Penjelasan Ciri ciri Kol dan Manfaat Tanaman Kol Lengkap

Ciri ciri Kol – Jumpa lagi bersama SawonBudidaya, kali kami akan berbagi informasi mengenai ciri ciri kol dan beberapa informasi tambahan seperti syarat tumbuh kol.

Sebelum itu apa sih yang anda ketahui dari kol? Menurut kami kol adalah tanaman yang masuk dalam keluarga perdu atau jenis tanaman yang memiliki ketinggian kurang dari enam meter, selain itu kol juga masuk dalam kategori tanaman semusim dan memiliki bentuk daun mirip dengan tembakau berwarna hijau cerah serta hijau pucat.

Bagian yang sering dikonsumsi dari kol adalah daun dan bunganya, banyak sekali olahan masakan yang menggunakan kol sebagai bahan utama seperti mie kubis goreng, tumis baby kol, tumis pokcoy kol.

Bukan hanya karena rasanya yang nikmat ternyata kol juga kaya akan manfaat bagi tubuh, hal ini karena kandungan kol sangat banyak diantaranya mengandung vitamin A, Vitamin B dan kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan.

Ciri ciri Kol

Jika kita lihat ternyata warna dari tanaman kol dominan hijau pucat, namun tidak menutup kemungkinan ada kol yang memiliki warna hijau cerah hal ini dipengaruhi oleh jenis kol yang anda budidayakan.

Dibawah ini akan kami jelaskan ciri ciri kol dari bentuk dan fungsi akar, batang, daun dan bunga.

Ciri ciri Kol : Bentuk dan fungsi akar

Untuk ciri ciri kol pertama dapat dilihat dari bentuk dan fungsi akar, secara umum tanaman kol atau kubis memiliki dua jenis akar yaitu akar tunggang dan akar serabut.

Jenis akar tunggang pada kol akan tumbuh kedalam tanah mencapai 45 cm sedangkan akar serabutnya hanya mampu tumbuh dengan kedalam 20 cm saja.

Artikel Terkait :

Loading...

Fungsi akar tunggang sebagai penompang tanaman kol agar mampu berdiri kokoh meskipun dalam kondisi lingkungan tidak mendukung contoh terkena tiupan angin kencang.

Kenapa akar tunggang berfungsi begitu? Jika kita perhatikan lagi ukuran dari akar tunggang yang dominan lebih besar dari akar serabut dan mampu tumbuh cukup dalam ditanah sehingga sangat cocok untuk menompang tanaman kol.

Selain itu akar tunggang juga berfungsi dalam mencari ketersediaan air serta unsur hara didalam tanah agar proses fotosintesis berjalan maksimal.

Secara umum fungsi akar serabut tidak jauh berbeda dengan akar tunggang, akar serabut berfungsi mencari ketersediaan air dan unsur hara yang ada dipermukaan tanah dengan kedalam 20 cm saja.

Ciri ciri kol : Bentuk dan fungsi batang

Secara umum ciri ciri kol dapat anda perhatikan dari bentuk dan fungsi batangnya, kol memiliki bentuk batang tegak dengan panjang kurang lebih 30 cm saja.

Untuk warna batang kol beragam ada yang berwarna hijau cerah dan ada yang berwarna hijau pucat tergantung variasi kol yang dibudidayakan. Pada sistem struktur batang kol tidak memiliki cabang.

Jika disentuh langsung menggunakan tangan tekstur batang halus dan cenderung tidak dapat terlihat jelas karena tertutup oleh daun kol yang tebal.

Didalam batang terdapat dua pembuluh yaitu xilem dan floem, kedua pembuluh tersebut memiliki peran penting dalam proses fotosintesi.

Xilem berfungsi sebagai pengangkut air dan unsur hara yang diperoleh dari akar untuk diantarkan kedaun, sedangkan floemberfungsi sebagai pengantar hasil fotosintesis keseluruh organ tubuh tanaman kol.

Ciri ciri Kol : Bentuk dan fungsi daun

Ciri ciri Kol : Daun

Ciri ciri kol berikutnya dapat anda perhatikan dari bentuk dan fungsi daunnya, secara umum bentuk daun kol adalah bulat memanjang dibagian tepi daun terdapat geri geri seperti gergaji dengan ukuran yang cukup panjang mirip seperti daun tembakau. Daun kol tumbuh secara berselang seling, dengan warna dominan hijau cerah dan hijau pucat.

Artikel Terkait :

Jika dilihat dari fungsinya daun memiliki beberapa peran penting untuk tanaman kol, seperti tempat terjadi fotosintesis, sebagai alat pernafasan tanaman kol karena terdapat stomata dan tempat penguapan air.

Ciri ciri kol : Bentuk bunga dan buah

Tanaman kol memiliki jumlah bunga yang sukup banyak tersusun dari ribuan kuntum yang bersatu menjadi tumbuh membulat. Untuk waran bunga sendiri beragama tergantung dari jenias atau variestas kol yang dibudidayakan.

Ciri ciri Kol : Bunga

Buah pada tanaman kol mengandung banyak biji, bentuk dari buahnya sediri mirip dengan polong dengan size sangat kecil serta rampingdan warna buah dominan coklat kehitam hitaman

Syarat Tumbuh Tanaman Kol

Selanjutnya kami akan menjelaskan beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan budidaya kol seperti suhu daerah, kelembaban daerah dan kadar keasaman atau Ph tanah yang cocok untuk budidaya kol.

Suhu daerah

Didalam budidaya kol sebaiknya anda memilih daerah dengan iklim sub tropis, dengan suhu daerah berkisar antara 15 derajat sampai 18 derajat celcius.

Namun kol juga mampu tumbuh cukup dengan kondisi lingkungan yang bersuhu kurang dari 24 derajat celicus, kenapa hal ini perlu anda perhatikan? Karena tanaman kol termaksud dalam tumbuhan yang peka terhadap temperatur atau suhu daerah.

Jika budidaya kol yang anda lakukan memiliki suhu atau temperatur kurang dari penjelasan kami diatas takutnya kol akan mengalami pertumbuhan bunga sebelum masuk waktunya.

Dan jika temperatur atau suhu terlalu tinggi akan menimbul dampak buruk seperti tumbuhnya beberapa daun dengan ukuran kecil.

Kelembaban daerah

Dalam budidaya kol kondisi kelembaban daerah maksimal adalah 80 sampai 90 persen, untuk ketinggian atau elevasi lahan yang cocok berkisar antara 0 sampai 200 meter diatas permukaan laut dan 200 sampai 700 meter diatas permukaan laut.

Selanjutnya adalah curah hujan yang tepat untuk budidaya kol antara 1000 sampai 1500 meter diatas permukaan laut.

Kadar keasaman tanah atau Ph

Kondisi tanah yang subur akan menunjang keberhasilan budidaya kol yang anda lakukan, pilih tanah yang kaya unsur hara dan ketesediaan air baik. Untuk kadar keasaman tanah budidaya kol berkisar antara 5,5 sampai 6,5 ph dan pastikan juga lahan yang anda pilih terkena asupan sinar matahari yang cukup.

Manfaat Tanaman Kol

Berikutnya kami akan menjelaskan beberapa manfaat tanaman kol, seperti zat anti peradangan, tekanan darah, kesehatan tulang, meningkatkan kinerja otak dan mampu mencegah kanker.

Zat anti peradangan

Didalam kol terdapat kandung glutamine yang mampu mencegah terjadi peradangan didalam ataupu diluar tubuh. selain itu kol juga mengandung asam amino yang baik dalam menjaga kesehatan otot serta paru-paru.

Tekanan darah

Manfaat lainnya dari kol adalah mampu melancarkan peredaran darah dan melonggarkan peredaran darah, dengan mengkonsumsi kol dapat membantu anda dalam menjaga tekanan darah didalam tubuh agar tetap stabil atau normal.

Kesehatan tulang

Ternyata dengan mengkonsumi kol dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan tulang, karena kol kaya akan mineral sehingga dapat mencegah terjadi psteoporosis pada tulang.

Fungsi otak

Manfaat lainnya dari kol adalah mampu meningkatkan kinerja otak karena apa? Kol mengandung vitamin K yang berfungsi dalam menjaga kesehatan saraf sehingga fungsi otak akan stabil.

Selain itu mengonsumsi kol juga sangat baik bagi otak karena dapat mencegah tumbulnya penyakit demensia.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Kol, syarat tumbuh tanaman kol dan manfaat tanaman kol. Semoga sedikit informasi ini akan berguna untuk kita semua, kami selaku pihak SawonBudidaya mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian anda semua.