Syarat Tumbuh Tanaman Tomat

Syarat Tumbuh Tanaman Tomat –  Kita ketahui tomat merupakan tanaman setahun, memiliki bentuk buah perdu atau semak dan memiliki buah berwarna merah cerah, rasa dari buah tomat manis agak keasam-asaman.

Sebenarnya tomat merupakan buah beracun dengan kandungan Lycopersicin, namun karena tingkat racun yang dimiliki buah tomat rendah sehingga aman untuk dikonsumsi.

Racun dari buah tomat dapat hilang dengan sendirinya apabila tomat sudah berumur tua, maka dari itu kami sangat menyarankan pada anda agar mengkonsumsi tomat yang sudah matang atau tua saja.

Kita akan membahas kembali syarat tumbuh dari tanaman tomat, jenis tanaman satu ini sebenarnya memiliki begitu banyak manfaat bagi tumbuh kita.

Kami ambil contoh saja, ternyata tomat mampu membantu mencerahkan kulit wajah dengan cara mengoleskannya kewajah atau dengan cara dikonsumsi.

Jika anda merasa penasaran apa saja sih manfaat dari tanaman tomat? Kami akan menulis artikel mengenai manfaat tomat dilain waktu karena artikel ini berfokus pada syarat tumbuh tanaman tomat.

Loading...

Sebelum kami memaparkan apa saja syarat tumbuh tanaman tomat ada baiknya anda tentukan dulu tujuan dari budidaya tomat yang anda lakukan, karena apa ? Jika anda membawa artikel ini maka anda memiliki niat untuk melakukan budidaya tomat bukan atau hanya membaca-baca saja ??

Mungkin kebanyakan dari pembaca artikel ini lebih banyak berfokus untuk membudidayakan entah itu untuk memenuhi kebutuhan pribadi, untuk bisnis atau hanya sekedar hobi saja semua itu kembali keanda lagi.

Intinya disini SawonBudidaya akan berbagai Syarat tumbuh tanaman tomat dengan tujuan membantu anda memilih jenis tanah, ketinggian ataupun iklim yang cocok. Baiklah dibawah ini beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan yaitu :

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Kopi Demi Membantu Proses Budidayanya!

Syarat Tumbuh Tanaman Tomat

Iklim

Tamanan tomat mampu tumbuh dengan baik pada daerah tropis ataupun sub tropis, dengan curah hujan yang ideal untuk budidaya tomat berkisar antara 750 sampai 1,250 mm pertahun.

Jika curah hujan terlalu tinggi akan beresiko besar pada proses persarian menjadi lebih lama  atau lambat. Lalu intensitas penyinaran matahari, sebaiknya daerah yang anda pilih terkena sinar matahari cukup, karena jika intensitas penyinar terlalu rendah dapat mengakibatkan tanaman tomat mudah terserang penyakit.

Nah, beda halnya dengan intensitas sinar matahari tinggi, bukan malah memperburuk tanaman malah menambah kualitas tomat karena apa? Tomat yang terkena sinar matahari tinggi akan menghasilkan vitamin c dan karoten tinggi pula. SawonBudidaya menyarankan pada anda untuk memilih daerah yang terkena sinar matahari mencapai 12 hingga 14 jam perhari.

Loading...

Suhu

Disini kami akan menjelaskan tingkat temperatur atau suhu daerah yang cocok untuk budidaya tomat, tomat dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki tingkat suhu antara 20 sampai 27 derajat celcius. Jika daerah yang anda pilih memiliki tingkat suhu dibawah 10 atau lebih dari 30 derajat celcius, hal ini akan beresiko pada waktu pembentukan buah yang semakin lama.

Kelembaban

Menurut kami tingkat kelembaban suatu daerah yang cocok untuk budidaya tomat adalah 25% karena apa? Dengan tingkat kelembaban segitu maka asupan CO2 yang diperoleh tomat semakin tinggi sehingga proses pemasakan makanan atau fotosintesis akan tinggi pula.

Namun jika tingkat kelembaban terlalu tinggi akan memicu timbulnya penyakit atau hama penggangu yang beresiko mematikan tanaman tomat nantinya.

Ketinggian dan jenis tanah

untuk syarat tumbuh tanaman tomat terakhir adalah ketinggian dan jenis tanah, pertama kami akan membahas dulu mengenai ketinggian lokasi.

Tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik dan maksimal apabila ditanam pada daerah yang memiliki ketinggian antara 0 sampai 1000 meter diatas permukaan laut.

selain itu budidaya tomat cukup baik ditanam pada ketinggian 200 sampai 700 meter diatas pemukaan laut atau tanaman tomat mampu tumbuh dengan baik pada dataran rendah dan datara tinggi.

selanjutnya kami akan membahas jenis tanah yang cocok untuk budidaya tomat, tanaman ini sangat menyukai tanah gembur serta kaya akan unsur hara sebagai bahan fotosintesis atau pemasakan makanan.

Selain itu kadar keasaman atau ph juga perlu diperhatikan, ph tanah yang cocok untuk tanaman tomat adalah 5 sampai 6 atau untuk hasil lebih efisien lakukan proses pengapuran terlebih dulu sebelum melakukan penanaman tomat.

Baiklah sekian informasi dari kami mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Tomat, kami berharap artikel ini mampu membantu bagi anda yang membutuhkannya dan kami sangat berharap kritik serta saran anda semua agar artikel ini menjadi lebih baik lagi terima kasih!

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...