Jenis dan Ciri ciri Pohon Jati Berserta Klasifikasinya

Ciri ciri Pohon Jati

Ciri ciri Pohon Jati – Jumpa lagi bersama SawonBudidaya, kali kami akan berbagi informasi mengenai ciri pohon jati, syarat tumbuh pohon jati, jenis pohon jati dan hama pengganggu pohon jati.

Pohon jati merupakan salah satu tanaman yang menghasilkan kualitas kayu berkualitas baik, namun untuk bisa merasakan hasil kayu jati diperlukan waktu yang cukup lama.

Hal ini karena jati adalah tanaman yang memilki masa pertumbuhan sangat lama atau lambat. Bukan hanya kayu jati saja yang sering dimanfaat untuk membuat beberapa perabotan atau kreasi lainnya ternyata daun jati dan bunga jati sering dimanfaat untuk keperluaan sehari hari serta obat herbal.

Daun jati sering digunakan sebagai tempat makanan contohnya seperti didaerah pulau jawa dan bunga jadi sering digunakan sebagai bahan obat herbal dari penyakit untuk mencegah penyakit diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh, mencegah terjadi penyakit diabetes dan mampu menyehatkan rambut.

Klasifikasi :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Lamiales
FAMILI : Lamiaceae
GENUS : Tectona L. f.
SPESIES : Tectona grandis L. f.

Ciri ciri Pohon Jati

Dibawah ini akan kami jelaskan Ciri ciri Pohon Jati dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun, bunga dan buah pada pohon jati.

Ciri ciri Pohon Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Akar

Jika kita perhatikan lebih dekat pohon jati memiliki dua jenis akar yaitu akar tunggang dan akar serabut.

Kedua jenis akar tersebut memiliki banyak perbedaan diantaranya akar tunggang tumbuh kebawah secara vertikal atau tegak lurus kebawah menuju inti bumi dan berfungsi sebagai penompang tanaman jati agar mampu berdiri kokoh dalam kondisi lingkungan buruk sekalipun.

Sedangkan akar serabut lebih banyak tumbuh secara horizontal atau mendatar dan secara garis besar berfungsi mencari unsur hara dan air yang berada area permukaan pohon jati.

Ciri ciri Pohon Jati : Akar Jati

Selanjutnya kami akan menjelaskan lebih detail mengenai perbedaan bentuk dan fungsi akar tunggang dan serabut pada pohon jati, yaitu :

Dilihat dari bentuknya akar tunggang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan akar serabut dan tumbuh lebih dalam menuju inti bumi beda halnya dengan akar serabut yang lebih dominan tumbuh dipemukaan tanah.

Secara umum tumbuhan yang memiliki akar tunggang termaksud dalam tanaman dikotil atau biji berkeping dua, akar tunggang sendiri dalam kondisi kokoh dan kuat sehingga mampu menompang tanaman jati sedangkan akar serabut tidak dan hanya berfungsi mencari ketersediaan air dan unsur hara.

Untuk lebih jelasnya akar tunggang juga berperan dalam mencari ketersediaan air dan unsur hara didalam tanah dan akar serabut juga berperan dalam menompang tanaman agar mampu berdiri dengan kokoh namun akar tunggang lebih dominan.

Ciri ciri Pohon Jati Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Batang

Ciri ciri pohon jati selanjutnya dapat kita perhatikan dari bentuk dan fungsi batangnya, secara umum bentuk dari batang pohon jati silinder dan memiliki warna kulit dari kuning sampai coklat kemerah merahan tergantung dari varietas jati yang dibudidayakan.

Pohon jati sendiri termaksud dalam tanaman yang memiliki batang yang panjang, ukuran batangnya dapat mencapai emat puluh lima meter dan diameter batang mencapai dua meter.

Ciri ciri Pohon Jati : Batang Jati

Jika kita lihat dari fungsinya batang jati berfungsi sebagai tempat pertumbuhan cabang dan rating yang  akan ditumbuhi daun, lalu batang jadi juga berperan penting dalam menompang pohon jati agar mampu berdiri dengan kokoh dalam kondisi lingkungan apapun.

Selain itu batang jati juga berperan penting dalam proses fotosintesis karena terdapat pembuluh xilem, floem dan kambium.

Xilem berfungsi sebagai pengakut unsur hara dan air yang diperoleh akar untuk diantarakan kedaun, floem sendiri berfungsi sebagai pengantar hasil fotosintesis dari daun untuk diantarakan keseluruh organ tubuh tumbuhan dan kambium berfungsi dalam pembentuk xilem dan floem.

Ciri ciri Pohon Jati Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Daun

Untuk mengetahui ciri ciri pohon jati selanjutnya anda dapat memperhatikan bentuk dan fungsi daun.

Umumnya bentuk daun pada poho jati adalah elips atau oval yang memiliki panjang antara tiga belas sampai tujuh lima cm dan lebar antara sepuluh sampai empat puluh cm tergantung dari jenis dan kesuburan pohon jati itu sendiri.

Bentuk daun bagian ujungnya tumbul sedangkan bentuk yang melingkungkupi batang utama atau tajuknya rimbun.

Ciri ciri Pohon Jati : Daun Jati

Dilihat dari fungsinya daun pada tanaman jati memiliki peran penting dalam proses fotosintesis, sebagai tempat pernafasan karena terdapat stomata dan berfungsi sebagai tempat penguapan air.

Ciri ciri Pohon Jati Berdasarkan Bentuk dan Fungsi Bunga

Berikutnya ciri ciri pohon jati dapat dilihat dari bentuk dan fungsinya, jika diperhatikan lebih dekat ternyata bunga pada pohon jati adalah bunga biseksual yang berarti jenis bunga sempurna atau bunga yang memilki dua jenis kelamin yaitu jantan dan betina dalam satu tandan.

Pohon jati memiliki bunga dalam ukuran kecil berkisar antara enam sampai delapan mm dengan waran putih atau krem tergantung varietas pohon jatinya.

Proses pembentukan bunga pada tanaman jati terjadi pada bulan Juni sampai Agustus setiap tahun terjadi secara berulang.

Ciri ciri Pohon Jati : Bunga Jati

Secara umum pohon jati berfungsi sebagai alat reproduksi, yang akan menghasilkan buah lalu berukuran lima sampai dua puluh mm.

Bunga pada pohon jadi tersusun oleh beberapa bagian diantaranya benang sari ( alat kelamin jantan), putik (alat kelamin betina), mahkota berfungsi untuk memikat serangga dan tangkai bunga sebagai tempat melekatnya mahkota, benang sari dan putik.

Selain berfungsi untuk pohon jati sendiri, ternyata bunga jati memiliki manfaat lain yang berguna untuk mencegah penyakit diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh, mencegah terjadi penyakit diabetes dan mampu menyehatkan rambut.

Ciri ciri Pohon Jati Berdasarkan Bentuk Buah

Ciri ciri Pohon Jati : Buah Jati

Ciri ciri pohon jati dapat dilihat dari bentuk buahnya, secara umum buah pada pohon jati memiliki ciri tekstur buah keras, terdapat kulit yang membungkus daging buah dengan ukuran mencapai lima sampai 20 mm tergantung varietas jati yang dibudidayakan.

Buah jati hanya diselimuti oleh kulit tipis, bagian tengah buah tebal dan bagian dalam buah keras yang terdiri dari empat ruang biji.

Artikel Terkait :

Jenis jenis Pohon Jati

Terdapat beberapa jenis pohon jati yang dapat dilihat dari kualitas kayu atau pohonnya sebagai berikut :

Jati Emas Plus

Ciri ciri Pohon Jati :  Jati Emas Plus

Untuk jenis pohon jati yang pertama adalah jati emas plus yang mampu menghasilakn kayu kuat dan kokoh selayaknya jati pada umumnya.

Namun untuk menghasilkan jati berkualitas harus dilakukan perawatan dan pemeliharaan secara maksimal seperti pembersihan gulma atau hama pengganggu yang sering menyerang akar, batang, daun, bunga dan biji.

Kelebihan dari jati jenis ini adalah mampu dengan mudah berdaptasi dengan lingkungan baru dan sangat baik dibudidayakan pada daerah dataran tinggi maupun dataran rendah.

Jati Jumbo

Ciri ciri Pohon Jati : Jati Jumbo

Nama jati jumbo diambil karena memiliki hasil daun dan batang dengan ukuran jumbo, untuk beberapa orang juga sering memanggil dengan nama jati solomon yang diambil dari nama asal jati ini yaitu negara Solomon.

Jati Plus Perhutani (JPP)

Ciri ciri Pohon Jati : Jati Plus Perhutani

Jenis jati ini ditemukan ada tahun 1976 yang dihasilkan dari proses penyeleksian 600 jati unggul di Indonesia.

Namun karena Jati plus perhitani ini memiliki kualitas yang lebih baik dari jati sehingga banyak petani yang lebih memilih membudidayakan jenis jati satu ini.

Keunggulan yang diperoleh dari jati ini adalah mampu tumbuh dengan cepat dibading jenis jati yang lain, lebih tahan dari serangan hama dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Jati Super Gama

Ciri ciri Pohon Jati : Jati Super Gama

Jenis jati ini ditemukan pada daerah Jawa khususnya Di Cepu, ciri khas dari jati ini adalah warnadaun hijau kemerahan namun dari segi perawatan dan proses pertumbuh hampir mirip dengan jati pada umumnya.

Proses pertumbuhan jati super gama berlangsung selama sebulan mampu menambah tinggi pohon sebanyak dua puluh cm.

Syarat Tumbuh Pohon Jati

Untuk menghasilkan jati dengan kualitas terbaik tentu terdapat beberapa hal perlu anda perhatikan.

Meskipun diatas tadi kami sudah menjelaskan bahwa ada beberapa jenis jati yang memiliki adaptasi lingkungan baik namun menurut kami syarat tumbuh pohon jati dibawah dapat menambah pengetahuan anda dalam memulai budidaya jati.

Secara umum Indonesia merupakan negara yang sangat cocok untuk budidaya jati karena memiliki iklim tropis, terdapat beberapa daerah di Indonesia yang cocok untuk budidaya jati diantara pulau Sumatera, Sulawesi selatan, Sulawesi tanggara, Jawa,NTB dan Maluku.

Dalam budidaya jati sebaik dilakukan pada daerah yang memiliki curah hujan antara 1500 sampai 2500 mm pertahun, mengalami bulan kering kurang lebih empat bulan dalam setahun, memiliki elevasi lahan 10 sampai 1000 meter diatas permukaan laut, terkena asupan sinar matahari sebanyak 75 sampai 100 persen perhari dan kadar keasaman tanah empat sampai delapan Ph.

Artikel Terkait :

Hama Pengganggu Pohon Jati

Selanjutnya kami juga akan menjelaskan beberapa hama pengganggu pohon jati dari hama ulat jati, hama uret, hama tungau merah dan lain lainnya.

Hama Ulat Jati

Jenis hama ini menyerang pohon jadi pada bulan november sampai januari dan biasanya ditandai dengan lubang lubang pada daunnya. Cara pengendalian dengan menyemprotkan insektisida agar tidak mengalami perkembangan hama yang cepat.

Hama Uret

Jenis hama ini menyerang pohon jadi pada bulan Februari sampai April dan sering menyerang pohon sawit terutama akarnya sehingga daun pohon jati akan mengalami kerusakan atau layu. Sama halnya dengan hama ulat jati penyemprotan insektisida merupakan salah satu cara pengendalian terbaik.

Hama Tungau Merah

Jenis hama ini menyerang pohon jadi pada bulan biasanya ditandai dengan warna daun pucat dan pertumbuhan pohon jati lambat. Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara penyemprotan akarisida.

Hama kutu putih

Jenis hama ini dapat menyerang jati disetiap waktu dan sering menyerang bagian pucuk daun. Gejalanya ujung daung akan keriting dan terdapat kutu putih yang bersarang diorgan yang diserang. Sama halnya dengan kutu putih dalam pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan penyemprotan akarisida.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Pohon Jati, syarat tumbuh pohon jati, jenis pohon jati dan hama pengganggu pohon jati. Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk kita semua, kami ucapkan terima kasih atas perhatiaan anda.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Jenis dan Ciri Pohon Bidara Berdasarkan Akar, Batang, daun dan Buah!
  2. Jenis dan Ciri ciri Pohon Cendana Berserta Manfaatnya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*