Manfaat Tanaman Mangga

Manfaat Tanaman Mangga

Manfaat Tanaman ManggaJumpa lagi bersama kami SawonBudidaya, untuk kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai apa saja manfaat tanaman mangga. Buah mangga memiliki rasa yang sangat nikmat, dengan rasa nikmat tersebut ternyata mangga juga kaya akan khasiat dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara kecantikan.

Sebelum itu anda baik anda ketahui dulu apa sih mangga itu? Mangga adalah buah yang banyak diminati warga karna rasa mangga dapat memanjakan lidah kita dengan rasa manis serta tekstur dagingnya lembut, pohon mangga termasuk dengan tumbuhan yang memiliki batang yang cukup tinggi akan tetapi ada yang rendah juga semua itu tergantung dengan jenis-jenis mangga tersebut. Langsung aja deh kami akan membahas Manfaat Tanaman Mangga dibawah ini.

 

Ciri Khusus Tanaman Mangga

Sebelum kami menjelaskan manfaat tanaman mangga ada baiknya anda mengetahui apa saja sih ciri khusus yang dimiliki tanaman mangga. Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa ciri dari tanaman mangga yaitu :

 

Tanaman mangga memiliki bentuk batang membulat dengan tumbuh beberapa cabang diatasnya dan rating banyak.Cabang dan ranting kemudian ditumbuhi daun yang lebat membentuk kanopi yang bentuknya seperti kubah, oval atau memanjang. Kulit batang pohon mangga tebal dan kasar dan berwarna coklat gelap hingga abu-abu kehitaman.

Artikel Terkait Manfaat Tanaman Singkong

Manfaat Tanaman Mangga

Bukan hanya rasanya yang enak, ternyata tanaman mangga juga kaya akan manfaat atau khasiat bagi tubuh. Baik bagi kesehatan tubuh maupun untuk kecantikan kulit dan wajah, dibawah ini akan kami jelaskan apa saja Manfaat Tanaman Mangga yaitu :

 

Manfaat tanaman mangga untuk kesehatan tubuh

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Manfaat tanaman mangga yang pertama adalah mengurangi kadar kolesterol tinggi didalam tubuh, sebelum membahas itu kita pahami dulu apa sih penyebab kolesterol didalam tubuh tinggi? kolesterol tinggi dapat dipengaruhi oleh beberapa sebab, namun faktor terbesar yang memnyebabkan kolesterol sering naik adalah pola hidup yang tidak sehat hal ini yang sering mengakibatkan kadar kolesterol didalam tubuh naik drastis tanpa disadari. Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa pola hidup yang tidak sehat sehingga kadar kolesterol dapat naik drastis diantaranya :

  • Resiko paling tinggi naiknya kadar kolesterol, sering makan makanan yang mengadung lemak tinggi seperti telur bagian kuningnya, makanan yang mengandung mentega tinggi, keju, krim dan santan.
  • Jarang melakukan olahraga sehingga proses pembakaran lemak atau kalori kurang, hal inilah yang sering mengakibatkan kadar kolesterol jahat mengalami penaikan secara drastis.
  • Selanjutnya adalah kebiasaan merokok, rokok bukan hanya tidak baik untuk pernafasan atau paru-paru saja ternyata kandungan zat kimia pada rokok mampu mengurangi kinerja HDL sehingga lemak didalam tumbuh tidak mampu dibuang kehati dan mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah.

Kolesterol tinggi dapat diatasi dengan cara mengubah pola hidup tidak sehat menjadi lebih sehat lagi, caranya kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi lalu lebih sering mengkonsumsi buah setiap hari salah satunya adalah mangga. Tanaman ini sangat kaya akan vitamin C dan serat sehingga baik dalam penurunan kadar kolesterol didalam tubuh, selain itu mangga juga kaya akan kalium yang dapat berfungsi sebagai pengatur keseimbangan cairan didalam tubuh.

 

  1. Mampu menjaga kesehatan mata

Manfaat tanaman mangga selanjutnya mampu menjaga kesehatan mata, terdapat beberapa bagian dari mata yaitu kornea berfungsi sebagai penerima cahaya dari luar, pupil berfungsi sebagai pengatur tingkat masuknya cahaya pada mata, iris berfungsi sebagai penerima warna sehingga kita mampu membedakan warna yang sering dijumpai, retina berfungsi sebagai penangkap bayang benda, sklera berfungsi untuk menjaga bentuk mata dari serangan benda luar dan terakhir adalah lensa mata berfungsi sebagai pemfokus cahaya yang masuk pada mata. Dari semua bagian diatas tentu ada cara agar mata mampu bekerja secara maksimal dan cara menjaga kesehatan mata yaitu :

  • Sering memeriksa mata di dokter, tujuanya agar tahu apakah mata milik anda bekerja secara maksimal atau sedang mengalami masalah sehingga dapat ditangani dengan cepat.
  • Selanjutnya sering mengkonsumsi makanan seperti sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin A demi menjaga kinerja dan kesehatan mata. Nah disini salah satu manfaat tanaman mangga mampu menjaga kesehatan mata, hal ini karna mangga kaya akan vitamin A yang baik dalam menjaga kesehatan mata.

 

  1. Mangga mampu mengobati penyakit anemia

Manfaat tanaman mangga selanjutnya mampu mengobati penyakit anemia, kita ketahui anemia adalah penyakit yang diakibat oleh jumlah sel darah merah rendah dari batas normalnya. Penyakit ini tidak dapat disepelekan karena dapat mengakibatkan kerusakan pada jantung, otak, beberapa organ tubuh lainnya dan yang paling parahnya dapat mengakibatkan kematian si penderita. Terdapat beberapa penyebab penyakit anemia diantaranya :

  • Sering mengkonsumsi obat-obat sembarangan tanpa resep dari dokter
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh sering proses pembuangan sel darah merah terjadi lebih cepat dari waktu normalnya
  • Selain itu penyebab dari penyakit anemia adalah tubuh sudah terlebih dulu mengalami penyakit kronis janga panjang seperti ginjal dan kanker.

Setelah kami membahas penyebab terjadinya penyakit anemia, kita akan mebahas bagaimana cara mengatasinya yaitu rutin mengkonsumsi makanan yang akan zat besi, folat, vitamin B-12 dan vitamin C. Kenapa manfaat tanaman mangga mampu mengobati penyakit anemia? karena mangga merupakan buah yang kaya akan zat besi sehingga baik bagi penderita anemia namun harus tetap diseimbangkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung folat, vitamin B-12 dan vitamin C sehingga proses pengobatan anemia dapat maksimal.

 

  1. Mangga baik untuk ibu hamil

Manfaat tanaman mangga selanjutnya baik untuk ibu hamil, biasa ibu hamil sangat membutuhkan makanan yang kaya akan zat besi sehingga dapat dengan maksimal menjaga kesehatan janin.

Selain itu ibu hamil juga sangat membutuhkan makan lain diantaranya seperti telur karena tinggi akan nurtisi yang baik untuk janin dan kandungan kolin tinggi mampu meningkatkan perkembangan otak, salmon merupakan makanan yang kaya akan omega 3 sehingga untuk perkembangan otak janin, sayuran hijau banyak mengandung serat, vitamin C, K, A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium yang baik untuk pertumbuhan janin.

  1. Mangga mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh

Manfaat tanaman mangga kelima adalah dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh, tekanan darah naik biasanya ditandai dengan sakit kepala parah, pusing, penglihatan buram, mual, telinga berdenging, kebingungan, detak jantung tak teratur, kelelahan, nyeri dada, sulit bernapas, darah dalam urin dan sensasi berdetak di dada, leher, atau telinga. Lalu apa sih penyebab tekanan darah naik? Biasanya ztekanan darah naik diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti sering merokok, dengan merokok tekanan darah dalam tubuh akan meningkat 4 mmHG dan karena adanya kandungan nikotin pada rokok dapat mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah sehingga tekanan darah dapat naik drastis.

Tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan cara mengubah pola hidup sehat, dengan melakukan diet balance, melakukan olahraga rutin, kurangin merokok. Selain itu anda dapat melakukan pengobatan denganmengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium, salah satunya dengan mengkonsumsi mangga karena kandungan didalam buah ini sangat kaya kalium yang baik bagi penderita darah tinggi. kami sangat menyarankan pada anda untuk merubah pola hidup sehat agar dapat sembuh dari penyakit tekanan darah tinggi karena jika dibiarkan akan beresiko besar atau dapat mengalami penyakit kronis bahkan kematian.

  1. Mangga mampu mencegah penyakit kanker

Manfaat tanaman mangga selanjutnya mampu mencegah penyakit kanker, biasanya penyakit ini diakibatkan oleh berkembangnya sel sel abnormal yang tidak dapat dikontrol dan jika dibiarkan saja jaringan didalam tubuh dapat mengalami kerusakan. Penyakit kanker dapat dilihat dengan beberapa ciri diantaranya adalah :

  • Terdapat benjolan diarea tubuh yang tidak normal
  • Kulit mengalami perubahan
  • Kelenjar getah bening mengalami masalah
  • Tubuh mengalami penurunan berat badan secara drastis dan tidak diketahui penyebabnya
  • Dada mengalami sesak dalam jangka panjang dan disertai batuk juga
  • Tubuh mengalami pendarahan tidak normal

Biasanya penyakit kanker disebabkan oleh beberapa faktor, namun secara umum penyakit ini disebabkan oleh perubahan mutasi pada gen didalam sel. Kita ketahui kandungan didalam gen terdapat ribuan DNA, jika gen mengalami masalah maka kemungkinan besar anda dapat terkena kanker dengan mudah. Namun dengan mengkonsumsi mangga dengan rutin akan dapat mencegah terjadi penyakit kanker, karena senyawa antioksidan berikut yang terkait dengan senyawa, isoquercitrin, gallic, querticin, astragalin, methylgallat yang dapat melindungi atau mencegah serangan penyakit yaitu kanker prostat, kanker usus, serta kanker payudara.

  1. Mangga mampu meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat tanaman mangga berikutnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh, karena kandungan didalam mangga yang kaya akan vitamin dari kandungan vitamin A, B C, E, dan mineral, vitamin A dapat memperbaiki pengeliatan dan kesehatan kulit, vitamin b mampu berfungsi agar fikiran tidak terjadi kesetresan, vitamin c berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta dapat memperbaiki system jaringan yang sudah rusak, vitamin e yang mampu memperbaiki jaringan kulit.

  1. Mangga mampu meningkatkan kecerdasan otak

Manfaat mangga kedelapan adalah meningkatkan kecerdasan otak, kita ketahui mangga mengandung vitamin B-6 yang banyak sehingga mampu meningkatkan kinerja otak secara maksimal dan juga mampu menjaga fungsi otak dengan baik. Disini kami SawonBudidaya sangat menyarankan pada anda agar rutin mengkonsumsi mangga demi menjaga dan meningkatkan kinerja otak.

  1. Bisa menurunkan kadar insulin dalam darah

Manfaat tanaman mangga selanjutnya adalah selain buah mangga ternyata daun mangga juga bermanfaat, masyarak biasanya daun mangga dijadikan obat yang tradisional karena dapat menurunkan kadar insulin dalam darah, karena daun mangga mengandung senyawa organic terakserol-3beta serta ekstrak etil asetat yang bersinergis, hal ini sangat bagus bila anda ingin mencoba nya untuk menurunkan kadar insulin dalam darah.

 

Manfaat tanaman mangga untuk kecantikan

Selain untuk kesehata, ternyata manfaat tanaman mangga lainnya untuk kecantikan. Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa manfaat tanaman mangga untuk kecantikan diantaranya :

  1. Mangga mampu menjaga kesehatan kulit sehingga tampak lebih bercahaya

Manfaat tanaman mangga untuk kecantikan yang pertama adalah mampu menjaga kesehatan kulit sehingga tampak lebih bercahaya. Bagi anda yang merasa bermasalah dengan kulit gelap, noda dan bintik-bintik, tahu tidak dengan mengkonsumsi mangga secara rutin ternyata mampu mengatasi semua masalah yang sering menyerang kulit. Hal ini salah satu kandungan dari tanaman mangga adalah vitamin A dan Beta Karoten yang berfungsi untuk memulihkan kembali kulit rusak.

  1. Mangga sebagai obat komedo

Jika anda punya masalah pada komedo tentu rasa pecaya diri saat ketemu orang lain atau teman bahkan doi pasti turun bukan? Nah disini kami akan memberikan solusi dari masalah komedo anda. Tahukah anda dengan mengkonsumsi mangga dengan rutin ternyata masalah komedo dapat diatasi dengan mudah loh gak percaya? Manfaat tanaman mangga sebagai obat komedo dapat dibukti  dengan cara kami ini, yaitu dengan membuat scrub dari bahan mangga dan sudah dicampur dengan satu sendok makan teh setengah sendok teh susu cair atau susu bubuk, dan sedikit madu. Lalu gosokan kearea wajah anda dengan pelan-pelan, lakukan kegiatan ini secara rutin maka komedo yang sering mengganggu anda dapat teratasi.

Sekian Informasi dari kami mengenai Manfaat Tanaman Mangga, semoga sedikit info ini dapat membantu dalam memahami khasiat mangga. Kami sangat berharap pada anda memberi kritik dan saran, karena kritik dan saran dari anda akan membantu kami untuk memberikan postingan lebih baik lagi. Kami selaku pihak penulis SawonBudidaya mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*