Kombinasi Makanan Ayam Aduan Terbaik Beserta Tips Perawatannya!!

Makanan Ayam Aduan – kembali lagi bersama SawonBudidaya, kali ini kami akan berbagi informasi mengenai pakan ayam aduan atau bangkok.

Namun sebelum membahas pakan ayam aduan, kami akan membahas sejarah ditemukan ayam aduan atau bangkok. Berbagai sumber yang kami baca ternyata ayam aduan atau bangkok pertama kali ditemukan di Negara China pada tahun 1400 SM.

Ada juga berpendapat bahwa ayam aduan berasal dari Negara Thailand, cina hanya melakukan perkawinan silang antara Ayam dari Thailand dengan Ayam lokal China sehingga mampu menghasilkan ayam dengan pukulan keras.

Di Indonesia sendiri penggemar ayam aduan sanga banyak, karena memberikan sensasi bahagia bagi penggemar aduan.

Kurangnya pengetahuan dalam pemberian makanan ayam aduan berkualitas banyak sekali pencinta ayam aduan awam melakukan kesalahan, maka dari itu disini kami mencoba membantu anda semua sobat pecinta ayam.

Makanan Ayam Aduan Berdasar Jenis Makanannya

Dibawah ini akan jelaskan beberapa jenis makanan ayam aduan yang mampu meningkatkan kualitas fisik dan juga kualitas bertarungnya.

Makan Ayam Aduan : Jagung

Diperhatikan dari kadungan zat didalam jagung yang kaya akan vitamin C, Serat, Vitamin B, Beta Karoten, Zat Besi Magnesium, Fosfor, Omega 6 dan rendah lemak sehingga baik untuk masa pertumbuhan ayam aduan.

Makanan Ayam Aduan
Makanan Ayam Aduan

Secara fisik ayam aduan yang sering mengkonsumsi jagung memiliki beberapa ciri khusus, yaitu memiliki tubuh berotot kuat serta tangguh, warna kulit merah, kondisi fisik tidak mudah lelah, bulu sehat, lebih tahan dari serangan penyakit dan postur tubuh berotot ( tidak gemuk).

Selain itu jagung juga mengandung Kalsium atau Ca yang tinggi sehingga baik untuk menunjang masa pertumbuhan tulang.

Loading...

Secara umum jagung dikonsumsi oleh ayam aduan tipe pukul, hal ini disebabkan oleh kadungan Kalsium pada jagung mampu mempercepat pertumbuhan taji atau jalu.

Makanan Ayam Aduan : Gabah

Selain jagung, pemberian pakan gabah menjadi salah satu solusi terbaik dalam meningkatkan kualitas ayam aduan.

Untuk masalah pemenuhan karbohidrat gabah sendiri memiliki tingkat kandungan karbohodrat lebih tinggi dari jagung, sehingga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi ayam aduan.

Terdapat banyak manfaat yang diperoleh ayam aduan setelah mengkonsumsi gabah seperti mampu menjaga bobot ayam tetap stabil atau seimbang, mampu meningkatkan pertumbuhan otot, mampu meningkatkan kecepatan ayam dan sering jadikan sebagai kombinasi pakan.

Makanan Ayam Aduan

Selain memberikan manfaat dalam bertarung ternyata gabah juga memberikan manfaat lain seperti mempercantik atau menjaga kesehatan bulu ayam aduan.

Sebelum menjadikan gabah sebagai pakan ayam, anda perlu melakukan perendeman terlebih dulu dan membuang gabah yang mengapung, proses perendaman ini dilakukan selama satu malam.

Tips untuk memilih gabah berkualitas, pertama gabah yang berkualitas baik memiliki kondisi kering, dalam keadaan sehatan atau tidak termakan oleh rayap, tidak ditumbuhi jamur, gabah tidak kopong dan jika melakukan perendaman gabah akan tenggelaman.

Makanan Ayam Aduan : Beras Merah

Kita ketahui beras merah sering digunakan sebagai makanan orang yang menderita penyakit diabetes karena mengandung gula rendah.

Namun tahukah anda ternyata beras merah dapat dijadikan pakan ternak unggas berkualitas seperti ayam aduan, hal ini tidak terlepas dari manfaat beras merah yang mampu menjaga kesehatan ayam serta mampu meningkatkan daya tahan tubuh pada ayam aduan.

beras merah
Makanan Ayam Aduan

Terdapat beberapa kandungan didalam beras merah yaitu Vitamin B, Vitamin E, Fosfor, Selenium, thiamine, Niacin, Zat besi dan Magnesium.

Pemberian pakan beras merah dipercaya baik untuk ayam aduan tipe pukul taji atau jalu, karena mampu memberikan berbagai manfaat untuk ayam aduan diantaranya dapat menunjang pembentukan fisik ayam aduan, meningkatkan daya tahan tubuh ayam, mampu menunjang teknik bertarung ayam dan mampu menjaga kesehatan tulang pada ayam aduan.

Makanan Ayam Aduan Untuk Meningkatkan Stamina

Selain jenis makanan ayam aduan diatas terdapat beberapa jenis pakan tambahan yang dipercaya mampu meningkatkan stamina ayam saat bertarung.

Memberi Makan Ayam Aduan dengan Tahu

Pemberian pakan tambahan berupa tahu dipercaya mampu meningkatkan stamina saat pertarung, hal ini tidak terlepas dari kandingan tahu yang kaya akan protein sehingga mampu meningkatkan stamina dan tenaga ayam aduan nantinya.

tahu putih
Makanan Ayam Aduan

Cara pemberian tahu sebagai makanan ayam aduan tambahan adalah dengan memotong tahu sebesar jempol tangan atau selebar mulut ayam, lakukan pemberian pakan ini secara rutin agar ayam aduan anda memiliki tenaga ekstra dalam bertarung.

Memberi Makan Ayam Aduan dengan Pisang

Pisang buka hanya baik untuk saluran pencernaan dan meningkatkan stamina manusia aja loh, ternyat dengan memberikan pakan tambahan berupa pisang pada ayam aduan dapat memberikan berbagai manfaat seperti melancarkan pencernaan ayam dan meningkatkan stamina ayam saat berada di ring.

pisang
Makanan Ayam aduan

Cara pemberian pakan pisang tidak jauh berbeda, anda hanya perlu memotong pisang seukuran jempol atau selebar mulut ayam, lakukan pemberiaan pakan ini agar ayam dapat bertarung secara maksimal.

Makanan Ayam Aduan Berdasarkan Tipe Pertarung

Pemberian pakan yang tepat dapat membantu anda dalam meningkatkan kualitas ayam aduan, karena kebutuhan setiap ayam aduan memiliki kebutuhan yang berbeda seperti halnya dengan ayam aduan tipe pukul dan tipe taji atau jalu.

Ayam aduan tipe pukul

Untuk jenis ayam aduan tipe pukul sebaiknya lakukan pemberian pakan yang kaya akan karbohidrat seperti jagung, beras merah dan gabah.

Ketiga jenis makanan dipercaya mengandung karbohidrat yang tinggi dan rendah lemak, meskipun pemberian pakan dilakukan secara terus menuru postur ayam aduan tidak akan gemuk karena ketiga jenis pakan diatas mengandung rendah lemak dan gula.

ayam aduan tipe pukul
Makanan Ayam Aduan Tipe Pukul

Selain pemberian makanan ayam aduan diatas pelatihan fisik tambahan juga diperlukan seperti penjemuran ayam yang dilakukan pada pagi hari dari jm 7 pagi sampai 9, hal ini bertujuan untuk melatih pernasafan ayam agar tetap stabil diatas arena aduan.

Lalu untuk menghasilkan ayam aduan berkualitas anda juga perlu melakukan pelatihan fisik lainnya, seperti mengandu ayam paling tidak 3 minggu sekali hal ini bertujuan agar ayam aduan terbiasa dengan pertarungan dan memiliki fisik kuat serta mental baja.

Ayam aduan tipe jalu atau taji

Sama halnya dengan ayam aduan tipe pukul, ayam aduan tipe jalu juga memerlukan pakan yang kaya akan karbohidrat dan tinggi protein.

ayam aduan tipe jalu atau taji
Makanan Ayam Aduan Tipe Jalu Atau Taji

Karena apa? dengan asupan makanan yang tinggi karbohidrat mampu menghasil ayam yang memiliki tenaga serta otot tangguh dan untuk pemberian pakan tinggi protein bertujuan agar merangsang masa pertumbuh taji atau jalu ayam aduan nantinya.

Untuk pelatihan tambahannya anda dapat melakukan hal yang sama seperti ayam aduan tipe pukul diatas.

Makanan Ayam Aduan Berdasarkan Umurnya

Dosis pemberian pakan ayam aduan dibedakan berdasarkan umurnya, karena untuk ayam aduan atau bangkok dengan umur dua hari sampai dua minggu lebih baik diberi makanan dengan tekstur lembut dan kaya akan protein serta lemak beda halnya dengan ayam aduan yang berumur diatas dua minggu. Dibawah ini akan kami jelaskan makanan ayam aduan atau bangkok berdasarkan umurnya.

Makanan ayam aduan umur 2 hari sampai 2 minggu

Dilihat dari umurnya saja kita bisa memastikan bahwa ayam aduan umur 2 hari masih dalam belajar untuk makan, sehingga dalam pemberian pakannya anda memilih jenis pakan bertekstur lembut serta kaya akan protein dan lemak.

Makanan Ayam Aduan 2 minggu -1 bulan

Untuk ayam aduan yang sudah berumur lebih dari dua minggu tentu sudah ahli dalam mematuk dan sering mencari makan disekitar area kandang. Dalam pemberian pakan sebaiknya anda memiliki makanan ayam yang kaya akan protein mencapai 20 persen, rendah lemak mencapai 3 persen dan serat mencapai 6 persen.

Makanan Ayam Aduan  1-3 Bulan

Pada ayam aduan berumur diatas 1 bulan pemberian pakan hampir sama dengan ayam umur 1 bulan, intinya jenis makanan yang kaya akan Protein, Kalsium, Zat Besi, Serat dan Rendah lemak. Selain pemberian pakan tersebut anda perlu melakukan pelepasan ayam maksimal dua jam saja, jika terlalu lama akan beresiko pada kesehatan ayam aduan nantinya.

Makanan Ayam Aduan 3-6 Bulan

Untuk ayam umur segini pemberian pakan utama tetap dilakukan, namun dengan tambahan berupa suplemen yang mengandung Vitamin B komplek dengan tujuan mampu menyuburkan pertumbuhan bulu dan menjaga kesehatan tulang ayam aduan.

Makanan Ayam Aduan 6 bulan Keatas

Pada usia ayam aduan segini pemberian pakan sebaiknya diganti menggunakan alternative lainnya seperti jagung, beras merah dan gabah. Ketiga jenis makanan ini dipercaya mampu meningkat kualitas ayam aduan dari segi fisik, cara bertarung dan stamina.

Perawatan Ayam Aduan

Selain pemberian makan ayam aduan yang tepat, perawatan atau pemeliharaan juga diperlukan demi meningkatkan kualitas ayam aduan baik dari segi fisik, cara bertarung dan staminanya. Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa cara perawatan ayam aduan berkualitas, yaitu :

Perawatan Ayam Aduan Tahap Awal

Waktu penetasan telur ayam aduan atau proses pengeraman telur hanya memakan waktu 21 hari hari saja, setelah hari ke 22 atau umur ayam aduan satu hari sebaik segera lakukan pemisahan dengan indukkannya lalu masukan kedalam wadah kotak atau kandang yang sudah dilberi penghangat.

Perawatan Ayam Aduan Usia 3 Bulan

Setelah ayam masuk umur tiga bulanan atau lebih, biasanya kandang tersebut akan sempit sebaiknya lakukan pemindahan kekandang dengan ukuran lebih besar.

Untuk pemberian pakannya sudah kami jelaskan diatas bahwa ayam aduan umur 3 bulanan sebaiknya diberi pakan yang mengandung karbohidratm Kalsium, Protein, Serat dan rendah lemak plus pemberian sumplemen Vitamin B kompleks.

Perawatan Ayam Aduan Usia 6 Bulan

Ketika ayam aduan sudah berusia 6 bulan, sebaiknya lakukan pemindahan kandang pribadi bertujuan agar ayam tidak bertarung dengan kawannya. Selain itu anda juga perlu melakukan pengumburan atau pelepasan bertujuan agar otot otot ayam aduan tidak kaku atau lentur dan agar masa pertumbuhan tulang maksimal.

Sekian informasi dari kami mengenai Makanan Ayam Aduan, semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi anda semua terima kasih!