Ciri ciri Tanaman Jagung (Akar, Batang, Daun,Tongkol) SawonBudidaya

Ciri ciri Tanaman Jagung – Kembali lagi bersama SawonBudidaya,untuk kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai ciri ciri tanaman jagung.

Sebelum itu kami akan membahas sedikit sejarah dari tanaman ini,menurut para ahli jagung adalah tanaman biji-bijan yang berasal dari negara besar yaitu Amerika, namun mengalami peredaran yang cukup luas termasud Asia salah satunya Indonesia.

Tanaman ini cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia, penyebabnya karena jagung merupakan bahan pangan pokok kaya karbohidrat selain beras atau nasi.

Selain itu karena nilai jualnya cukup terjangkau banyak masyarakat Indonesia lebih memilih mengkonsumsi jagung dibandingkan beras atau nasi.

Nah setelah anda mulai mengenal apaa itu jagung ? kami akan menjelaskan kembali topik utama artikel ini yaitu ciri ciri tanaman jagung.

Namun sebelum itu kami akan menjelaskan sedikit informasi mengenai pengelompokan tanaman jagung berdasarkan umur tanaman dan morfologi biji tanaman jagung.

Pengelompokan atau Jenis Tanaman Jagung Berdasarkan umur tanaman dan morfologi biji tanaman jagung, yaitu :

Menurut umur tanaman jagung

Umur 75 sampai 90 hari ( genjah)

Jenis tanaman jagung genjah sering dipilih oleh petani karena masa panen cepat dibandingkan jagung jenis lainnya. Hal ini karena proses penanam jagung genjah dilakukan setelah masa panen padi, maka diperlukan jenis jagung yang dapat dipanen dalam jangka waktu dekat sebelum melakukan penanaman padi selanjutnya.

Namun ada beberapa petani yang menggunakan jenis jagung genjah sebagai tanaman antar musim dengan tembakau, ada juga petani yang menanam jagung genjah melibatkan tanaman jagung dan kacang hijau ditanam dalam arean lahan sama contohnya didaerah madura dan jawa timur.

Loading...

Umur  90 sampai 120 tanaman jagung

Jenis jagung hibrida diperoleh dari perkawinan silang antara jenis jagung daerah

Tropika dan jenis jagung daerah Amerika selatan yang di publikasikan pada tahun 1983.Tanaman ini biasanya tumbuh rambut diatas umur lima puluh delapan hari dandapat dipanen sekitar umur 90 sampai 120 hari.

Kami akan menjelaskan beberapa ciri dari jenis jagung hibrida yaitu

  1. Tanaman jagung hibrida memiliki batang yang tinggi dan kokoh
  2. Jenis jagung ini memiliki daun berwarna hijau tua
  3. Tanaman ini memiliki tongkol besar dan biji setengah mutiara berwarna kuning kemerahan.

Jenis jagung ini sangat tahan terhadap berbagai serangan penyakit salah satunya penyakit bulai, dan jenis jagung hibrida sangat cocok ditanaman pada daerah dataran rendah dengan elevasi mencapai 500 meter diatas permukaan laut.

2. Jenis jagung berdasarkan bentuk biji yaitu :

  1. Jenis jagung mutiara

Ciri khusus dari jenis jagung ini dapat dilihat dari ukuran biji yang tidak terlalu besar dan bagian round top, hampir seluruh bagian dari biji jagung mutiara mengandung tepung yang hard. Jenis jagung ini memiliki masa panen yang lebih cepat dibadingkan jenis lainnya, dan tingkat pengonsumsinya sangat tinggi karena memiliki kualitas sangat baik untuk dikonsumsi.

Jenis Denct Corn

Tanaman jagung berikut adalah Denct Corn, jenis jagung ini memilki nama lain yaitu gigi kuda hal ini karena bentuk biji jagung mirip dengan gigi kuda. Warna biji denct corn adalah yellow, white and red. Tanaman ini memiliki batang yang kokoh dan tongkol cukup besar.

Jagung Manis (Sweet Corn)

Untuk jenis jagung selanjutnya adalah jagung manis, dari pemberian namanya saja kita sudah bisa menebaknya kalau jagung ini memilikirasa yang manis saat dikonsumsi.

Hal ini karena jenis jagung ini mengadung glukosa atau kadar gula lebih tinggi dibandingkan jenis jagung lainnya.

Jagung pod

Jenis jagung satu ini sangat jarang ditemui karena sifatnya yang masih primitif sehingga kurang diminati petani untuk dibudidayakan.

Biasanya jenis jagung memiliki ciri yang sangat mudah dilihat secara kasat mata, salah satunya adalah kulit daun atau kelobot yang membungkus buah jagung dalam ukuran kecil.

Ciri ciri Tanaman Jagung

Setelah kami membahas beberapa jenis tanaman jagung berdasarkan umur penanaman dan bentuk biji jagung, selanjutnya kami akan membahas topik utama dari artikel ini ciri ciri tanaman jagung yaitu :

Ciri ciri Tanaman Jagung : Akar Jagung

Jenis akar dari tanaman jagung adalah serabut, akar serabut dibagi menjadi 3 type serabut seminal, serabut adventif dan serabut kait.

Ciri ciri tanaman jagung akar seminal secara sederhana memiliki arti yaitu proses pertumbuhan akar pada tahap awal dimulai dari biji hingga proses tumbuh kecambah atau dari radikula sampai embrio.

Selanjutnya adalah penjelasan mengenai akar adventif, atau lebih sederhananya adalah akar tunjang dan akar ini biasanya tumbuh sedalam empat meter didalam tanah.

Akar serabut kait atau udara merupakan akar yang tumbuh keluar kepemukaan tanah mencapai 2 atau lebih. Sebenarnya pertumbuhan akar kait atau udara sangat dipengaruhi oleh kesuburan tanah itu sendiri.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan atau kesuburan tanaman jagung yaitu (Depth penanaman) memperhatikan jenis jagung yang ditanam, keadaan lahan atau tingkat kandungan yang ada diddalam tanah,

ketersediaan air dan takaran pupuk yang diberikan. Didalam proses budidaya anda memerlukan beberapa faktor diatas sebagai kunci awal penanaman jagung

Artikel Terkait :

Ciri ciri Tanaman Jagung : Batang

Ciri ciri tanaman jagung kedua adalah batang dan daun,  batang tanaman ini tidak memiliki cabang, bentuk batang cylinder (Elips) dan terdiri dari ruas (bagian batang antara dua daum) serta buku ruas ( tempat melekatnya daun).

Pada tempat melekatnya daun atau buku ruas terdapat tunas yang akan tumbuh menjadi tongkol ( organ betina yang berguna sebagai produktif buah jagung).

Tanaman jagung memiliki tiga bagian pada batangnya, yaitu bagian luar atau kulit batang (epidermis), bagian batang dalam ( pembuluh darah/ bundles vaskuler) dan bagian paling dalam atau inti (pusat batang/pith).

Ciri ciri Tanaman Jagung : Daun

Ciri ciri tanaman jagung selanjutnya adalah daunnya, pada umumnya tanaman jagung memiliki jumlah daun yang sama dengan jumlah buku ruas.

Namun secara umum jumlah daun jagung mencapai sepuluh sampai delapan belas (10-18) helai daun.

Tanaman jagung yang ditanam pada daerah tropis dengan daerah beriklim sedang akan memiliki jumlah daun berbeda. Jenis daun dikelompokkan berdasar lebar daun, berikut penjelasan mengenai pengelompokan daun jagung yaitu :

  1. Daun sangat sempit, biasanya dimiliki oleh tanaman jagung yang memiliki ukuran atau lebar daunkurang dari lima (5) cm.
  2. Daun sempit, biasanya dimiliki oleh tanaman jagung yang memiliki ukuran atau lebar daun dengan ukuran lima koma satu sampai tujuh(5,1sampai 7) cm.
  3. Daun sedang,  biasanya dimiliki oleh tanaman jagung yang memiliki ukuran atau lebar daun dengan ukuran tujuh koma satu sampai sembilan(7,1 sampai 9) cm.
  4. Daun sangat lebar, biasanya dimiliki oleh tanaman jagung yang memiliki ukuran atau lebar daun dengan ukuran lebih dari sebelas (11) cm.

Ujung dari daun jagung memiliki perbedaan berdasarkan letak posisi daun,yaitu bentuk ujung daun runcing, bentuk ujung daun runcing agak bulat, bentuk ujung daun bulat, bentuk ujung daun bulat tumpul dan bentuk ujung daun tumpul.

Ciri ciri Tanaman Jagung : Bunga           

Ciri ciri tanaman jagung berikutnya adalah bunga, tanaman jagung memiliki bunga yang berfungsi sebagai crown (mahkota tanaman). Crown memiliki peran penting dalam proses pembentukan buah jagung,

mahkota jagung memiliki dua/2 alat kelamin yaitu jantan dan betina yang akan berfungsi saat proses penyerbukan tanaman sehingga menghasilkan pati dan akan membentuk tongkol atau calon buah jagung nantinya.

 Dari proses perkawinan antara mahkota jantan dan betina akan menghasilak Pollen atau serbuk sari, mahkota jatan menghasil Pollen sel vegetatif atau proses perkawinan atau aseksual ( tanpa terjadinya peleburan antara kelamin jantan dan betina.

Didalam dunia vegetatif dapat terjadi secara alami dan buatan, alami dan buatan pastinya anda sudah tahu maka kami tidak akan menjelaskan hal tersebut. Dinding dari kelamin jantan memiliki dua lapis yaitu bagian dalam (intine) dan bagian luar (exine) yang berguna untuk mencegah terjadinya dehidrasi tanaman.

 Artikel terkait :

Proses penyerbukan tanaman jagung dapat dikatakan berhasil apabila pollen atau serbuk sari jatan melekat pada rambut tongkol atau kelamin betina.

Sebenarnya jagung termaksud jenis tanaman yang sangat membutuhkan penyerbukan dari tanaman lain, karena dari hasil study dapat dibukti tingkat keberhasilan tanaman jagung berbuah mencapai sembilan puluh lima persen (95%)  karena penyerbukan tanaman lain.

Sedangkan untuk keberhasilan tanaman jagung dalam penyerbukan sendiri hanya mencapai lima persen (5%) saja.

 Ciri ciri Tanaman Jagung : Tongkol

Ciri ciri tanaman jagung terakhir adalah tongkol atau kelamin betina, pada setiap satu tanaman jagung memiliki 2 atau lebih tongkol tergantung dari jenis tanaman jagung itu sendiri.

Biasanya tongkol akan ditutupi oleh kulit jagung atau daun kelebot, tongkol pada bagian bawah dan atas akan memiliki ukuran berbeda biasanya tongkol yang berada diatas akan lebih besar dibading yang berada dibawah namun tergantung pertumbuhan tongkol jagung itu sendiri.

Lalu untuk masalah jumlah barisan biji biasanya berjumlah sepuluh sampai enam belas (10 hingga 16) dan selalu berjumlah genap. Biji pada tanaman jagung merupakan salah satu ciri ciri tanaman jagung khusus karena hanya dimiliki oleh tanaman ini saja.

Jagung memiliki tiga bagian pada bijinya yaitu pericarp atau bagian biji/ lapisan luar yang memiliki ketebalan rendah/tipis fungsi menjaga agar calon buah tidak terganggu oleh hama dan kekurangan air,

bagian biji jagung selanjutnya adalah endosperm, berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan dan terkahir adalah embrio berfungsi sebagai miniatur tanaman yang terdiri dari plamule, akar radikal, scutelum, dan koleoptil.

Syarat Tumbuh Tanamn Jagung 

Disini kami akan menjelaskan juga apa saja syarat tumbuh tanaman jagung dari iklim yang sesuai, elevasi dan media tanaman yang tepat dalam budidaya jagung.

1.Iklim yang tepat untuk budidaya jagung

Iklim yang cocok dari syarat tumbuh tanaman jagung yaitu daerah yang memiliki iklim tropis karena tanaman jagung menyukai daerah yang sedikit panas namun anda dapat memberi air tambahan sebagai pelembaban tanaman sebelum menanamnya agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik dan tidak terjadi kecacatan saat masa pertumbuhanya.

2.Elevasi atau ketinggi tanah yang sesuai

Selanjutnya dari syarat tumbuh tanaman jagung yaitu ketinggian lokasi budidaya, meskipun sebenarnya tempat yang rendah atau tinggi tidak mempengaruhi proses pertumbuhan tanam  jagung namun kami lebih menyarankan pada anda memilih daerah yang memiliki ketinggian mencapai  0-600 meter diatas permukaan laut.

3.Media tanam yang sesuai untuk budidaya jagung 

Syarat tumbuh tanaman jagung selanjutnya media tanam, hal ini sangat penting karena yang mana jagung bisa tumbuh subur maka dari itu tanah yang digunakan harus lah memiliki tekstur gembur dan kaya akan unsur hara  agar tanaman mendapat bahan fotositensis secara maksimal.

Untuk lebih jelasnya silahkan klin link berikut ini mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Jagung 

Sekian informasi dari kami mengenai Ciri ciri Tanaman Jagung, kami sangat berharap saran kritik anda agar blog ini dapat memberikan postingan lebih baik lagi selanjutnya.

Semoga sedikit info ini akan bergunabagi anda semua kami selaku pihak SawonBudidaya mengucapkan terima kasihsebanyak-banyak atas perhatiaan anda.