Panduan Cara Ternak Ikan Nila Lengkap Step by Step Bagi Pemula!

Cara Ternak Ikan Nila

Cara Ternak Ikan Nila – welcome to SawonBudidaya the best and trusted blog, kali ini kami akan membahas teknik atau tutorial cara ternak ikan nila. Budidaya ikan nila yang baik dan benar tidaklah sulit bila anda benar-benar menyimak dan kami akan memberi berbagai tips-tips cara ternak ikan nila dengan baik, sebelum kami menjelaskan cara ternak ikan nila sebaiknya anda mengetahui sedikit tentang  ikan nila terlebih dulu, diindonesia banyak orang membudidayakan ikan nila sebagai bisnis, karena hal ini dapat mempermudah pemasukan kebutuhan keuangan masyarakat bagi yang membudidayakanya. Selanjutnya ikan nila tebilang hampir sama dengan ikan mujair karena memmpunyai sifat yang mudah berkembang biak dan dapat beradaptasi yang baik.

Dalam proses cara ternak ikan nila mempunyai suhu optimal sekitar 25-30 celcius dan ph air mencapai 7-8, populasi  ikan nila sangat banyak terumata pada perairan air tawar seperti  sungai atau danau serta waduk dan rawa.

Perkembangan ikan nila sangat cepat dan mudah memakan segala pakan karena ikan nila terbilang hewan yang memiliki nama omnivora  yang baik bagi pertumbuhanya, pakan secara alami yang bisa diberikan yaitu plankton-plankton serta tumbuhan yang berada diperairan, dan pakan ikan nila buatan yang bisa diberikan sebagai pakan tambahan agar dapat berkembang maksimal yaitu usahakan memiliki kadar protein yang cukup tinggi sehingga dapat mempermudah saat perkembangan protein sekitar 25% .

Sesudah kami menjelaskan sedikit tentang mengenai ikan nila diatas tadi dan selanjutnya masuk ketahap berikutnya adalah cara ternak ikan nila yang benar dan cara ternak ikan nila ditambak maupun diterpal akan kami jelaskan dibawah ini step by step.

Cara Ternak Ikan NIla

 

Pemilihan Benih ikan nila yang baik

Langkah selanjutnya cara ternak ikan nila yaitu pemilihan benih merupakan faktor penting dalam ternak ikan nila yang berkualitas, saat pemilihan benih harus benar-benar diperhatikan karena benih sangat penting dalam pertumbuhan saat berada ditambak maupun dikolam terpal dan dapat beradaptasi dengan tempat baru nya.

Cara Ternak Ikan Nila

hal ini bertujuan agar benih tersebut dapat berkembang dengan maksimal, dan pemilihan kami sarankan saat meimilih benih yang tidak cacat dan keadaan benih tampak segar dan mulus dan memiliki kelamin jantan karena pertumbuhanya lebih baik dibandingkan dengan betina.

Beda hal dengan budidaya ikan nila secara monosex yaitu dengan cara melakukan perkawinan jantan dan betina  karena ikan nila memiliki sifat mudah memijah, hal ini kebanyakan memicu resiko terjadinya pertumbuhan ikan sedikit terhambat.

Perbedaan ikan nila jantan dan betina

Langkah sebelum masuk ketahap selanjutnya hal juga yang harus anda ketahui dan dapat membedakan benih jantan dan betina akan kami jelaskan sebaik mungkin

Benih nila jantan­-  antara lain yang dapat anda perhatikan perbedaan kelamin jantan dan betina yaitu bentuk tubuh dan sifat ikan serta alat kelamin pada ikan yang bisa anda bedakan, berikut ciri-ciri benih jantan.

Alat kelamin jantan memiliki menonjol dan meruncing.

Dan memiliki dua buah lubang urogential yaitu, lubang sperma dan lubang anus.

Bentuk badan pipih pada ikan bila dilihat dari samping  terlihat ramping dan memanjang

Selanjutnya bagian perutnya mempunyai warna kehitaman dan sedikit kemerahan.

berikutnya bagian daku ikan nila berwarna kehitaman mengkilap.

dan sangat agresip lincah serta gesit.

Benih nila betina- berikut  ciri-ciri benih betina yang dapat anda simak berikut penjelasan dibawah ini.

benih ikan nila betina yang dapat anda pastikan dengan benar yaitu kelamin betina berbentuk oval dan bila dipencet ikan tersebut dapat mengeluarkan cairan sel telur pada ikan tersebut.

Dan memiliki 3 buah lubang yang bernama urgential yaitu lubang dubur, lubang urine serta lubang untuk mengeluarkan telur.

Selanjutnya badan memiliki postur bulat dan mempunyai pipih yang cukup panjang.

Berikut mempunyai perut dan dagu ikan berwarna putih. Selanjutnya  masuk ketahap persiapan kolam sebagai budidaya ikan nila berikut penjelasan dibawah ini step by step.

Artikel Terkait Panduan Cara Ternak Entok Yang Baik dan Benar Bagi Pemula!

 

 kolam budidaya ikan nila

Dalam media ini cara ternak ikan nila hal yang penting sebagai kebutuhan perkembangan dan membudidayakan ikan nila sebagai bisnis yang menjanjikan persiapan kolam terlebih dulu.

Cara Ternak Ikan Nila

Cara ternak nila dan penempatan yang baik agar ikan dapat berkembang dengan maksimal bisa menggunakan tempat atau kolam menggunakan bebagai jenis kolam yaitu. Pembuatan kolam diperkarangan sawah yang sangat bagus karena air yang dihasilkan dapat dengan mudah serta tumbuhan yang ada pada sawah bisa jadi pemakan tambahan ikan nila agar pengeluaran pakan dapat lebih terjangkau. Namun tetaplah tidak cukup dengan pakan disawah dan harus memberi makanan yang lebih tinggi akan kaya protein bagi ikan tersebut

Bertujuan supaya ikan mendapatkan asupan yang cukup dan ikan tampak sehat setiap hari, bukan sekedar sehat saja namun dapat berkembang cepat sehingga dapat menghasilkan bobot yang maksimal,Keunggulan cara ternak ikan nila di sawah yaitu, tumbuhan dan hewan yang ada disekitar sawah dapat dimanfaatkan sebagai bahan pakan alami bagi ikan tersebut.

Selanjutnya bagi anda yang ingin memulai membudidayakan ikan nila pada kolam perkarangan saweah sebaiknya persiapan dan pengolahan lahan tanah terlebih dulu yang bertujuan supaya benih nila yang akan dimasukan didak terkena serangan penyakit dan ikan nila dapat dengan bebas saat berada pada dalam kolam yaitu dengan langkah-langkah mulai dari penjemuran, pembajakan tanah, pengapuran, pemupukan dan pengairan, berikut langkah-langkah di bawah ini step by step.

 

Pengeringan dasar kolam

Kolam yang sudah siap untuk sebagai pembudidayaan ikan nila yang harus anda lakukan yaitu: dengan cara dikeringkan kolam terlebih dulu sampai selama kurang lebih 3 sampai 7 hari dan kolam sampai benar-benar cukup berikutnya permukaan tanah tampak terlihat retak-retak, dan pastikan tanah jangan sampai terjadi membatu sebab akan merusak kolam tersebut.

 

Pembajakan tanah

Cara ternak ikan nila berikutnya adalah pembajakan tanah bisa menggunakan bahan canggkul, kemudian lakukan pembajakan atau penyangkulan sedalam 10 cm.

Dan didalam kolam terdapat sampah atau kotoran yang dapat mengganggu segera dibersihkan, dan kolam terdapat lumpur hitam yang berbau busuk dapat mengganggu perkembangan ikan, oleh karena itu bersihkan kolam dengan sebaik mungkin agar benih ikan dapat mudahb beradaptasi dengan perairan baru.

Tingkat keasaman

Didalam kolam terdapat tingkat keasaman yang cukup tinggi dan anda harus mengoptimalkan keasaman terlebih dulu, biasanya untuk budidaya ikan nila pada kolam mempunyai keasaman 7 sampai 8, agar bisa mengoptimalkan lakukan dengan cara pengapuran dengan dolomite atau kapur pertanian, selanjutnya dosis pengapuran harus sesuai dengan keasaman tanah. Untuk ph tanah 6 memiliki sebanyak  500 kg/ha, untuk ph tanah 5-6 sekitar 500-1500 kg/ha, dan untuk ph tanah 4-5 sebanyak 1-3 ton/ha. Kemudian aduklah sampai benar-benar rata dan diamkan selama 2-3 hari agar dapat lebih maksimal.

 

Pemupukan

Stelah melakukan pengapuran selanjutnya adalah pemupukan yang bertujuan untuk mengembalikan kesuburan tanah, dan gunakan sebagai pupuk dasar.

Setelah pupuk yang digunakan bisa dengan pupuk organik dan dosisnya sebanyak 1-2 ton perhektar. Kemudian pupuk dilakukan dengan cara penebaran pada dasar kolam hingga benar rata, lalu biarkan selama 1-2 minggu.

Pemasukan air pada kolam

Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah pengairan yang bertujuan pengisian air pada kolam yang sudah tersedia. Pengairan dilakukan secara bertahap.

Yang pertama anda lakukan yaitu alirkan air kedalam kolam dengan sedalam 10-20 cm. lalu diamkan selama kurang lebih 3-5 hari. Bertujuan Agar mendapatkan sinar matahari terlebih dulu sampai sinar matahari menembus kedasar kolam di atas permukaan air, kemudian setelah selesai penyinaran selanjutnya isi kolam hingga ketinggian air mencapai 60-70 cm.

 

Penebaran benih ikan nila pada kolam

Setelah tahap yang sudah kami jelaskan diatas tadi berikut ini masuk ketahap memasukan benih ikan nila ke tempat kolam yang sudah di sediakan atau sudah siap dimasukan ikan kedalam kolam yang sudah ada, Berikut penjelasan dibawah ini.

Kolam yang sudah terisi air sedalam 60-70 cm, sudah siap diisi benih ikan nila, kolam yang cukup besar dapat ditebarkan benih sebanyak 15-30 ekor/m2 dengan asumsi ukuran benih sebesar 10-20 gram/ekor dan selanjutnya dipanen memiliki ukuran mencapai 300 gram per ekor.

Selanjutnya agar ikan nila tidak terjadi resiko banyak kematian pada benih tersebut dilakukan penebaran benih kedalam kolam sebanyak 5 ekor terlebih dulu, karena kolam masih baru dan ikan perlu beradaptasi pada tempat barunya, dan diamkan benih yang berada pada kolam selama beberapa jam, hal ini bertujuan tes atau pengujian pada kolam baru, telah ikan tidak mengalami kematian dan anda boleh memasukan ikan sebanyak sesuai ukuran kolam.

Artikel Terkait Panduan Cara Ternak Lele yang Baik Dan Benar Step by Step

Pemeliharaan ikan nila

Setelah tahap-tahap yang kita lakukan semua sudah selesai hal yang dilakukan selanjutnya adalah perarawatan ikan nila. Cara ternak ikan nila hal terpenting yang harus anda perhatikan keadaan atau kondisi kesehatan ikan nila, dan merawatnya harus dengan benar-benar teliti, cara perawatan yang benar dilakukan  adalah pengelolaan air, pemberian pakan dan pengendalian hama penyakit agar nila tetap terjaga kesehatanya dan berkembang dengan maksimal berikut penjelasan dibawah ini.

 

 Pengelolaan air

 Cara ternak ikan nila hal yang terpenting juga yaitu pengelolaan air agar pertumbuhan ikan nila dapat tumbuh maksimal, cara kerjanya yaitu pantau kualitas air kolam, parameter buat penentuan kualitas air adalah kandungan pada oksigen dan ph air. Selain itu juga bisa dilakukan dengan pemantauan kadar CO2, NH3 dan H2S.

 

Bila terjadi resiko kandungan oksigen dalam kolam menurun, cara mengatasi agar tidak terjadi menurunya oksigen yaitu perderas sirkulasi air dengan memperbesar aliran debit air, apabila kolam terdapat banyak mengandung NH3 dan H2S serta yang ditandai dengan bau busuk, dan anda segera lakukan dengan penggantian air agar ikan tidak terjadi kematian, cara mengatasi agar bau tersebut dapat cepat hilang yaitu mengeluarkan air kotor kolam sebesar 1/3nya, setalah itu menambahkan air baru dalam keadaan normal.

..

Pemberian pakan ikan nila 

Cara ternak ikan nila yang bisa anda lakukan agar ikan nila dapat tumbuh dengan maksimal dengan cara pemberian pakan, hal ini sangat penting dan harus benar-benar anda lakukan dengan sebaik mungkin, pemberian pakan pada ikan nila  yaitu berupa pellet dengan kadar protein 20-30%.

Yang dibutuhkan pemberian pakan ikan nila sebanyak 3% dari bobot tubuhnya setiap hari bertujuan agar ikan nila tetap tumbuh dengan maksimal, selanjutnya pemberian pakan dilakukan pada pagi dan sore hari, supaya ikan nila dapat tumbuh dengan baik pemberian pakan setiap dua minggu sekali, dan ambil sampel ikan nila secara acak kemudian timbang bobotnya, lalu anda dapat menyesuaikan jumlah pakan yang harus diberikan agar ikan nila dapat asupan yang sesuai pertumbuhanya.

 

 

Panen ikan nila

Dan tahap terahir dalam cara ternak ikan nila adalah panen, hal yang harus dilakukan saat panen harus benar berhati-hati agar ikan tersebut tidak mengalami kesetresan dalam saat penangkapanya, berikut cara panen ikan nila dengan benar diwawah ini.

Pemanenan bertujuan yaitu pengambilan ikan nila yang sudah memiliki usia dan ukuran yang cukup serta dilakukan dengan teliti bila anda ingin menjual ikan tersebut kewilayah perdagangan sebab nantinya ikan yang mengalami kecacatan harga jual ikan dapat berkurang dari harga pasarannya.

Cara pemanenan bisa dilakukan dengan cara total yaitu pengambilan semua ikan pada kolam tersebut, sedangkan panen sebagian yaitu pengambilan ikan nila yang sudah mencukupi memenuhi criteria yang layak panen. Pemanenan total yang bisa anda lakukan dengan cara mengeringkan kolam terlebih dahulu hingga ketinggian air kolam mencapai 10 cm. langkah selanjutnya buatlah petak penangkapan ikaan nila seluas kurang lebih 1 m2 didepan pintu pengeluaran air tersebut, selanjutnya dapat dilakukan penggiringan ikan nila ke petak yng sudah disediakn lalu tangkap ikan nila secara berhati-hati agar tidak timbul luka pada tubuh ikan. Kami sarankan saat penangkapan ikan nila di pagi hari agar ikan mempunyai kondisi yang sehat dan maksimal, karena ikan yang ditangkap sore hari bisa mengalami stress pada ikan tersebut.

 

Kandungan Nutrisi Ikan Nila

Setelah penjelsan cara ternak ikan nila selanjutnya kami akan menjelaskan sedikit tentang kandunga nutrisi ikan nila berikut dibawah ini step by step.

Ikan nila banyak mengandung protein dan nutrisi yang sangat tinggi dan baik buak kesehatan atau kebutuhan makanan asupan bagi manusia, karena ikan tersebut kaya akan nutrisi dan protein yang cukup tinggi, ikan nila tersebut merupakan ikan memberikan protein hewani yang terbilang sangat murah karena dalam ikan nila memiliki beberapa nilai nutrisi yang cukup tinggi, berikut nilai-nilai nutrisi yang dapat anda ketahui. Step by step.

  • Vitamin B12 (1.86 mcg)
  • Lemak jenuh (1mg)
  • Total lemak (3 mg)
  • Kalori (128 kcal)
  • Kolesterol (57 mg)
  • Kalium (380 mg)
  • Niacin (4.74 mg)
  • Protein (26 mg)
  • Selenium (54.40 mcg)
  • Fosfor (204.00 mg)

dengan sekian jumlah nutrisi yang cukup melimpah pada ikan nila dan membuat ikan nila juga banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, berikut beberapa manfaat ikan nila dibawah ini.

  • Rendah akan lemak yang baik dikomsumsi pada tubuh manusia.
  • bisa juga untuk progam diet karena rendah kalori dan karbohidrat.
  • pencegahan dermatis karena terdapat omega 6.
  • dan baik untuk pertumbuhan tulang serta gigi karena mengandung nilai fosfor
  • terdapat juga selenium yang bisa untuk mencegah kanker atau serangan jantung dan katark.
  • Dan dapat membantu pembentukan sel darah merah.
  • Selanjutnya terdapat kandungan potassium yang dimana zat bisa menghambat datangnya penyakit batu ginjal dan bisa membantu melancarkan asupan oksigen kedalam otak.
  • Setelah itu juga mengandung kolagen yaitu tekstur daging nila lebih lembut dan dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh.
  • Dan dapat mencegah penyakit kanker prostat, sakit jantung, malfungsi otak, penuaian dini dan memelihara kekebalan tubuh manusia.

 

Sekian informasi dari kami mengenai Cara ternak ikan nila, semoga artikel ini benar-benar dapat bermanfaat bagi anda semua. Kami SawonBudidaya mengucapkan terima kasih.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*