Manfaat Tanaman Singkong

Ciri Tanaman Singkong

Manfaat Tanaman Singkong – Jumpa lagi bersama kami SawonBudidaya untuk kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai tanaman jagung. Jika sebelumnya kami sudah membahas Syarat Tumbuh Tanaman Singkong, kali ini kami akan membahas mengenai apa saja Manfaat Tanaman Jagung bagi tubuh kita.

Kita ketahui tanaman singkong merupakan hasil pertanian terbesar di Indonesia, karena masyarakat indonesia kelas menengah kebawah lebih sering mengkonsumsi jangung sebagai pangan pokok dibanding padi atau beras dinilai memiliki harga lebih rendah atau terjangkau.

Pengolahan singkong sendiri cukup mudah, anda dapat merubusnya langsung atau dapat diolah menjadi makanan yang lebih berkelas contonya Salad singkong dan alpukat, Pasta singkong, Tumis singkong, Kubis cina dan singkong panggang dengan sour cream dan Puding jagung dengan cita rasa pedas. Sebelum kami membahas Manfaat Tanaman Singkong, ada baiknya anda ketahui dulu ciri-ciri dari tanaman jagung itu sendiri yaitu :

Ciri-ciri Tanaman Singkong

 

Akar

tanaman singkong mempunyai sistem perakaran serabut yg terspesialisasi, yaitu akar yg dapat berubah bentuk krn berbeda dgn fungsi asal. akar berwarna putih kekuningan, panjang akar  30cm,  pjg rambut akar 50cm, termasuk tumbuhan dikotil, akar menggembung berisi cadangan makanan.

Batang

permukaan batang berwarna coklat, dlm batang berwarna putih kekuning-kuningan, memiliki diameter selebar 2-4cm, batangnya beruas-ruas.

 

Daun

permukaan daun rata, tulang daun menjari, jenis daun tunggal, bentuk daun lingkaran, daun berwarna hijau (berklorofil), tangkai daun berwarna merah, ujung daun lancip, tangkai daun panjang, berwarna kemerahan.

Bunga

bunga berukuran sangat kecil, berwarna putih, kelopak berjumlah 5 buah berwarna hijau dan berukuran lebih besar dari ukuran bunga, bunga tidak memiliki alat kelamin jantan maupun betina.

Umbi

umbi memiliki diameter 2-5cm, panjang  20-60cm,  daging umbi berwarna putih/ kekuning-kuningan, kulit umbi berwarna coklat, dagingnya bergetah.

Artikel Terkait 20 Manfaat Tanaman Teh Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

 

Kandungan Tanaman Singkong

 

Selain karena harganya yang lebih murah dibandingkan beras, sehingga menjadikan singkong sebagai pangan pokok kedua di negara Indonesia adalah kadungan karbohidrat dari tanaman singkong itu sendiri yang kurang lebih sama dengan padi atau beras sekitar 63 persen.

Selain karbohidrat yang tinggi tanaman ini juga memiliki kandungan lain diantaranya kalori yang sangat tinggi juga, kita ketahui fungsi dari kalori adalah sebagai sumber energi tubuh. Tahukah anda tingkat kalori yang dihasilkan jagung mencapai tiga ratus kosong tujuh(307) dihitung per 100 gramnya.

Terdapat kandungan lain yang akan anda dapat setelah mengkonsumsi tanaman singkong diantaranya adalah Kalori 121 kal, Air 62,50 gram, Fosfor 40,00 gram,Karbohidrat 34,00 gram, Kalsium 33,00 miligram, Vitamin C 30,00 miligram, Protein 1,20 gram, Besi 0,70 miligram, Lemak 0,30 gram dan Vitamin B1 0,01 miligram.

Tanaman singkong  mempunyai fungsi banyak yaitu:

  1. Sumber karbohidrat.
  2. Sumber Vitamin B-Kompleks.
  3. Singkong adalah salah satu sumber utama dari beberapa mineral penting seperti seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan.
  4. Mencegah Kanker.
  5. Mengatur tekanan darah dan denyut jantung.

 

Manfaat Tanaman Singkong

Tanaman singkong sangat kaya akan manfaat dan khasiat bagi tumbuh, diatas tadi kami sudah menjelaskan kandungan dari tanaman jagung maka disini akan bahas topik utama artikel ini yaitu Manfaat Tanaman Singkong dibawah ini.

 

Dapat menjaga saluran pencernaan tubuh

Disini manfaat tanaman singkong pertama adalah dapat menjaga saluran pencernaan tubuh, hal ini dapat dibuktikan dari tingkat serat yang dihasilkan oleh jagung. Jika serat yang dihasilkan tinggi maka akan semakin baik untuk saluran pencernaan, singkong kaya akan serat larut dan tidak larut yang memiliki fungsi untuk menutup penyerapan kolesterol sehingga proses buang air besar seamkin rutin atau lancar.

Ada beberapa penyakit atau gangguan yang sering terjadi di Usus sebagai berikut sembelit wasir hingga kanker usus besar. Ganguan ini dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi singkong setiap hari agar saluran pencernaan lebih terjaga kesehatannya.

 

Mencegah terjadinya anemia

Kita ketahui anemia merupakan penyakit yang diakibatkan oleh jumlah sel darah yang lebih rendah dari garis normal. Selain disebakan oleh kekurangan sel darah merah, ternyata anemia juga dapat di akibatkan oleh sel darah merah tidak cukup mengandung hemoglobin atau protein kaya zat besi yang memberikan warna merah pada darah.

Manfaat tanaman singkong berikutnya adalah mencegah terjadinya anemia, dengan mengkonsumsi singkong secara rutin, anda akan terhindar dari yang namanya anemia, singkong mengandung vitamin B12 yang berfungsi sebagai sumber zat besi yang dapat mencegah terjadinya penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah pada tubuh.

 

Jagung sebagai sumber energi dan mampu mencegah resiko terkena penyakit serius

Manfaat tanaman singkong selanjutnya sebagai sumber energi, salah kandungan singkong adalah karbohidrat dan kita ketahui kegunaan dari karbohidrat merupakan sumber energi dengan kata lain mengkonsumsi singkong mampu meningkat fisik atau tenaga tubuh sehingga mampu mengerjakan kegiatan sehari-hari tanpa merasa kelelahan yang berlebihan.

Selain sebagai sumber energi ternyata karbohidrat juga memiliki fungsi lain seperti membatasi tubuh agar tidak menerima asupan kalori yang berlebihan, hal sudah dibuktikan secara ilmiah jika makanan mengandung serat yang tinggi atau karbohidrat tinggi dapat mengurangi rasa lapar dengan jangka waktu cukup lama.

Singkong juga sangat baik dikonsumsi demi mengurangi resiko terkena penyakit lainnya, buktinya dapat dilihat dari kandungan serat jagung yang tinggi. Dengan kandungan serat yang tinggi tubuh mampu mengurangi resiko penyakit seperti jatung, obesitas dan diabetes tipe 2.

 

Dapat menurunkan kolestrol

Sebelum kami membahas manfaat dari tanaman singkong, kami akan menjelaskan terlebih dulu apa itu kolesterol dan berbahaya atau tidaknya kolesterol yang tinggi. Kolesterol merupakan salah satu senyawa lemak (lipid) yang menyerupai lilin.Kolesterol tinggi adalah kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan.

Nah disinilah manfaat tanaman singkong sebagai obat yang mampu menurun tingkat kolesterol didalam tubuh, selain itu jagung juga mampu menjaga kesehatan jantung karena kandungan yang dihasilkan antara lain vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid.

 

Mampu menaikan berat badan

Manfaat tanaman singkong selanjutnya adalah mampu menaikan berat badan, sebelum itu ada baiknya anda ketahui dulu bagaimana cara menaikan berat badan. Biasanya berat badan dapat naik apabila mengkonsumsi makanan kaya nutrisi, mengkonsumsi makanan padat kalori, mengkonsumsi makanan kaya karbohidrat dan banyak banyak mengkonsumsi air putih.

Dari berbagai cara diatas terdapat mengkonsumsi makanan kaya karbohidrat, hal itu bisa diperoleh dengan mengkonsumsi singkong salah satunya karena jagung sangat kaya akan karbohidrat.

 

Dapat mencegah diabetes dan hipertensi

Diabetes merupakan indukan dari berbagai macam penyakit, hal ini sudah dapat dibuktikan dari berbagai kasus yang menyerang masyarakat Indonesia. Dari mereka yang terkena penyakit diabetes akan lebih mudah mengalami kompilkasi penyakit lain seperti  jantung, ginjal, mata, pembuluh darah, dan sistem saraf.

Penyakit ini dapat dicegah dengan berbagai cara yaitu mengurangi porsi makanan yang mengandung gula berlebih, sering sering olahraga setiap hari, menngkonsumsi makanan yang banyak mengandung phenolic phytochemicals dan kurangi mengkonsumi makanan berlemak.

Dari penjelasan diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa manfaat tanaman singkong selanjutnya adalah mencegah penyakit diabetes karena jagung merupakan makan yang sangat rendah gula dan kaya akan phenolic phytochemicals sehingga tubuh mampu mengatur pemasukan dan pelepasan insulin didalam tubuh kita.

 

Mengobati sakit kepala

Manfaat tanaman singkong selanjutnya adalah dapat mengobati sakit kepala, cara dengan mengompres kepala yang sakit menggunakan daun yang sudah ditumbuk beberapa helai daun sampai halus. Pengompresan bisa dilakukan kurang lebih 20 menit dibagian kepala yang sakit.

 

Untuk mengobati diare

Manfaat tanaman singkong ternyata mampu mengobati diare yang menyerang saluran pencernaan tubuh, anda dapat merebus daun singkong dengan air sebanyak 900 cc dan biarkan air menguap hingga 450 cc atau sekitar 30 menit proses perebusan dilakukan. Lalu saring air rebusan dan minum sebanyak 2 kali sehari secara rutim agar diare cepat sembuh.

 

Membantu tulang menjadi kuat

Manfaat tanaman singkong yang selanjutnya adalah membantu tulang menjadi kuat, hal bisa dilihat dari kandungan jagung yang sangat kaya akan mineral seperti magnesium dan zat besi serta fosfor sehingga tekstur tulang lebih kuat. Selain itu dengan mengkonsumsi singkong anda dapat mengatasi tulang retak akibat benturan atau kecelakaan kecil pada usia tua sekalipun.

 

Obat Cacingan

Manfaat tanaman singkong berikutnya adalah obat cacing, anda dapat merebus daun singkong sebanyak 60 gram dicampur dengan daun lain yaitu daun ketepang rebus kurang lebih 30 menit. Lalu minum hasil rebusan tersebut secara rutin setiap menjelang tidur.

 

Mampu mencegah gangguan pada mata

Manfaat tanaman singkong selanjutnya adalah Mampu mencegah gangguan pada mata, hal ini dapat dilihat dari kandungan jagung yaitu zat karotenoid. Kita ketahui zat karotenoid sangat baik untuk mata dalam menyembuhkan ataupun mencegah gangguan pada mata.

Sekian Informasi dari kami mengenai Manfaat Tanaman Singkong,semoga artikel ini mampu membantu anda semua dalam memahi apa saja manfaat tanaman singkong sendiri. Kami sangat menganjurkan pada anda yang mengalami gangguan pencernaan agar lebih rutin mengkonsumsi singkong, sekian terima kasih atas perhatian anda !!

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*