Syarat Tumbuh Tanaman Kentang( Tips Budidaya Kentang )

Syarat tumbuh tanaman kentang – Jumpa lagi bersama kami SawonBudidaya, pada kesempatan ini kami akan membahas beberapa syarat tumbuh tanaman kentang yang dibutuhkan agar rencana budidaya kentang yang akan anda lakukan berjalan lancar. Sebelum kami menjelaskan syarat tumbuh kentang ada baiknya jika anda mengenal sedikit tentang kentang tanaman satu ini  merupakan salah satu komponen dalam memanjakan petani sebagai bisnis jual belikan atau sebagai kebutuhan sehari-hari dan kentang biasanya diolah menjadi kebutuhan tambahan masakan sayur

Kentang merupakan jenis tanaman yang mempunyai kabohidrat yang cukup tinggi, di negara kita Indonesia sebagian tanaman kentang diolah menjadi makanan ringan yang berbentuk kemasan yang dijual di warung kecil hingga sampai dijual di Supermarket, maka dari itu bila anda berniat menanam tanaman kentang sebagai bisnis jual beli,  hal ini akan menjadi peluang besar bagi anda yang akan memulai budidaya tanaman kentang nantinya.

Saran penting agar tanaman kentang dapat tumbuh dengan mudah  tentunya lokasi budidaya  yang sesuai dengan syarat tumbuh tanaman kentang, hal tersebut akan menunjang atau meningkatkan keberhasilan budidaya anda nantinya.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Kakao

Sesudah kami menjelaskan sedikit tentang kentang lansung saja kami akan memberi beberapa Syarat Tumbuh Tanaman Kentang sesuai dengan kebutuhan  tanaman, berikut penjelasan dibawah ini.

Syarat Tumbuh Tanaman Kentang 

Dibawah ini akan kami jelaskan apa saja syarat tumbuh tanaman kentang, yaitu :

Ketinggian tempat yang cocok tanaman kentang

Kentang dapat tumbuh dengan baik didaerah tropis maupun subtropis dan ketinggian tempat pada daerah subtropis mencapai 500 sampai dengan 300 mdpl, lain dengan didaerah tropis yang dibutuhkan dengan ketinggian optimal mencapai 1300 mdpl. Pemilihan lokasi yang memiliki ketinggian ideal akan meningkatkan keberhasilan budidaya kentang anda nantinya.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Jagung

Loading...

Tanah yang cocok bagi tanaman kentang

Tanaman kentang dapat tumbuh dengan baik pada tanah liat serta memiliki tekstur tanah gembur subur dan meiliki debu berpasir, tanah yang baik mempunyai pH  berkisaran 4,5 sampai 8 yang dibutuhkan bagi tanaman kentang, dan pH tanah yang optimal bagi tanaman kentang adalah 5-6,5 pada pH dibawah 5. Jika anda ingin menghasilakan tanaman kentang dengan optimal, saran kami sebelum melakukan penanaman sebaiknya tanah lahan budidaya kentang diberi kapur demi menghasilkan kadar keasaman stabil.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Tomat

Iklim yang cocok bagi tanaman kentang

Syarat tumbuh tanaman kentang selanjutnya adalah iklim dapat berpengaruh terhadap tumbuh tanaman tersebut, iklim yang baik mempunyai suhu 25-20C, dan sunar matahari yang cukup dapat menjadi factor pertumbuhan akan menjadi baik, berikutnya iklim memiliki kelembaban udara 80-sampai 90 persen.

Tanaman kentang berikutnya membutuhkan tingkat suhu yang sangat berbeda untuk setiap fase nya, agar mendapatkan hasil yang maksimum tanaman kentang membutuhkan suhu optimum yang relative rendah yaitu suhu yang dibutuhkan 15,6 sampai 17,8 C dengan suhu rata-rata 15,5 C.

Selain itu kelembaban udara merupakan bagian terpenting dari syarat tumbuh tanaman kentang jika terlalu rendah maka dapat merusak atau menghambat pertumbuhan tanaman kentang dan perkembangan bunga daun nya.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Padi

Curah hujan yang cocok bagi tanaman kentang

Syarat tumbuh tanaman kentang selanjutnya adalah curah hujan yang cocok berkisaran 1000 mm, dan dengan hujan perbulanya antara 200-300 mm. hal ini karena tanaman kentang membutuhkan banyak air sehingga pembentukan stolon dapat dengan mudah berkembang, jika kekurangan air pada fase tanaman akan mengalami yang namannya penurunan hasil.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Kopi Demi Membantu Proses Budidayanya!

Dan berikutnya kentang adalah suatu tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat oleh hari pendek intensitas dari cahaya yang tinggi, dan suhu pada malam hari yang cukup dan jika suhu yang berlebihan bisa merusak tanaman nantinya, maka dari itu usahan jika anda membudidayakan tanaman kentang harus benar-benar diperhatikan syarat-syarat tumbuhnya, intinya untuk syarat tumbuhnya terutama lokasi yang akan anda pilih terlebih dulu hal ini dampak sebagian besar dari syarat tumbuh tanaman kentang seperti yang sudah kami jelaskan diatas tadi.

Ciri ciri Kentang

dibawah ini akan kami jelaskan apa saja ciri ciri kentang dari akar, batang, daun dan umbi. Simak dibawah ini!

Ciri ciri kentang : Akar Tanaman Kentang

Defenisi Akar Kentang Secara Umum

Ciri ciri kentang yang pertama dapat anda perhatikan dari jenis akarnya, secara umum kentang memiliki dua jenis akar yaitu akar tunggang dan akar serabut. Fungsi dan ciri kedua akar tersebut pun berbeda, biasanya akar tunggang akan tumbuh didalam tanah mencapai empat lima cm menuju inti bumi sedangkan akar serabut lebih dominan tumbuh kepermukaan tanah. Dilihat secara garis besar akar pada tanaman kentang berwarna putih dengan ukuran kecil, fungsinya tentu untuk menyerap air  dan unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam menunjang proses fotosintesis.

Ciri ciri Kentang : Daun Pada Tanaman Kentang

Ciri ciri kentang selanjutnya dapat anda dilihat dari bentuk daunnya, biasanya tanaman kentang memiliki daun berbentuk bulat oval dan pada bagian ujungnya lancip. Pada daun kentang terdapat bulu bulu halus dibawahnya, secara umum daun pada kentang termaksud dalam daun majemuk atau jenis daun yang tumbuh pada satu tangkai dalam jumlah 3 sampai 5 helai daun. Didalam sistem daun majemuk terdapat pembagian antara ibu tangkai daun, tangkai anak daun, anak daun dan upih daun.

Ciri ciri Kentang : Batang Tanaman Kentang

Ciri ciri kentang selanjutnya dapat dilihat dari bentuk batangnya, pada tanaman kentang bentuk batangnnya adalah segi empat namun tidak menutup kemungkinan terdapat bentuk batang berbeda. Hal ini dapat terjadi karena perbendaan jenis kentang yang anda budidayakan, untuk tekstur batang kentang keras namun tidak mengadung serat kayu.

Biasanya warna batang tanaman kentang adalah hijau tua karena mengadung anthosianin yang mampu memberikan pigmen berwarna pada batang. Maka dari itu tanaman kentang masuk dalam kategori tumbuhan herba yaitu tanaman yang memiliki warna dominan hijau cerah, hanya sedikit mengadung serat kayu dan ukuran tanaman yang relatif kecil. Untuk jumlah daun pada tanaman cukup banyak, bagian permukaan batang halus dan biasanya batang kentang memiliki diameter mencapai 11/2.

Ciri ciri Kentang : Umbi Tanaman Kentang

Ciri ciri kentang selanjutnya dapat anda perhatikan dari bentuk umbinya, biasanya untuk tanaman kentang bentuk umbinya tidak teratur ada yang bulat, ada yang oval dan ada juga yang bulat memanjang seperti ubi rambat dan secara umum warna umbi atau buah kentang putih kecoklatan.

Ternyata umbi atau buah kentang memiliki begitu banyak manfaat bagi tanaman itu sendiri, karena didalam kandungan umbi kentang terdapat berbagai macam zat yang tersimpan seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air.

Meskipun kentang mengandung begitu banyak manfaat untuk tanaman itu sendiri, tapi tahukah anda bahwa kentang mengandung zat berbahaya untuk pengonsumsinya yaitu zat solanin yang tidak akan pernah hilang apabila umbi atau buahnya terkena sinar matahari langsung. Sumber Artikel Penjelasan Mengenai Ciri ciri Kentang Terlengkap SawonBudidaya

Artikel Terkait Beberapa Syarat Tumbuh Tanaman Anggur Yang Tepat Bagi Pemula!

Sekian artikel yang sudah kami buat mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Kentang semoga dapat bermanfaat bagi anda yang akan memulai budidaya tanaman sebagai bisnis atau menjadikan tanaman sebagi kebutuhan anda sehari-hari, atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.

Artikel Terkait :

Panduan Cara Menanam Jahe Merah Step by Step Bagi Pemula!

Syarat Tumbuh Tanaman Kedelai Yang Tepat Dan Benar!

Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Agar Berhasil Hingga Panen!

Syarat Tumbuh Tanaman Sawi Agar Dapat Memaksimalkan Hasil Budidayanya!

Panduan Cara Menanam Buah Naga Bagi Pemula!

Panduan Cara Bercocok Tanam Hidroponik Step by Step Secara Baik dan Benar!!

Panduan Cara Menanam Hidroponik Yang Baik dan Benar Untuk Pemula!

Panduan Cara Bercocok Tanam Melon Berkualitas

Panduan Cara Bercocok Tanam Tomat Step by Step