Ciri Tanaman Singkong ( Akar, Batang, Daun dan Bunga) SawonBudidaya

Ciri Tanaman Singkong – Jumpa lagi bersama kami SawonBudidaya,pada kesempatan sebelumnya kami sudah membahas mengenai manfaat tanaman singkong.

Maka kali ini kami akan membahas topik tentang singkong, namun lebih tepatnya ciri tanaman singkong. Tanaman cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia, karena harga jualnya yang sangat terjangkau.

Tanaman singkong memiliki nama latin yaitu Manihot esculenta, sehingga masuk dalam keluarga umbi akar atau dengan kata sederhananya akar dari singkong dapat dikonsumsi.

Akar singkong sendiri memiliki panjang mencapai lima puluh sampai delapan puluh CM,namun tergantung pada jenis singkongnya sendiri warna dari daging singkong putih kekuning-kuningan dan singkong merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae.

Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

Kandungan Tanaman Singkong

Menurut ahli tanaman singkong sangat baik untuk kesehatan tubuh karena dapat membantu antioksidan, antikanker, antitumor, dan menambah napsu makan dan bagian dari singkong yang sering dikonsumsi adalah umbi dan daunnya. Artikel Terkait Manfaat Tanaman Singkong 

Terdapat kandungan lain yang akan anda dapat setelah mengkonsumsi tanaman singkong diantaranya adalah Kalori 121 kal, Air 62,50 gram, Fosfor 40,00 gram,Karbohidrat 34,00 gram, Kalsium 33,00 miligram, Vitamin C 30,00 miligram, Protein 1,20 gram, Besi 0,70 miligram, Lemak 0,30 gram dan Vitamin B1 0,01 miligram.

Tanaman singkong  mempunyai fungsi banyak yaitu:

  1. Sumber karbohidrat.
  2. Sumber Vitamin B-Kompleks.
  3. Singkong adalah salah satu sumber utama dari beberapa mineral penting seperti seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan.
  4. Mencegah Kanker.
  5. Mengatur tekanan darah dan denyut jantung.

Ciri Tanaman Singkong

Baiklah kami akan langsung menjelaskan beberapa ciri tanaman singkong, yaitu :

Loading...

Akar tanaman Singkong

Ciri tanaman singkong yang pertama adalah akar, dari beberapa hal yang menarik dari singkong adalah akarnya kenapa begitu ? karena singkong memiliki akar serabut lalu memiliki beberapa cabang, fungsi dari akarnya sendiri sebagai penyimpan cadangan makanan. Maka akar tersebut akan mengalami pertumbuhan atau pembesaran.

Tanaman singkong memiliki panjang akar mencapai mencapai lima puluh sampai delapan puluh CM tergantung dari jenis singkong, warnanya putih kekuning-kuningan.

Batang Tanaman Singkong

Ciri tanaman singkong kedua adalah batangnya, singkong memiliki batang bulat berwarna coklat pada bagian luarnya dan berwarna putih pada bagian dalamnya. Batang singkong memiliki diamter mencapai dua sampai 4 cm tergantung jenis singkongnya dan batangnya beruas-ruas.

Daun Tanaman Singkong

Ciri tanaman singkong ketiga adalah daunya, tanaman singkong memiliki permukaan daun rata, tulang daun menjari, jenis daun tunggal, bentuk daun lingkaran, daun berwarna hijau (berklorofil), tangkai daun berwarna merah, ujung daun lancip, tangkai daun panjang, berwarna kemerahan. Biasanya daun singkong sering diolah menjadi sayuran atau lalapan untuk makan.

Bunga Tanaman Singkong

Ciri tanaman singkong selanjutnya adalah bunganya, sebenarnya bunga dapat tumbuh pada tanaman singkong yang sudah berumur tua sehingga jarang sekali menemukan bunga tanaman ini.

Bunga berukuran sangat kecil, berwarna putih, kelopak berjumlah 5 buah berwarna hijau dan berukuran lebih besar dari ukuran bunga, bunga tidak memiliki alat kelamin jantan maupun betina.

Sekian Informasi dari kami mengenai Ciri Tanaman Singkong, Semoga Sedikit info ini dapat membantu anda dalam memahami tanaman singkong lebih dalam. Kami sekalu penulis SawonBudidaya mengucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Artikel Terkait :