Jenis Makanan Ayam Kalkun Berkualitas dan Jenis Ayam Kalkun!

Makanan Ayam Kalkun

Makanan Ayam Kalkun – Jumpa lagi bersama SawonBuddidaya, kali ini kami akan membahas pakan ayam kalkun dan jenis jenis ayam kalkun.

Ayam kalkun memiliki postur tubuh besar dibanding ayam biasa, warna bulunya pun unik ada yang berwarna merah, putih, coklat dan hitam. Di Indonesia sendiri terdapat tujuh jenis ayam kalkun yaitu yaitu kalkun bronze, kalkun royal palm, kalkun bourbon red, kalkun self buff, kalkun putih, kalkun golden palm dan kalkun black spanish.

Dari ketujuh jenis ayam kalkun tersebut masing masing memiliki ciri khas tersendiri, biasanya terletak pada warna bulunya. Ayam kalkun sendiri berasal dari Benua Eropa.

Budidaya kalkun dapat menjadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan, hal ini tidak terlepas dari kebutuhan pasar akan ayam kalkun semakin meningkat.

Semakin tinggi dan banyaknya peternak ayam kalkun, mengakibatkan harga makanan ayam kalkun semakin meningkat. Sehingga banyak sekali peternak awam yang mengeluh mengenai biaya pakan yang dikeluarkan.

Nah disini SawonBudidaya akan membantu peternak awan ayam kalkun untuk meminimalisir pengeluaran biaya makanan ayam kalkun. Silah simak beberapa penjelasakan mengenai bahan pakan kalkun dibawah ini !

Makanan Ayam Kalkun

Dalam melakukan ternak ayam kalkun, tentu terdapat beberapa jenis pakan yang dipercaya mampu meningkatkan kualitas dan bobot ayam kalkun. Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa makanan ayam kalkun yang baik dan tepat!

Voer atau BR

Jenis makanan ayam kalkun pertama adalah Voer atau BR, pakan ini mengandung protein dan karbohidrat tinggi sehingga mampu meningkatkan berat badan atau bobot ayam kalkun nantinya.

Makanan Ayam Kalkun Voer dan BR

Terdapat beberapa kode voer yang berfungsi sebagai tanda, contoh voer dengan kode 591 diberikan pada ayam kalkun yang berusia 0 sampai 2 bulan, kode voer 592 diberikan pada kalkun yang berusia 2 sampai 4 bulan dan kode voer 593 diberikan pada ayam kalkun yang berusia 4 sampai 6 bulan.

Namun pemberian pakan Voer atau BR masih jarang digunakan oleh para peternak, hal ini karena harga belinya yang masih mahal.

Bekatul

Salah satu jenis makanan ayam kalkun ini biasanya digunakan sebagai bahan campuran, untuk segi harganya bekatul atau dedak dijual jauh lebih murah dibandingkan Voer atau BR.

Bekatul ayam kalkun
Makanan Ayam Kalkun Bekatul

Dalam pemilihan bekatul atau dedak, sebaiknya anda membeli bekatul atau dedak dengan tekstur halus hal ini karena ayam kalkun lebih menyukainya sehingga mampu meningkatkan nafsu makan kalkun nantinya.

Jika anda membeli bekatul atau dedak dengan tekstur kasar akan beresiko menurunkan nafsu makan kalkun nantinya, karena bekatul kasar mengadung kulit padi lebih banyak.

Nasi Aking

Secara umum nasi aking merupakan nasi yang sudah tidak terpakai lalu melewati masa penjemuran sehingga kering. Cara pengolahan nasi akingpn cukup mudah, anda hanya perlu mnyiapkan air panas lalu rendam nasi aking sampai mengembang.

nasi aking
Makanan Ayam Kalkun Nasi Aking

Kandungan didalam nasi aking cukup baik untuk menunjang masa pertumbuhan ayam kalkun, nasi aking mengandung karbohidrat tinggi sebagai mana layaknya nasi biasa.

Selain memberikan nasi aking anda dapat melakukan kombinasi dengan bekatul atau Voer, agar kalkun memperoleh kandungan gizi tinggi.

Sayuran dan Dedaunan

Makanan ayam kalkun selanjutnya adalah sayuran atau dedaunan, sayuran dan dedaunan mengandung banyak serat dan vitamin. Sehingga kalkun akan memiliki saluran pencernaan yang sehat karena serat yang dikandung oleh sayuran dan dedaunan.

Makanan Ayam Kalkun Sayuran

Untuk meningkatkan kandungan gizi pada sayuran dan dedaunan anda dapat melakukan kombinasi dengan Voer dan Bekatul. Dengan kombinasi tersebut ayam kalkun akan memperoleh gizi semakin baik dan mampu meningkatkan kualitas ayam serta bobot ayam nantinya.

Tahu.

Untuk pemberian pakan tahu, anda tidak perlu khawatir soal harga ataupun tempat belinya. Karena tahu dapat diperoleh dengan harga yang cukup murah dan tempat pembeliannya juga cukup banyak seperti di pasar tradisional.

Makanan Ayam Kalkun Tahu

Kita ketahui pembuatan tahu berbahan kacang kedelai, kandungan kacang kedelai sendiri cukup banyak sehingga pemilihan makanan ayam kalkun berupa tahu dapat menjadi alternative terbaik untuk meningkatkan kualitas ayam kalkun yang anda budidayakan.

Cara Membuat Makanan Ayam Kalkun

Selanjutnya kami akan menjelaskan cara membuat makanan ayam kalkun dengan mengkombinasikan beberapa jenis pakan diatas. Silah simak penjelasan kami dibawah ini, yaitu :

Bahan :

Sebelum memulai menyiapakan makanan ayam kalkun, terdapat beberapa bahan yang perlu anda siapkan diantaranya :

  • Bekatul atau dedak sebanyak 60 persen.
  • Voer atau BR sebanyak 15 persen
  • Sayuran atau Dedaunan yang sudah dipotong potong kecil sebanyak 25 persen
  • Nasi aking seperlunya
  • Dan air panas.

Cara membuat makanan ayam kalkun

  • Pertama ambil semua bahan yang sudah anda siapkan tadi
  • Lalu masukan kedalam satu wadah yang cukup besar
  • Setelah itu masukan air panas
  • Dan aduk secara rata
  • Makanan ayam kalkun siap.

Jenis jenis Ayam Kalkun

Setelah membahas makanan ayam kalkun, kami juga akan memberikan informasi mengenai jenis jenis ayam kalkun.

Kalkun Bronze

Kalkun Bronze
Kalkun Bronze

Tingkat penggemar ayam kalkun jenis ini sangat banyak, hal ini disebabkan oleh harga jual ayam kalkun yang murah sehingga banyak konsumen lebih memilih kalkun bronze dibanding jenis kalkun lainnya.

White Hollad

White Hollad
White Hollad

Jika ayam kalkun bronze dimanfaat daging sebagai makanan, beda halnya dengan jenis kalkun white hollad.

Jenis kalkun ini memiliki bulu berwarna putih polos nan indah sehingga banyak pencinta kalkun menggunakannya sebagai ayam hias.

Untuk harga jualnya ayam kalkun White Hollad dipasarkan dengan harga lebih mahal dibanding kalkun Bronze atau pedaging.

Black Spanish

Selanjutnya adalah kalkun Black Spanish dengan warna bulu hitam polos nan menawan sehingga banyak pecinta kalkun menjadikan ayam ini sebagai hiasan dirumah.

Black Spanish
Black Spanish

Dilihat dari segi harganya, ayam kalkun ini dijuali sangat mahal dan kalkun dikategorikan sebagai ayam kalkun paling mahal dari pada jenis kalkun lainnya.

Bourbon Red

Jenis kalkun Bourbon Red memilki warna bulu coklat kemerah merahan yang dipadu dengan warna putih pada bagian sayapnya.

Bourbon Red
Bourbon Red

Kalkun ini merupakan hasil dari kawin silang antaranya ayam Bronze dan ayam kalkun White Hollad.

Sekian informasi dari kami mengenai Makanan Ayam Kalkun dan Jenis jenis Ayam Kalkun, semoga sedikit informasi ini dapat membantu anda semua.

Baca juga Kombinasi Makanan Ayam Aduan Terbaik Beserta Tips Perawatannya!!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*