Panduan Cara Menanam Buah Naga Bagi Pemula!

Cara Menaman Buah Naga

Cara Menanam Buah Naga –  welcome to SawonBudidaya the best and trusted blog, kali ini kami akan membahas teknik pembudidayaan tanaman buah naga dengan baik dan benar. Tanaman ini memiliki ciri-ciri yang sangat unik berbeda dengan tanaman buah lainnya, hal ini dapat dilihat dari bentuk sisik buahnya yang menyerupai sisik Naga. Selain itu buah naga juga memiliki warna merah terang, dari ciri-ciri diatas kami memprediksi nama buah naga diambil berdasarkan ciri uniknya tersebut.

Selain karena rasanya yang nikmat dan lezat, buah naga juga sering digunakan saat acara persembahan altar yang merupakan salah satu ritual atau acara keagamaan dari agama Tionghoa. Masyarakat Indonesia sangat menggemari buah naga karena memiliki daging bold serta dipadu dengan rasa manis dan asam. Oleh karena itu disini kami akan menjelaskan cara menanam buah naga sehingga dapat menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan, namun karena harga tinggi dan proses penanaman cukup rumit banyak sekali petani awal mengalami kegagalan saat proses budidaya berlangsung.

Dari masalah diatas kami SawonBudidaya akan berbagi tips-tips dan Cara Menanam Buah Naga step by step untuk pemula!. Namun sebelum masuk tahap penanaman ada baiknya anda memahami sedikit mengenai syarat-syarat tumbuh tanaman buah naga dibawah ini :

 

Syarat Tumbuhan Buah Naga

Meskipun tanaman buah termaksud tumbuhan yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, tetap saja terdapat kondisi lingkungan yang sangat baik untuk budidaya tanaman buah naga. perhatiaan khusus sangat perlu anda lakukan seperti ketinggian lokasi, iklim lokasi budidaya dan jenis tanah yang merupakan hal-hal penting dari cara menanam buah naga. Disini kami akan menjelaskan syarat syarat tumbuh tanaman buah naga secara detail sebagai berikut :

 

1. Ketinggian lokasi budidaya tanaman buah naga

Buah naga merupakan tanaman yang masuk dalam keluarga  tropis, oleh sebab itu tanaman ini sangat baik dibudidayakan dinegara Indonesia. Meskipun tanaman ini bukan termaksud tanaman asli Indonesia, tetapi buah naga dapat berkembang biak dengan sangat baik. Dalam budidaya buah naga, sebaiknya penanaman dilakukan pada dataran rendah dengan ketinggian mencapai 0 sampai 350 meter diatas permukaan laut atau mdpl.

2. Iklim lokasi budidaya buah naga

Tanaman buah naga termaksud jenis anggota tropis sehingga memerlukan iklim kering untuk pertumbuhan maksimal, sebaiknya buah naga ditanam pada saat curah hujan yang rendah agar tanaman tersebut dapat bekembang dengan bagus. Curah hujan yang ideal untuk penanaman buah naga mencapai kuarang lebih 60 mm perbulan dan 720 pertahun, jika curah hujan terlalu tinngi dapat merusak tanaman dan meningkatnya resiko tanaman terserang penyakit baik itu bakteri atau hama pengganggu lainya.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Sawi Agar Dapat Memaksimalkan Hasil Budidayanya!

Selain itu hal yang perlu anda perhatikan adalah tingkat asupan sinar matahari, karena tingkat asupan matahari telalu tinggi dapat merusak tanaman sehingga mudah layu. Agar masa pertumbuhan dan proses fotosintesis dapat berjalan secara maksimal, sebaiknya tingkat asupan sinar matahari yang diperoleh mencapai 70 sampai 80 persen.  Hal berikutnya yang perlu anda perhatikan adalah tingkat suhu udara, sebaiknya budidaya buah naga ditanaman pada suhu udara mencapai 26 hingga 36 derajat Celcius.

3. Jenis tanah yang cocok untuk budidaya buah naga

Hal penting lainnya adalah jenis tanah dan kadar keasaman tanah atau PH, buah naga dapat tumbuh secara maksimal apabila unsur hara dan nutrisi yang diperoleh maksimal. masalah jenis tanah anda dapat memilih tanah humus atau tanah yang mengandung unsur hara tinggi, selain tanah humus anda juga bisa menggunakan tanah biasa namun harus lebih diperhatikan baik itu tinggkat keasaman tanah dan tingkat kesuburan tanah itu sendiri.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Agar Berhasil Hingga Panen!

Masalah tingkat keasaman tanah atau PH tanah, sebaiknya budidaya buah naga ditanam pada daerah atau tanah yang memiliki kadar keasaman mencapai 6,5 sampai 7. Namun jika anda tidak memiliki tanah dengan kadar keasaman yang idela dapat melakukan pengapuran terlebih dulu sebelum proses penanaman buah naga dilakukan. Proses pengapuran dilakukan agar tingkat keasaaman tanah yang terlalu tinggi dapat diturunkan dan tingkat keasaman tanah yang terlalu rendah dapat dinaikkan, hal ini karena kapur bersifat menstabilkan PH tanah secara maksimal.

Selain itu hal  penting yang perlu diperhatikan berikutnya adalah kelembaban tanah, jika kelembaban terlalu tinggi dapat meningkatkan resiko tanaman mudah berjamur dan mati. Sebaiknya budidaya buah dilakukan pada tanah yang memiliki kelembaban mencapai 70 sampai 80 persen.

 

Jenis jenis Buah Naga

Cara Menanam Buah Naga

Setelah kami membahas sedikit mengenai syarat syarat tumbuh buah naga, SawonBudidaya juga akan menjelaskan macam-macam jenis buah naga dan manfaat serta kasiat kandungan buah tersebut. sebagai berikut :

 

  1. Buah naga putih

Pada umum buah naga putih dan buah naga lainnya memiliki ciri-ciri yang hampir sama, perbedaan yang dapat anda lihat adalah warna daging buah. Dari namanya saja sudah dapat kita pastikan bahwa buah naga putih memiliki warna daging putih.

Dilihat dari segi berbeda buah naga putih tetap sama dengan buah naga lainnya, baik dari bentuk batang, bentuk buah dan kandung atau khasiatnya.

  1. Buah naga merah

Sama halnya dengan buah naga putih, buah naga merah juga memiliki ciri-ciri yang sama dengan buah naga lainnya. Perbedaannya terletak pada warna daging buah yang merah cerah, untuk masalah khasiat tetap sama dengan buah putih.

  1. Buah naga hitam

Tanaman buah naga hitam merupakan salah satu jenis buah naga yang masih baru di Indonesia, namun dilihat dari segi bentuk batang dan manfaat masih sama dengan buah naga merah ataupun putih. Hal yang menbedakan ketiganya adalah warna daging hitam kemerahan layaknya darah, namun dari segi lain tetap sama.

  1. Buah naga kuning

Jika sebelumnya perbedaan dari buah naga dilhat dari warna daging buah, berbeda halnya dengan buah naga kuning. Buah naga kuning memiliki warna daging putih sama halnya dengan buah naga putih, namun warna kulitnya kuning cerah seperti matahari. Untuk masalah bentuk buah dan bentuk batang masih tetap sama dengan buah naga lainnya.

 

Manfaat Buah Naga

Buah naga Memiliki manfaat sangat banyak dan didalam kandungan terdapat vitamin yang akan dapat menyembuhkan beberapa penyakit, manfaat dan kasiat buah naga adalah

 

Mencegah penyakit kanker

Oleh Karen itu kami sarankan bagi penderita penyakit kanker dapat menkomsumsi buah naga secara rutin.

Menyembuhkan resiko penyakit diabetes

Buah naga terdapat kandungan vitamin B3 yang bisa menyembuhkan penyakit diabetes, karena buah naga rendah akan kadar gula serta dapat menetralisir kadar gula didarah.

Menyembuhkan resiko penyakit serangan jantung

Bagi anda yang menderita penyakit jantung sebaiknya dapat menkomsumsi buah naga sebagai pembantu penyembuhan dalam tubuh yang terkena serangan jantung.

Menjaga kesehatan tulang

Buah naga sebagai pengganti susu, karena buah tersebut dapat menambah kalsium pemasok tulang, karena kandungan fostor kalsium pada buah naga cukup tinggi.

Artikel Terkait Panduan Cara Bercocok Tanam Hidroponik Step by Step Secara Baik dan Benar!!

Cara Menanam Buah Naga

Begitu anda memahami jenis dan manfaat dari buah naga, SawonBudidaya akan membahas kembali topik utama artikel ini yaitu Cara Menanam Buah Naga Step by Step sebagai berikut :

1. Pemilihan bibit atau benih buah naga

Bibit buah naga harus benar benar tidak mengalami kecacatan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, sebaiknya cara pemilihan bibit tidak sembarangan, dan bibit merupakan salah satu factor penting dalam penanaman buah naga, maka dari itu kami sarankan saaat pemilihan bibit yang berkualitas, bibit  bisa dengan mengunakan cara vegetative dan generative.berikut penjelasan bibit berkualitas dibawah ini

Generatif .adalah cara yang bisa pengembangan melalui biji dari buah naga,  benih dapat dikembangkan dengan cara mengeluarkan biji buah tersebut, agar biji tidak cacat saat pengambilan lakukan dengan berhati hati dengan menggunakan tangan sebagai alat pengambilan biji buah naga, kenapa kami sarankan seperti ini, karena pengambilan biji harus benar berhati hati saat pengambilannya.

Vegetatif yaitu cara yang banyak digunakan para petani karena cara bibit ini merupakan salah satu bibit yang sangat mudah dan tidaklah rumit, didalam pemilihan bibit vegetatif mempunyai sifa yang sama dengan indukan. Berikut langkah-langkah yang bisa anda perhatikan dibawah ini step by step.

Saat pengambilan bibit buah naga dapat dengan melakukan stek pada batang tersebut, saat pengambilan batang pastikan tanaman buah naga sudah mengalami pertumbuhan atau pembuahan kira-kira 2 atau 3 kali, hal ini bertujuan agar proses penanaman dapat tumbuh dengan maksimal.

Kemudian langkah selanjutnya pengambilan batang buah naga yang akan dijadikan bibit penanaman, pastikan saat pemotongan tanaman batang bibit memiliki panjang minimal 8 cm, lalu batang yang akan diambil sebaiknya anda pastikan batang benar-benar kokoh dan tidak lapuk, karena bibit ini sangat penting dalam penanaman agar dapat tumbuh dengan maksimal.

Kemudian batang yang kokoh dapat anda perhatikan dari warna batang, bibit yang bagus memiliki batang berwarna hijau kelabu, dan batang tersebut semakin besar lebih bagus, karena batang yang besar tentunya  memiliki usia yang sudah matang, maka dari itu  kami sarankan agar memilih batang yang sudah memiliki usia yang sudah tua supaya proses pertumbuhan tanaman tidak mengalami kegagalan saat penanaman buah naga.

Selanjutnya yang harus anda ketahui adalah pemotongan batang yang akan ditanam kemedia penanaman, batang yang akan dipotong dengan panjang sekitar  80-120 cm. sisakan batang 20%, dan 80% yang akan digunakan menjadikan bibit tanaman buah naga, lalu potonglah calon bibit dengan panjang 20-30 cm, dan bagian atas batang dapat anda potong rata dan bagian batang bawah sama pemotonganya sama-sama memiliki kerataan, yang bertujuan supaya akar tanaman dapat tumbuh dengan cepat. Dan usahakan saat batang yang distek memiliki 4 tunas baru, agar tanaman bisa berkembang dengan baik.

Saat pemotongan Batang bibit mempunyai getah yang cukup banyak, agar batang tidak menjadi pembusukan sebaiknya getah yang ada pada batang dilakukan dengan cara megeringkan getahnya, hal ini bertujuan agar batang yang nantinya tidak terjadi resiko pembusukan, berikutnya agar bibit tidak terserang jamur dilakukan dengan cara pencelupan stek terlebih dahulu kedalam fungisida.

 

2. Penyemaian bibit buah naga

Dalam tahap cara menanam buah naga selanjutnya adalah proses penyemaian, tujuan dilakukan penyamain agar pertumbuh calon tanaman buah dapat maksimal dan proses perawatan yang anda lakukan juga lebih maksimal. disini kami akan menjelaskan 2 teknik penyemaian yaitu penyemaian generative dan vegetatif yaitu :

  1. Penyemaian generatif

pembibitan melalui biji buah naga . cara penyemaian yaitu siapkan tanah sebagai metode penyemaian dan siapkan juga pupuk sebagai campuran tanah yang bertujuan agar penyemaian dapat tumbuh dengan baik,  pupuk yang digunakan adalah organic dan dapat menggunakan pupuk kandang sebagai media pembibitan, perbandingan campuran  tanah dengan pupuk yaitu 3:1.

Lalu yang anda lakukan selanjutnya adalah memasukan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk terus masukan tanah kedalam polybag, dan masukan bibit kedalam polybag dengan kedalaman kurang lebih 15 cm.

  1. Penyemaian vegetatif

bibit dari batang indukan buah naga, proses cara penyemaianya yang benar dengan menggunakan lahan, kenapa kami sarankan menggunakan lahan sebagai proses penyemaianyaitu supaya bibit tanaman buah naga dapat tumbuh cepat karena bibit tersebut mempunyai akar yang besar makaa dari itu agar penanaman dapat tumbuh dengan bebas, sebelum anda melakukan penyemaian sebaiknya bersihkan hama pengganggu yang ada dilahan terlebih dulu, supaya tanaman dapat tumbuh maksimal.  cara penyemaian nya siapkan batang bibit lalu tancapkan batang dengan kedalaman 5 cm kedalam lahan yang sudah disiapkan tadi.

penyiraman bibit buah naga

Penyiraman dilakukan dengan menggunakan air, penyiraman bibit yang benar adalah pagi dan sore hari, sebab terlalu banyak bisa mengakibatkan kelembaban pada tanah, karena kebanyakan penyiraman bisa dapat merusak bibit, dan bibit harus terkena sinar matahari secara langsung sebagai asupan yang akan memberi pertumbuhan dari bibit buah naga.

Artikel Terkait Syarat Tumbuh Tanaman Kedelai Yang Tepat Dan Benar!

Kemudian anda bisa menunggu bibit selama berusia 3 minggu sampai bibit benar-benar tumbuh tunasnya, bibit yang akan tumbuh dengan baik harus terkena sinar matahari secara langsung.

Selanjutnya bibit yang sudah siap ditanam kelahan biasanya bibit berusia 3 bulan dan tanaman benar-benar siap dipindahkan ke media penaman. Bibit yang sudah siap ditanam memiliki batang dengan ketinggian 50-80 cm.

Artikel Terkait Panduan Cara Menanam Hidroponik Yang Baik dan Benar Untuk Pemula!

3. Persiapan Untuk Menanam Buah Naga

setelah anda selesai melakukan penyemain bibit dan benih buah naga, cara menanam buah naga selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah penyiapan penanaman buah naga. Dalam penyiapan penanaman buah naga anda perlu mempersiapkan lahan dengan luas 6.000 sampai 10.000 jika ingin melakukan budidaya dalam jumlah besar, namun jika anda hanya berniat melakukan budidaya dalam skala kecil dapat mempersipakan lahan lebih kecil.

Cara Menanam Buah Naga

Budidaya buah naga dalam skala besar dengan luas lahan 6.000 sampai 10.000 anda mempersiapkan tiang panjat sebanyak 1.600 dan mempersiapkan tiang panjat sebanyak 6.400. selain itu hal yang perlu anda perhatikan adalah jarak antar tanaman, jika penanaman dilakukan terlalu dekat dapat beresiko menghambat pertumbuhan akar itu sendiri.

Pembuatan Tiang Panjat Buah Naga

Cara menanam buah naga selanjutnya membutuhkan tiang sebagai pertumbuhan tanaman, karena tanaman tumbuh secara merambat atau menjalar ke atas, maka dari itu cara menanam buah naga sangat membutuhkan tiang panjat. Pertumbuhan buag naga akan menompang pada tiang tersebut, dan pembuatan tiang yang kokoh dan tidak mudah roboh kami sarankan dengan menggunakan semen sebagai tiang, cara buat tiang tidaklah rumit cukup semen dan pasir dan papan berbentuk kubus persegi dengan tinggi kurang lebih 2 meter.

Artikel Terkait Panduan Cara Menanam Jahe Merah Step by Step Bagi Pemula!

Agar tiang dapat lebih kokoh bisa anda berikan besi dilam papan sebelum mulai pengecoran tiang, jarak barisan yang dibutuhkan saat pembuatan tiang panjat yang lainya dengan ukuran satu setengah meter kesamping hal ini bertujuan supaya pertumbuhan buah naga mdapat maksimal.

4. Pengolahan Tanah Buah Naga

Sesudah kami menjelaskan pembuatan tiang panjat, selanjutnya cara menanam buah naga adalah masuk ketahap pengolahan tanah budidaya buah naga akan kami jelaskan dibawah ini step by step.

Pengolahan lahan merupakan salah satu hal terpenting lainnya dari cara menanam buah naga agar hasilnya lebih maksimal, pengolahan lahan diawali dengan pembuatan lubang tanaman yang akan ditanam, hal ini dilakukan penggalian lubang yang tepat pada sebelah tiang panjat, usakan lubang tidak terlalu jauh dari tiang, karena dengan metode ini tanaman buah naga akan tumbuh menjalar ke tiang panjat, yang bertujuan agar proses buah naga dapat dengan mudah menjalar ketiang panjat.

Artikel Terkait Beberapa Syarat Tumbuh Tanaman Anggur Yang Tepa Bagi Pemula!

sesudah itu pengikatan  buah naga pada tiang dapat menggunakan tali sebagai kebutuhan pertumbuhan, upayakan saat penalian pada pertumbuhan buah naga jagan terlalu kuat, sebab jika terlalu kuat akan menghambat pertumbuhan buah naga.

Selanjutnya adalah pembuatan lubang dengan lebar 60×60 cm sedalam 25 cm. setelah itu penggalian lubang harus benar-benar tepat berada ditengah tengah tiang, agar proses penjalaran dapat dengan maksimal ketiang panjat. Kemudian hal yang anda perlu ketahui dari cara menanam buah naga adalah tanah yang sudah anda gali diambil buat yang akan dicampur dengan pasir sebanyak 10 kg yang bertujuan agar tanaman buah naga dapat meningkatkan porositas tanah.

Selanjutnya anda bisa memberikan pupuk kandang atau kompos sebanyak 10-20 kg. dan hal yang penting dari proses pertumbuhan buah naga adalah pencampuran kapur dolomite yang bertujuan supaya tanaman mendapatkan kalsium, tanaman tersebut sangt membutuhkan kalsium yang cukup tinggi, Setelah itu aduk sampai benar-benar rata.

Setelah itu lubang yang sudah digali tutup kembali lubang tersebut dengan tanah yang sudah dicampur kemudian anda dapat melakukan penyiraman pada tanah, saat penyiraman jangan terlalu berlebihan sebab akan terjadi penggenangan, karena pertumbuhan buah naga akan sulit jika terjadi penggenangan. Selanjutnya proses ini adalah pengeringan terhadap matahari biarkan tanah tersebut sampai kering selama 2-3 hari. Setelah mongering anda dapat memberikan tambahan pupuk TSP sebanyak 25 gram pada setiap lubang dan biarkan selama 1 hari agar pupuk dapat memproses dengan baik .

Artikel Terkait Panduan Cara Menanam Lidah Buaya Step by Step

5. Cara Menanam Buah Naga

Cara Menanam buah naga sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari, agar tanaman lebih mudah beradaptasi denga lingkungan baru dan resiko kematian dapat diminimalisir. Cara menanam buah naga diawali dengan mengambil atau memindahkan bibit atau benih buah naga dari tempat penyemaian ketempat penanaman yang sudah anda siapkan sebelumnya .Gali lubang tanam sedalam 10-20, sesuaikan dengan panjang bibit. Kemudian masukan bibit ke dalam lubang dan timbun kebali dengan tanah sambil dipadatkan.

Setelah keempat bibit ditanam, ikat  bibit tersebut sehingga menempel pada tiang panjat. Lakukan pengikatan agar tanaman bisa tumbuh menjulur sepanjang 20-30 cm. Pengikatan jangan terlalu kuat agar tanaman memiliki ruang gerak dan tidak melukai bibit tanaman.

6. Pemeliharaan dan Perawatan Tanaman Buah Naga

Hal penting lainnya dalam cara menanam buah naga adalah proses pemeliharaan dan perawatan tanam, karena apa ? tanaman yang menerima pemeliharaan dan perawatan khusus tentu akan menghasilkan buah dengan kualitas terbaik berbeda dengan tanaman buah naga yang dibiarkan tumbuh begitu saja. Berikut beberapa pemeliharaan dan perawatan buah naga yang dapat anda lakukan yaitu :

Pemupukan Tanaman

Cara Menanam Buah Naga yang perlu diperhatikan lagi adalah kebutuhan unsur hara pada masa pertumbuhan tanaman, jika diawal penanaman buah naga sangat memerlukan unsur nitrogen agar masa pertumbuhan batang lebih maksimal sedang pada masa pembentukan buah tanaman ini lebih membutuhkan unsur kalium dan fosfor. Kami sangat menyarankan kepada anda untuk menggunakan pupuk jenis NPK namun tidak dengan urea, karena urea lebih cendurng merusak tanaman bukan menunjang pertumbuhan tanaman.

Pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan dosis sekitar 5-10 kg untuk setiap lubang tanaman. Ketika tanaman sudah memasuki masa bunga dan buah, berikan tambahan pupuk NPK dan ZK dengan dosis 50 dan 20 gram per lubang tanam. Pemberian pupuk disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Pemeberian pupuk tambahan berupa pupuk cair, dan pupuk hayati diberikan untuk memaksimalkan hasil.

Penyiraman

Hal terpenting lainnya dalam cara menanam buah naga yaitu  penyiraman, kebutuhan akan air dikurangi jika tanaman buah naga masuk masa pembentukan buah. Kebutuhan air akan terus bertambah diikuti dengan umur buah naga yang semakin tua, anda dapat melakukan penyiraman pada pagi dan sore hari saja. Proses penyiraman dapat menggunakan mesin siram atau dilaukan secara manual.

Namun jika menggunakan mesin biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak, maka dari kami lebih menyarankan untuk proses penyirman dilakukan secara manual. Bila penyiraman dilakukan dengan gembor maka setiap lubang tanaman disiram dengan air sebanyak 4-5 liter. Frekuensi penyiraman dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari ketika musim kemarau, atau menyesuaikan dengan kondisi tanah.

Jika tanaman sudah tampak berbuah dosis penyiraman dapat dikurangi atau bahkan dihentikan, karena dengan pengurangan dosis penyiraman dapat pula mengurangi pertumbuhan tunas baru. Namun jika tanah terlihat mongering sebaiknya lakukan penyirman kembali guna menjega kelembaban tanah tetap stabil

 

Pemangkasan

Bagaian terpenting lainnya dari cara menanam buah naga adalah pemangkasan, terdapat tiga jenis pemangkasan yakni pemakasan untuk membentuk batang pokok, pemangkasan untuk membentuk cabang, dan pemangkasan untuk pemeremajaan cabang yang sudah tidak produktif. Masing-masing pemangkasan memiliki fungsi masing-masing.

kenapa pemangkasan merupakan salah satu hal penting dari cara menanam buah naga karena agar tanaman memiliki batang utama yang kuat dan mampu menopang cabang dan buah. Pilihlah batang yang paling kuat dan kokoh, dan potong tunas yang tumbuh di bawah batang ini. Setelah itu pemangkasan cabang dilakukan dengan memilih 3-4 cabang terbaik. Pemangkasan ini bertujuan agar kualitas dari buah yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

Jenis pemangkasan yang terakhir adalah pemangkasan dengan tujuan untuk meremajakan kembali cabang dari buah naga. Biasanya cabang yang sudah berbuah 3-4 kali sudah tidak terlalu produktif sehingga perlu diremajakan. Bekas potongan cabang ini bisa digunakan menjadi bibit buah naga. Yang paling penting dalam proses pemangkasan adalah membuat bentuk tanaman ini menjadi lebih teratur. Hal ini karena buah naga merupakan tanaman yang tumbuh secara tidak teratur.

Artikel Terkait Tahap-tahap Cara Menanam Anggur Agar Berbuah Lebat

7. Panen Budidaya Buah Naga

Tahap terakhir dalam cara menanam buah naga adalah panen, karena dalam proses ini anda akan merasakan hasil dari kesusahan yang sudah dilakukan. Jika anda sudah berhasil masuk ketahap ini berarti cara menanam buah naga yang kami sampaikan sukses dipraktekkan.

Tanaman yang memiliki umur produktif cukup lama, dapat berbuah setelah berumur 10 sampai 12 bulan. Selain itu anda juga dapat menikmati buahnya selama kurang lebih 20 tahun.

Untuk satu tanaman biasanya menghasilkan sekitar 1 kg buah naga. Sedangkan dengan lahan seluas 1 hektar dengan jumlah tanaman 6400 akan menghasilkan 6-7 ton buah naga sekali panen. Budidaya buah naga bisa dikatakan sukses bila dalam satu tahun bisa menghasilkan 50 ton buah naga untuk setiap 1 hektar lahan yang digunakan.

dalam cara menanam buah naga terakhir ini kami akan memberikan ciri-ciri dari buah yang siap dipanen yaitu kulit buah mulai berwarna merah mengkilap dan jumbai buah berwarna kemerahan, warna hijaunya sudah mulai berkurang. Mahkota buah mengecil dan pangkal buah mulai menguncup sedangkan buah mulai membulat dengan berat 400-600 gram.

Sekian informasi dari kami mengenai Cara Menanam Buah Naga, semoga artikel ini benar-benar dapat bermanfaat bagi anda semua. Kami SawonBudidaya mengucapkan terima kasih sudah berunjung, sukses!

Artikel Terkait :

1 Trackback / Pingback

  1. Panduan Cara Menanam Jahe Merah Step by Step Bagi Pemula!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*