Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Agar Berhasil Hingga Panen!

Syarat Tumbuh Tanaman Cabai – Jumpa lagi bersama SawonBudidaya, disini kami akan menjelaskan beberapa hal penting sebelum melakukan budidaya cabai.

Teknik dan tenologi untuk membudidayakan tanaman cabai semakin maju, sehingga banyak sekali petani awam atau pemula berani membudidayakan cabai dalam skala besar.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena dengan perkembangan teknologi dapat membantu para petani pemula dalam mencari informasi yang mereka butuhkan dengan mudah contoh seperti ini SawonBudidaya akan membagikan beberapa syarat tumbuh tanaman cabai.

Kita ketahui cabai bukan lagi kebutuhan sekunder melainkan sebagai kebutuhan primer yang berarti sangat penting atau pokok.

Hal itu lah menjadikan kami menulis sebuah artikel ini yang mungkin berguna bagi anda semua dalam memulai budidaya cabai.

Harga jual cabai juga sangat tinggi hal tersebutlah yang menjadi banyak petani lain mulai melakukan budidaya cabai,

Loading...

Selain harganya yang cukup tinggi dan mengguntung petani pastinya ternyata ada hal lain yang menjadkan cabai sebagai ladang bisnis menjanjikan yaitu proses budidaya cabai yang cukup mudah asal pengetahuan dan perawatan nantinya sudah benar anda lakukan.

Denifisi Cabai

Cabai merupakan tanaman yang berasal dari Amerika sehingga dapat tumbuh dengan baik pada daerah beriklim tropis maupun subtropis.

Pada beberapa waktu penyebaran tanaman cabai cukup tinggi sehingga sampailah kenegara tercinta kita yaitu Indonesia.

Perkembangan teknik menanam cabai sudah cukup berkembang bahkan sudah masuk dalam kategori maju hal tersebut tidak dapat lepas dari iklim yang dimiliki sama dengan asalnya.

Meskipun terlihat mudah ternyata budidaya cabai tidak dapat dilakukan secara sembarangan, karena tanaman ini sangat lemah oleh serangan hama pengganggu dan penyakit yang dapat mematikan cabai nantinya.

Maka dari itu beberapa syarat tumbuh tanaman cabai yang akan kami sampaikan ini bisa menjadi referensi bagi anda semua dalam memulai budidaya cabai sehingga proses pertanian yang dilakukan tidak mengalami kerugian.

Syarat Tumbuh Tanaman Cabai

Nah dibawah ini akan kami jelaskan beberapa Syarat Tumbuh Tanaman Cabai, yaitu :

Loading...
  1. Memperhatikan kondisi lingkungan budidaya cabai

Hal pertama yang perlu anda perhatikan dalam syarat tumbuh tanaman cabai adalah kondisi lingkungan budidaya, ditahap ini anda akan memilih dimana lokasi yang tepat untuk membudidayakan tanaman cabai.

Di negara kita penyinaran matahari sangat baik hal tersebutlah dapat menunjang pertumbuhan cabai secara maksimal, selain itu tinggi daerah budidaya juga sangat penting.

Sebaiknya dalam budidaya cabai dilakukan pada daerah yang memiliki ketinggian mencapai seribu empat ratus meter diatas permukaan laut atau 1400 m dpl.

Meskipun begitu cabai juga dapat tumbuh didaerah yang memiliki ketinggian lebih dari itu namun hasil panennya nanti tidak sebanyak budidaya yang dilakukan pada daerah dataran rendah.

2. Iklim dan cuaca yang tepat

Syarat tumbuh tanaman cabai berikutnya adalah pemilihan daerah yang memiliki iklim serta cuaca yang tepat untuk menunjang pertumbahan cabai secara maksimal.

Dalam budidaya cabai sebakinya anda memilih daerah yang memiliki suhu udara mencapai dua puluh empat sampai dua ratus delapan puluh celcius atau 24 hingga 280 C.

Jika anda melakukan budidaya cabai pada daerah yang memiliki suhu udara melebihi diatas akan menghasil buah cabe yang kurang bagus bahkan dapat mengalami gagal panen.

Hal itu dapat menghambat pertumbuhan buah cabai, tanaman ini dapat tumbuh cukup baik pada musim kemarau namun saran kami anda lebih baik melakukan budidaya cabai pada akhir musim penghujan untuk menghidari kelebihan asupan air karena dapat meningkatkan resiko pembusukan buah nantinya.

Karena kami diatas membahas waktunya yang tepat dalam budidaya cabai, maka kali ini kami akan membahas tingkat curah hujan yang tepat dalam budidaya cabai, sebaiknya anda melakukan budidaya cabai dengan tingkat hujan menacapai 800 sampai 2000 mm pertahun serta tanah memiliki kelembaban kurang lebih 80 %.

3. Jenis tanah yang tepat

Dalam proses budidaya cabe tentu pemilihan tanah yang tepat menjadi hal penting, maka dari itu kami memasukan jenis tanah dalam syarat tumbuh tanaman cabai.

Sebaiknya budidaya cabai anda lakukan pada daerah yang memiliki tanah liat berpasir  serta memiliki pergantian udara cukup baik. Selain itu tingkat kadar keasaman tanah juga sangat penting.

Karena jika tingkat keasaman tanah/PH terlalu rendah atau tinggi dapat menghambat masa pertumbuhan cabai dan buahnya. Tingkat keasaman tanah yang tepat adalah enam sampai tujuh (6 sampai 7) PH.

4. Waktu tanam cabai

Meskipun cabai mampu ditanam pada daerah yang memiliki curah hujan tinggi tetap saja jika asupan air yang diperoleh berlebih dapat beresiko pada masa pertumbuhan dan pembentukan buah cabai itu sendiri.

Maka dari itu pemilihan waktu yang tepat sangat penting sehingga masuk dalam syarat tumbuh tanaman cabai, dalam pemilihan waktu yang tepat kami sangat menyarankan pada anda untuk memilih waktu diakhir musim penghujan.

5. Pemeliharaan tanaman dengan tepat

Dalam Syarat tumbuh tanaman cabai selanjutnya adalah pemeliharaan, disini kami akan menjelaskan beberapa pemeliharaan yang dapat anda lakukan diantaranya yaitu :

Menjaga kebersihan lahan, anda dapat melakukan pembersihan seminggu sekali atau lebih demi meningkatkan keberhasilan budidaya cabai hal ini akan sangat perlu dilakukan.

Tujuan menjaga kebersihan lahan agar tanaman dan area budidaya tidak mudah diserang penyakit yang dapat menurunkan kualitas cabai itu sendiri.

Melakukan pengamatan secara rutin, anda dapat melakukan pengamat secara rutin agar dapat mengontrol pertumbuhan cabai dengan maksimal dan mampu mengetasi masalah yang timbul saat proses budidaya nanti.

Evaluasi, tujuan dilakukan evaluasi agar anda tidak masuk kedalam lubang sama maksudnya belajarlah dari pengalaman sebelumnya dan kendala apa yang sering dihadapi serta cara mengatasinya.

6. Pemberian pupuk tambahan

Syarat tumbuh tanaman cabai terakhir adalah pemberian pupuk tambahan, tujuan dilakukan tahap ini agar tanaman caba memperoleh nutrisi dan asupan dengan cukup sehingga pertumbuhan serta pembentukkan buah cabai dapat maksimal.

Pemberian pupuk dilakukan setelah tanaman berumur 2 minggu dari awal tanam, dengan takaran sebanyak  setengah gelas pupuk NPK lalu campur menggunakan air sebanyak sepuluh liter.

Takaran segini bisa digunakan untuk empat puluh (40) tanaman cabai, lakukan terus menurus selama sepuluh sampai 15 hari atau dapat dilihat dari kondisi tanaman lebih dulu sebelum memberikan pupuk.

Sekian informasi dari kami mengenai Syarat TumbuhTanaman Cabai, semoga postikan ini mampu membantu anda semua sebelum melakukan budidaya cabai.

Disini kami sangat berharap saran dan kritik anda semua, agar kami selaku SawonBudidaya mampu memberikan postingan lebih baik lagi kedepannya.

Baca Juga :

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...