Penjelasan Ciri ciri Pohon Pepaya dan Manfaatnya Terlengkap

Ciri ciri Pohon Pepaya – Hai ketemu lagi bersama SawonBudidaya, kali ini kami akan berbagi informasi mengenai ciri ciri pohon pepaya, syarat tumbuh pepaya dan manfaat pepaya untuk kesehatan.

Umunya pepaya merupakan tanaman asli dari negara Meksiko yang merupakan bagian selatan dari Amerika Selatan, tanaman pepaya masuk dalam keluarga Genus Carirca.

Dalam mengonsumsi pepaya masyarakat lebih memilih bagian buah dan daunya karena dipercaya mampu menjaga kesehatan dan kecantikan didalam tubuh, karena terdapat beberapa kandungan dari pepaya yaitu energi sekitar 42,78 kalori, protein sekitar 470 mg dan zat besi sekitar 250 mcg.

Banyak sekali manfaat dan khasiat yang diperoleh tubuh setelah mengkonsumsi pepaya yaitu mencerahkan kulit, menjaga kelembaban kulit, mencegah timbulnya tanda penuan, menghilangkan jerawat dan menghilangkan keriput pada wajah.

Bukan hanya dari segi kecantikan ternyata pepaya juga memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya menjaga kesehatan mata dan melancarkan pencernaan.

Secara umum tanaman pepaya memiliki batang yang tidak bercabang dan panjang mencapai lima sampai 10 meter tergantung dari varietas pepaya yang dibudidaya. Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan kami jelaskan Ciri ciri Pohon pepaya, yaitu :

Ciri ciri Pohon Pepaya

Dibawah ini akan kami jelaskan ciri ciri pohon pepaya dari bentuk dan fungsi daun, batang, akar, bunga dan buahnya.

Ciri ciri Pohon Pepaya : Bentuk dan fungsi daun

Kita dapat memperhatikan ciri ciri pohon pepaya dari bentuk dan fungsi daunnya, secara umum daun pada pohon pepaya membentuk jari jari mirip dengan daun singkong.

Setiap jari daunnya memiliki penjang kurang lebih 35 cm, memiliki tangai daun berongga dengan panjang berkisar antara 70 sampai 80 cm tergantung dari varietas pepaya yang dibudidayakan.

Loading...

Untuk warna daun dan tangkaipun berbeda, umumnya daun pepaya berwarna hijau cerah dan tangkai berwaran merah hati namun tidak menutup kemungkinan terdapat warna berbeda.

Ciri ciri Pohon Pepaya

Daun pada pohon pepaya terdiri dari beberapa bagian yaitu tangkai daun dan daun, untuk satu tangkai biasanya terdapat 1 helai daun saja dan memiliki kurang lebih 5 jari yang bagian pinggirnya terdapat gerigi serta ujung daun lancip.

Jika diraba pemukaan daun pepaya halus dan lincin yang tersusun secara menyirip. Dilihat dari fungsinya daun pohon pepaya berfungsi sebagai tempat fotosintesis, alat pernafasan pepaya karena terdapat organ stomata dan sebagai tempat pengupan air.

Ciri ciri Pohon Pepaya : Bentuk dan fungsi batang

Ciri ciri pohon pepaya selanjutnya dapat diperhatikan dari bentuk dan fungsi batangnya, batang tanaman pepaya memiliki bentuk bulat dan tekstur kulitnya kasar.

Jika kita lihat lebih dekat kulit luar batang pepaya terdapat bekas patahan daun dan tumbuh tegak keatas mencapai lima sampai sembilan meter.

Didalam batangnya terdapat rongga mirip dengan rongga tangkai daunnya dan memiliki warna bantang krim.

Ciri ciri Pohon Pepaya

Terdapat beberapa fungsi dari batang pepaya yaitu sebagai penompang pohon pepaya agar berdiri kokoh, berperan penting dalam proses fotosintesis karena terdapat pembuluh xilem serta floem dan sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan pohon pepaya.

Kita akan membahas peran penting batang dalam proses fotosintesis, yaitu pembuluh xilem dan floem.

Fungsi dari pembuluh xilem adalah sebagai pengangkut air dan unsur hara yang diperoleh dari akar untuk diantarkan kedaun sebagai bahan proses fotosintesis dan

floem berfungsi sebagai pengantar hasil fotosintesis untuk diantarkan keseluruh organ pohon pepaya.

Ciri ciri Pohon Pepaya : Bentuk dan fungsi akar

Ciri ciri pohon pepaya berikut dapat diperhatikan dari bentuk dan fungsi akarnya, secara umum akar tanaman pepaya termkasud dalam jenis akar tunggang yang akan tumbuh terus menuju inti bumi dan akan membentuk cabang cabang baru didalamnya.

Bentuk akar pepaya bulat berukuran cukup besar dan memiliki fungsi sebagai penyerap air dan unsur hara didalam tanah dan sebagai penompang tanaman pepaya agar mampu berdiri kokoh.

Ciri ciri Pohon Pepaya

Ternyata selain memilki fungsi yang baik untuk tanaman pepaya, terdapat beberapa fungsi lain akar pepaya untuk kesehatan tubuh.

Secara umum akar pepaya memiliki manfaat seperti mencegah terkena batu ginjal, sebagai minuman segar dan dapat dijadikan sebagai obat herbal.

Ciri ciri Pohon Pepaya : Bentuk dan fungsi bunga

Pohon pepaya memiliki tiga jenis bunga yaitu bunga jantan, bunga betina dan bunga sempurna.

Artinya bunga jantan adalah jenis bunga yang memiliki benang sari sebagai alat kelaminnya, bunga betina adalah bunga yang memiliki putik sebagai alat kelaminnya sedangkan bunga sempurna adalah bunga yang memiliki dua alat kelamin dalam satu bunga.

Bunga pada pohon pepaya termkasud dalam bunga majemuk atau bunga yang disusun dari tangkai bunga, kelopak bunga, benang sari dan putik.

Ciri ciri Pohon Pepaya

Selain itu pohon pepaya juga memiliki kelopak bunga dengan lima kepala saling berdekatan dan terdapat mahkota yang berfungsi sebagai memikat serang agar membantu proses penyerbukan.

Lalu tanaman pepaya bisa dikatakan sebagai polygamous artinya, jenis tanaman yang memiliki bunga jantan, bunga betina dan bunga banci dalam satu pohon.

Ciri ciri Pohon Pepaya : Bentuk buah

Ciri ciri pohon pepaya terakhir dapat diperhatikan dari bentuk buah pepaya, secara umum buahnya pepaya termaksud dalam jenis buah tunggal atau jenis buah yang hanya tumbuh pada satu tangkai bunga.

Didalam buah pepaya terdapat biji dengan jumlah yang banyak berwarna hitam.

Ciri ciri Pohon Pepaya

Pepaya termaksud dalam jenis tanaman buni atau jenis tanaman yang memiliki dua lapisan yaitu lapisan luar yang mirip dengan kulit tipis dan lapisan dalam/ daging buah yang tebal serta memiliki tekstur lembut.

Umunya daging buah berwarna orange dan merah tergantung jenis pepayanya, didalam daging buah mengandung air yang tinggi.

Syarat Tumbuh Pepaya

Dalam budidaya pepaya tentu terdapat beberapa hal yang perlu diperhatika baik iklim, media tanam dan elevasi lokasi budidaya.

Berikut ini akan kami jelaskan syarat tumbuh pepaya dibawah ini yaitu :

Iklim yang cocok untuk budidaya pepaya

Proses budidaya pepaya sebaik dilakukan pada daerah yang tidak menghasilkan angin terlalu kencang, karena apa? Jika daerah yang anda pilih memiliki kondisi angin yang kencang akan beresiko pada proses penyerbukan bunga nantinya.

Lalu dalam pemilihan lokasi budidaya anda juga perlu memperhatikan tingkat curah hujan yang ideal, sebaiknya lokasi yang anda pilih memiliki tingkat curah hujan antara 1000 sampai 2000 m pertahun.

Selanjutnya adalah suhu udara dan kelembaban daerah, dalam budidaya pepaya demi menghasilkan buah kualitas terbaik sebaik melakukan budidaya pada suhu maksimal antara 22 sampai 26 derajat celcius dan kelembaban daerah sekitar 40 persen.

Media tanam yang cocok untuk budidaya pepaya

Jenis tanah yang cocok untuk budidaya pepaya adalah tanah yang subur serta banyak mengandung unsur hara yang diperlukan dalam proses fotosintesis.

Lalu anda juga perlu melakukan pengecekkan tingkat keasaman tanah atau Ph, budidaya pepaya akan menunjukan hasil yang maksimal apabila budidaya tersebut dilakukan pada daerah yang memilki Ph antara 6 sampai 7.

Lalu masalah ketersediaan air, sebaiknya anda memilih daerah yang tidak mengalami masalah dengan jumlah air.

Namun juga bukan daerah yang memiliki tingkat air berlebih sehingga beresiko menggenangi lahan budidaya pepaya nantinya.

Lahan yang tergenang air akan berpotensi menimbulkan jamur dan bakteri yang mampu merusak akar sehingga mengalami pembusukan.

Elevasi lokasi budidaya pepaya yang tepat

Menurut beberapa sumber yang kami baca, budidaya pepaya yang tepat dilakukan pada daerah yang memiliki elevasi atau ketinggian mencapai 700 sampai 1000 meter diatas permukaan laut.

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan

Umumnya tanaman papaya sering dijadikan sebagai bahan obat hebal, ternyata terdapat begitu banyak khasiat dan manfaat papaya untuk kesehatan badan. Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa manfaat dan khasiat dari tanaman pepaya yaitu :

Menjaga kesehatan mata

Salah satu kandung dari buah pepaya adalah Vitamin A, kita ketahui bahwa vitamin A sangat baik dalam menjaga kesehatan mata.

Kenapa vitamin A baik untuk menjaga kesehatan mata ? secara medis vitamin A dipercaya mampu menjaga kesehatan kornea dan memberikan efek melembaban sehingga mata dapat terlumasi secara maksimal.

Menjaga kesehatan rambut dan kuku

Karena pepaya kaya akan vitamin dan mineral banyak sekali orang menggunakan buah ini sebagai masker alami, anda hanya perlu membuat masker dari bahan pepaya lalu menggunakan sebagai masker untuk rambut dan kuku sehingga kesehatan kedua organ tubuh tersebut dapat terjaga dengan baik.

Obat kulit

Selanjutnya pepaya dipercaya mampu mengobati kulit yang rusak akibat terbakar ataupun luka karena terjatuh.

Salah satu kandungan pepaya adalah zat likopen yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan menghidari sel sel kulit mengalami kerusakan akibat terbakar ataupun terjatuh dan mampu digunakan sebagai penangkal radikal bebas dari sinar matahari yang berlebih.

Menjaga dan melancarkan pencernaan

Manfaat lain dari pepaya adalah menjaga dan melancarkan pencernaan, hal ini karena pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi dalam proses pencernaan protein.

Sehingga dengan mengkonsumsi pepaya secara rutin dipercaya mampu mengobati berbagai masalah didalam pencernaan seperti susah buang air besar, kembung dan konstipasi.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Pohon Pepaya, Syarat tumbuh pepaya dan manfaat pepaya. Semoga sedikit info ini dapat membantu anda semua, kami selaku pihak SawonBudidaya mengucapkan terima kasih atas perhatiannya.