Beberapa Syarat Tumbuh Tanaman Anggur Yang Tepat Bagi Pemula!

Syarat Tumbuh Tanaman Anggur

Syarat Tumbuh Tanaman Anggur – Jumpa lagi bersama kami SawonBudidaya, kali ini kami akan membahas sedikit mengenai beberapa hal penting sebelum melakukan budidaya anggur. Tanaman ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat bahkan tanaman ini dapat menjadi salah satu buah yang sangat digemari oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Pada budidaya anggur tentu terdapat beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan mulai dari iklim daerah, media tanam dan ketinggian lokasi yang tepat. Jika budidaya yang anda lakukan sudah benar dan tepat maka tidak perlu diragukan lagi bahwasanya budidaya anggur akan sukses.

Tanaman ini memiliki batang merambat perdu dan termaksud dalam kategori Vitaceace, biasanya buah anggur diolah menjadi beberapa hindangan menarik mulai dari juss, ager-ager, minuman anggur dan dibuat menjadi minyak anggur namun anda juga dapat memakannya secara langsung.

Artikel Terkait Tahap-tahap Cara Menanam Anggur Agar Berbuah Lebat

Syarat Tumbuh Tanaman Anggur

Berikut ini beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum memulai budidaya anggur diantaranya :

 

  1. Iklim Yang Sesuai Untuk Budidaya Anggur

Pemilihan iklim yang tepat dapat menunjang keberhasilan anda dalam melakukan budidaya anggur, maka dari itu iklim merupakan salah satu hal penting dari syarat tumbuh tanaman anggur. Tanaman anggur cukup baik tumbuh didaerah dataran rendah, ditambah lagi berada disekitar pantai yang memiliki musim kemarau kurang lebih tujuh bulan.

Selain itu usahakan lokasi budidaya anggur anda tidak memiliki angin kencang, sebab dapat merusak dan menghambat pertumbuhan tanaman anggur nantinya. untuk masalah curah hujan kami sangat menyarankan pada anda menanam anggur pada daerah yang memiliki curah hujan 800 mm pertahun. jika curah hujan terlalu tinggi akan beresiko merusak premordia sehingga pertumbuhan bakteri serta penyakit semakin tinggi.

Artikel Terkait Panduan Cara Menanam Lidah Buaya Step by Step

Kebutuhan sinar matahari sangat tinggi karena penyinaran yang cukup akan memberi dampak baik pada pertumbuhan tanaman serta pembentukan buah anggur, oleh karena itu usaha budidaya anggur berada dilahan terbuka sehingga asupan sinar matahari dapat lebih maksimal.

Tingkat suhu yang tepat dalam budidaya anggur adalah 31 derajat celcius itu pada siang hari dan pada malam hari sebaiknya suhu mencapai 23 derajat celcius saja, selanjutnya masalah kelembaban udara budidaya anggur sangat menyukai daerah yang memiliki kelembaban udara antara tujuh puluh sampai delapan puluh persen.

 

2. Media Tanaman Anggur

Syarat tumbuh tanaman anggur berikut adalah media tanam, bagian dari media tanah tentu jenis tanah dan kadar keasaman tanah yang tepat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai media tanam anggur yaitu :

jika anda hendak memilih tanah yang sangat disukai tanaman anggur, maka pilihlah tanah yang berpasir, lempung, subur/ gembur dan tentunya kaya akan unsur hara. hal ini akan sangat berpengaru pada masa pertumbuhan serat pembentukan buah anggur, jika tanah yang anda pilih tidak sesuai kami sangat yakin budidaya anggur akan gagal.

Artikel Terkait Panduan Cara Bercocok Tanam Gaharu Step by Step

Syarat tumbuh tanaman anggur selanjutnya adalah tingkat keasaman tanah atau Ph, sebaiknya anda memilih tanah yang memiliki kadar keasaman tujuh. Namun jika kadar keasaman tanah terlalu tinggi atau rendah anda dapat menggunakan kapur untuk menstabilakan ph.

3. Ketinggian Lokasi Budidaya Anggur

Syarat tumbuh tanaman anggur terakhir adalah ketinggian lokasi, dalam pemilihan tinggi lokasi anda dapat memastikannya dengan melihat jenis anggur apa yang akan dibudidayakan? jika anda berniat melakukan budidaya anggur jenis Vitis vinifera maka ketinggian yang tepat yaitu satu sampai tiga ratus meter diatas permukaan laut sedang untuk jenis anggur lainnya anda dapat menggunakan lahan dengan ketinggian lima sampai seribu meter diatas permukaan laut.

Artikel Terkait Panduan Cara Bercocok Tanam Timun Step by Step

Sekian informasi dari kami mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Anggur, semoga artikel dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin memulai menanam anggur. Disini SawonBudidaya hanya ingin membantu anda semua dalam mencari tahu beberapa hal penting sebelum membudidayakan anggur terima kasih!

Artikel Terkait :

2 Komentar

  1. I wish to express my appreciation to the writer for rescuing me from this particular situation. Right after surfing throughout the the net and coming across views which were not helpful, I figured my life was gone. Living without the answers to the problems you’ve fixed through your entire post is a serious case, as well as those which could have badly affected my career if I had not noticed your blog. Your understanding and kindness in touching almost everything was very helpful. I am not sure what I would have done if I hadn’t discovered such a thing like this. I can also now look forward to my future. Thanks so much for this reliable and amazing guide. I won’t think twice to recommend your web site to anybody who should get guidance about this subject.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*