Pakan Ikan Lele Agar Cepat Besar dan Cara Membuat Pakan Sendiri !!

budidaya lele
Pakan Ikan Lele

Pakan Ikan LeleSecara umum ikan lele termaksud dalam jenis ikan yang hidup di air tawar, ciri khusus ikan ini terletak pada kulit tubuhnya yang licin, memiliki bentuk kepala pipih memanjang dan memiliki kumis.

Tingkat kebutuhan ikan lele semakin meningkatkan, hal ini tidak terlepas dari kandungan gizi didalam ikan itu sendiri dan harga jual yang cukup terjangkau.

karena kebutuhan ikan lele selalu mengalami peningkatan, banyak sekali peternak ikan lele mengembangkan teknik ternak lele salah satunya adalah cara pemberian pakan berkualitas dan bermutu dengan biaya minim.

Kita ketahui ikan lele termaksud dalam jenis ikan yang rakus, sehingga memerlukan biaya tinggi dalam memulai ternak ikan lele. Maka dari itu kami menulis artikel ini guna membantu anda dalam memilih jenis Pakan Ikan Lele yang tetap dan dapat meminimalisir pengeluaran biaya pakan.

Syarat Pakan Ikan Lele

Dalam pemberian pakan ikan lele, tentu terdapat standar khusus agar menghasilkan ikan lele bermutu dengan bobot maksimal.

Nah dibawah ini akan jelaskan standar pakan ikan lele agar menghasilkan ikan bermutu dan bobot maksimal, diantaranya :

Sebaiknya dalam pemberian pakan ikan lele, pastikan kandungan didalam pakan baik itu protein, lemak dan karbohidrat cukup untuk menunjang pertumbuh ikan nantinya.

Standar kandugan didalam pakan ikan lele pokok adalah protein mencapai 4 sampai 16 persen, lemak dan karbohidrat mencapai 15 sampai 20 persen.

Pembelian pakan ikan lele pokok pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena setiap pakan lele atau pellet mengandung gizi yang berbeda beda. Maka dari itu belilah pakan lele secara cermat dan teliti.

Selain standar kandungan didalam pakan ikan lele, anda juga perlu memperhatikan takaran pemberian pakan. Saran dari kami lakukan pemberian pakan dengan takaran 3 sampai 6 persen dari berat atau bobot ikan lele.

Kita ambil contohnya jika lele memiliki bobot 50 gram, pemberian pakan ikan lele sebaiknya dengan takaran 1,5 persen.

Setelah ikan lele masuk tahap panen, lakukan pengurangan pakan sebanyak 3 persen dari bobot atau berat badan ikan tersebut.

Pakan Ikan Lele

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai pakan ikan lele, dari pakan pokok, pakan alternative, pakan alami dan cara pembuatan pakan ikan lele.

Pakan Ikan Lele Pokok

Secara umum pakan ikan lele pokok adalah pellet, jenis pakan ini dibuat secara khusus didalam sebuah pabrik yang memiliki standar mutu yang telat lulus uji coba oleh badan peternakan.

Komposisi pembuatan pellet meliputi tepung, bungkil kedelai, bungkil kelapa, mineral, dedak atau bekatul, minyak dan berbagai macam tambahan vitamin.

pellet ikan lele
Pellet Tenggelam

Di dunia ternak ikan lele terdapat dua jenis pellet yang sering digunakan yaitu pellet apung dan pellet tenggelam. Dari kedua jenis pellet tersebut memiliki sifat berbeda, namun dari segi konsumsi ikan lele menyukai kedua jenis pakan tersebut.

pellet apung
Pellet Apung

Saran dari kami mengenai pembelian pellet, cek tanggal kadaluarsanya dan beli pellet yang diproduksi oleh perusahaan terkenal agar terjamin mutu dan kualitasnya.

Untuk pemilihan pakan ikan lele yaitu pellet, dapat diperhatikan dari kandungan didalamnya. Sebelumnya kami sudah menjelaskan bahwa terdapat dua jenis pellet yaitu pellet apung dan tenggelaman.

Tingkat protein pada pellet apung dan tenggelam berbeda, karena pellet apung memiliki protein lebih tinggi dibandingkan pellet tenggelam. Hal ini lah yang menjadikan pellet apung lebih digemari oleh peternak ikan lele dibanding varietas pellet tenggelam.

Baca Juga :

Pakan Ikan Lele Alternative

Tujuan pemberian pakan ikan lele alternative adalah mengurangi pengeluaran biaya pakan, karena harga beli dari pakan ikan lele pokok atau pellet terbilang mahal.

Maka dari itu banyak peternak ikan lele memilih pakan alternaitve untuk meminimalisir pengeluaran biaya pakan.

Pakan Ikan Lele Alternative

Dilihat dari segi kualitasnya pakan ikan lele alternative tidak kalah jauh dengan pakan pokok, karena kandungan didalam pakan tesebut cukup untuk memebuhi kebutuhan ikan lele agar cepat besar.

Dibawah ini akan kami jelaskan apa saja pakan ikan lele alternative yang dapat anda pilih sebagai solusi pemberian pakan lele, guna mengurangi pengeluaran biaya.

Pakan Ikan Lele Menggunakan Manggot

Secara umum manggot dihasilakan dari telur serangga atau lalat, pemberian pakan altenative ikan lele adalah manggot. Kandungan protein manggot dapat mencapai 40 persen sehingga baik digunakan sebagai pakan alernative ikan lele.

manggot
Pakan Ikan Lele Berupa Manggot

Namun dalam pemilihan indukan manggot atau serangga tidak dapat dilakukan secara sembarangan, manggot berkualitas baik dihasilkan dari serangga Black Soldier Fly atau Hermetia Illucens.

Cara pengembaikan manggot cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan wadah yang sudah di isi dengan ampas tahu atau dedak. Setelah itu isi dengan air sedikit lalu tutup menggunakan daun pisang kering dan biarkan beberapa minggu.

Pemberian pakan manggot dipercaya mampu meningkatkan metabolisme pada ikan nila, sehingga baik untuk mencegah timbulnya penyakit yang diakibatkan oleh virus ataupun hama lainnya.

Pakan Ikan Lele Menggunakan Ikan Rucah

Selanjutnya adalah ikan rucah, kita ketahui ikan rucah merupakan jenis ikan kecil atau ikan teri yang mengandung protein serta lemak tinggi.

Peternak ikan lele lebih memilih ikan rucah sebagai pakan alternative ikan lele, karena dilihat dari segi harganya. Ikan rucah dapat diperoleh dengan harga lebih murah dibandingkan pakan ikan lele pokok atau Pellet.

ikan rucah
Pakan Ikan Lele Berupa Ikan Rucah

Namun tahukah anda bagaimana cara membuat pakan ikan lele menggunakan ikan rucah ? caranya cukup simple. Perhatikan step by step dibawah ini :

  • Tahap pertama tentunya, anda perlu menyiapkan ikan rucah
  • Lalu halus ikan rucah menggunakan blender atau alat penghalus lainnya
  • Setelah itu anda bisa menambahkan bekatul atau dedak dan juga dapat menambahkan jenis pakan ikan lele lainnya yang mengandung gizi tinggi.
  • Campur kembali semua bahan tersebut secara merata, bisa menggunakan blender atau alat sejenisnya.
  • Selesai, pakan ikan lele dari bahan ikan rucah siap.

Nah bagaimana mudah bukan ? silahkan dipraktekan sendiri dirumah anda masing masing! Intinya ikan rucah sangat recommed untuk dijadikan bahan pakan ikan lele alternative.

Pakan Ikan Lele Menggunakan Bekicot

Keunggulan dari pakan ikan lele menggunakan bekicot terletak pada kandungan gizi yang sangat lengkap sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ikan lele secara maksimal.

Selain itu dari segi harganya, bekicot dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Bahkan anda bisa memperolehnya secara gratis, apabila ingin mencarinya sendiri.

Pakan Ikan Lele Berupa Bekicot

Di dunia pertanian bekicot merupakan hama pengganggu terutama tanaman padi, nah disitu kesempatan anda semua untuk memperoleh bekicot dengan gratis. Anda tinggal mencarinya saja dipersawahan milik petani padi, tentunya dengan izin pemilik sawah terlebih dulu.

Dengan penggunaan bekicot sebagai pakan ikan lele alternative, tentu dapat mengurangi biaya pengeluaran pakan. Untuk masalah tingkat gizinya bekicot memiliki gizi yang sempurna sehingga mampu menunjang pertumbuhan ikan lele secara optimal.

Baca Juga :

Pakan Ikan Lele Menggunakan Cacing

Pemberian pakan alternative lainnya adalah cacing, kadar protein didalam tubuh cacing sangat tinggi bahkan dapat mengungguli jenis pakan alternative lainnya seperti manggot, ikan rucah dan bekicot.

Kandungan protein didalam cacing mencapai 76 persen sehingga baik digunakan sebagai pakan alternative ikan lele.

Dengan pemberian pakan ikan lele menggunakan cacing dipercaya mampu meningkatkan masa pertumbuhan ikan secara optimal, lalu mampu meningkatkan tingkat kekebalan tubuh lele secara dapat mengurangi biaya pengeluaran pakan.

cacing tanah
Pakan Ikan Lele Berupa Cacing

Pemilihan cacing untuk pakan ikan lele tidak dapat dilakukan cara sembarangan, karena terdapat banyak sekali spesies dari cacing. Untuk jenis cacing yang cocok digunakan sebagai pakan lele adalah cacing sutera karena memiliki tekstur lembut dan merupakan pakan alami dari lele.

Namun dari keunggulan cacing tersebut, tentu terdapat kelemahannya. Pemberian pakan alternaitve cacing mampu meningkatkan pengotoran air didalam kolam. Tetapi anda tidak perlu khawtatir, karena terdapat solusi dari masalah tersebut.

Solusinya adalah lakukan pembersihan cacing sutera terlebih dulu sebelum digunakan sebagai pakan lele, hal ini tidak hanya bertujuan untuk menjaga kebersihan kolam. Tetapi juga bertujuan untuk menghindari lele terkena bakteri patogen yang ada didalam cacing, karena dapat menghambat laju pertumbuhan ikan lele.

Pakan Ikan Lele Menggunakan Sayuran Atau Dedaunan

Selanjutnya dari pakan alternative adalah sayuran dan dedaunan, secara umum banyak sayuran yang dapat digunakan sebagai alternative pakan lele seperti bayam, kangkung dan sawi.

Dari ketiga jenis pakan tersebut mengandung gizi dan serat yang tinggi, sehingga baik untuk masa pertumbuhan dan menjaga saluran pencernaan ikan lele nantinya.

azzola
Pakan Ikan Lele Berupa Azzola

Selain itu anda juga bisa menggunakan tumbuh paku air atau Azzola, tumbuhan ini dipercaya mampu menjaga saluran irigasi dan mampu menjaga kelembaban tanah area kolam lele.

Pengunaan tumbuhan paku air atau Azzola sebagai pakan alternative lele dapat mengurangi biaya pengeluaran pakan, tanpa mengurangi protein yang diperoleh ikan lele. Kandungan protein didalam Azzola mencapai 25 sampai 35 persen, sehingga baik dalam menunjang pertumbuhan lele nantinya.

Pakan Lele Alternative Menggunakan Unggas

Didalam budidaya ayam potong ataupun ayam kampung dalam skala besar, tentu setiap harinya terdapat beberapa ekor ayam yang mati. Nah disini anda dapat meminta atau membeli ayam mati tersebut untuk digunakan sebagai pakan alternative ikan lele.

Tetapi ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memberikan pakan lele menggunakan ayam mati tersebut, karena ayam mati mengandung bakteri yang beresiko menular pada lele nantinya.

unggas
Pakan Lele Berupa Unggas

Maka dari itu perlu penanganan khusus agar bakteri didalam ayam mati, caranya dengan melakukan perebusan ayam terlebih dahulu dan bersihkan seluruh bagian ayam agar bakteri yang dikandung dapat hilang.

Setelah itu baru anda dapat memberikan ayam tersebut pada ikan lele, tidak perlu khawatir jika lele tidak mau memakan ayam tersebut karean sifat asli lele adalah karnivora.

Pada peternakan ayam setiap harinya biasanya ada aja ayam yang mati. Limbah ayam bisa Anda gunakan untuk memberi makan ikan lele, karena lele merupakan hewan karnivora.

Artikel terkait Panduan Cara Ternak Lele yang Baik Dan Benar Step by Step

Pakan Lele Alami

Nah setelah kami menjelaskan pakan alternative dari ikan lele, selanjutnya SawonBudidaya akan membahas mengenai pakan alami lele yang meliputi Plankton Nabati dan Plankton Hewani dibawah ini.

Plankton Nabati

Secara umum memiliki arti yaitu, tumbuhan yang hidup mengapung dengan ukuran yang sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Ternyatan plankton nabati merupakan pakan ikan lele alami, dibawah akan kami jelaskan jenis jenis plankton nabati tersebut.

Pakan Lele Berupa Plankton

Jenis jenis Plankton Nabati :

Diatomae

Ciri khas dari plankton ini terletak pada jumlah sel dan bentuknya, umumnya diatomae memiliki sel tunggal dengan bentuk fisik silinder dan lonjong.

Kandungan gizi pada plankton ini sangat tinggi, sehingga baik bila dikonsumsi ikan lele. Tingkat kandungannya meliputi protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral yang akan berguna untuk menunjang masa pertumbuhan ikan lele secara optimal.

Chlorella

Warna dari ganggang ini adalah hijau dan memiliki jumlah sel satu atau tunggal, jenis pakan ikan lele alami ini sangat baik diberikan pada benih lele.

Spirulina

Ciri khusus dari gangang satu ini terletak pada warna tubuhnya dan bentuknya, warnanya hijau kebiruan dengan bentuk spiral.

Tetraselmis

Jenis ganggang ini memiliki warna hijau pecat, hal ini diakibatkan oleh kandungan klorofil yang tinggi. selain itu gangang ini juga bisa melakukan proses fotosintesis atau pemasakan makanan.

Kandungan yang terdapat pada ganggang ini meliputi protein, karbohidat, lemak, vitamin dan mineral. Sehingga baik sebagai pakan alami lele dalam menunjang pertumbuh benih lele secara maksimal.

Baca Juga :

Plankton Hewani

Sama halnya dengan plankton nabati, plankton hewani juga termaksud dalam pakan ikan lele alami. Beda terletak pada jenisnya jika nabati adalah tumbuhan maka hewani adaalah hewan.

Pakan Lele Berupa Plankton

Jenis jenis plankton hewani:

Brachionus sp

Tingkat kandungan proteinnya sangat tinggi mencapai 57 persen sehingga baik dalam menunjang pertumbuh benih ikan lele nantinya.

Pemberian pakan alami sebaiknya diberi pada benih lele yang sudah berumur kurang dari tujuh hari, untuk hasil ternak optimal.

Infusoria

Plankton ini memiliki ciri khusus yaitu, warnanya putih layaknya susu. Ukuran plankton ini sangat kecil hanya mencapai 1 sampai 11/2 cm.

Cara Pembuatan Pakan Lele

Nah terakhir kami akan menjelaskan cara pembuatan pakan ikan lele buatan,  dengan penggunaan beberapa bahan diantaranya tepung ikan, bungkil kacang kedelai, tepung terigu dan lain lainya yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Pembuatan pakan ikan lele buatan dilakukan dengan tujuan agar biaya pembelian pakan seperti pellet dapat diminimalisir secara optimal.

Dengan membuat pakan ikan lele sendiri, anda tidak perlu khawatir dengan kualitas dan mutu pakan yang akan diberikan pada ternak lele karena komposisi pembuatannya anda sendiri memilihnya, sehingga tahu kualitas dan mutunya.

Sebelum melakukan pembuatan pakan ikan lele, ada beberapa bahan yang perlu anda siapkan diantaranya :

  • Tepung Ikan sebanyak 27 persen
  • Bungkil Kacang Kedelai sebanyak 20 persen
  • Tepung terigu sebanyak 20,5 persen
  • Bungkil Kacang Tanah sebanyak 19 persen
  • Bungkil Kacang Hijau sebanyak 9 persen
  • Tepung Darah sebanyak 5 persen
  • Bekatul atau Dedak sebanyak 9 persen
  • Vitamin 1 persen
  • Dan mineral sebanyak ½ persen.

Cara Pembuatan Pakan Lele Sendiri

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghaluskan semua bahan yang sudah disiapkan tadi, lalu adu secara merata
  • Beri air secukupnya agar pakan dapat dicetak dengan mudah
  • Setelah itu lakukan pencetakan, bisa menggunakan alat cetak ataupun menggunakan tangan secara manual
  • Jemur dibawah sinar matahari secara langsung, pastikan pakan mengalami penguapan air sebanyak 10 persen lalu pindahkan ketempat dingin.
  • Terakhir beri minyak pada pakan yang sudah kering, hal ini bertujuan agar pakan mengandung lemak agar mampu menunjang pembesaran tubuh ikan lele seacra optimal.

Cara Pemberian Pakan

Pemberian pakan buatan ini hanya dibolehkan pada ikan lele yang sudah berumur 6 minggu, tingkat pemberian pakan dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari.

Saran dari kami saat melakukan pemberian pakan jangan dilakukan pada hujan, karena tingkat nafsu makan lele akan berukur diwaktu hujan.

Sekian informasi dari kami mengenai Pakan Ikan Lele, dari pakan pokok, pakan alternative, pakan alami dan cara pembuatannya. Semoga sedikit informasi ini dapat membantu anda semua terima kasih!

1 Trackback / Pingback

  1. Tips Perawatan dan makanan Ikan gabus Mengandung Gizi Tinggi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*