Syarat Tumbuh Tanaman Padi Demi Meningkatkan hasil Budidayanya

Syarat Tumbuh Tanaman Padi – Jumpa lagi bersama SawonBudidaya, kesempatan kali kami akan berbagi informasi mengenai syarat tumbuh tanaman padi. Kita ketahui padi merupakan kebutuhan pokok sehingga melaukan budidaya padi sudah tidak asing lagi. Namun karena perkembangan zaman dan teknologi kini budidaya padi sudah semakin mudah, walaupun begitu tetap saja perlu pemahaman khusus sebelum melakukan budidaya tanaman satu.

Syarat Tumbuh Tanaman Padi

Maka dari itu SawonBudidaya akan membantu anda semua dalam mengetahui hal-hal penting apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan budidaya padi, tanaman ini bisa menjadi bisnis yang sangat memjanjikan apabila anda benar-benar ingin mendalaminya. Kembali lagi keatas padi merupakan kebutuhan pokok ditambah lagi Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok sehari hari. Baiklah tidak perlu panjang kami membahas mengenai padi langsung saja kita pahami syarat tumbuh tanaman padi berikut ini yaitu :

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Kopi Demi Membantu Proses Budidayanya!

Syarat Tumbuh Tanaman Padi

Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai apa saja Syarat Tumbuh Tanaman padi, baik dari iklim, jenis tanah dan ketersediaan air yaitu :

1.Iklim yang cocok untuk tanaman padi

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah iklim, padi dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki suhu panas. Curah hujan rata-rata 200  mm per bulan, dengan distrubusi selama 4 bulan, curah hujan yang dikehendaki per tahun sekitar 1500-2000 mm. Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi 23 o C.  Tinggi tempat yang cocok untuk tanaman padi sekitar 0-1500 m dpl.  Angin akan berpengaruh terhadap proses penyerbukan bunga padi. Karena itu lokasi sawah harus terbuka dan tidak terhalang sehingga angin dapat bertiup dengan bebas.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Agar Berhasil Hingga Panen!

2.Jenis tanah yang cocok Untuk Budidaya padi

Tanah yang baik untuk  pertumbuhan tanaman padi adalah tanah sawah yang kandungan fraksi pasir, debu dan lempung dalam perbandingan tertentu dengan diperlukan air dalam jumlah yang cukup. pH tanah harus berkisar antara 4,0 – 7,0. pH tanah yang tinggi atau diatas 7,0 akan mengurangi hasil produksi.

Loading...

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Kedelai Yang Tepat Dan Benar!

3.Ketersediaan air untuk budidaya padi

Air harus tersedia setiap saat mencukupi untuk mengenangi tanah persawahan. Kekurangan dan kelebihan air akan dapat mengurangi hasil produksi. karena itu di perlukan saluran irigasi yang baik untuk mengatur keluar masuknya air kedalam lahan persawahan yang akan di tanami padi sawah.

Jenis Tanaman Padi 

Dibawah ini kami akan menjelaskan apa saja jenis tanaman padi yang ada di Indonesia berdasarkan kualitas buah padi, berdasarkan beras atau padi yang dihasilkan dan berdasarkan budidayanya.

Padi Berdasarkan kualitas buah atau bijinya :

1.Jenis jenis Padi Hibrida

Tanaman padi hibrida memiliki keunggulan disisi kualitas padi yang lebih baik dari jenis padi lainya, selain itu untuk tingkat keberhasilan budidaya padi lebih baik dan jumlah panen yang dihasilkan lebih banyak 2x lebih banyak dari pada jenis padi pribumi atau lokal.

2. Jenis jenis Padi Unggul

Untuk jenis padi unggul memilikiperingkat dibawah jenis padi hibrida 1 kelas, namun bedanya jenis padi inidengan padi hibrida adalah jika hibrida hanya dapat ditanam sekali beda halnyadengan padi unggul yang dapa ditanam berkali-kali

3. Jenis Padi Lokal

Kelemahan dari padi lokal adalah sulitnya mencari daerah yang sesuai untuk budidaya, karena padi ini membutuh daerah yang benar-benar sesuai agar budidaya yang anda lakukan berjalan lancar.

Padi berdasarkan beras atau padi yang dihasilkan:

1.Jenis jenis padi ketan

Untuk jenis padi berdasarkan beras yang dihasilkan pertama adalah padi ketan, untuk bentuk dan cara pengolahan hampir sama dengan beras yang lainnya namun untuk masalah tekstur padi ketan lebih lengket dari beras nasi.

2.Jenis jenis padi wangi

Untuk jenis padi wangi ini lebih dapat dilihat dari aroma padi yang dihasilkan, karena jenis padi ini lebih menghasilkan padi dengan aroma yang lebih wangi dari jenis padi lainnya. Kami akan memberikan contoh padi wangi yaitu padi pandanwangi.

3.Jenis jenis padi pera

Jenis jenis padi selanjutnya yaitu padi pera, padi ini memiliki tekstur nasi yang lebih keras dari padi lain hal ini karena kandungan amilosa yang sangat tinggi sehingga teksturnya lebih keras.

Padi berdasarkan cara budidayanya yaitu :

1.Jenis  padi gogo

Untuk jenis padi yang satu ini ditanam diladang atau kebun, kalau biasanya budidaya padi disawah dan memerlukan irigas ibaik beda halnya dengan padi gogo yang tidak memerlukan itu semua. Padi gogo mampu tumbuh dengan baik pada daerah tadah hujan, seperti didaerah Lombok.

Ciri ciri Tanaman Padi 

dibawah ini kami akan menjelaskan sedikit informasi mengenai ciri ciri tanaman padi, yaitu :

1.Bentuk akar tanaman padi

Ciriciri tanaman padi pertama adalah akarnya, akar merupakan bagian terpenting dari tanaman padi selain batang, buah, bunga dan daun. Hal ini karena akar sanga tdibutuhkan tanaman padi, fungsi akar adalah untuk memperkokoh tanaman padi agar berdiri tegak dan sebagai alat penyerap bahan pembuatan makanan seperti air dan beberapa unsur hara.

2.Bentuk daun tanaman padi

Ciri ciri tanaman padi selanjutnya adalah daun, pada daun tanaman padi mengandung zat klorofil sehingga membentuk warna daun menjadi hijau. Apa itu klorofil? Zat pengubah warna atau pigmen hijau sehingga mampu mengubah warna daun menjadi hijau dan membantu tanaman agar dapat melakukan fotosintesis, dilihat secara ilmia klorofil berisi hidrokarbon yang panjang. Kenapa klorofil berwarna hijau? Hal ini karena fungsi dar iklorofil selain untuk membantu fotosintesis ternyata juga mampu menyerap cahaya baik warna merah maupun biru tetapi pada warna hijau klorofil hanya mampu memantul cahaya layaknya cermin.

3.Bentuk Batang Tanaman Padi

Ciri ciri tanaman padi selanjutnya adalah bentuk batang, sebelum kami menjelaskan cirinya ada baiknya ada ketahui dulu apa saja fungsi dari batang tanaman padi. Batang tanaman padi memiliki fungsi sebagai penyalur antara akar dan tanaman padi, karena setelah akar menyerap air dan kandungan unsur hara didalam tanah maka batang akan menjadi tempat penyalurannya sebelum tanaman melakukan kegiatan fotosintesis.

Untuk lebih jelas mengenai Ciri ciri Tanaman padi dan Jenis Tanaman Padi, kami akan memberikan linknya disamping ini (Selanjutnya).

Sekian informasi dari kami mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Padi, semoga artikel dapat bermanfaat bagi anda semua dan kami juga berharap kepada pembaca untuk memberikan saran serta kritik demi memperbaiki tulisan ini dan juga tulisan yang akan kamu update selanjutnya terima kasih.

Artikel Terkait Beberapa Syarat Tumbuh Tanaman Anggur Yang Tepat Bagi Pemula!

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Sawi Agar Dapat Memaksimalkan Hasil Budidayanya!