Panduan Cara Bercocok Tanam Tomat Step by Step

Cara Bercocok Tanam Tomat

Cara Bercocok Tanam Tomat – Buah tomat adalah buah yang sering kita jumpai atau sering kita gunakan sebagai masakan atau pembuatan jus tomat, selain itu tomat dapat memberi efek kesehatan bagi organ tubuh manusia sebab tomat mengandung beberapa vitamin yang dapat memperbaiki atau mencegah penyakit didalam tubuh kita.

Penanaman buah tomat memerlukan teknik yang tidak mudah, dan kami disini akan menjelaskan beberapa tips-tips Cara Bercocok Tanam Tomat, sebelum lanjut ketahap berikutnya kami SawonBudidaya akan menjelaskan manfaat kandungan buah atau sayuran tomat terlebih dahulu step by step :

Artikel Terkait Panduan Cara Menanam Lidah Buaya Step by Step

 

Manfaat Buah Tomat

Kasiat buah tomat tentu banyak sekali yang dapat  anda ketahui

  • Buah tomat dapat menurunkan penyakit yang bernama kanker sebab buah mengandung  antioksidan vitamin C, sebaiknya bagi anda yang menderita penyakit kanker kami sarankan mengkonsumsi buah tomat secara rutin
  • Dan bagi anda yang mempunyai tekanan darah yang tidak stabil atau yang bernama hipertensi anda bisa menkomsumsi buah tomat sebab bisa menstabilkan tekanan darah supaya stabil, jadi anda tidak perlu berobat kerumah sakit udah jelas manfaat tomat sangat tinggi buat menstabilkan tekanan darah
  • Tomat dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C dan tomat juga dapat melancarkan buang air besar karena kaya akan serat .
  • Selain itu buah tomat dapat menjaga kesehatan jantung dan mata, karena kaya akan unsur senyawa yang dapat membantu kesehatan
  • Penyakit diabetes dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah tomat secara rutin, karena mengandung kadar gula rendah. Oleh karena ada baiknya jika anda rutin dalam memberi asupan tomat kedalam tubuh anda bisa dengan cara simple nya yaitu membuat  jus tomat.
  • Buah tomat pun bisa memberi kesehatan kulit wajah dengan cara bermaskeran dengan buah tomat, agar tetap terlihat bersinar dan bisa mengencangkan kulit karena mengandung vitamin C.

Artikel Terkait Tahap-tahap Cara Menanam Anggur Agar Berbuah Lebat

Sesudah kami menjelaskan manfaat buah tomat selanjutnya masuk ketahap berikutnya perhatikan dan simak dibawah ini

Sayuran buah tomat adalah cara tanam nya yang berkembang biak menggunakan biji , oleh karena itu pastikan biji benar benar bagus supaya tanam tomat bisa menghasilkan yang berkualitas.

Memang tidak mudah saat melakukan penanaman tomat dan banyak langkah-langkah yang harus anda simak, pertama pemilihan bibit tomat unggulan. baiklah kami akan memberikan tips-tips Cara Bercocok Tanam Tomat yang benar dibawah ini.

Cara Bercocok Tanam Tomat 

 

Pemilihan Bibit Tomat

Buat cara memilih bibit tomat anda harus benar memperhatikan kondisi bibit supaya pertumbuhan nantinya bisa menghasilkan kualitas tinggi sesuai keinginan yang diharapkan, pemilihan bibit unggulan akan kami jelaskan dibawah ini.

  • Biji bibit berasal dari buah yaitu buah yang benar-benar matang
  • Pastikan saat pemilihan bibit berukuran besar di karenakan supaya pertumbuhan menghasilkan buah yang maksimal
  • Saat memilih bibit pastikan kondisi tidak mengalami kecacatan biji bibit dan harus benar-benar kondisi mulus
  • Dan memilih bibit tomat yang saat direndam tidak terapung

Sesudah kami menjelaskan beberapa pemilihan bibit, dan selanjutnya anda juga harus mengetahui ciri-ciri bibit berkualitas dibawah ini.

  • Cara Bercocok Tanam Tomat pastinya ingin tanam kita subur dan berkualitas, yang perlu anda lakukan saat pemilihan bibit pastikan bibit yang bentuknya seragam supaya masa pertumbuhanya bersamaan
  • Berikutnya saat pem ilihan bibit pastikan bibit benar-benar tahan terhadap kondisi iklim
  • Selanjutnya bibit yang berkualitas yaitu pertumbuhan bibit cepat dari yang biasa
  • Dan bibit yang berkualitas mempunyai akar banyak dari akar primer ataupun skunder
  • Bibit unggulan biasanya saat dipindahkan kelahan tanam dapat hidup, bibit yang tidak unggul biasanya saat dipindahkan ke lahan tanam bisa mengalami kegagalan saat pemindahan
  • Maka dari itu saat pemilihan bibit harus benar-benar anda perhatikan, dan bibit yang berkualitas adalah bibit yang dapat tahan terhadap serangan penyakit terhadap hama.

Artikel Terkait Panduan Cara Bercocok Tanam Gaharu Step by Step

Sesudah melakukan pemilihan bibit unggulan dan anda juga harus tau bagaimana cara melakukan penyemaian yang benar, berikut tahap-tahap penyemaian dibawah ini.

Penyemaian Buah Tomat

Cara Bercocok Tanam tomat selanjutnya masuk ketahap penyemaian, tujuan dari penyemaian adalah supaya tanaman tersebut bisa tumbuh dengan subur, dan dapat beradaptasi dengan lahan baru, berikut kami akan menjelaskan cara penyemaian tanam tomat dengan benar.

Yang pertama harus dilakukan penyemaian yaitu dengan cara merendam biji tomat dengan air yang  sudah dicampur  dengan fungsida, yang bertujuan agar benih bibit tidak terserang gangguan hama dan proses penanaman bisa dilakukan secara maksimal

berikut adalah menyiapkan media semai yang pertama harus anda lakukan yaitu dengan mencampurkan tanah dan pupuk secukupnya,kenapa kami menyarankan memberi pupuk secukupnya karena pupuk diberikan berlebihan bisa mengalami kegagalan dalam penyemaian sebab pupuk mengandung zat kimia yang panas

selanjutnya buat lubang lalu masukan bibit tomat  tersebut kedalam yang sudah anda gali lalu tutup lubang dengan tanah tersebut

tahap terakhir  dari penyemaian adalah penyiraman secara rutin terhadap tanaman tersebut agar proses pertumbuhanya bisa tumbuh maksimal.

 

sesudah penyemaian selesai dan Cara Bercocok Tanam  tomat selanjutnya pemilihan media tanam berikut penjelasanya dibawah ini.

 

Persiapan Media Tanam

Cara Bercocok Tanam Tomat selanjutnya yang harus anda ketahui adalah menyiapkan media tanam, tanam bisa menggunakan pot atau pun polybag karena penanam di pot atau polybag hanya sesaat, sesudah tanaman berkembang selanjutnya bisa anda pindahkan kelahan yang sudah di siapkan dan kami sarankan saat memilih pot yang berbahan keramik agar tidak mudah pecah dan kuat saat pertumbuhan tanaman.

Artikel Terkait Panduan Cara Bercocok Tanam Timun Step by Step

Seudah kami menjelaskan pemilihan pot, selanjutnya cara pemindahan tanaman tomat kedalam pot yang benar berikut penjelasan  dibawah ini.

  • Pertama yang harus anda ketahui siapkan pot terlebih dahulu dengan ukuran yang telah ditentukan
  • Selanjutnya siapkan pecahan genting atau Styrofoam
  • Kemudian pecahan genting atau Styrofoam anda masukan ke dasar pot, tujuan dari memasukan genting atau Styrofoam adalah untuk kepentingan drainase dan system aerasi.
  • Dan penanaman selanjutnya cari tanah dan pupuk sebagai proses penanaman yang akan berlangsung, , tahah yang sudah disiapkan lalu campurkan tanah dengan pupuk aduk hingga benar-benar rata, pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 2;1, kami sarankan saat mencampur pupuk jangan berlebihan sebab kalau kebanyakan bisa mengalami kegagalan dalam pertumbuhan
  • Langkah berikutnya masukan media tanam kedalam pot yang sudah disiapkan
  • Tempat pot yang sudah berisi media tanam dan lakukan penjemuran selama 7 hari, kemudian anda bisa memilih bibit yang mau ditanam terlebih dahulu
  • Lalu anda pastikan bibit yang akan ditanam dengan kondisi sehat dan tidak caca dan dau bibit yang sehat berwarna hijau cerah dan batangnya kokoh
  • Sesudah anda memilih bibit yang segar kemudian lepaskan bibit dari temapat nya dengan cara berhati-hati supaya perakaran tidak mengalami kerusakan

Sebab tanaman akan dipindahkan pada lahan baru, maka dari itu anda harus berhati-hati saat pemindahan tersebut

  • Kemudian cara penanamanya bibit harus berada ditengah –tengah, tujuanya agar pertumbuhan akar tidak sempit, supaya perakaranya tidak rusak saat tanaman tumbuh membesar.
  • Dan selanjutnya bisa anda ratakan dan padatkan tanaman yang sudah di tanam agar tanam tumbuh dengan kokoh
  • Lankah selanjutnya penyiraman tanaman dengan menggunakan air
  • Penempatan media tanam bisa ditempat yang terbuka.

 

Perawatan tanaman tomat di pot

Cara bercocok tanam tomat selanjutnya adalah perawatan, hal ini sangat perlu dilakukan agar tomat dapat menghasilkan buah secara maksimal. Selain itu perawatan juga perlu dilakukan untuk menjaga tamanan tomat dari serangan hama dan penyakit, dalam proses perawatan tomat anda dapat melakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari.

Pemberian pupuk tambahan juga sangat perlu dilakukan, guna menjaga kandungan unsur hara dan bahan fotosintesis tamanan tomat. Anda dapat memilih pupuk kandang kering karena lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan kimia atau NPK.

Proses Panen Tamanan Tomat

Setelah semua tahap diatas selesai anda praktekan, tahap selanjutnya dan tahap yang dinanti-nanti oleh para petani adalah masa panen. Dalam proses panen sebaiknya dilakukan secara baik dan benar, hal ini dilakukan agar menjaga kualitas buah atau sayuran tomat tetap berkualitas unggulan. Tentu dengan kualitas terbaik maka nilai jual tomat akan semakin tinggi dan memberi keuntungan pada petani itu sendiri.

Sebelum melakukan panen terhadap beberapa step by step yang perlu dilakukan, dibawah ini kami akan menjelaskan teknik-teknik sebelum melakukan panen tomat yaitu :

  • Teknik Fisiologi, sebenarnya kami sangat tidak menyarankan untuk menggunakan teknik ini karena biaya yang dikeluarkan lebih tinggi.
  • Teknik visual, disini kami akan menjelaskan apa itu teknik visual yaitu proses pengecekan tanaman siap atau tidaknya dengan melihat bentuk tdan tektur dari buah tomat. Teknik ini sangat sering digunakan para petani karena biaya yang dikeluarkan sangat kecil bahkan tanpa mengeluarkan biayapun bisa .

Artikel Terkait Panduan Cara Bercocok Tanam Buah Naga Step by Step

Setelah anda melakukan teknik visual, langah selanjutnya adalah panen. Sebaiknya panen dilakukan pada pagi atau sore untuk menjaga buah tomat tetap segar dan tidak mudah layu. Sekian informasi dari kami mengenai Cara Bercocok Tanam Tomat Step by Step, semoga dapat bermanfaat terima kasih !

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*