Pertanian

Penjelasan Ciri ciri Kacang Panjang Terlengkap (Info Budidaya)

Ciri ciri Kacang Panjang – Tanaman ini tumbuh dengan cara memanjat serta melilit pada penyangga, biasanya bagian dari kacang panjang yang dikonsumsi adalah buah kacangnya dan serat serat tanaman yang masih lembut. Kacang panjang merupakan tanaman asli dari benua Asia yang sering dijadikan bahan masakan sayuran dan lalapan.

Secara umum kacang panjang adalah jenis sayuran dengan bentuk buah panjang dan berwaran hijau, bukan hanya rasanya yang nikmat saat dikonsumsi ternayata terdapat banyak manfaat yang baik untuk tubuh diantaranya melancarkan pencernaan karena kaya akan serat, mencegah tumbuhnya sel kanker didalam tubuh, terdapat sifat antibakteri dan mampu mencegah penyakit batu ginjal.

Dari penjelasan diatas tahukah anda apa saja Ciri ciri Kacang panjang? Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai ciri kacang panjang, hama pengganggung kacang panjang, jenis kacang panjang dan syarat tumbuh tanaman kacang panjang.

Ciri ciri Kacang Panjang

Kami akan jelaskan apa saja Ciri ciri Kacang Panjang dari akar, batang, daun, bunga dan bijinya. Langsung saja simak penjelasan kami dibawah ini !!

Ciri ciri Akar kancang Panjang

Sama halnya dengan tumbuhan lain, kacang panjang memiliki ciri khas tersendiri yang menbedakan dirinya dengan tanaman lain. Secara umum kacang panjang memiliki akar yang berfungsi untuk menyerap air dan unsur hara yang ada didalam tanah. Jenis akar yang dimiliki kacang panjang adalah akar tunggang yang mampu tumbuh dengan kedalam 40 sampai 45 cm kearah inti bumi.

Karena jenis akar kacang panjang adalah tunggang maka bentuk akarnya akan bercabang cabang, pada bagian akarnya terdapat bintil bintil yang berguna sebagai pengikat nitrogen bebas udara. Untuk lebih jelasnya akan kami jabarkan mengenai apa saja fungsi akar tunggang kacang panjang, yaitu :

Loading...
Ciri ciri Kacang Panjang  : Fungsi Akar Tunggang

Dilihat dari jenis akarnya yaitu tunggang, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kacang panjang termaksud dalam tanaman dikotil atau biji berkeping dua

Ukuran akar tunggang pada kacang panjang cukup besar dan tumbuh kedalam tanah mencapai 40 sampai 45 cm sehingga menjadi akar tunggang sebagai penyokong tanaman agar mampu berdiri kokoh dalam kondisi lingkungan apapun.

Dengan kedalam tumbuh mencapai 40 sampai 45 cm sehingga dalam mencari ketersediaan air dan unsur hara lebih efektif, karena akar kacang panjang akan sangat berfungsi untuk proses fotosintesis tanaman itu sendiri dalam mencari bahan pembuatan pangan.

Pada setiap tanaman dikotil atau tanaman yang memiliki akar tunggang, pasti terdapat akar primer atau utama.

Ciri ciri Batang Kacang Panjang

Selanjutnya dari ciri ciri kacang panjang dapat kita perhatikan dari bentuk batangnya, didalam batang kacang panjang terdapat dua pembuluh yaitu floem terdapat pada batang bagian luar sedangkan xilem terdapat pada bagian dalam dan diantara dua pembuluh tersebut terdapat kambium.

Karena kacang termaksud dalam tanaman dikotil sehingga batangnya memiliki cabang beda halnya dengan tanaman monokotil atau biji berkeping satu.

Batang Kacang Panjang

Pada tanaman kacang panjang xilem berfungsi sebagai pengangkut air dan unsur hara yang diperoleh dari akar untuk diantarkan kedaun, sedangkan floem berfungsi sebagai pengangkut hasil fotosintesi untuk diantar keseluruh organ tanaman kacang panjang dan kambium berfungsi sebagai pembentuk pembuluh xilem dan floem.

Tanaman kacang memiliki batang panjang merambat sehingga dibutuhkan penyangga untuk batang tumbuh atau menjalar.

Fungsi batang kacang panjang :

  • Jika dilihat dari pembuluh xilem, floem dan kambium dapat kita simpulkan bahwa batang memiliki peran penting dalam proses fotosintesis yang terjadi di daun.
  • Selain itu batang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan pada kacang panjang.
  • Sebagai penompang agar tanaman kacang panjang mampu berdiri dengan kokoh, namun tetap dengan bantuan akarnya.
  • Sebagai tempat pertumbuhan daun dan bunga karena terdapat cabang cabang batang.

Ciri ciri Daun Kacang panjang

Ciri ciri kacang panjang selanjutnya dapat anda lihat dari bentuk daunnya, biasanya tanaman kacang panjang memiliki bentuk daun yang lancip dibagian ujungnnya.

Pada daun kacang panjang terdapat ruas ruas bercabang dan tulang daunnya menyirip. Untuk warna daun pada kacang panjang adalah hijau muda dan memiliki tekstur kasar jika disentuh langsung dengan tangan.

Jika kita perhatikan lebih detail fungsi daun pada tanaman kacang panjang adalah tempat terjadi fotosintesis, salah satu organ pernafasan tanaman kacang panjang, dan tempat terjadinya transpirasi serta terdapat kandungan klorofil didalamnya.

Fotosintesis

Bahan yang dibutuhkan dalam proses fotosintesis adalah air, unsur hara, Co2 dan sinar matahari.

Air dan unsur hara diperoleh dari akar yang diantarkan oleh pembuluh batang yaitu xilem, lalu untuk Co2 diperoleh dari daun itu sendiri melalui organ daun yaitu Stoma.

Loading...

Alat pernafasan tanaman kacang panjang

Kenapa daun berfungsi sebagai alat pernafasan kacang panjang? Salah salu organ daun yaitu Stoma memiliki fungsi sebagai tempat pertukaran udara antara Co2 dan O2 yang terjadi terus menurus.

Tempat Proses Transpirasi

Tujuan dari proses ini agar tanaman mampu mengeluarkan kandungan air didalam daun dengan bantuan zat kutikula sehingga terjadi penguapan.

Klorofil

Kandungan klorofil pada tanaman kacang panjang dapat dilihat dari warna daun, jika daun semakin hijau cerah maka menandakan kandungan klorofil didalam daun tinggi. Tahukah anda tingkat klorofil yang tinggi dapat membantu proses fotosintesis secara terus menerus atau berulang.

Ciri ciri Bunga Kacang Panjang

Dilihat dari ciri ciri kacang panjang yaitu bunganya, tanaman kacang panjang memiliki jenis bunga yang sempurna kenapa? Karena bunga pada taaman kacang panjang memiliki dua kelamin yaitu jantan dan betina dalam satu tangkai bunga.

Ciri ciri Kacang Panjang : Bunga

Tanaman kacang panjang memiliki bunga mirip dengan kupu-kupu, untuk satu tangkai dapat ditumbuhi empat sampai enam bunga yang tumbuh tidak serempak.

Panjang bunga dari tanaman ini mencapai panjang kurang lebih empat puluh CM. Bunga kacang panjang memiliki warna putih kebiru biruan serta terdapat dua alat kelamin yaitu jantan dan betina

Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa organ luar dari bunga kacang panjang, yaitu :

  • Tangkai bunga, sebagai tempat melekatnya mahkota bunga
  • Dasar bunga, sama halnya dengan tangkai bunga
  • Kelopak bunga, sebagai pelindung bunga yang masih dalam keadaan kuncup atau tertutup
  • Mahkota bunga, sebagai pemikat atau penarik perhatian serangga
  • Putik, alat kelamin betina
  • Benang sari, alat kelamin jantan

Ciri ciri Biji Kacang Panjang

Ciri ciri Terakhir dari kacang panjang adalah bentuk biji, tanaman kacang panjang memiliki biji berbentuk pipih serta terdapat lengkungan dibagian sampingnya.

Jika kita perhatikan lebih dalam biji kacang panjang memiliki keping dua sehingga dapat dipastikan bahwa tanaman ini termaksud dalam keluarga dikotil.

Ciri ciri Kacang Panjang : Buah

Biasanya warna pada biji kacang panjang adalah hijau keputihan dan kemerah merahana, tergantung dari jenis kacang panjang yang anda budidayakan. Biasanya pada bagian tengah kacang panjang terdapat tangkai yang berfungsi sebagai penghubung antara biji dengan kulit buah.

Jenis jenis Kacang Panjang

Selanjutnya kami juga akan menjelaskan tentang jenis jenis kacang panjang dari kacang panjang usus, kacang panjang busitao, kacang panjang tolo dan kacang panjang uci dibawah ini !

Kacang Panjang Usus

Jika dilihat dari ukuran batangnya, kacang pajang usus sama dengan kacang biasa. Namun yang membedakannya adalah ukuran polongnyo yang sangat panjang dapat mencapai delapan puluh cm.

Biji yang masih berumur muda akan berwarna putih setelah tua akan berubah warna kekuningan, bentuk biji bulat memanjang dan terdapat lekungan dibagian sampingnya.

Jika sudah tua bijinya akan berubah warna merah kecoklatan dan memilki ukuran mencapai delapan sampai sembilan mm, tergantung dari tingkat kesuburan tanaman kacang.

Kacang Panjang Busitao

Hal yang membedakan jenis kacang panjang ini dan kacang panjang lainnya adalah ukuran batangnya, biasanya kacang panjang busitao akan memiliki ukuran batang yang lebih pendek dari kacang panjang lainnya.

Polong atau biji yang dimiliki kacang panjang busitao lebih pendek hanya mencapai dua puluh lima sampai tiga puluh lima cm saja.

Kacang Panjang Tolo

Jenis kacang panjang yang satu ini memiliki polong atau biji kering berwarna kuning dan mudah pecah. Bentuk bijinya bulat memanjang, agak pipih dan ujungnya agak jorong. Warna biji kacang panjang tolo adalah kuning kecoklatan dengan ukuran mencapai tujuh sampai delapan mm saja.

Hama Tanaman Kacang Panjang

Seperti tanaman budidaya lainnya, kacang panjang juga memiliki masalah yang dapat menyebabkan tanaman ini mengalami gagal panen.

Mulai dari hama sampai penyakit yang dapat menjangkit tanaman yang dijadikan bahan masakan ini. Berikut beberapa hama dan penyakit yang dapat menjangkit kacang panjang.

Ulat Penggerek Polong

Hama penganggu yang sering menyerang tanaman kacang panjang adalah ulat penggerek, jenis hama satu ini biasanya menimbulkan kerusakan pada polong kacang panjang sangat parah.

Didalam beberapa kasus dari penyerangan hama ulat penggerek yang tidak diatas dengan benar akan berakibatkan buruk pada tanaman kacang panjang mencapai delapan puluh persen (80%).

Jenis hama yang satu ini lebih suka memakan polong kacang panjang yang masih mudah, biji tersebut akan dimakan sampai habis atau disisakan sedikit saja. biasanya untuk satu polong kacang panjang akan ditemukan satu buah larva saja karena hama jenis ini tidak suka hidup dalam kelompok.

Sebaiknya pengendalian hama ini segera dilakukan agar tidak memperburuk budidaya kacang panjang nantinya.

Dalam mengendalikan hama ini anda perlu melakukan pengecekan ekosistem lahan budidaya anda sehingga mampu melakukan pengendalian secara benar dan tepat.

Lakukan penyemprotan insektisida jika populasi hama masih dalam jumlah terkendali.

Ulat jengkal

Untuk hama selanjutnya adalah ulat jengkal, hama satu memiliki ciri berwarna hijau dan panjang mencapai empat puluh mm.

Biasanya tanaman kacang panjang yang sudah terkena hama ini dapat dilihat dari kondisi daun yang masih sehat atau sudah terdapat lubang bekas gigitan ulat jengkal.

Jika anda tidak segera melakukan pengendalian hama ulat jengkal, takutnya proses budidaya kacang panjang yang anda lakukan akan mengalami gagal panen.

Sebaiknya lakukan pengendalian hama dengan menggunakan mulsa jerami, penggiliran tanaman dan melakukan penyemprotan insektisida.

Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Panjang

Selain kami menjelaskan tentang hama pengganggu tanaman kacang panjang, disini SawonBudidaya juga akan menjelaskan tentang apa saja syarat tumbuh tanaman kacang panjang dibawah ini.

Memilih daerah yang baik untuk budidaya kacang panjang

Disini yang perlu anda lakukan adalah memilih lingkungan yang baik dan benar untuk mendukung masa pertumbuh kacang panjang agar menghasilkan kualitas buah kacang berkualitas.

Pilih daerah yang memiliki kondisi tanah yang subur, maksudnya tanah yang mengandung unsur hara tinggi dan ketersedia air yang cukup untuk proses fotosintesis kacang panjang nantinya.

Selain itu pastikan daerah yang anda pilih memiliki suhu udara mencapai dua puluh sampai tiga puluh derajat celcius dan elevasi diatas delapan ratus meter diatas permukaan laut.

Memilih bibit kacang panjang berkualitas

Kini banyak sekali oknum oknum tidak bertanggung jawab yang menjual bibit atau benih kacang panjang buruk.

Namun demi mencari keuntungan semata mereka tega membohongi pembeli yang masih awam dengan mengatakan bahwa bibit atau benih memiliki kualitas baik, alhasil petani membudidaya kacang panjang kualitas buruk tentu akan panen kacang panjang dengan kualitas buruk juga.

Maka dari itu dalam pembelian bibit atau benih kacang panjang perlu pemerhatian lebih serius, sebaiknya dalam membeli bibit atau benih kacang panjang terdapat ciri ciri seperti ini biji memiliki tampilan kusam, biji dalam keadaan utuh dan kulit biji mengkilat.

Lalu sebelum anda melakukan penanaman kacang panjang lakukan proses perendaman bibit atau benih menggunakan cairan POC NASA.

Pengolahan media tanah yang tepat dan benar

Sebaiknya sebelum melakukan penanaman kacang panjang, hal perlu anda lakukan adalah pengolahan media tanah yang tepat dan benar. Kegiatan ini dilakukan agar tanah yang digunakan untuk budidaya kacang panjang semakin subur dan ketersedian unsur hara semakin tinggi.

Dalam pengolahan lahan tanaman kacang panjang, hal pertama yang perlu dilakukan adalah pembajakan tanah dengan kedalam dua puluh lima sampai tiga puluh cm dapat menggunakan cangkul ataupun alat bajak tanah.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri kacang Panjang, Jenis Kacang panjang, Hama penggangu kacang Panjang dan Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Panjang. Semoga sedikit informasi dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatian anda semua.

Artikel Terkait  :

Ciri Tanaman Singkong ( Akar, Batang, Daun dan Bunga) SawonBudidaya

Ciri ciri Tanaman Jagung (Akar, Batang, Daun,Tongkol) SawonBudidaya

Ciri ciri Tanaman Padi (akar, batang, daun, bunga, daun) dan Jenis Padi

Ciri ciri Tanaman Kakao dari Akar, Batang, Daun dan Buahnya

Ciri ciri Tanaman Bayam Dari Akar, Batang, Daun Dan Bunga

Ciri ciri Kacang Kedelai Terlengkap Dari Akar, Batang, Bunga dan Daun

Penjelasan Mengenai Ciri ciri Kentang Terlengkap SawonBudidaya

Penjelasan Ciri ciri Sawi Dari Batang, Daun, Akar dan Bunga Serta Buah

2 Replies to “Penjelasan Ciri ciri Kacang Panjang Terlengkap (Info Budidaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *