Pertanian

Ciri ciri Kacang Kedelai Terlengkap Dari Akar, Batang, Bunga dan Daun

ciri ciri kacang kedelai

Ciri ciri kacang Kedelai – Hai ketemu lagi dengan SawonBudidaya, kali ini kami akan berbagi informasi mengenai ciri ciri kacang kedelai. Sebelum itu kami akan menjelaskan sedikit denefisi tentang kedelai.

Kedelai merupakan tanaman yang masuk dalam keluarga polong polongan yang dijadikan sebagai bahan utama pembuatan produk kecap, tahu dan tempe. Selain itu kedelai merupakan makanan yang kaya akan protein nabati dan minyak nabati.

Klasfikasi Ilmiah Kacang Kedelai

  • Kingdon          : Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi               : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas               : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas        : Rosidae
  • Ordo                : Fabales
  • Famili              : Fabaceae (suku polong-polongan)
  • Genus              : Glycine
  • Spesies            : Glycine max (L.) Merr.

Ciri ciri Kacang Kedelai

ciri ciri kacang kedelai
Ciri ciri Kacang Kedelai

Dibawah ini akan kami jelaskan apa saja Ciri ciri kacang kedelai, dari akar kedelai, batang kedelai, bunga kedelai dan daun kedelai.

Nah karena itu kacang kedelai dapat dikategorikan tanaman terpenting di Indonesia seperti rekannya yaitu padi, jagung dan singkong. Langsung saja akan kami bahas topik utama dari artikel ini yaitu Ciri ciri Kacang kedelai, yaitu :

Akar tanaman kedelai

Ciri ciri kacang kedelai pertama dapat dilihat dari akarnya, tanaman kedelai memiliki dua jenis akar yaitu akar tunggang dan akar serabut yang memiliki fungsi masing-masing.

Namun secara umum fungsi dari akar pada tanaman sebagai alat penyerap air dan unsur hara yang berguna sebagai bahan pembuatan pangan atau fotosintesis, untuk lebih detailnya akan kami jelasakan satu persatu ciri akar pada kacang kedelai yaitu :

  1. Akar tunggang pada kacang kedelai

Kacang kedelai termaksud dalam keluarga tanaman dikotil atau biji berkeping dua, hal ini dapat dilihat dari jenis akarnya. Biasanya tanaman yang memiliki akar tunggang sudah dapat dipastikan bahwa mereka masuk dalam keluarga dikotil, selain kacang kedelai masih banyak lagi jenis tanaman dikotil seperti tanaman mangga, rambutan, jambu dan durian.

Untuk lebih jelasnya kami akan menjelaskan ciri ciri tanaman yang memiliki akar tunggang, yaitu :

  • Tanaman yang memiliki akar tunggang termaksud dalam keluarga dikotil, seperti kacang kedelai dan lainya
  • Sebagai penompang tanaman agar tetap berdiri kokoh walaupun terkena hembusan angin kencang
  • Disetiap tanaman yang memiliki akar tunggang tentu memiliki akar utama (primer) yang berfungsi sebagai, tempat pertumbuhan akar tunggang.

Secara umum akar memiliki beberapa fungsi diantaranya penompang tanaman agar tetap berdiri kokoh, sebagai alat penyerap air dan unsur hara yang ada didalam tanah yang berguna untuk proses pemasakan makanan(fotosintesis) dan sebagai alat reproduksi tanaman.

Ternyata akar tunggang juga mampu sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan, namun bukan untuk jenis kacang kedelai tetapi seperti tanaman umbi-umbian atau singkong.

Biasanya untuk tanaman kedelai yang subur dan mendapatkan asupan unsur hara serta air cukup akan menghasilkan akar tunggang dengan panjang mencapai lima belas (15cm). Namun ada juga yang lebih pendek atau lebih panjang tergantung dari kesuburan tanaman kacang kedelai tersebut.

2. Akar serabut pada kacang kedelai

Pada tanaman kedelai akar memiliki banyak fungsi salah satunya sebagai penyerap unsu hara dan mineral lalu dihantarkan keseluruh tubuh tanaman terutama daun untuk proses fotosintesis.

Akar akan selalu mengalami pertumbuh panjang dan jumlahnya yang mengarah keinti bumi, karena akar merupakan salah satu bagian tubuh terpenting dari tanaman yang tumbuh didalam tanah.

Terdapat beberapa perbedaan akar serabut tergantung dari jenis tanamannya, dibawah ini akan kami jelaskan apa saja perbedaan akar serabut yaitu:

  • Pertama adalah akar serabut benang, pada jenis akar serabut ini memiliki ciri yang hampir mirip dengan serat benang dan biasanya terdapat pada tanaman kacang kedelai dan padi.
  • Akar serabut tambang, jenis serabut ini memiliki ukuran akar yang lebih besar dari akar serabut benang dan lebih kuat atau kaku. Biasanya akar serabut tambang dimiliki oleh tanaman kepala dan pinang.
  • Akar serabut besar, pada jenis akar serabut ini memiliki ciri akar yang besar dan biasanya dimiliki oleh tanaman pandan.

Perbedaan tanaman kedelai dengan tanaman lain dapat dilihat dari pembentuk akarnya yang mampu membentuk nodul-nodul berguna sebagai pemikat bakteri Rhizobium japonicum.

Dari kegiatan ini akan terjadi proses simbiosis mutualisme (saling menguntungkan) karena adanya bakteri Rhizobiumjaponicum tanaman kedelai akan memperoleh unsur hara secara maksimal dan keuntungan untuk bakteri Rhizobium japonicum adalah memperoleh tempat tinggal dibagian akar tanaman kedelai.

Batang tanaman kedelai

Ciri ciri kacang kedelai selanjutnya adalah batangnya, pada tanaman kedelai batang mempunyai beberapa fungsi diantaranya sebagai penyokong tanaman kedelai, sebagai alat pengangkung makanan dan diantarkan keseluruh tubuh tanaman, sebagai alat pengangkut unsur hara dan air yang di ambil dari akar dan diantarkan kedaun untuk proses fotosintesis dan sebagai alat penafasan tanaman kedelai.

Pada tanaman kedelai batang terbagi menjadi dua tipe yaitu batang determinate dan batang Indeterminat, dari kedua tipe tersebut mengalami masa pertumbuhan yang berbeda-beda tergantung jenis kacang kedelai yang dibudidayakan. Dibawah ini akan kami jelaskan kedua tipe tersebut secara lebih detail, yaitu :

  1. Determinate

Pertama kali kami akan menjelaskan tipe determinate, pengertian secara singkat tipe ini adalah jenis kacang kedelai yang mengalami pembentukan atau pertumbuhan bunga dalam waktu bersamaan dan akan mengalami pemberhentian pertumbuhan. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa jenis kacang kedalai yang memiliki tipe ini akan berbuah hanya sekali saja lalu mati.

Ciri ciri kacang kedelai tipe determinate antara lain :

Proses panen hanya dapat dilakukan sekali saja karena tanaman kedelai akan mati setelah itu. Pada tanaman kedelai tipe ini, setelah masuk pembentukan bunga atau buah maka kegiatan fotosintesi/pemasakan makanan akan berfokus pada kegiatan ini saja, jadi proses pertumbuhan batang akan mengalami pemberhentian secara total.

Loading...

Dilihat dari ukuran pangkal bantang sampai ujung batang memiliki ukuran yang hampir sama, biasanya kacang kedelai tipe ini akan memiliki batang yang pendek dan ukuran daun sama semua.

Indeterminate

Pada ciri ciri kacang kedelai batang tipe Indeterminate atau lebih dikenal dengan pertumbuhan tanaman tak terhingga, berbeda halnya dengan tipe diatas. Jika tanaman tipe determinate akan berhenti tumbuh setelah tanaman masuk fase berbunga atau pembentukan buah, beda halnya dengan tipe ini walaupun tanaman masuk fase pembentukan bunga atau buah proses pertumbuhan tanaman tetap berjalan.

Loading...

Maka dari tanaman kedelai tipe ini mampu dipanen berkali-kali  karena setelah panen pertama, tanaman ini akan tetap mengalami pembentukan buah atau bunga sepanjang musim tanaman kacang kedelai. Oleh karena itu kacang kedelai tipe ini memiliki ukuran tanaman yang lebih besar dibandingkan tipe determinate.

Jadi dari kedua tipe tersebut dapat kita simpulkan bahwa batang tanaman kedelai memiliki dua tipe yaitu determinate dan indeterminate. Artinya tanaman dengan tipe determinate akan berhenti tumbuh apabilan tanaman sudah masuk fase generatif atau pembentukan buah, berbeda halnya dengan tanaman kacang kedelai dengan tipe inderteminate yang akan tetap tumbuh walaupun tanaman masuk fase generatif atau pembentukan buah.

Selain itu dari segi ukuran batang atau tanaman, kacang kedelai dengan tipe determinate akan memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan tanaman kacang kedelai tipe inderteminate.

Bunga pada tanaman kedelai

Ciri ciri kacang kedelai dapat dilihat daribunganya, secara umum bunga pada tanaman kedelai berfungsi sebagai alat reproduksi generatif. Dari fungsi ini kami akan merangkung beberapa bagian-bagian dari bunga yaitu :

  1. Tangkai bunga, pada tanaman kedelai tangkai bunga memliki fungsi sebagai tempat melekatnya mahkota bunga.
  2. Dasar bunga, pada bagian dasar bunga memiliki fungsi yang sama dengan tangkai bunga yaitu sebagai tempat melekatnya mahkota bunga
  3. Kelopak bunga, pada tanaman kedelai kelopak bunga memiliki fungsi sebagai pelindung bunga saat masih dalam keadaan kuncup atau belum mekar
  4. Mahkota bunga, pada kacang kedelai dan tanaman lain mahkota bunga berfungsi sebagai pemikat atau menarik perhatian serangga agar mau mendekat. Serang sendiri dapat dijadikan sebagai saran pendukung proses penyerbukan bunga.
  5. Putik, pada tanaman kedelai dan tanaman lain putih berfungsi sebagai alat reproduksi kelamin betina. Dalam putik memiliki beberapa bagian antaranya kepala putih, tangkai putik, bakal buah dan baka biji.
  6. Benang sari, sebaliknya dari putik yaitu sebagai alat reproduksi kelamin jantan

Daun pada tanaman kedelai

Ciri ciri kacang kedelai selanjutnya dapat diliha tdari daunnya, pada tanaman kedelai daun memiliki beberapa fungsi diantaranya sebagai tempat fotosintesis atau pemasakan makanan pada tanaman kedelai,

sebagai organ tanaman yang berguna untuk bernafas karena terdapat stomata yang berfungsi sebagai tempat pertukaran udara co2 dan o2, tempat terjadinya penguapan air dan tempat terjadi penetasan air melalui lubang hidatoda yang berada diujung daun.

Didalam proses pertumbuhan daun pada kacang kedelai memiliki dua fase yaitu kotiledon dan trifoliae leaves.

Dari kedua fase tersebut mengalami pertumbuhan yang berbeda-beda jika fase kotiledon terjadi pada saat tanaman masih berkecambah, sedangkan fase trifoliae leaves terjadi pada kacang kedelai yang sudah melewati masa pertumbuhan.

Dilihat dari bentuk daunnya, tanaman kedelai memiliki dua bentuk yang berbeda yaitu bulat oval dan lancip.

Dari perbedaan bentuk daun ini diakibatkan oleh faktor genetik atau keturunan dan untuk warna daun biasanya hampir sama yaitu hijau cerah karena mengandung klorofil tinggi yang mengakibatkan daun berwarna hijau.

Ciri ciri kacang kedelai secara umum dapat diperhatikan dari penjelasan kami dibawah ini, yaitu :

Tanaman kedelai biasanya memiliki batang yang merambat, termaksud dalam keluarga perdu atau tanaman yang memiliki ketinggian dibawah enam meter, akar pada tanaman kacang kedelai tunggang dan serabut,

memiliki daun berwarna hijau karena terdapat kandungan klorofil, buah pada kacang kedelai panjang dalam setiap buah mampu menghasikanl tiga sampai lima butir biji dan bunga pada tanaman kedelai bewarna ungu kemerah-merahan.

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Kacang kedelai, semoga sedikit info ini dapat membantu anda dalam memahami kacang kedelai. Kami selaku pihak SawonBudidaya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf atas kekurangan tulisan ini.

Artikel Terkait

Ciri Tanaman Singkong ( Akar, Batang, Daun dan Bunga) SawonBudidaya

Ciri ciri Tanaman Jagung (Akar, Batang, Daun,Tongkol) SawonBudidaya

Ciri ciri Tanaman Padi (akar, batang, daun, bunga, daun) dan Jenis Padi

Ciri ciri Tanaman Kakao dari Akar, Batang, Daun dan Buahnya

Ciri ciri Tanaman Bayam Dari Akar, Batang, Daun Dan Bunga

Satu pemikiran pada “Ciri ciri Kacang Kedelai Terlengkap Dari Akar, Batang, Bunga dan Daun

Tinggalkan Balasan