Syarat Tumbuh Tanaman Kedelai Yang Tepat Dan Benar!

syarat tumbuh tanaman kedelai

Syarat Tumbuh Tanaman Kedelai – Jumpa Lagi bersama kami SawonBudidaya, kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai beberapa syarat tumbuh tanaman kedelai. Tanaman ini termaksud keturunan dari domestika yang berasal dari keturunana moyang, awal mulanya tanaman ini berasal dari Asia subtropis diantaranya cina dan jepang.

Tanaman ini sangat peka terhadap paparan sinar matahari oleh karena itu kedelai perlu dirawat dan diperlihara secara benar. Jika lokasi yang anda gunakan menghasilkan sinar matahari sedikit batang dari tanaman ini  akan memajang serta merambat.

Budidaya kedelai biasanya dilakukan pada sawah atau lahan kering yan sudah dilakukan perawatan lebih lanjut, baik itu dari iklim, ketinggian lokasi dan media tanam. Maka dari itu kami disini akan memberikan beberapa syarat tumbuh tanaman kedelai tentunya agar proses budidaya yang anda lakukan dapat berhasil.

Artikel terkait Syarat Tumbuh Tanaman Sawi Agar Dapat Memaksimalkan Hasil Budidayanya!

 

Syarat Tumbuh Tanaman Kedelai

Dibawah ini merupakan hal-hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan budidaya kedelai di rumah antara lain:

A.Iklim Yang Cocok Untuk Budidaya Kedelai

Pemilihan iklim yang tepat dapat menunjang pertumbuhan kedelai secara maksimal, hal itu lah yang menjadikan iklim sebagai salah satu syarat tumbuh tanaman kedelai. Berikut beberapa bagian-bagian dari iklim yaitu :
1. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dan subur apabila dibudidayakan pada daerah yang memiliki iklim tropis dan subtropis, sebenarnya tanaman ini memiliki daya tahan yang cukup bagus dibandingkan dengan jagung ataupun padi namun tetap saja terdapat iklim yang sangat tempat dalam melakukan budidaya kedelai.
2. Untuk masalah tingkat curah hujan yang baik agar masa pertumbuhan dan pembentuk kedelai dapat berjalan maksimal, kami sangat menyarankan pada anda untuk melakukan budidaya pada daerah yang memiliki curah hujan antara seratus sampai empat ratus mm perbulan. Namun tanaman kedelai akan lebih baik ditanam jika curah hujan hanya seratus sampai dua ratus mm pertahun saja.
3. Sebenarnya kedelai mampu tumbuh diberbagai lokasi yang memiliki suhu tinggi maupun rendah, namun belum tentu akan mengahasilkan buah kedelai dengan kualitas terbaik. Saran dari kami sebaiknya anda memilih daerah dengan tingkat suhu mencapai dua puluh satu sampai tiga empat derajat celcius, tapi untuk mendapatkan buah kedelai dengan kuliatas dan jumlah maksimal anda dapat memilih lokasi dengan suhu antara dua puluh 3 sampai dua puluh tujuh derajat celcius. Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Kopi Demi Membantu Proses Budidayanya!

4. Jika proses budidaya kedelai anda sudah tiba dan pada saat itu masuk musim kemarau maka hasil buah kedelai yang diperoleh akan maksimal. Hal itu karena tanaman ini akan menghasilkan buah kedelai lebih banyak saat panen masuk bulan kemarau. Artikel terkait Beberapa Syarat Tumbuh Tanaman Anggur Yang Tepat Bagi Pemula!

B.Media Tanaman Kedelai

Untuk syarat tumbuh tanaman kedelai berikutnya adalah media tanam, pemilih media tanam juga sangat penting. sebab hal itu akan sangat menunjang masa pertumbuh dan pembentukan buah kedelai secara maksimal, berikut ini bagian-bagian dari media tanaman yaitu :
1. Tektur tanah yang sanagt disukai tanaman kedelai tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering, namun ketersedia air tercukup karena akan sangat membantu proses fotosintesis atau pemasakan makanan pada kedelai. Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Kentang

2. Sebenarnya kedelai tidak memiliki kriteria tanah khusus meskipun memiliki kadar keasaman tinggi, namun jangan sampai tanah yang anda pilih tergenang oleh air karena hal itu dapat merusak akar serta tanaman kedelai itu atau pembusukkan. Maka dari itu pembuatan drainase akan sangat penting agar ladang atau sawah yang akan digunakan dalam budidaya kedelai tidak tergenang air. Artikle Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Kakao

3. Jenis tanah yang sangat cocok untuk budidaya kedelai adalah alluvial, regosol, grumosol, latosol dan andosol.
4. Jika lahan atau tanah yang akan anda gunakan baru pertama kali digunakan untuk budidaya, sebaiknya tanah melalui proses pemberian bakteri Rhizobium. Namun jika tanah sudah pernah digunakan untuk budidaya tidak perlu lagi melalui proses diatas. Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Padi

5. Pada setiap tanaman sangat menyukai tanah yang kaya akan unsur hara atau humus dan banyak mengandung bahan organik, sama halnya dengan kedelai tanah yang kaya akan unsur hara atau humus akan sangat baik digunakan sebagai media tanaman kedelai. Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Tomat

6. Meskipun anda menggunakan tanah yang memiliki tekstur berpasir, budidaya kedelai tetap dapat dilakukan asal tanah mengandung unsur hara serta air yang cukup untuk menunjang kebutuhan tumbuh tanaman kedelai.
7. Tingkat keasaman tanah yang ideal dalam budidaya kedelai adalah 5,8 sampai 7,0 atau 4,5. Meskipun diatas kami menjelaskan bahwa kedelai mampu tumbuh cukup baik pada tanah yang memiliki kadar keasaman tinggi, tetap saja terdapat tingkat keasaman yang ideal untuk budidaya kedelai.Untuk mengatasi masalah kadar keasaman terlalu tinggi, anda dapat menggunakan kapur sebagai penstabil kadar keasaman tanah atau ph dengan cara menaburkannya diatas permukaan tanah yang akan anda gunakan sebagai media tanaman kedelai.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Agar Berhasil Hingga Panen!

 

C.Ketinggian Lokasi Budidaya Kedelai

Terdapat beberapa macam kedelai dan dari berbagi macam tersebut memiliki kebutuhan tinggi lokasi yang berbeda. Untuk kedelai yang memiliki biji kecil akan tumbuh dengan baik apabila lokasi budidaya memiliki ketinggian mencapai 0,5 sampai 300 meter diatas permukaan lakukan, berbeda halnya dengan kedelai berbiji besar yang akan tumbuh dengan baik apa bila ditanam pada daerah yang memiliki ketinggian mencapai 300 sampai 500 meter diatas permukaan laut. Namun untuk tinggi yang biasa digunakan banyak petani adalah kurang lebih 500 meter diatas permukaan laut. Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Jagung

Sekian artikel dari kami mengenai syarat tumbuh tanaman kedelai, semoga sedikit informasi ini dapat menjadi bahan referensi bagi anda yang ingin memulai budidaya kedelai terima kasih!

Artikel Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*