Ciri ciri Pohon Jambu Beserta Jenis dan Manfaatnya Lengkap!

Ciri ciri Pohon Jambu – Pohon Jambu berasal dari negara Brazil, lalu mengalami persebaran hingga Indonesia. Secara umum terdapat dua keluarga jambu yaitu jambu air dan jambu biji , dari kedua keluarga jambu tersebut menghasil varietas berbeda beda.

Warna buah jambu air ada yang hijau dan merah mengkilat, sedangkan jambu biji lebih dominan hijau dan kuning mengkilat. Kedua keluarga jambu tersebut dapat dibedakan dari bentuk buah dan jumlah bijinya.

Kalau jambu air hanya memiliki biji 3 sampai 5 buah biji didalam buahnya, sedangkan jambu biji memiliki jumlah biji sangat banyak. namun dari segi rasanya kedua jambu tersebut memiliki rasa yang enak dengan ciri khas masing masing.

Nah dibawah ini akan kami jelaskan lebih detail mengenai Ciri ciri Pohon Jambu, Jenis jenis Pohon Jambu dan Manfaat Pohon Jambu.

Ciri ciri Pohon Jambu

Untuk memngetahui Ciri ciri Pohon Jambu terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan buah jambu.

Dibawah ini akan kami jelaskan apa saja ciri ciri pohon jambu, semoga dapat menambah pengetahuan anda mengenai tanaman jambi. Langsung saja simak dibawah ini!

Ciri ciri Pohon Jambu : Bentuk dan Fungsi Akar

Pohon jambu memiliki akar tunggang dengan bentuk mengerucut, akar tumbuh kedalam tanah menuju inti bumi demi mencari ketersediaan air dan unsur hara.

Akar tungang pada jambu tumbuh secara vertikal dan horizontal, sehingga memiliki kekuatan yang kokoh dalam menompang pohon jambu agar tetap tegak.

Warna dari akar jambu adalah putih kekuningan dengan panjang beragam, tergantung dari jenis atau varietas jambu.

Loading...

Ciri ciri Pohon Jambu : Bentuk dan Fungsi Batang

Untuk memperhatikan ciri ciri pohon jambu dapat kita perhatikan dari bentuk dan fungsi batangnya, secara umum batang jambu memliki bentuk mirip dengan akarnya yaitu mengerucut.

Bagian dasar batang memiliki diameter besar, lalu dibagian ujung batang diameternya semakin mengecil maka dari itu bentuk batangnya disebut mengerucut.

batang jambu biji
Ciri ciri Pohon Jambu Bagian Batang

Untuk warna batangnya sendiri beragama, terdapat beberapa varietas jambu memiliki warna batang coklat muda dengan kulit luar halus jika diraba.

Ada juga batang jambu yang memiliki warna coklat kehitaman, dengan tekstur kulit batang kasar jika diraba.

Batang pada pohon jambu mengandung serat kayu tinggi, sehingga batang jambu kuat untuk menompang pohon jambu agar tetap berdiri kokoh meskipun batang dipanjat orang dengan beban ber KG KG.

Ciri ciri Pohon Jambu : Bentuk dan Fungsi Daun

Selanjutnya adalah bentuk dan fungsi daun jambu, umumnya daun jambu memiliki bentuk daun oval dengan bagian ujung runcing.

daun jambu biji
Ciri ciri Pohon Jambu Bagian Daun

Untuk warna daun jambu hijau muda yang diakibatkan oleh kadungan klorofil didalamnya. Jika diperhatikan dari fungsinya, daun berperan penting dalam menunjang pertumbahan pohon jambu kenapa?

Karena daun merupakan tempat terjadinya fotosintesis, sebagai alat pernafasan tanaman karena terdapat stomata dan sebagai tempat terjadinya penguapan air.

Ciri ciri Pohon Jambu : Bentuk dan Fungsi Bunga

untuk melihat ciri ciri pohon jambu kita dapat memperhatikan bentuk dan fungsi bunganya, secara umum bunga pada jambu memiliki bentuk mirip dengan kupu kupu dengan bulu bulu halus diatasnya.

bunga jambu biji
Ciri ciri Pohon Jambu Bagian Bunga

Warna bunganya sendiri beragama, ada bunga jambu memiliki warna putih kekuningan, putih polos dan merah jambu. Hal ini dipengaruhi oleh jenis atau varietas jambu itu sendiri.

Bunga pada jambu berfungsi sebagai alat reproduksi, dengan melakukan penyerbukan yang dibantu oleh serangga dan angin. Bagian utama dari bunga jambu agar dapat menghasilkan buah adalah proses penyerbukan dari serbuk sari atau alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betina.

Ciri ciri Pohon Jambu : Bentuk dan Fungsi Buah

Umumnya buah jambi memiliki bentuk beragam, ada yang berbentuk bulat dan oval. Warna kulit buahnya pun beragam ada yang berwarna merah, hijau muda bahkan hijau tua.

buah jambu biji
Ciri ciri Pohon Jambu Bagian Buah

Kulit buah jambu sangat tipis sehingga dapat dikonsumsi beserta daging buahnya, sementara itu daging buah jambi tebal dengan warna putih dan merah.

Tekstur buah sedikit keras, namun bagi buah jambu yang sudah masak akan memiliki tekstur buah lunak.

buah jambu biji
Ciri ciri Pohon Jambu Bagian Buah 

Buah jambu sendiri dipercaya memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, hal ini tidak terlepas dari kandungan buah jambu tersebut.

Baca Juga :

Jenis jenis Pohon Jambu

Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis jambu yaitu jambu air dan jambu biji, dari kedua jenis jambu tersebut masih ada lagi pembagian kecil lagi.

Nah dibawah ini akan jelaskan jenis jenis jambu air dan jambu biji, silahkan anda perhatikan penjelasan kami ini!

Jambu Air Madu

Buah jambu air madu memiliki ciri khusus yang dapat diperhatikan, yaitu warna kulit buahnya yang merah cerah dan hanya berbuah setahun sekali.

jambu air madu
Ciri Pohon Jambu Air Madu

Para petani yang membudidayakan jambu air madu ini hanya menggunakan pot sebagai tempat budidayanya. Menurut mereka hasil yang diperoleh lebih maksimal karena proses pengontrolan lebih mudah dan tidak memakan biaya yang besar.

Jambu Air Citra

Ciri khusus dari jambu air citra terletak pada ukuran buahnya yang lebih besar dari jenis jambu lainnya. Selain itu jambu ini memiliki rasa yang sangat manis dan sangat mudah dibudidayakan.

Jambu Air citra
Ciri ciri Pohon Jambu Air Citra

Tingkat produktif jambu air citra pun cukup tinggi, jika jambu air madu hanya dapat berbuah setahun sekali beda halnya dengan jambu ini yang mampu berbuah 3 kali setahun.

Jambu Air Merah Delima

Secara fisik jambu air merah delima hampir mirip dengan jambu lainnya, namun yang membedakan jambu ini dengan jenis lainnya adalah tekstur buahnya sedikit lebih keras tetapi tetap manis.

Ciri ciri Pohon Jambu Air Merah Delima

Jambu air merah delima berasal dari kabupaten Demak, Jawa Tengah karena perkembagan zaman dan teknologi sehingga dapat menyebar keseluruh daerah di Indonesia.

Jambu Bol

jambu bol
Ciri ciri Jambu Bol

Terdapat beberapa jenis jambu bol diantaranya jambu bol afrika, bol harman, bol jamaika. Warna kulit jambu ini akan merah cerah apabila sudah matang, namun jika belum akan berwarna hijau muda.

Jambu Biji Kristal

Jambu Biji Kristal
Ciri ciri Pohon Jambu Biji Kristal

Jenis jambu biji satu ini memiliki ciri khas dari ukuran buahnya yang sangat besar dan daging buah yang tebal. Bukan hanya bentuknya saja rasa buah jambi ini sendiri manis sehingga banyak pecinta jambu memilih jenis jambu biji kristal.

Jambu Biji Sukun

Jambu Biji Sukun
Ciri ciri Pohon Jambu Jambu Biji Sukun

Dilihat dari segi fisiknya, jambu ini memiliki bentuk mirip dengan jambu biji kristal. Perbedaannya hanya terletak pada kulit luar jambu biji sukun lebih halus dibandingkan varietas jambu biji diatas dan untuk segi ketebalan daging, jambu biji ini masih kalah dengan jambu kristal.

Jambu Biji Susu

Jambu Biji Susu
Ciri ciri Pohon Jambu Biji Susu

Hal yang unik dari jenis jambu ini adalah cara mengkonsumsinya, jika jenis jambu biji lainya harus memisahkan antara biji dan daging dulu baru bisa dikonsumsi. Beda halnya dengan jenis jambu biji susu karena anda bisa langsung mengkonsumsinya bersama bijinya dan rasanya pun tidak kalah dengan jambu biji lainnya.

Baca Juga :

Manfaat Pohon Jambu

Selanjutnya kami akan menjelaskan apa saja manfaat dari tanaman jambu dan kandungan yang terdapat didalam jambu. Silahkan simak penjelasan kami dibawah ini!

Jambu Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Buah jambu mengandung antioksidan dan vitamin tinggi, kita ketahui antioksidan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas sehingga dengan mengkonsumsi jambu secara rutin anda dapat menjaga kesehatan jantung yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Kandungan lain didalam buah jambu adalah kalium dan serat, dengan mengonsumsi buah jambu yang kaya akan kalium dan serat dapat menjaga kesehatan jantung.

Kalium sendiri berfungsi sebagai cairan tubuh dalam mengontrol tekanan darah. Sedangkan, serat dapat mengikat kolesterol yang dapat membahayakan kesehatan jantung.

Jambu Mampu Mencegah Timbulnya Kanker

Selain kandungan diatas, jambu juga mengandung likopen tinggi yang mempunyai sifat antioksidan, sehingga dapat memberikan efek antikanker.

Jambu Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kita ketahui vitamin C berfungsi sebagai peningkat sistem kekebalan didalam tubuh.nah ternyata dengan mengkonsumsi jambu anda dapat memperoleh Vitamin C tinggi, bahkan mengalahkan kandungan Vitamin C pada buah jeruk

Jambu Mampu menurunkan Glukosa atau Gula Didalam Tubuh

Bagi anda yang menderita penyakit diabetes, ada kabar gembira nih! Ternyata dengan mengonsumsi daun jauh atau teh daun jambu dipercaya mampu menurukan kadar gula didalam tubuh sebanyak 10 persen dalam waktu 2 jam.

Jambu Mampu Melancarkan Sistem Pencernaan Didalam Tubuh

Kandungan lain didalam buah jambu adalah serat, para ahli mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi buah jambu sehari anda akan memperoleh serat sebanyak 12 persen.

Sehingga akan berguna sekali dalam menjaga kesehatan pencernaan anda, terdapat beberapa masalah yang bisa terjadi pada saluran pencernaan anda diantaranya sembelit dan diare.

Nah dengan mengkonsumsi buah jambu secara rutin masalah seperti sembelit dan diare dapat diatasi dengan mudah loh.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Pohon Jambu, Jenis jenis Pohon Jambu dan Manfaat Pohon Jambu. Semoga sedikit informasi ini dapat membantu anda dalam memahami pohon jambu, terima kasih!