Syarat Tumbuh Tanaman Kopi Demi Membantu Proses Budidayanya!

Syarat Tumbuh Tanaman Kopi

Syarat Tumbuh Tanaman Kopi – Jumpa lagi bersama kami SawonBudidaya, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai syarat tumbuh tanaman kopi. Sebelum membahas lebih lanjut sebaiknya ada pahami dulu apa itu kopi? Tanaman yang menghasilkan buah atau biji dalam ukuran kecil, biasanya kopi diolah menjadi bubuk dan dihidangkan dalam bentuk minuman atau lainnya.

Tingkat pengonsumsi kopi sangat tinggi, hal itulah yang menjadi budidaya kopi sebagai ladang bisnismenjanjikan. Namun menanam kopi tidak semudah yang anda kira, terdapat beberapa syarat tumbuh tanaman kopi yang perlu anda perhatikan mulai dari mendia tanam, iklim, suhu dan ketinggian daerah.

Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa syarat tumbuh tanaman kopi, mungkin saja dapat membantu anda sebelum memulai membudidayakan kopi.

Artikel Terkait Beberapa Syarat Tumbuh Tanaman Anggur Yang Tepat Bagi Pemula!

Syarat Tumbuh Tanaman Kopi

Hal ini akan sangat berguna bagi anda yang berniat menanam kopi, namun sebelum memahami bagaimana cara menanamnya ada hal-hal penting apa yang perlu diperhatikan ketika hendak mulai menanam kopi.

 

  1. Iklim Yang Cocok Untuk Budidaya Kopi 

Syarat tumbuh tanaman kopi pertama adalah iklim, tanaman kopi sangat menyukai daerah beriklim tropis atau panas. Maka dari itu negara Indonesia merupakan salah satu daerah yang sangat disukat tanaman kopi, hal ini tidak terlepas dari letak negara kita yang tepat berada digaris khatulistiwa beriklim tropis. Selain itu Indonesia juga memiliki kondisi tanah yang subur sehingga anda tidak perlu khawatir mengenai perawatan dan pemeliharaan tanaman kopi nantinya.

Memperhatikan tingkat curah hujan juga sangat, karena apa? Beda jenis kopi beda pula kebutuhan tingkat hujannya. Kopi dengan jenis arabika sebaiknya anda menanamnya pada daerah yang memiiki curah hujan antara 1000 sampai 1500 mm pertahun, sedangkan untuk jenis kopi robusta membutuhkan tingkat curah hujan mencapai 2000 mm pertahun. Jika anda berniat melakukan budidaya kopi jenis arabika pada daerah yang memiliki ketinggian mencapai 1000 m diatas permukaan laut dengan iklim musim kering pendek, kami sangat melarang hal itu karena apa? Jenis kopi arabika membutuhkan daerah dengan iklim kering panjang sehingga masa pertumbuhan dan pembentukan buah dapat maksimal.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Kedelai Yang Tepat Dan Benar!

2. Suhu Yang Cocok Untuk Budidaya Kopi

Syarat tumbuh tanaman kopi kedua adalah suhu, kita ketahui suhu adalah kondisi udara yang dingin atau panas dalam suatu wilayah/daerah. Setiap jenis kopi membutuhkan suhu yang berbeda, untuk kopi arabika akan tumbuh dengan baik jika ditanam pada daerah yang memiliki suhu udara mencapai 16 sampai derajat celcius sedangkan kopi robusta akan tumbuh maksimal bila ditanam pada daerah dengan suhu udara antara 20 sampai 28 derajat celcius.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Agar Berhasil Hingga Panen!

3. Ketinggian Daerah Yang Cocok Untuk Budidaya Kopi

Syarat tumbuh tanaman kopi ketiga adalah ketinggian daerah, sebenarnya tinggi rendahnya daerah budidaya tidak dapat mempengaruhi masa pertumbuhan tanaman kopi namun lebih dipengaruh oleh suhu udara seperti yang sudah kami jelaskan diatas.

Biasanya daerah dataran tinggi memiliki suhu udara dingin sedangkan daerah dataran rendah memiliki suhu lebih hangat atau kering, maka dari itu lakukan pemilihan daerah yang memiliki ketinggian ideal untuk budidaya kopi anda. Setiap jenis kopi yang berbeda tentu membutuhkan ketinggian daerah yang berbeda pula, hal itu tidak terlepas dari kebutuhan suhu udara pada setiap tanaman kopi.

Untuk jenis kopi arabika akan tumbuh dan berbuah secara maksimal apabila ditanam pada daerah dengan ketinggian 800 sampai 1500 meter diatas permukaan laut, sedangkan untuk jenis kopi robusta akan lebih baik bila ditanam pada daerah yang memiliki ketinggian antara 400 sampai 800 meter diatas permukaan laut.

Artikel Terkait Panduan Cara Menanam Jahe Merah Step by Step Bagi Pemula!

4. Daerah Yang Cocok Untuk Budidaya Tanaman Kopi

Syarat tumbuh tanaman kopi selanjutnya adalah kondisi suatu daerah, kita ketahui setiap daerah belum tentu memiliki kondisi yang sesuai untuk budidaya kopi maka dari itu tahap pemilihan daerah harus benar-benar anda perhatikan bila ingin menghasilkan buah kopi kualitas terbaik.

Disini kami akan memberikan beberapa contoh kondisi daerah yang tidak ideal dan cara mengatasinya, pertama kita ambil daerah yang memiliki tanah yang kurang subur maka anda dapat mengatasinya dengan memberikan tambahan pupuk organik atau anorganik demi memenuhi kebutuhan pakan tanaman kopi. Selain itu kita ambil contoh lagi daerah yang tidak ideal untuk budidaya kopi adalah daerah yang memiliki angin cukup kencang, maka anda dapat mengatasinya dengan menanam tanaman yang dapat melindungin kopi dari tiupan angin tersebut. Tanaman yang dapat ditanaman adalah lamtoro, dadap, serta sengon laut.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Sawi Agar Dapat Memaksimalkan Hasil Budidayanya!

5. Media Tanam Kopi

Syarat tumbuh tanaman kopi berikutnya adalah media tanam, bagian terpenting dari media tanam yaitu tanah. Sebaiknya pilih tanah yang akan nutrisi serta unsur hara sehingga kebutuhan pangan kopi dapat tercukupi. Jika pemenuhan pakan kopi tercukupi tentu masa pertumbuhan dan pembentukan buah kopi dapat maksimal.

Selain itu anda juga perlu memperhatikan tingkat keasaman tanah atau PH, sebaiknya pilih tanah yang memiliki kadar keasaman mencapai 5,5 sampai 6,5 ph jika lebih atau kurang sebagai media tanam melewati tahap pengapuran yang berguna mestabilkan kondisi ph tanah.

Tambah pupuk juga sangat penting bila tanah yang anda pilih kurang subur, kami menyarankan pada anda untuk menggunakan pupuk Ca(PO)2 dan Ca(PO3)2.

Kondisi tanah yang baik untuk penanaman kopi dianjurkan tanah yang memiliki top soil atau kandungan organik yang tebal. Biasanya tanah seperti ini banyak terdapat di dataran tinggi. Tingkat keasaman atau derajat keasaman (pH) tanah yang dianjurkan untuk tanaman kopi sekitar 5,5 – 6,5 . Jika keadaan tanah terlalu asam maka dapat kita

Sekian informasi dari kami mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Kopi, semoga artikel dapat bermanfaat bagi anda semua. Jika anda salah kata kami mohon maaf dan terima kasih atas perhatiaan anda.

 

Artikel Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*