Panduan Cara Menanam Lidah Buaya Step by Step

Cara Bercocok Tanam Lidah Buaya

Cara Menanam Lidah Buaya – Di negara Indonesia lidah buaya banyak digunakan sebagai perawatan buat pertumbuhan rambut, lidah buaya merupakan tanaman yang bisa ditanam dengan mudah. Tanaman ini aslinya berasal dari negara afrika dan nama latinnya aloe vera serta kaya akan manfaat bagi tubuh. lidah buaya dapat tumbuh dengan mudah di seluruh daerah indonesia karena masuk dalam keluarga subtropis.

Cara menanam lidah buaya sangat mudah bila anda memperhatikan SawonBudidaya akan memberi penjelasan dibawah ini step by step. Sebelum kami menjelaskan cara menanam lidah buaya ada baiknya anda sebagai konsumen mengetahui beberapa manfaat dari tanaman ini, yaitu:

Manfaat Lidah Buaya

Disini kami akan menjelaskan beberapa manfaat dari lidah buaya bagi kesehatan serta kecantikan untuk tubuh anda. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda perhatikan, yaitu :

Lidah buaya untuk kesehatan

  • Lidah buaya dapat digunakan sebagai penjaga keasaman tubuh atau Alkalisas
  • Lidah buaya kaya akan antioksidan seperti sistem imun yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari radikal bebas
  • Lidah buaya juga berfungsi untuk menjaga kesehatan hati sebab tanaman ini dapat mengeluarkan racun yang masuk kedalam tubuh.

Lidah buaya untuk kecantikan

  • Lidah buaya selain sebagai bahan kesehatan ternyata juga bisa digunakan sebagai tumbuhan alami yang dapat melebatkan rambut.
  • Selain itu lidah buaya bisa menghilangkan penyakit gatal gatal pada kulit manusia.
  • Lidah buaya juga bisa memperpanjang rambut dan merawat kulit kepala.

Artikel Terkait Panduan Cara Menanam Buah Naga Bagi Pemula!

 

Syarat Tumbuh Lidah Buaya

Setelah kami menjelaskan manfaat lidah buaya, kami akan menjelaskan syarat tumbuh agar hasil panen bisa maksimal. Berikut ini beberapa syarat tumbuh dari tanaman lidah buaya, yaitu:

Ketinggian Lokasi Budidaya

Tanaman lidah buaya bisa tumbuh didataran tinggi maupun dataran rendah, selain itu lidah buaya dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis.

Jenis Tanah                                

Pastikan tanah mempunyai akan kaya nutrisi, subur serta tekstur tanah yang gembur dan pastikan ph tanah yang mempunyai keasaman cukup agar tanaman kita dapat tumbuh dengan baik serta bisa mendapatkan hasil yang anda inginkan.

 

Cara Menanam Lidah Buaya

setelah kami tadi menjelaskan manfaat dan cara tumbuh selanjutnya kami akan menjelaskan cara menanam lidah buaya di bawah ini perhatikan berikut ini.

Pemilihan induk bibit unggulan

Cara menanam lidah buaya yang pertama adalah pemilihan bibit berkualitas tinggi, tentu anda sebagai petani berharap hasil panen nanti akan berlimpah serta mudah dijual. Oleh sebab itu penggunaan bibit yang berkualitas unggulan akan menghasilkan tumbuhan yang berkualitas juga. Berikut ini cara pemilihan bibit unggulan, yaitu :

  • pastikan bibit yang anda pilih bersih
  • bibit harus berisi dan tidak kosong
  • dan warna bibit harus segar dan cerah
  • dan pastikan bibit tidak cacat
  • ukuran bibit harus seragam

Pengolahan Lahan

Setelah kami menjelaskan pemilihan bibit unggul, selanjutnya akan memberi tahu bagaimana cara menanam lidah buaya yaitu menentukan tempat dengan baik, perhatikan dan simak agar tanaman bisa tumbuh dengaan baik.

Cara menanam lidah buaya yaitu, pertama anda lakukakan pembersihan lahan terlebih dahulu dan lahan sebaiknya diratakan terlebih dahulu, meratakan bisa anda menggunakan alat seperti cangkul, sebelum anda melakukan penanaman lidah buaya pastikan tanah gembur  supaya akar tanaman lidah buaya tumbuh dengan subur.

Lahan harus benar benar bersih sebab lidah buaya itu tidak bisa tumbuh subur apa bila masih terdapat unsur hama yang nantinya akan mengganggu pertumbuhan lidah buaya, dan cara menanam lidah buaya pun butuh proses penggalian lahan tanah hingga mempunyai kedalaman tiga puluh cm dan ukuran lebarnya mencapai seratus atau dua ratus cm, lalu buatlah bedengan dengan lebar seratus lima puluh cm, ketinggian mencapai lima puluh cm dan panjang sesuaikan dengan lahan yang anda miliki.

Selanjutnya bikinlah pengaliran air di pinggir lahan, fungsinya agar tanaman kita tidak tergenang air supaya untuk menjaga agar nantinya tidak terjadi pertukaran udara didalam tanah.

Artikel Terkait Panduan Cara Bercocok Tanam Hidroponik Step by Step Secara Baik dan Benar!!

Proses Penanaman

Cara menanam lidah buaya itu sangatlah mudah bila anda benar benar memahami, sesudah memperhatikan yang kami jelaskan di atas tadi, langsung saja perhatikan karena kami akan menjelaskan cara menanam lidah buaya di bawah ini.

 

  • Ambil lah bibit unggulan yang sudah anda pilih
  • Dan kemudian tanam lah lidah buaya kedalam tanah yang sudah anda gali
  • Lalu timbun tanaman lidah buaya dan isi lah sedikit pupuk secukup nya
  • Usahakan tanaman lidah buaya jangan terlalu dalam dan terlau dangkal agar tanaman lidah buaya tidak terjadi pembusukan

Penyiraman

Sesudah melakukan proses penanaman. selanjutnya masuk kedalam tahap penyiraman lidah buaya. Cara menanam lidah buaya membutuhkan penyiraman di pagi hari saja karena tanaman lidah buaya ini tidak dapat tumbuh pada tanah becek.

Cara menanam lidah buaya janganlah sering sering anda siram karena daun lidah buaya lebar dan dapat menyimpan air yang cukup lama.

 

Cara Merawat Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya sangatlah penting perawatanya karena tumbuhnya ditanah yang tidak terlalu becek. maka dari itu anda harus melakukan perawatan yang sangat bagus buat nantinya biar tanaman lidah buaya bisa tumbuh dan menghasilkan hasil buah yang unggulan dan tidak mengalami kecacatan. Dan selanjutnya  akan kami jelaskan  cara perawatan lidah buaya yang bagus di bawah ini.

  • Pemupukan

Cara menanam lidah buaya memerlukan pupuk agar dapat tumbuh dengan hasil yang maksimal karena dengan cara pemupukan proses kebutuhan unsur hara didalam tanah dapat tercukupi. Memberikan pupuk tanaman bisa anda berikan 2 minggu sekali dengan nama pupuk npk sebanyak 2 gr pertanaman.

  • Pencahayaan Tanaman

Tanaman membutuhkan pencahayaan yang secukupnya supaya proses penanaman dapat menghasilkan yang berkualitas.karena Cara menanam lidah buaya butuh pencahayaan secara langsung. usahakan penanaman lidah buaya pada musim kemarau pertengahan sebab lidah buaya tidak dapat tumbuh bila terkena sinar matahari secara berlebihan. Ciri ciri tanaman lidah buaya yang terkena sinar matahari berlebihan yaitu memiliki daun berwarna coklat atau orange serta berbintik.

Artikel Terkait Panduan Cara Menanam Hidroponik Yang Baik dan Benar Untuk Pemula!

Proses Panen

Lidah buaya yang sudah anda tanam selaman 6 bulan sampai 7 bulan akan siap panen, sebaiknya proses panen dilakukan sesuai dengan waktu yang sudah kami jelaskan diatas sebab panen yang terlalu cepat dan lambat bisa terjadi penurunan khasiat lidah buaya.

Sesudah panen lidah buaya menghasilkan yang maksimal ternyata banyak bermanfaat sebagai obat alami seperti mensuburkan rambut dan perawatan kulit atau kecantikan serta sebagai obat tradisonal.

Artikel yang saya buat dari sawonbudidaya cara menanam lidah buaya semoga bermanfaat dan juga bisa anda kembangkan sebagai bisnis atau pribadi anda sendiri. Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas perhatian nya.

 

Artikel Terkait :

 

 

 

.

 

 

 

 

 

.

 

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*