Penjelasan Ciri ciri Pohon Cemara dan Jenis Pohon Cemara Lengkap!

Ciri ciri Pohon Cemara – Jumpa lagi bersama kami SawonBudidaya, kali ini kita akan membahas mengenai pohon cemara. Sebenarnya pohon cemara pertama kali dibudidayakan oleh orang Eropa dan digunakan  sebagai tanaman hias saja.

Namun karena perkembangan zaman banyak sekali petani Indonesia memulai budidaya pohon cemara sebagai tanaman hias dan obat herbal.

Dalam membudidayakan cemara terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan, seperti memilih elevasi lokasi yang tepat.

Pohon cemara dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki ketinggi sedang dan daerah yang lembab atau didaerah yang berada dekat dengan rawa rawa.

Jenis jenis Pohon Cemara

Dibawah ini kami akan menjelaskan beberapa jenis dari pohon cemara, dari pohon cemara kipas, cemara pensil, cemara norfolk, cemara udang dan cemara pua pua.

Cemara Kipas

Ciri ciri Pohon Cemara Kipas

Jenis pohon cemara kipas sering ditemui pada daerah yang lembab dan berada pada ketinggian 10 sampai 20 meter diatas permukaan laut.

Secara fisik cemara kipas memiliki bentuk daun kerucut pada bagian sampingnya, kulit daun terdapat sisik dan mirip dengan bentuk kipas.

Pengolahan lebih lanjut dari cemara kipas adalah bahan pembuatan pagar, tiang kayu dan sebagai bahan pembuatan perahu.

Namun dibeberapa negara yang maju cemara kipas lebih dominan digunakan sebagai tanaman hias karena memiliki bentuk daun yang unik.

Loading...

Cemara Pensil

Ciri ciri Pohon Cemara Pensil

Hal yang unik dari cemara pensil adalah sifatnya yang akan menunduk jika tertiup angin sehingga menghasilkan udara sepoi sepoi. Tanaman ini memiliki daun yang sengat lebat dengan warna hijau tua, batangnya mengeluarkan bau wangi.

Cemara Norfolk

Nama cemara norfolk diambil berdasarkan nama asal cemara ini ditemukan yaitu kepulauan Norfolk, bentuk fisik dari cemara ini adalah simentris yang mirip dengan jarum tumpul dan pada bagian atasnya memilkik garis berbentuk segitiga.

Ciri ciri Pohon Cemara Norfolk

Dalam membudidayakan cemara jenis ini anda dapat melakukannya dengan cara Vegetatif atau mencangkok. Jenis cemara norfolk sangat baik dibudidayakan pada daerah beriklim dingin, memiliki kelembaban tinggi dan intensitas sinar matahari tinggi.

Cemara Udang

Ciri ciri Pohon Cemara Udang

Untuk jenis cemara selanjutnya adalah cemara udang, secara umum cemara jenis ini memiliki daun dengan ujung lancip seperti jarum, batangnya besar, kulitnya hitam kasar.

Sebenarnya pohon cemara udang memiliki ukuran asli yang besar, namun kebanyak orang yang membudidayakan cemara ini membuat cemara ini berukuran kecil dan sering digunakan sebagai tanaman hias dalam pot.

Klasifikasi Pohon Cemara

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Pinopsida
SUB KELAS : Pinidae
ORDO : Pinales
FAMILI : Cupressaceae
GENUS : Platycladus Spach
SPESIES : Platycladus orientalis (L.) Franco

Baca Juga :

Ciri ciri Pohon Cemara

Selanjutnya kami akan menjelaskan Ciri ciri Pohon Cemara, dari bentuk dan fungsi batang, akar, daun, bunga dan buanya.

Ciri ciri Pohon Cemara : Bentuk dan Fungsi Akar

Untuk memperhatikan ciri ciri pohon cemara anda dapat melihat dari bentuk dan fungsi akarnya, secara umum tanaman cemara memilki akar tungggang berwarna putih kekuningan.

Setelah meilhat bentuk akarnya kita dapat mengambil kesimpulan bahwa pohon cemara merupakan tanaman dikotil atau biji berkeping dua.

Ciri ciri Pohon Cemara : Akar

Pohon cemara memiliki akar tunggang yang berfungsi dalam mencari ketersediaan air dan unsur hara didalam tanah, selain itu akar cemara juga memiliki peran penting dalam menompang pohon cemara agar mampu berdiri kokoh dalam kondisi lingkungan buruk sekalipun.

Ciri ciri Pohon Cemara : Bentuk dan Fungsi Batang

Secara umum batang pada pohon cemara memiliki ketinggian mencapai tiga sampai lima meter, namun tidak menutup kemungkinan terdapat pohon cemara yang memilki ketinggian lebih dari itu.

Jika kita perhatikan dari bentuk pohon cemara kipas yang sudah dijelaskan diatas, kita bisa tahu bahwa batangnya memiliki fisik tegak lurus dan bulat.

Ciri ciri Pohon Cemara : Batang

Batang cemara memiliki peran penting dalam menompang pohon cemara agar tetap berdiri kokoh sama halnya dengan akar, selain itu pohon cemara juga memiliki berperan dalam proses fotosintesis karena terdapat dua pembuluh yaitu xilem dan floem.

Xilem berfungsi sebagai pengangkut bahan fotosintesis yang sudah dikumpul akar untuk dibawa kedaun sedangkang floem berfungsi dalam mengantarkan hasil fotosintesis keseluruh organ pohon cemara.

Ciri ciri Pohon cemara : Bentuk dan Fungsi Daun

Untuk melihat ciri ciri pohon cemara selanjutnya kita dapat memperhatika bentuk dan fungsi daunnya, secara umum daun pada pohon cemara termaksud dalam daun majemuk atau daun yang tumbuh pada satu tangkai lebih dari satu helai daun dan berwaran hijau tua.

Terdapat beberapa bentuk daun pada pohon cemara, salah satunya adalah pohon cemara kipas yang memiliki bentuk daun layaknya kipas atau pohon natal.

Ciri ciri Pohon Cemara : Daun

Jika diperhatikan dari fungsinya daun pada pohon cemara memilki berbagai macam fungsi seperti sebagai tempat terjadinya fotosintesis, sebagai tempat pertukaran udara karena terdapat organ Stomata dan sebagai tempat penguapan air pohon cemara.

Ciri ciri Pohon Cemara : Bentuk dan Fungsi Bunga

Selanjutnya dalam memperhatikan ciri ciri pohon cemara kita dapat melihat bentuk dan fungsi bunganya,  secara umum bunga pada pohon cemara termaksud dalam bunga tunggal atau bunga yang hanya memiliki satu jenis kelamin dalam satu tangkai bunganya.

Ciri ciri Pohon Cemara
Ciri ciri Pohon Cemara : Bunga

Untuk bunga betinanya terletak pada dasar cabang sedangkan bunga jantannya terletak pada ujung cabang, sehingga dalam proses penyerbukan sangat dibutuhkan bantuan dari serangga.

Secara fisik bunga cemara memiliki bentuk mirip dengan lonceng untuk bunga berkelamin betina sedangkan bunga jatan mirip dengan cawan bercabang dua dan berwarna hijau tua.

Ciri ciri Pohon Cemara : Bentuk dan Fungsi Buah

Terakhir kita dapat memperhatikan ciri ciri pohon cemara dari bentuk buahnya, buah pada pohon cemara adalah buah kotak atau buah yang tumbuh kering dan hanya satu.

Ciri ciri Pohon Cemara : Buah

Bentunya bulat dan tekstur keras, memiliki diameter mencapai lima sampai delapan mm dan berwarna coklat tua namun tidak menutup kemungkinan terdapa ukuran buah lebih besar dari itu karena terdapat banyak jenis cemara di Indonesia.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Pohon Cemara, semoga sedikit informasi kami dapat bermanfaat dan membantu anda semua terima kasih!