudah menjelaskan bahwa cacing sutera merupakan salah satu makanan ikan koi terbaik, maka teman dari cacing sutera yaitu cacing darah juga tidak mau kalah.

cacing darah
Sumber Bebeja.com

Karena kandungan nutrisi tinggi didalam cacing darah, guna memenuhi kebutuhan nutrisi ikan koi berupa mineral, protein dan juga lemak.

Kutu Air

Penggunaan kutu air sebagai makanan ikan koi dipercaya mampu memberikan banyak nutrisi terutama pada benih koi.

kutu air
Makanan Ikan Koi / Kutu Air

Bentuk umum kutu air bertubuh bulat, bergaris tengah antara 0,9 sampai 1,8 mm dengan berwarna kemerahan.

Bayam dan Kangkung

Kita ketahui bayam dan kangkung termaksud dalam sayuran yang mengandung pigmen warna tinggi.

Makanan Ikan Koi / Bayam

Selain itu kedua sayuran ini juga mengandung serat tinggi, sehingga baik untuk menjaga saluran pencernaan ikan mas koi.

Sawi Putih

Umumnya sawi putih merupakan salah satu makanan ikan koi yang kaya akan serat, sehingga baik untuk menjaga saluran pencernaan koi.

sawi putih
Makanan Ikan Koi / Sawi Putih

Untuk memperoleh sawi putih pun cukup mudah, anda dapat memperolehnya di pasar pasar tradisional dengan harga yang terjangkau.

Dalam pemberian sawi sebagai makanan ikan koi, hal yang perlu anda perhatikan adalah kebersihan sawi putih dan melakukan pemberian pakan secara step by step agar koi dapat beradaptasi dengan pakan barunya.

Semangka

Selanjutnya adalah semangka, semangka mengandung nutrisi yang tinggi sehingga mampu merangsang pertumbuhan koi secara optimal.

semangka untuk ikan koi
Makanan Ikan Koi / Semangka

Dalam pemberian semangka sebagai salah satu makanan ikan koi cukup sulit, karena apa? tidak semua koi suka terhadap buah. Maka dari itu anda perlu melatih ikan koi terlebih dahulu, dengan step by step agar terbiasa mengkonsumsi semangka.

Cara Membuat Makanan Ikan Koi Sendiri

Untuk menghasilkan ikan koi berkualitas, baik dari segi ukuran ideal dan warnanya, diperlukan pengetahuan lebih mengenai cara perawatannya dan cara pembuatan pakan koi sendiri.

Dibawah ini akan kami jelaskan cara pembuatan makanan ikan koi sendiri, silahkan simak Step by Stepnya.

Bahan yang harus disiapkan :

  1. Udang kecil
  2. Telur
  3. Wortel
  4. Bawang putih
  5. Agar agar
  6. Dan vitamin C
  7. Air bersih

Alat yang perlu disiapkan :

  1. Blender atau alat giling
  2. Wadah berupa baskom atau ember kecil
  3. Pisau
  4. Dll

Step by Step pembuatan makanan Ikan koi :

  1. Setelah semua bahan dan alat siap, tahap pertama yang bisa anda lakukan adalah campur semua bahan baik itu telur, wortel, bawang putih, agar-agar, dan vitamin c kedalam satu wadah atau ember kecil.
  2. Lalu tambahkan dengan air bersih secukupnya dan masukan kedalam blender agar dapat tercampur secara rata serta halus.
  3. Buat aroma dari pelet ikan, yaitu dengan memasukkan pelet dalam air panas dan taburi dengan bubuk agar-agar.
  4. Campurkan kedua adonan dan dinginkan.
  5. Setelah dingin, potong kecil-kecil adonan sehingga berukuran kecil dan tampak menyerupai cacing alami. Hal ini untuk memudahkan dimakan ikan.
  6. Campurkan pakan alami buatan kita ini dengan pakan yang biasa kita berikan.

Jadwal Pemberian Makanan Ikan Koi

Dalan pemberian makanan ikan koi, hal yang perlu diperhatikan adalah tingkat suhu pada kolam. Semakin tinggi tingkat suhu didalam kolam, jumlah pemberian pakan semakin banyak begitu juga sebaliknya.

Untuk tingkat metabolisme tinggi pada ikan koi, biasanya ditandai dengan suhu mencapai 22 hingga 26 derajat Celcius.

Pemberian pakan sebaiknya dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali sehari, sebaliknya apabila suhu kolam hanya mencapai 18 sampai 22 derajat celcius sebaiknya jumlah pemberian pakan dilakukan sebanyak 1 sampai 2 kali saja.

Jenis jenis Ikan Koi

Sebenarnya terdapat banyak jenis ikan koi, disini kami hanya akan menjelaskan ikan koi yang cukup populer dengan keunikan warna dari masing masing koi.

Ikan Koi Tancho

Ikan Koi Tancho
Ikan Koi Tancho

Ciri khas dari ikan koi ini terletak pada perpaduan warnanya yang cukup unik, koi ini memiliki warna dasar putih dan dibagian atas kepalanya terdapat lingkaran warna merah.

Ikan Koi Shiro Utsuri

Ikan Koi Shiro Utsuri

Ikan Koi Shiro Utsuri

Beda halnya dengan koi tancho yang memiliki warna dasar putih, ikan koi shiro utsuri memiliki warna dasar hitam. Untuk melihat kualitas ikan ini anda melihat perpaduan warna dikepalanya yaitu hitam dan putih.

Ikan Koi Hi Utsuri

Ikan Koi Hi Utsuri

Ikan Koi Hi Utsuri

Sama dengan jenis koi diatas, koi hi utsuri memiliki warna hitam yang dipadukan dengan warna merah serta orange.

Ikan Koi Ki Utsuri

Ikan Koi Ki Utsuri

Ikan Koi Ki Utsuri

Jenis koi ini cukup langka sehingga sulit untuk mendapat koi ki utsuri, keunikan dari koi terletak pada kombinasi warna kuning dan hitam.

Sekian informasi dari kami mengenai Makanan Ikan Koi, semoga sedikit info ini dapat menjadi referensi yang tepat dan bermanfaat untuk kita semua.