Penjelasan Mengenai Ciri ciri Kentang Terlengkap SawonBudidaya

Ciri ciri Kentang – Jumpa lagi bersama SawonBudidaya, kali ini kami berbagi informasi mengenai tanaman kentang dari syarat tumbuh tanaman kentang, ciri ciri kentang dan apakah kentang termaksud dalam kategori dikotil atau monokotil?

Sebelum itu, apa sih kentang ? kentang merupakan tanaman yang masuk dalam keluarga solanaceae (masuk dalam satu suku sama dengan tanaman berbunga).

Dikarenakan kentang mengandung karbohirdrat tinggi banyak sekali masyarakat Indonesia lebih memiliki mengkonsumsi kentang dari pada spesies sejenisnya yaitu padi, jagung dan singkong.

Tapi tahukah anda dari mana asal kentang ? dan apakah kentang merupakan tanaman asli Indonesia? Menurut para ahli kentang merupakan tanaman atau makanan pokok dari benua Eropa terutama Amerika Selatan.

Kentang berasal dari negara Amerika Selatan karena perkembangan zaman sistem pelayaran membuat kentang sampai benua Asia terutama Indonesia.

Ciri ciri Kentang

Dibawah ini akan kami jelaskan apa saja ciri ciri kentang dari akar, batang, daun dan umbi. Simak dibawah ini!

Ciri ciri kentang : Akar Tanaman Kentang

Defenisi Akar Kentang Secara Umum

Ciri ciri kentang yang pertama dapat anda perhatikan dari jenis akarnya, secara umum kentang memiliki dua jenis akar yaitu akar tunggang dan akar serabut. Fungsi dan ciri kedua akar tersebut pun berbeda,

Biasanya akar tunggang akan tumbuh didalam tanah mencapai empat lima cm menuju inti bumi sedangkan akar serabut lebih dominan tumbuh kepermukaan tanah.

Dilihat secara garis besar akar pada tanaman kentang berwarna putih dengan ukuran kecil, fungsinya tentu untuk menyerap air  dan unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam menunjang proses fotosintesis.

Loading...
Defenisi Akar Kentang Secara Spesifik
Ciri ciri Kentang
Ciri ciri Kentang

Kita ketahuai bahwa akar pada tanaman kentang terdapat dua jenis yaitu akar tunggang dan akar serabut, dibawah ini akan kami jelaskan lagi mengenai kedua jenis akar tersebut secara spesifik.

Akar Tunggang

Sebenarnya akar tunggang merupakan bagian lanjutan dari batang kentang kenapa?

Karena akar tunggang tumbuh kedalam tanah sedangkan batang tumbuh kepermukaan tanah maka kedua bagian tersebut dikatakan berbeda namun secara khusus akar tunggang dan batang kentang merupakan bagian yang sama hanya tempat pertumbuhannya yang menjadikan mereka berdua berbeda.

Apakah anda masih bingung? Secara sederhananya batang dan akar tunggang merupakan bagian yang sama hanya saja batang tumbuh kepermukaan tanah dan akar tunggang tumbuh kedalam tanah menuju inti bumi,

Selain itu hal yang membedakan keduanya adalah batang memiliki cabang namun ditumbuhi daun sedang akar tunggang hanya memiliki cabang namun tidak ditumbuhi daun.

Selanjutnya adalah mengidentifikasi kentang termaksud tanaman dikotil atau monokotil, secara umum tanaman yang memiliki akar tunggang.

Biji berkeping dua dan memiliki batang bercabang dari situ kita sudah dapat menyimpulkan bahwa kentang termaksud tanaman jenis dikotil atau tanaman biji berkeping dua.

Selain kentang terdapat tanaman yang memiliki akar tunggang atau tanaman dikotil yaitu mangga, jeruk, melinjo, rambutan dan lain lainnya. Baiklah dibawah ini kami akan menjelaskan ciri ciri kentang akar tunggang dan fungsi khusus dari akar tersebut untuk tanaman kentang, yaitu :

Ciri ciri kentang : Fungsi Akar Tunggang
  • Tanaman kentang memiliki akar tunggang, berarti termaksud dalam keluarga dikotil
  • Karena ukuran dari akar tunggang lebih besar dari akar serabut dan tumbuh dibagian dalam tanah, menjadikan akar tunggang sebagai penompang tanaman kentang agar mampu berdiri dengan kokoh.
  • Akar tunggang berfungsi sebagai alat reproduksi, tempat penyimpanan cadangan makanan pada akarnya.
  • Akar tunggang mampu menyerap air dan unsur hara yang ada ditanah demi memenuhi kebutuhan tanaman kentang dalam masa pertumbuhan dan pembentukan buah atau umbi.
  • Setiap tanaman yang memiliki akar tunggang pasti memiliki akar utama atau primer.
2.Akar Serabut

Sama halnya dengan akar tungang akar serabut memiliki peran penting yang tidak kalah dengan akar tunggang.

Hampir seluruh akar pada tanaman berfungsi sebagai pengangkung air dan unsur hara yang ada didalam tanah, sebagai penompang tanaman agar mampu berdiri kokoh meskipun terkena tiupan angin dari luar.

Namun tahukah anda apa yang membedakan antara akar tungang dan akar serabut ? perbedaan antara akar tunggang dan serabut terletak pada ukuran akar, jumlah akar serta tempat pertumbuhan akar.

Untuk ukuran akar, akar tungang memiliki ukuran yang lebih besar dari akar serabut namun untuk jumlah akarnya akar serabut lebih banyak dibandingkan akar tunggang karena akar serabut mampu tumbuh didalam tanah dan dipermukaan tanah pada bagian pangkal batang kentang.

Ciri ciri Kentang : Akar Serabut

Meskipun bentuk akar tunggang dan akar serabut dapat dilihat secara kasat mata perbedaannya, namun banyak orang awam mengalami kesalahan dalam mengidentifikasi antara akar tunggang dan akar serabut.

Disini akan kami berikan penjelasakan mengenai ciri ciri akar serabut secara detail agar anda mampu membedakan mana akar tunggang dan mana akar serabut, yaitu :

  • Akar serabut memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan akar tunggang
  • Jumlah akar serabut lebih banyak dibandingkan akar tunggal dan hanya tumbuh pada bagian pangkal batang
  • Ukuran akar hampir sama semua dan akar serabut mirip dengan serabut
  • Tanaman yang memiliki akar serabut termaksud tanaman monokotil ( biji berkeping satu), namun berbeda halnya dengan kentang walaupun memiliki akar serabut tidak bermaksud dalam keluarga monokotil melainnya dikotil.

Ciri ciri Kentang : Daun Pada Tanaman Kentang

Ciri ciri kentang selanjutnya dapat anda dilihat dari bentuk daunnya, biasanya tanaman kentang memiliki daun berbentuk bulat oval dan pada bagian ujungnya lancip.

Pada daun kentang terdapat bulu bulu halus dibawahnya, secara umum daun pada kentang termaksud dalam daun majemuk atau jenis daun yang tumbuh pada satu tangkai dalam jumlah 3 sampai 5 helai daun.

Didalam sistem daun majemuk terdapat pembagian antara ibu tangkai daun, tangkai anak daun, anak daun dan upih daun.

Ciri ciri Kentang 

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai bagian bagian daun majemuk, yaitu :

  1. Ibu tangkai daun, secara sederhananya adalah tempat untuk tumbuhnya daun majemuk atau anak daun. Jika dilihat secara umum ibu tangkai daun dapat dikatakan sebagi tangkai daun tunggal.
  2. Tangkai anak daun, merupakan bagian dari ibu tangkai daun atau secara umum dikatakan sebagai pangkal cabang daun tunggal.
  3. Anak daun, bagian helai daun yang tumbuh terpisah pisah dan tumbuh per tangkai anak daun. Namun dalam satu ibu tangkai.
  4. Upih daun, dapat dikatankan sebagai pemengan ibu tangkai agar melekat pada cabang tanaman kentang.
Ciri ciri Kentang: Fungsi daun

Terdapat banyak fungsi dan manfaat daun pada tanamankentang, dibawah ini kami akan menjelaskan fungsi dan manfaat daun bagi kentang diantaranya :

  • Daun berfungsisebagai tempat pemasakan makanan atau fotosintesis, pada kentang proses fotosintesis terjadi dibagian parenkim karena kentang termaksud tanaman dikotil.
  • Selain sebagai tempat fotosintesis, daun juga berfungsi sebagai tempat pengeluaran atau penguapan air melalui proses transpirasi.
  • Sebagai salah satu organ tubuh tanaman kentang yang berfungsi sebagai tempat penafasan atau tempat pertukaran uadara antara CO2 dan O2 karena terdapat Stomata.
Ciri ciri kentang : Struktur Luar dan Dalam Pada Daun Kentang

Selanjutnya kami juga akan menjelaskan struktur luar daun pada tanaman kentang, dari helai daun, tangkai daun dan pelepah daun dibawah ini :

  1. Helai daun

Helai daun merupakan salah satu bagian terpenting untuk tanaman kentang, karena dibagian inilah proses fotosintesis dilakukan.

  • Tangkai daun

Tangkai daun dapat dikatakan seperti ibu tangkai daun karena memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai penompang tumbuhnya helai daun.

  • Pelepah daun

Untuk pelepah daun dapat dikatakan seperti upih daun yang berfungsi sebagai pelekat agar tangkai daun dapat melekat kokoh pada cabang tanaman kentang.

Artikel Terkait :

Berikut kami juga akan menjelaskan struktur bagian dalam daun tanaman kentang yang meliput Epidermis,kutikula, stomata, mesofil dan urat daun.

  1. Epidermis

Pada struktur Epidermis memiliki dua fungsi dalam daun yaitu menjaga agar lipasan didalam sel daun tidak kering serta mampu menjaga bentuk daun agar tidak mengalami perubahan atau rusak.

  • Kutikula

Biasanya kutikula terletak pada bagian atas dan bawah daun yang hampir sama dengan struktur Epidermis. Fungsi dari kutikula sebagai pelapis pada bagian atas daun dan bawah daun agar daun tidak mengalami penguapan secara berlebihan.

  • Stomata

Biasanya stomata pada tanaman kentang terletak lapisan atas dan bawah daun, dan fungsi dari stomata adalah  sebagai tempat keluar masuknya udara antara CO2 dan O2, pengontrol penafasan tanaman agar tetap stabil

Ciri ciri Kentang : Batang Tanaman Kentang

Ciri ciri kentang selanjutnya dapat dilihat dari bentuk batangnya, pada tanaman kentang bentuk batangnnya adalah segi empat namun tidak menutup kemungkinan terdapat bentuk batang berbeda.

Hal ini dapat terjadi karena perbendaan jenis kentang yang anda budidayakan, untuk tekstur batang kentang keras namun tidak mengadung serat kayu.

Biasanya warna batang tanaman kentang adalah hijau tua karena mengadung anthosianin yang mampu memberikan pigmen berwarna pada batang.

Maka dari itu tanaman kentang masuk dalam kategori tumbuhan herba yaitu tanaman yang memiliki warna dominan hijau cerah, hanya sedikit mengadung serat kayu dan ukuran tanaman yang relatif kecil.

Untuk jumlah daun pada tanaman cukup banyak, bagian permukaan batang halus dan biasanya batang kentang memiliki diameter mencapai 11/2.

Organ tubuh tanaman kentang ini memiliki beberapa fungsi salah satunya adalah sebagai penyangga tanaman agar tidak mudah roboh dalam kondisi apapun. Selain itu batang juga berfungsi sebagai pengantar air dan unsur hara yang diperoleh dari akar lalu diantarkan keseluruh tubuh tanaman kentang, hal ini karena batang kentang memiliki pembuluh yang berguna sebagai pengantar air dan unsur hara tersebut.

Ciri ciri kentang : Struktur Batang Tanaman Kentang

Dibawah ini akan kami jelaskan sedikit mengenai struktur pembentuk batang tanaman kentang, yaitu:

  • Epidermis, Secara umumepidermis terletak pada bagian luar batang dan berfungsi melindungi batang agar tidak mengalami kekeringan.
  • Korteks, Pada bagian kedua adalah korteks terdiri lagi dari kolenkim yang disusun secara rapat dan parenkim yang disusun secara menjarak atau tidak rapat.
  • Edodermis, berfungsi sebagai pemisah antara korteks dan silinder pusat.

Ciri ciri Kentang : Umbi Tanaman Kentang

Ciri ciri kentang selanjutnya dapat anda perhatikan dari bentuk umbinya, biasanya untuk tanaman kentang bentuk umbinya tidak teratur ada yang bulat, ada yang oval dan ada juga yang bulat memanjang seperti ubi rambat dan secara umum warna umbi atau buah kentang putih kecoklatan.

Ternyata umbi atau buah kentang memiliki begitu banyak manfaat bagi tanaman itu sendiri, karena didalam kandungan umbi kentang terdapat berbagai macam zat yang tersimpan seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air.

Meskipun kentang mengandung begitu banyak manfaat untuk tanaman itu sendiri, tapi tahukah anda bahwa kentang mengandung zat berbahaya untuk pengonsumsinya yaitu zat solanin yang tidak akan pernah hilang apabila umbi atau buahnya terkena sinar matahari langsung.

Ciri ciri kentang : Ciri ciri Tanaman dikotil

Berikut ini akan kami menjelaskan tentang tanaman dikotil, setelah itu coba anda berikan pendapat apakah tanaman kentang masuk dalam kategori tanaman dikotil atau monokotil.

  • Tanaman dikotil memiliki biji berkeping dua (dua kotiledon)
  • Tanaman dikotil memiliki cabang
  • Tanaman dikotil memiliki daun yang menjari atau menyirip
  • Jaringan pembuluh xilem dan floem pada batang dan akar tersusun dalam lingkaran dan memiliki cambium, sehingga batang dan akar dapat tumbuh membesar.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri kentang semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua, selaku pihak SawonBudidaya minta maaf atas kekurangan dari tulisan ini. Sekian dan terima kasih atas perhatiaan anda semua.

Artikel Terkait

Ciri Tanaman Singkong ( Akar, Batang, Daun dan Bunga) SawonBudidaya

Ciri ciri Tanaman Jagung (Akar, Batang, Daun,Tongkol) SawonBudidaya

Ciri ciri Tanaman Padi (akar, batang, daun, bunga, daun) dan Jenis Padi

Ciri ciri Tanaman Kakao dari Akar, Batang, Daun dan Buahnya

Ciri ciri Tanaman Bayam Dari Akar, Batang, Daun Dan Bunga

Ciri ciri Kacang Kedelai Terlengkap Dari Akar, Batang, Bunga dan Daun