Ciri ciri Pohon Kelapa, Syarat Tumbuh dan Jenis jenis Pohon Kelapa!

Ciri ciri Pohon kelapa

Ciri ciri Pohon Kelapa – Hai kembali lagi bersama SawonBudidaya, kali ini kami akan berbagi informasi mengenai ciri pohon kelapa, syarat tumbuh kelapa dan jenis jenis pohon kelapa.

Pohon kelapa sendiri termaksud dalam keluarga tunggal dari marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Hampir seluruh bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan, namun bagian yang disering digunakan adalah buahnya.

Buah kelapa sendiri memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh diantaranya diare, menurun panas, mengobati luka akibar terbakar, mengurangi rasa sakit pada penderita haid dan mampu meningkatkan gairah seksual.

Ciri ciri Pohon kelapa

Dibawah ini akan kami jelasakan ciri ciri pohon kelapa dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan buahnya.

Ciri ciri Pohon Kelapa : Bentuk dan Fungsi Akar

Untuk memperhatikan ciri ciri pohon kelapa kita dapat melihat bentuk dan fungsi akarnya, umumnya akar pada pohon kelapa adalah akar serabut.

Akar serabut pada pohon kelapa terdiri dari dua bagian, yaitu akar serabut primer yang tumbuh secara vertikal/tegak dan horizontal/datar dengan panjang akar mencapai delapan meter sampai 16 meter.

Ciri ciri Pohon Kelapa Bagian Akar

Sedangkan akar sekunder merupakan pertumbuhan lanjutan dari akar primer yang tumbuh kepermukaan tanah dan kedalam tanah, lalu akan ditumbuhin akar tersier.

Fungsi dari akar serabut adalah mencari ketersedian air dan unsur hara yang adalah didalam tanah serta dipermukaan tanah. Selain itu akar serabut juga berperan penting dalam menompang pohon kelapa agar mampu berdiri dengan kokoh dalam kondisi apapun.

Ciri ciri Pohon kelapa : Bentuk dan Fungsi Batang

Pohon kelapa termaksud dalam tanaman monokotil sehingga batangnya tidak bercabang, pusat pertumbuhan batang kelapa terletak pada pucuk yang ditutupi oleh tajuk daun.

Ciri ciri Pohon kelapa Bagian Batang

Pada batang pohon kelapa memiliki pangkal pelepah daun yang melekat kokoh dan sulit terlepas meskipun daun layu atau mati.

Secara umum batang pohon kelapa berperan penting dalam proses fotosintesi, sebagai tempat melekatnya pelepah daun dan sebagai penompang pohon kelapa.

Ciri ciri Pohon Kelapa : Bentuk dan Fungsi Daun

Ciri ciri Pohon kelapa Bagian Daun

Selanjutnya untuk memperhatikan ciri ciri pohon kelapa, anda dapat memperhatikan bentuk dan fungsi daunnya. Umumnya daun kelapa memiliki bentuk mirip dengan bulu ayam dan burung, pada bagian pelepah daun terdapat dua baris duri tajam dengan tekstur keras.

Daun pohon kelapa tersusun berbaris sampai ujung pelepah daun, pada setiap helai daun terdapa tulang atau lebih kita kenal sebagai lidi.

Ciri ciri Pohon Kelapa : Bentuk dan Fungsi Bunga

Pohon kelapa akan memiliki bunga setelah umur 3 tahun, bunga pohon kelapa memiliki dua jenis kelamin yaitu jantan dan betina.

Ciri ciri Pohon Kelapa Bagian Bunga

Untuk bunga jantan ciri fisiknya adalah lonjong dan memanjang, sedangkan bunga betina ciri fisiknya adalah bulat. Proses penyerbukan pohon kelapa terjadi secara menyilang.

Ciri ciri Pohon Kelapa : Bentuk dan Fungsi Buah

Dalam melihat ciri ciri pohon kelapa terakhir adalah melihat bentuk dan fungsi buahnya, pohon kelapa memiliki buah dengan kulit licin dan tekstur keras.

Ciri ciri Pohon Kelapa Bagian Buah

Warna buah dominan hijau cerah, namun terdapat juga buah kelapa yang berwarna orange. Jika buah sudah tua atau matang warna kulit luarnya akar memucat atau berubah coklat gelap dan akan rontok dengan sendiri dari tangkai buah.

Baca Juga :

Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa

Selanjutnya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan budidaya kelapa, diantaranya iklim, jenis tanah dan ketinggian lahan.

Iklim

Sebelum memulai budidaya pohon kelapa anda perlu memperhatikan tingkat curah hujan yang tepat, daerah yang tepat untuk budidaya pohon kelapa adalah daerah yang memiliki curah hujan antara 1.300 hingga 2.300 mm per tahun.

Tetapi daerah yang memiliki curah hujan mencapai 3.800 mm per tahun dapat ditoleransi, asalkan lahan budidaya pohon kelapa memiliki drainase yang lancar.

Selain serangga, ternyata angin memiliki peran penting dalam proses penyerbukan bunga dan intensitas matahari mencapai 120 jam per bulan yang berguna untuk proses fotosintesis.

Lalu pemilihan daerah yang memiliki suhu maksimal mencapai 20 sampai 27 derajat celcius, dan sebaiknya kelembaban daerah mencapai 70 sampai 80 persen.

Tanah

Pohon kelapa dapat tumbuh dengan subur apabila ditanam pada jenis tanah aluvial, vulkanis, laterit, berpasir, tanah liat, ataupun tanah berbatu, namun tanah yang paling baik untuk pertumbuhan kelapa adalah pada endapan aluvial.

Dengan kadar keasaman atau pH 5 sampai 8 pohon kelapa dapat tumbuh dengan subur, namun kadar keasaman maksimalnya mencapai 5.5 sampai 6,5.

Selain itu tingkat kemiringan lahan juga berpengaruh terhadap kesuburan pohon kelapa nantinya, sebaiknya anda memilih daerah yang memiliki tingkat kemiringan 0 sampai 3 persen.

Namun bagi anda yang membudidayakan kelapa pada tingkat kemiringan 3 sampai 50 persen, sebaiknya lakukan penanaman secara berteras. Hal ini bertujuan agar mengurangi resiko terjadinya erosi serta meningkatkan kesuburan tanah.

Elevasi lokasi

Pohon kelapa mampu tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki ketinggian mencapai o sampai 450 meter diatas permukaan laut. Namun untuk ketinggian 450 sampai 1000 meter diatas permukaan laut bisa dibudidayakan, tetapi masa pembentukan akan lebih lama.

Baca Juga :

Jenis jenis Pohon Kelapa

Terdapat beberapa jenis pohon kelapa di Indonesia, seperti kelapa genjah entok, kelapa pandan wangi, kelapa kopyor, kelapa wulung dan kelapa hijau. Dari kelima jenis kelapa tersebut, terdapat ciri ciri pohon kelapa yang menjadikan ciri khas masing masing kelapa.

Dibawah ini akan kami jelaskan ciri ciri pohon kelapa dari kelima jenis tersebut, silahkan simak!

Kelapa Genjah Entok

Jenis kelapa satu ini memiliki ciri khas batang yang pendek atau cebol tetapi sudah berbuah. Umumnya kelapa ini hanya mampu tumbuh setinggi 10 meter dan tumbuh dengan kokoh.

Pembentukan buah kelapa genjah entok dapat dinikmati seletah umur empat sampai lima tahun, ukuran buah yang dihasilkan lebih besar dari jenis pohon kelapa lainnya.

Ciri ciri pohon Kelapa Genjah Entok

Keunggulan lain kelapa ini bukan hanya terletak pada ukuran buahnya saja, daging buah yang dihasilkan tebal dengan warna putih cerah. Kulit luar buah berwarna hijau muda.ara

Air buah kelapa genjah entok dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit diantaranya diare, menurun panas, mengobati luka akibar terbakar, mengurangi rasa sakit pada penderita haid dan mampu meningkatkan gairah seksual.

Kelapa Pandan Wangi

Ciri khas dari kelapa ini terletak pada airnya yang memiliki rasa manis dan mengeluarkan aroma wangi mirip pandan.

Dilihat dari segi fisik pohonya, kelapa pandan wangi juga memiliki ukuran batang pendek sama halnya dengan kelapa genjah entok.

Kelapa Pandan Wangi
Ciri ciri Pohon Kelapa Pandan Wangi

Namun yang membedakan keduanya adalah kelapa pandan wangi hanya memiliki panjang batang mencapai dua meter saja sedangkan kelapa genjoh entok memiliki panjang batang enam meter.

Waktu pembentukan buahnya juga cukup cepat dibanding jenis kelapa lainnya, biasanya kelapa pandan wangi akan mulai berbuah setelah umur dua tahun.

Kelapa Kopyor

Untuk kelapa kopyor atau lebih kita kenal sebagai kelapa yang terkena penyakit gentika ini memiliki rasa yang manis dan dipercaya mampu memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.

Kelapa Kopyor
Ciri ciri Pohon Kelapa Kopyor

Ciri khas dari kelapa ini terletak pada air dan buahnya yang menyatu, jika pada kelapa lain air dan buahnya akan terpisah beda halnya dengan kelapa kopyor.

Kelapa Wulung

Dilihat dari luar kelapa wulung memiliki bentuk dan warna yang sama dengan kelapa pada umumnya. Namun setelah anda mengupas kulitnya akan terlihat ciri khas dari kelapa ini yang memiliki warna merah muda dan keungguan.

kelapa wulung
Ciri ciri Pohon kelapa Wulung

Kelapa wulung dijual dengan harga yang tinggi, biasanya satu butir kelapa dijual dengan harga 25 ribu rupiah. Hal ini tidak terlepas dari warna yang cantik dan menawan dari buah kelapanya.

Kelapa Hijau

kelapa hijau
Ciri ciri Pohon Kelapa Hijau

Jenis kelapa ini sangat digemari oleh masyarakat karena khasiatnya, kebanyak orang menggunakan kelapa hijau sebagai detok yang baik dikonsumsi untuk semua kalangan masyarakat.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Pohon Kelapa, Syarat tumbuh pohon kelapa dan Jenis jenis pohon kelapa. Semoga sedikit informasi ini dapat membantu anda semua, terima kasih!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*