Panduan Cara Bercocok Tanam Gaharu Step by Step

Cara Bercocok Tanam Gaharu

 

Cara Bercocok Tanam Gaharu – Jumpa lagi dengan SawonBudidaya, pada kesempatan kali ini kami ingin membuat artikel tentang cara bercocok tanam gaharu. Banyak sekali petani menanam tanaman gaharu dan menjadikan sebuah bisnis tentunya dengan cara memasarkan tanaman diperjual belikan.

Gaharu merupakan sebagai kebutuhan bagi masyarakat di negara timur tengah karena dapat  digunakan sebagai dupa ritual keagamaan. Selain itu gaharu bisa di proses menjadi bahan baku bernilai jual mahal sebab terkenal untuk kosmetika seperti parfum, sabun dan lotions dan juga sering digunakan sebagai bahan pembersih muka.

 

Selain itu juga dapat mengobati penyakit hepatitis, liver, antialergi, obat batuk, penenang sakit perut, rhematik, malaria, asama, tbc, kanker, tonikum, dan aroma terapi. Sebelum kami menjelaskan cara bercocok tanam gaharu kami akan menjelaskan manfaat gaharu.

Artikel Terkait Tahap-tahap Cara Menanam Anggur Agar Berbuah Lebat

 

Syarat Tumbuh Gaharu

Sesudah kami menjelaskan penyemaian bibit unggulan, selanjutnya kami akan menjelaskan syarat tumbuh  gaharu, berikut ini syarat tumbuh gaharu yaitu:

Cara bercocok tanam gaharu mulai dari dataran rendah sampai dengan ketinggian 750 mdpl.

  • Pohon gaharu mencapai tinggi kurang lebih 40 m, dan batang memiliki diameter mencapai hingga 60 cm.
  • Permukaan batang gaharu licin dan warnanya keputih-putihan
  • Dan bentuk daunya lonjong memanjang dan daun memiliki ukuran panjang 6-8 cm, dan lebarnya 3,5 cm
  • Ujung daunya runcing dan daunya kering berwarna abu-abu kehijauan, daun memiliki bentuk agak bergelombang, melengkung, kedua permukaanya licin dan mengkilap.

 

Ketinggian Lokasi Tanam Gaharu

Tanaman gaharu dapat tumbuh didataran rendah dan bisa didataran tinggi.

 

Jenis Tanah

Anda pastikan jenis tanah mempunyai akan kaya nutrisi, dan subur dan memiliki tanah yang gembur agar dapat tumbuh dengan subur. Dan pastikan ph tanah memiliki keasaman yang cukup supaya tanam kita bisa menghasilkan yang maksimal. Selanjutnya penanaman berikut penjelasan dibawah ini.

 

Manfaat gaharu

 

  • Kecantikan –sabun dan shampo
  • Gaharu bisa dijadikan parfum karena wangi nya tahan lama
  • Dan bisa untuk dijadikan obat buat kesehatan tubuh manusia
  • Selain itu juga dijadikan aroma trapi
  • Dan dijadikan untuk pengobatan tradisional khususnya di negara cina, jepang.

 

 

 

Cara Bercocok Tanam Gaharu

 

Setelah anda memahami sedikit manfaat dari tanaman gaharu, disini kami akan kembali membahas topik utama dari artikel ini yaitu Cara Bercocok Tanam Gaharu yaitu :

Pemilihan bubit unggulan

  • Usia bibit usahakan saat pemilihan bibit 1 tahun sampai dengan berusia 2 tahun, sebab agar proses tumbuhnya mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Pada bibit bener bener tangguh dan tidak cacat
  • Usahakan bibit yang seragam supaya tumbuhnya bersamaan

Perbanyakan Bibit

Ada dua cara perbanyakan bibit tanaman gaharu yaitu, yang pertama generatif yang kedua vegetatif.

Cara Generatif

Bibit gaharu bisa di dapatkan dari biji maupun puteran pembuatan bibit dari gaharu, banyak hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan biji bibit adalah:

  • Buah yang sudah matang lalu dikumpulkan saat musim buah.
  • Lalu buah yang diperoleh lalu dikeringkan terlebih dahulu sampai beberapa hari dengan cara dijemur 2 jam saat pagi hari.
  • Sesudah biji dikeringkan tarulah didalam karung lalu simpan tempat yang aman, dan tidak boleh terkena air, sampai waktunya untuk di semaikan.
  • Pembuatan bibit secara puteran
  • Gaharu dapat dikembangbiakan cara alami dengan pemencaran biji. Pohon yang tidak cacat biasanya memberi hasil yang positif dengan daya kecambah yang cukup tinggi, pohon kebanyakan dari biji baru bisa menghasilkan setelah umurnya delapan tahun.
  • Lalu anakan yang sudah jadi diambil pada musim penghujanan, pengambilan anakan disekitarnya dengan cara berhati-hati supaya akar tidak rusak.

Cara Vegetatif

Secara vegetatif bisa dengan mencangkoknya,tetapi dengan cara vegetatif mempunyai kelemahan yaitu:

  • Perakaranya sangatlah kurang lengkap, sehingga dapat mudah roboh
  • Tanaman sangat lemah cara menghadapi air saat musim kemarau panjang, sebab sifat perakaranya yang dangkal sehingga tidak mampu menyerap air tanah.

 

Artikel Terkait Panduan Cara Menanam Lidah Buaya Step by Step

 

Sesudah pemilihan bibit unggulan, sebelum cara bercocok tanam gaharu, selanjutnya adalah penyemaian bibit gaharu  yang terbaik kami jelaskan di bawah ini.

Penyemaian Bibit

Penyemaian bibit bisa anda lakukan dengan pot atau polybag, lalu masukan bibit kedalam tempatnya terlebih dulu cek bibit dan pastikan bibit tidak mengalami kecacatan, sebab bibit yang cacat akan mengalami kegagalan saat melakukan penyemaian.

 

 

Penanaman

Cara bercocok tanam gaharu sebaiknya anda lakukan pada musim hujan pada pagi hari sampai jam 11 dan bisa anda lanjutkan pada jam 4 sore.

Jarak Tanam

Jarak tanaman gaharu yang ideal minimal 2 x 2.5 meter agar tanaman dapat tumbuh tidak berdempetan.

Lubang Tanam

Ukuran lubang adalah 40x40x40 cm. selanjutnya lubang yang sudah digali lalu biarkan selama 1 minggu, agar lubang dapat berinteraksi dengan udara luar. Lalu masukan pupuk dasar, campurkan serbuk kayu dengan persamaan 3:1 hingga mencapai ¾ ukuran lubang. Setelah menunggu beberapa minggu pohon siap untuk di tanam.

Pemeliharaan

Pemupukan bisa dilakukan sekali 3 bulan, bisa juga setiap 6 bulan dengan kompos sebanyak 3 kg, sedangkan mengunakan pupuk kimia NPK dapat 3 bulan dengan dosis rendah (5 gr/tanaman) setelah tanaman berumur 1 tahun lalu bisa anda tambahkan dosisnya sesuai dengan besar batang tanaman. hama Tanaman gaharu perlu diperhatikan yaitu  kutu putih yang hidup dipermukaan daun bawah, jika kondisi lingkungan lembab.maka dari itu lalukan pecegahan dengan cara pemangkasan pohon pelindung agar terkena cahaya sinar matahari dan lakukan penyemprotan pestisida yaitu, pembersihan gulma dilakukan pada 3 bulan sekali. Agar tanam gaharu dapat tumbuh dengan baik atau dengan sesuai harapan anda

 

Pemangkasan Cabang

 

Cara bercocok tanam gaharu agar tanaman tumbuh dan cepat besar dilakukan dengan pemangkasan cabang dan ranting. Pemangkasan bertujuan agar nutrisi mudah diserap akar pada pertumbuhan pohon, sebaiknya pemangkasan ranting cabang dilakukan  setiap terjadinya cabang, pemangkasan cabang ketika masih muda sepanjang 2/3 cm.

Pemangkasan dapat dilakukan  secara berkala dua minggu sekali.

 

 

Pembasmian Hama

 

Pembasmian hama hampir sama dengan pemangkasan cabang bertujuan agar tanaman cepat besar dan tidak ada pengganggu. Agar tumbuhan tumbuh dengan baik sebaiknya lakukan pembersihan hama, ada banyak jenis hama yang menyerang tanaman gaharu salah satunya adalah, ulat pemakan daun dan serangan hama kutu putih. Pembasmian hama sebaiknya dilakukan secara rutin, agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

 

Dan hindari naungan yang menyebabkan tanaman terlalu lembab dan berilah kapur dolomit, bertujuan supaya kondisi tanah tidak terlalu asam, sebab kalau terlalu asam akan terjadi pembusukan akar. Dan lakukan penyemprotan secara rutin dengan kita lakukan secara rutin agar hama pengganggu tidak tampak lagi di sekitar tanaman gaharu.

 

 

Pada tahap tahap Cara Bercocok Tanam Gaharu yang sudah kami jelaskan di atas tadi dapat bermanfaat, dan semoga dapat menjadi referensi atau tutorial bagi anda yang ingin memulai budidaya tanaman gaharu sebagai bisnis atau memenuhi kebutuhan pribadi. Sekian informasi dari sawonBudidaya.com , terima kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1 Trackback / Pingback

  1. Panduan Cara Bercocok Tanam Timun Step by Step

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*